Pendaftaran CPNS Guru 2023

Pendaftaran CPNS Guru 2023 -- Penerimaan CPNS Guru Online, Rekrutmen CPNS Guru, Pendaftaran CPNS Guru Honorer K2, Pendaftaran CPNS Guru Umum, Pendaftaran CPNS Guru SD / SMP / SMA / SMK, Pendaftaran CPNS Guru TKS, Pendaftaran CPNS Guru Bantu, Pembukaan CPNS Guru, Formasi CPNS Guru, Kuota CPNS Guru, Jadwal Pelaksanaan CPNS Guru, Passing Grade CPNS Guru, Lowongan Kerja CPNS Guru, Pendaftaran CPNS Guru Kota / Kabupaten. 2024. 2025.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran CPNS Guru 2023. Informasi ini diharapkan bisa memberikan keterangan tentang jalur-jalur Pendaftaran CPNS Guru, serta keterangan penting lainnya. Untuk lebih jelas, mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.lokerpns.web.id/

Informasi terbaru CPNS baca pada link berikut :
Pendaftaran CPNS Online Kemendikbud, dan
Penerimaan CPNS Dosen Kemenristekdikti
CPNS atau yang memiliki kepanjangan Calon Pegawai Negeri Sipil adalah Pegawai yang baru saja dinyatakan lulus seleksi penerimaan pegawai negeri sipil untuk tahap pertama. Kemudian harus mengikuti tahapan selanjutnya agar bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Di Indonesia, menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah target dari kebanyakan orang. Mereka memandang bahwa setelah menjadi PNS, maka kesejahteraan hidup bisa didapatkan. Mereka bisa mendapatkan gaji setiap bulan serta mendapatkan tunjangan keluarga dan tunjangan masa tua. Kesejahteraan hidup itulah yang menjadi prioritas kebanyakan orang untuk menjadi PNS.

Pada saat ini, masih banyak terdapat kekurangan tenaga guru di berbagai Sekolah di Indonesia, terutama di daerah-daerah terpencil. Maka dari itu, pemerintah akan melakukan penerimaan CPNS Guru untuk mengisi kekurangan tenaga Guru. Untuk yang nantinya diterima dan ditempatkan di daerah terpencil, maka akan mendapatkan tambahan gaji berupa tunjangan daerah terpecil.

Bagi anda yang menginginkan lulus CPNS, tentunya anda harus melakukan persiapan yang semaksimal mungkin serta berdoa agar diberi kemudahan dan kelancaran ketika mengerjakan soal tes CPNS.

Baiklah, disini admin akan menginformasikan beberapa jalur Pendaftaran CPNS Guru yang bisa diikuti oleh lulusan Sarjana Pendidikan untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Simak informasi selengkapnya berikut ini.
Baca juga : Cara Pendaftaran CPNS secara Online
1. Pendaftaran CPNS Guru Jalur Umum

CPNS Guru jalur umum dibuka bagi lulusan Sarjana Pendidikan (S.Pd.), baik lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta. Selain itu pula, bagi anda yang sudah honor di Sekolah pun bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi CPNS Guru jalur umum.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya bahwa peserta CPNS Guru jalur umum ini merupakan yang paling banyak pesertanya. Dengan banyaknya peserta, tentunya persaingan untuk lulus CPNS akan semakin kecil. Namun peluang sekecil apapun akan bisa terwujud jika anda melakukan persiapan tes CPNS dengan sebaik-baiknya.

Persiapan yang bisa anda lakukan misalnya mengerjakan soal-soal CPNS tahun sebelumnya atau membaca prediksi soal CPNS tahun ini. Selain itu pula anda bisa membeli buku-buku penunjang kelulusan CPNS agar anda memiliki banyak referensi.

Dengan persiapan yang anda lakukan tersebut, anda harus yakin dan optimis dengan hasil yang akan anda dapatkan setelah mengerjakan soal tes CPNS. Yakinlah, apapun hasilnya itu adalah yang terbaik untuk anda.

Pelaksanaan ujian seleksi CPNS dilakukan dengan bantuan sebuah software yang telah dirancang secara khusus untuk membantu pelaksanaan CPNS. Software tersebut adalah Computer Assisted Test (CAT). Dengan menggunakan bantuan software CAT tersebut, diharapkan hasil CPNS tahun ini dan tahun-tahun mendatang akan sesuai dengan moto CPNS yaitu transparan, akuntabel, dan objektif.

Baca juga :

Materi tes yang akan diujikan terdiri dari 3 kategori, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Pengetahuan Umum (TPU), dan Tes Kepribadian. Anda harus melewati nilai passing grade dari ketiga kategori tes tersebut agar memiliki peluang untuk lulus CPNS.
Baca juga : Materi Tes CPNS
2. Pendaftaran CPNS Guru Honorer K2

Jalur CPNS Guru Honorer Kategori 2 (K2) merupakan jalur penerimaan CPNS yang secara khusus dibuka bagi para guru yang telah bertahun-tahun mengabdikan dirinya sebagai guru honorer di Sekolah dengan masa kerja yang telah dijalani sesuai peraturan saat ini.

