Passing Grade CPNS 2017-2018

Passing Grade CPNS 2017 -- Nilai Passing Grade CAT CPNS, Passing Grade TWK / TIU / TKP, Passing Grade CPNS Sistem CAT, Passing Grade Seleksi CPNS, Ambang Batas Nilai Kelulusan CPNS, Nilai Ambang Batas, Passing Grade (ambang batas kelulusan) Tes CPNS. 2018. 2019.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Passing Grade CPNS 2017-2018. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi gambaran bagi anda dalam mengejar batas minimal kelulusan CPNS. Mari simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

http://www.lokerpns.web.id/

Informasi terbaru CPNS baca pada link berikut :
Penerimaan Pendaftaran CPNS Kemenkumham dan Mahkamah Agung
CPNS? ya, itulah bahasan yang cukup banyak dicari di internet dan disini kita akan membahas hal tesebut khususnya tentang Passing Grade CPNS.

Apa yang dimaksud dengan Passing Grade CPNS?  Tentu saja anda disini mencari pengertian dari Passing Grade CPNS kan?. Baiklah, akan admin berikan jawabannya secara sederhana agar mudah dipahami. Mari kita mulai.

Passing Grade CPNS artinya ambang batas kelulusan CPNS. Dalam bahasa sederhananya dapat diartikan bahwa Passing Grade CPNS adalah batas nilai terendah untuk kelulusan CPNS.

Seperti yang kita ketahui bahwa seleksi CPNS saat ini telah menggunakan sistem CAT dimana seleksinya akan menggunakan komputer dan peserta CPNS harus mengoperasikan komputer kemudian mengerjakan soal CPNS yang ada dalam aplikasi CAT.

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu CAT dan ingin berlatih CAT untuk persiapan tes CPNS / ASN, silahkan baca artikel Computer Assisted Test (CAT) CPNS

Soal-soal yang diujikan pada saat tes CPNS pada umumnya dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakter Pribadi (TKP). Ketiga jenis bentuk soal tes CPNS tersebut memiliki Passing Grade yang berbeda-beda.

Misalnya kita ambil contoh Passing Grade CPNS 2014 yaitu 271 yang terdiri dari :
  • Passing Grade Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) =  70
  • Passing Grade Tes Intelegensi Umum (TIU) = 75
  • Passing Grade Tes Karakter Pribadi (TKP) = 126

Jumlah soal CPNS yang diberikan 100 soal yang terdiri dari :
  • Jumlah soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) =  35
  • Jumlah soal Tes Intelegensi Umum (TIU) = 30
  • Jumlah soal Tes Karakter Pribadi (TKP) = 35

Penilaian untuk Tes Karakter Pribadi (TKP) tidak ada nilai 0 (nol), tetapi menggunakan kisaran skor antara 1 – 5. Sedangkan nilai untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Intelegensi Umum (TIU), kalau salah nilainya 0 (nol) dan kalau benar nilainya 5 (lima).

Dengan mengetahui sistem penilaian tersebut, maka dapat dihitung jumlah minimal soal yang harus benar untuk mencapai Passing Grade CPNS. 

Minimal jawaban yang harus benar untuk mencapai Passing Grade CPNS yaitu :
  • Minimal jawaban benar Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) =  14 soal
  • Minimal jawaban benar Tes Intelegensi Umum (TIU) = 15 soal
  • Minimal jawaban benar Tes Karakter Pribadi (TKP) = 26 soal

Untuk lebih jelasnya, kita kalikan jumlah minimal jawaban benar di atas dengan skor benar masing-masing jenis soal. Untuk skor TKP yang digunakan disini adalah skor maksimal yaitu 5.
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) : 14 x 5 =70
  • Tes Intelegensi Umum (TIU) : 15 x 5 = 75
  • Tes Karakter Pribadi (TKP) : 26 x 5 = 130

Dari hasil perkalian tersebut, maka dapat kita ketahui bahwa skor yang diperoleh telah mencapai Passing Grade (batas minimal) CPNS, sehingga peserta CPNS akan dinyatakan lulus CPNS.

Tambahan informasi : perlu diketahui bahwa total nilai peserta CPNS tinggi, tetapi peserta tersebut bisa saja dinyatakan tidak lulus jika ada salah satu kelompok soal yang tidak memenuhi passing grade, Jadi, selain nilainya harus tinggi, peserta juga harus memenuhi Passing Grade.

Misalnya nilai TWK = 100, nilai TIU = 90, dan nilai TKP = 120. Dari nilai-nilai tersebut dapat kita analisis yaitu nilai TWK dan TIU memenuhi Passing Grade, sedangkan nilai TKP tidak memenuhi Passing Grade. Jika dijumlahkan, maka nilai yang diperolah cukup tinggi. Meskipun jumlah nilainya tinggi, namun peserta CPNS akan dinyatakan tidak lulus karena ada satu kelompok soal yang tidak mencapai Passing Grade. 

Jadi, untuk bisa lulus CPNS, maka harus mencapai Passing Grade dan lebih bagus lagi jika nilainya lebih tinggi dari Passing Grade, dan yang paling bagus lagi adalah menjawab benar semua soal.

Selanjutnya setelah anda bisa dinyatakan lulus CPNS, sekarang tinggal melihat peserta lain apakah nilainya lebih tinggi dari anda atau di bawah anda dan juga berapa jumlah kuota CPNS yang akan diterima. Itulah yang akan menentukan kelulusan akhir CPNS.

Informasi di atas adalah contoh Passing Grade CPNS 2014 beserta cara perhitungannya. Jika nanti Passing Grade CPNS tahun ini dikeluarkan secara resmi Pemerintah, maka anda bisa menghitung sendiri Passing Grade CPNS tahun ini dengan cara yang telah admin berikan di atas.

Catatan : Untuk informasi yang belum update, maka akan admin update nanti

[Baca juga :


Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Passing Grade CPNS. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda calon peserta CPNS.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus Passing Grade CPNS tahun ini dan akhirnya dinyatakan lulus CPNS. Amin.

Mari bantu berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat. Terima kaish dan salam sukses.