Computer Assisted Test (CAT) CPNS 2018-2019

CAT CPNS 2018 -- Computer Assisted Test (CAT) CPNS, Sistem CAT CPNS, Simulasi CAT BKN, Simulasi CAT CPNS Online, Pengertian CAT, Tujuan CAT, Kegunaan dan Manfaat CAT, Karakteristik Sistem CAT, Panduan CAT, Soal CAT CPNS, Produk Computer Assisted Test (CAT). 2020.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Computer Assisted Test (CAT) CPNS 2018-2019. Informasi ini ditujukan bagi calon peserta CPNS yang akan mengikuti seleksi CPNS menggunakan sistem CAT. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.lokerpns.web.id/

Bagi anda yang akan mengikuti seleksi CPNS menggunakan sistem CAT, maka sebelum itu anda perlu mengetahui dan memahami dengan tepat hal-hal yang berkaitan dengan CAT.

Mungkin selama ini anda telah mendengar tentang kata CAT, namun belum begitu mendalaminya, Nah, sekaranglah saatnya anda memahami secara mendalam tentang Aplikasi CAT yang akan digunakan saat tes CPNS ataupun ASN.

CAT memiliki kepanjangan kata Computer Assisted Test. CAT diluncurkan pada tahun 2009 oleh BKN sebagai media seleksi dengan pendekatan komputerisasi.

Salah satu cara untuk mendapatkan PNS yang profesional dan kompeten dimulai dari proses seleksi yang andal, transparan, dan bebas dari praktek KKN.

Sistem CAT ini merupakan metode seleksi yang menggunakan software dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi CPNS dan PPPK. Standar minimal kompetensi dasar bagi CPNS dan PPPK diperlukan untuk mewujudkan profesionalisme PNS.

Dengan demikian, maka Sistem CAT adalah metode yang tepat dalam rekrutmen CPNS untuk mewujudkan profesionalisme PNS.

Untuk menjamin standar kompetensi dasar PNS dan PPPK, maka diperlukan seleksi tes kemampuan dasar (TKD) dengan sistem CAT.

TKD dengan sistem CAT memiliki banyak kelebihan dan bisa meminimalisir adanya kecurangan karena nilainya bisa langsung diketahui sehingga lebih objektif. Selain itu, pelaksanan TKD dengan sistem CAT lebih cepat, praktis, dan efisien yang akan lebih menghemat biaya.

Pengertian CAT :
  • CAT adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar dan standar kompetensi kepegawaian.

Tujuan CAT :
  • Untuk mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian
  • Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional
  • Menetapkan standar nilai.
  • Meningkatkan transparansi, objektifitas, akuntabilitas, dan efisiensi.

Kegunaan dan Manfaat CAT :
  • Peserta tes dapat mendaftarkan diri melalui internet
  • Peserta tes dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh.
  • Komputer menyediakan seluruh soal TKD (Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakter Pribadi (TKP)).
  • Penilaian dilakukan secara objektif, transparan, dan akuntabel,
  • Peserta dapat mengakses pencapaikan hasil (skor) dengan mudah

Karakteristik Sistem CAT :
  • Aplikasi dijalankan pada computer dengan Platform Windows berbasis WEB guna mempermudah pengembangan jangka panjang.
  • Aplikasi menggunakan narasi untuk menjelaskan bahasan yang disajikan pada monitor computer.
  • Aplikasi disertai video gerakan mouse, sehingga pengguna dapat dengan mudah menggunakannya

Informasi di atas informasi yang bersumber dari Buku CAT BKN. Informasi di atas perlu anda pahami agar mengetahui pengertian CAT, tujuan CAT, kegunaan dan manfaat CAT, serta dasar pemikiran diluncurkannya CAT.

Selain digunakan dalam seleksi CPNS / ASN, CAT juga digunakan dalam seleksi calon mahasiswa baru yaitu SBMPTN yang seleksinya menggunakan sistem komputer dengan istilah yang berbeda yaitu CBT (Computer Based Test).

Maka dari itu, CPNS / ASN, PPPK, ataupun calon mahasiswa diharuskan memiliki kemampuan untuk mengoprasikan komputer agar bisa mengikuti tes berbasis CAT dengan lancar.

Dalam upaya memudahkan calon peserta tes CPNS, Menpan telah menyediakan layanan simulasi CAT Online yang bertujuan untuk membiasakan calon peserta mengerjakan soal-soal menggunakan sistem CAT. Calon peserta melakukan registrasi terlebih dahulu baru kemudian dapat menggunakan layanan simulasi CAT Online.

Selain itu, BKN juga turut berupaya memudahkan calon peserta tes dengan menyediakan simulasi CAT BKN yang dapat dioperasikan secara offline atau tanpa koneksi internet. Ini berbeda dengan CAT Online dari Menpan yang dioprasikan secara online. Namun dari segi tampilan dan isinya cukup mirip. Calon peserta terlebih dahulu mendownload aplikasinya kemudian baru bisa menjalankan aplikasi CAT BKN.

Setelah memahami infomasi di atas, mungkin muncul pertanyaan baru "Kapan CAT CPNS dilaksanakan?'

CAT CPNS dilaksanakan pada saat tes CPNS. Misalnya anda hari ini anda tes CPNS, maka tesnya akan menggunakan sistem CAT. Sebelum jam tes dimulai, anda akan dikumpulkan pada ruangan khusus untuk melihat video cara-cara pengoperasian komputer untuk mengerjakan soal CAT CPNS. Akan ada sesi tanya jawab bagi anda yang belum memahami informasi yang disampaikan melalui video yang ditayangkan. Silahkan ajukan pertanyaan anda dengan jelas dan sopan. Dengan diberikannya video yang diberikan, diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada anda sebelum tes CPNS dimulai.

Setelah mengetahui dan memahami CAT, selanjutnya anda perlu mempelajari materi-materi yang diujikan pada sistem CAT CPNS. Temukan informasinya di web ini.

Lanjutkan Membaca :

Demikian informasi tentang Computer Assisted Test (CAT) CPNS yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi ini dapat menambah informasi untuk anda yang akan mengikuti seleksi CPNS / ASN / PPPK menggunakan sistem CAT.

Ayo turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat. Cukup sekian dan terima kasih.