Jalur ini dibuka sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap nasib guru honorer yang kurang terjamin kesejahteraannya. Dengan dibukanya jalur CPNS Guru Honorer ini, semoga para guru honorer bisa lulus CPNS sehingga kesejahteraan hidup bisa didapatkan dan kedepan bisa menjadi guru yang lebih baik lagi.

Seleksi CPNS Guru Honorer diadakan melalui ujian dengan bantuan CAT seperti pada jalur umum. Hasil ujian seleksi CPNS dari para peserta yang bisa memenuhi kriteria yang ditentukan oleh panitia CPNS maka akan memiliki kemungkinan yang besar untuk lulus seleksi.

Hal pertama yang harus anda lakukan agar bisa lulus seleksi adalah belajar terus setiap hari tentang materi CPNS. Materi yang diujikan pada saat ujian seleksi CPNS sama seperti pada jalur umum yang terbagi menjadi 3 kategori, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Pengetahuan Umum (TPU), dan Tes Kepribadian.

3. Pendaftaran CPNS Guru TKS

Jalur CPNS Guru TKS merupakan jalur CPNS yang secara khusus dibuka oleh pemerintah untuk melakukan pengangkatan kepada para Guru TKS yang selama bertahun-tahun telah mengabdikan diri sebagai pendidik dan pengajar di Sekolah. Guru TKS atau Guru Tenaga Sukarela ini akan diangkat menjadi PNS oleh pemerintah setelah melalui proses yang panjang.

CPNS Guru TKS diadakan tanpa melalui tes, tetapi Guru tersebut langsung diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), tentunya setelah memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan demikian, Guru TKS yang telah bertahun-tahun mengajar bisa langsung diangkat menjadi PNS. Kebanyakan guru-guru TKS yang telah diangkat menjadi PNS adalah guru yang telah berusia lanjut.

Dari pengangkatan Guru TKS yang telah dilakukan oleh pemerintah, masih ada yang seharusnya diangkat menjadi PNS pada tahun ini tetapi masih juga belum diangkat. Hal tersebut menyebabkan kecemburuan sosial dikalangan sesama Guru TKS. Mereka yang diangkat menjadi PNS tepat pada waktunya merasa senang, dan yang belum diangkat menjadi PNS merasa kurang puas dengan kinerja pemerintah.

Selain itu, untuk yang sudah diangkat menjadi PNS, sebagian dari mereka masih ada yang belum berijazahkan Sarjana (S1). Untuk itu, Guru TKS yang telah diangkat menjadi PNS dan belum Sarjana maka diwajibkan mengikuti pendidikan di Perguruan Tinggi agar bisa memperolah gelar Sarjana. Sebagian dari mereka melanjutkan pendidikan ke Universitas Terbuka (UT).

Jadwal CPNS Guru

Setelah mengetahui beberapa jalur penerimaan CPNS Guru di atas, tentunya anda bertanya-tanya "kapan jadwal pendaftaran CPNS Guru dibuka?". Untuk pendaftaran CPNS Guru sampai saat ini belum ada kepastian. Oleh karena itu anda harus berhati terhadap informasi yang menyatakan ada penerimaan CPNS Guru. Untuk kepastian jadwal, maka bisa dilihat di situs resmi BKN.

Sambil menunggu kepastian yang belum jelas ini, anda dapat melakukan aktifitas lain yang berguna dalam rangka menghadapi ujian seleksi CPNS Guru jika dibuka nanti. Semoga dengan persiapan anda tersebut dapat membantu anda untuk bisa lulus tes seleksi.


Perhatian!!!
  • Berhati-hatilah atas segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan panitia yang dapat membantu meluluskan anda. Serta berhati-hati pula pada seseorang yang memberikan nomor teleponnya yang menyatakan dapat membantu melulus seleksi CPNS.
  • Apabila informasi pendaftaran CPNS Guru yang ada saat ini berbeda dengan informasi di atas, maka ikuti saja yang ada saat ini.
  • Informasi penting lainnya akan admin update secara berkala.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Pendaftaran CPNS Guru. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi anda terutama untuk para calon CPNS Guru.

Baca juga :

Silahkan bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan atau share ke FB, dll.

Admin turut semoga anda bisa lulus seleksi CPNS Guru dan diterima menjadi PNS. Terima kasih atas kesempatan yang anda luangkan untuk membaca artikel ini dan semoga kita semua bisa menjadi orang yang sukses sejak muda. Aamiin.