Materi Tes CPNS 2022 (TWK, TIU, TKP)

Materi Tes CPNS 2022 -- Materi TKD CPNS, Soal TKD CPNS, Soal TWK / TIU / TWK, Materi Lengkap Tes TKD (TWK, TIU, TWK) CPNS, Materi Tes CPNS Sistem CAT, Materi Seleksi CPNS, Materi Ujian TKD CPNS, Contoh Soal Tes TKD CAT CPNS, Uraian Materi CAT CPNS, 2023. 2024.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Materi Tes CPNS 2022 (TWK, TIU, TKP). Informasi ini terutama ditujukan bagi calon peserta CPNS yang akan mengikuti seleksi / tes CPNS menggunakan sistem CAT. Mari simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

http://www.lokerpns.web.id/

Salah satu hal yang wajib anda ketahui ketika anda akan mengikuti tes CPNS adalah mengetahui materi yang akan diujikan. Dengan mengetahui materi yang akan diujikan, tentu saja anda dapat melakukan persiapan sebelum tes dilaksanakan.

Anda bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin sejak sekarang karena dengan persiapan yang maksimal maka anda akan banyak menguasai sebagian besar materi tes CPNS dan saat tes CPNS dilaksanakan anda bisa mengerjakan soal tes CPNS dengan percaya diri.

Dengan kepercayaan diri, mudah-mudahan jawaban yang anda pilih bisa benar karena anda telah banyak belajar sebelumnya dan hasil yang diharapkan berupa lulus tes CPNS bisa dicapai. Amin.

Pada saat ini, tes CPNS telah menggunakan sistem CAT, tidak seperti dulu yang menggunakan LJK. Kemajuan teknologi harus anda imbangi juga agar anda tidak ketinggalan jaman. Bagi anda yang tidak / kurang memahami cara-cara menggunakan CAT dan ingin memahami terlebih dahulu apa itu CAT, maka anda perlu mempelajarinya terlebih dahulu. 

Silahkan baca pada artikel Computer Assisted Test (CAT) CPNS.

Dalam CAT, telah disiapkan materi-materi yang akan diujikan kepada peserta CPNS. Materi tes pada sistem CAT berupa materi Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang dibedakan menjadi 3 jenis materi tes CPNS yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD) merupakan langkap awal dan syarat mutlak menjadi CPNS. Dengan demikian, setiap peserta harus mempersiapkan dan menguasai secara komprehensif tiga jenis materi TKD di atas.

Kelulusan peserta dalam mengikuti TKD didasarkan pada passing grade (nilai ambang batas) setiap materi yang diuji, yakni Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Karakteristik Pribadi.

Pahami pada artikel berikut : Passing Grade CPNS

Berikut ini adalah rincian Materi Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS :

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) adalah jenis tes yang diujikan untuk mengetahui tingkat wawasan kebangsaan pesert tes CPNS berupa penguasaan pengetahuan dan kemampuan menerapkan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:
  • Pancasila
  • Undang Undang Dasar 1945
  • Bhinneka Tunggal Ika
  • Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata Negara Indonesia, pemerintah pusat dan pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional dan global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).

Untuk bisa memahami materi-materi TWK, maka anda perlu membaca sebanyak mungkin materi-materi 4 pilar kebangsaan Indonesia di atas serta berlatih soal-soal terkait.

Semakin sering anda membaca dan juga berlatih soal, maka ingatan anda akan semakin kuat dan akhirnya akan memudahkan anda dalam mengerjakan soal TWK pada pelaksanaan tes CPNS yang sesungguhnya.

2. Tes Intelegensi Umum (TIU)

Tes Intelegensi Umum (TIU) diujikan untuk menilai kompetensi peserta dalam hal kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika, serta kemampuan analisis.

Definisinya diberikan berikut ini :
  • Kemampuan Verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis.
  • Kemampuan Numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.
  • Kemampuan Berpikir Logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis.
  • Kemampuan Berpikir Analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Materi-materi TIU membutuhkan penalaran dan logika dalam pengerjaannya. Maka dari itu, anda harus sering berlatih agar terbiasa bernalar dan menggunakan logika dalam mengerjakan soal.

Semakin banyak anda berlatih, maka anda akan terbiasanya mengerjakan soal-soal jenis TIU. Terkadang soal yang kita pelajari akan muncul saat tes CPNS persis dengan soal latihan yang ada.

Oleh karena itu, belajarlah terus dan yakinlah tidak ada yang sia-sia dari apa yang telah anda pelajari.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Tes Karateristik Pribadi diujian untuk mengetahui tingkat kepribadian peserta CPNS. Materi-materi dalam tes TKP ini mencakup hal-hal berikut ini :
  • Integritas diri
  • Semangat berprestasi
  • Kreativitas dan inovasi
  • Orientasi pada pelayanan
  • Orientasi kepada orang lain
  • Kemampuan beradaptasi
  • Kemampuan mengendalikan diri
  • Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
  • Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
  • Kemampuan bekerja sama dalam kelompok
  • Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Untuk memahami soal TKP ini lebih mudah dibandingkan dengan 2 jenis soal tes di atas, anda cukup memilih jawaban yang paling real dan logika saja. Semua jawaban soal TKP memilik skor dari 1 - 5. Usahakan untuk mendapatkan skor 5 dari setiap jawaban agar nilai TKP anda bisa tinggi dan bisa meningkatkan nilai TKD CPNS.

Itulah materi-materi tes CPNS yang harus anda kuasai. Dari ketiga materi yaitu materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), materi Tes Intelegensi Umum (TIU), dan materi Tes Karakteristik Pribadi (TKP), jika masing-masingnya melewati passing grade dan memiliki skor yang tinggi, maka akan berpengaruh pada nilai TKD. Semakin tinggi nilai TKD maka anda akan berpeluang besar untuk lulus TKD CPNS yang merupakan pintu awal dan syarat mutlak menjadi CPNS.

Tambahan informasi :
  • Sebagai gambaran, pada tahun 2014 lalu, soal TKD yang diberikan berjumlah 100 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 90 menit dengan rincian sebagai berikut : Tes Wawasan Kebangsaan 35 soal, Tes Intelegensi Umum 30 soal, dan Tes Karakter Pribadi 35 soal. Dengan demikian, setiap peserta memiliki waktu untuk menjawab tiap soal TKD kurang lebih 52 detik. Peserta harus mencapai passing grade tiap jenis soal yang diberikan agar bisa dinyatakan lulus TKD CPNS dan akhirnya dinyatakan lulus CPNS.
Demikianlah informasi tentang Materi Tes CPNS yang dapat admin bagikan. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda terutama peserta CPNS.

Ayo bantu bagikan informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat,. Terima kasih dan salam sukses.