Pelaksanaan Tes CPNS Sistem CAT 2022

Pelaksanaan Tes CPNS Sistem CAT 2022 -- Petunjuk Pelaksanaan Tes CPNS, Pelaksanaan Seleksi CASN, Prosedur Pelaksanaan Tes CPNS Sistem CAT, Tata Cara Pelaksanaan Tes CPNS Sistem CAT, Panduan Pelaksanaan Tes CPNS dengan Sistem CAT, Gambaran Tes CPNS Sistem CAT. 2023. 2024.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pelaksanaan Tes CPNS Sistem CAT 2022. Informasi ini ditujukan bagi anda yang akan mengikuti tes CPNS menggunakan sistem CAT. Berikut informasi selengkapnya yang harus anda simak dengan baik.

http://www.lokerpns.web.id/

Bagi anda yang sebentar lagi akan mengikuti tes CPNS, maka anda perlu untuk mempersiapkan penguasaan materi karena anda akan mengisi jawaban dari soal-soal tes CPNS yang diberikan oleh panitia. Anda harus menjawab dengan benar agar bisa lulus tes CPNS.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa materi tes CPNS terbagi menjadi 3 kategori yaitu TWK, TIU, dan TKP. Untuk lebih jelasnya silahkan baca pada artikel berikut : Materi Tes CPNS (TWK, TIU, TKP)

Selain itu, anda juga harus menyiapkan mental. Hal ini penting dilakukan agar anda tidak gugup saat tes CPNS berlangsung. Beberapa persiapan mental yang bisa anda lakukan adalah dengan berdoa dan datang ke lokasi tepat tes dengan waktu. Dengan datang ke lokasi tes tepat waktu maka anda bisa menguasai keadaan di sekitar.

Biasanya panitia akan menginformasikan kepada para peserta tes CPNS untuk datang ke lokasi tes sakitar 1 jam sebelum tes di mulai. Hal ini dimaksudkan agar peserta tes tidak terlambat dalam mengikuti ujian serta akan diberi arahan sebelum tes di mulai.

Berikut ini admin akan merinci infomasi Pelaksanaan Tes CPNS Sistem CAT. Ini didasarkan pada pengalaman admin yang pernah mengikuti tes CPNS pada tahun 2014 yang lalu. Simak informasinya dengan baik.

A. Sebelum Pelaksanaan Tes CPNS Sistem CAT

Setelah anda tiba di lokasi tes CPNS, maka silahkan berkumpul dengan peserta yang lain karena panitia akan melakukan pengecekan nama-nama peserta tes CPNS dan kartu peserta.

Setelah di cek, selanjutnya panitia akan memberikan petunjuk kepada peserta tes CPNS tentang bagaimana cara mengoperasikan aplikasi CAT CPNS yang akan digunakan untuk tes, kemudian memberikan informasi waktu yang akan diberikan saat tes CPNS, penggunakan alat tulis, dan hal-hal terkait lainnya. Anda harus mendengarkan dengan seksama penjelasan dari panitia tersebut. 

Biasanya panitia akan mempertunjukkan cara pengoperasian CAT CPNS melalui tayangan video, anda harus menyimak video dengan baik. Apabila masih kurang jelas, mintalah pada panitia untuk memutar ulang video tersebut.

Apabila anda mengalami kebingungan atau ada hal yang tidak jelas atau kurang paham, maka tanyakan langsung pada panitia. Mintalah keterangan sejelas mungkin.


B. Saat Pelaksanaan Tes CPNS Sistem CAT

Setelah mendapatkan penjelasan mengenai pengoperasian CAT CPNS dan keterangan lainnya, selanjutnya peserta dipersilahkan pindah ruangan yaitu masuk ke ruang tes CPNS. 

Di ruang tes CPNS telah disediakan komputer yang cukup banyak dimana masing-masing komputer telah di install program CAT CPNS. Pilihlah tempat duduk sesuai dengan nomor peserta anda.

Sebelum memulai mengerjakan soal tes CPNS, panitia akan menginformasikan kembali jumlah waktu pengerjaan soal tes CPNS dan informasi penting lainnya. Peserta tes juga tidak diperbolehkan keluar ruangan sebelum tes selesai. Jadi bagi yang ingin buang air kecil, segera lakukan sebelum tes di mulai. Biasanya panitia akan memberikan waktu sebentar bagi peserta yang ingin buang air kecil.

Setelah semua peserta siap, maka panitia akan memberikan aba-aba kepada semua peserta untuk membuka aplikasi CAT CPNS yang ada di masing-masing komputer di depan anda. Waktu akan dimulai saat anda membuka aplikasi CAT tersebut.

Berdoalah agar anda bisa menyelesaikan soal-soal tes CPNS tersebut dengan benar dan tepat waktu. 

Sebagai gambaran bahwa waktu tes CPNS 2014 dulu adalah 90 menit dan soal yang harus diselesaikan berjumlah 100 soal. Jadi satu soal memiliki waktu penyelesaian sekitar 54 detik. Aturlah stategi penyelesaian soal tes tersebut agar anda bisa menyelesaikan soal dengan tepat waktu.

Setelah waktu tes habis, maka peserta yang sudah 100% menyelesaikan soal ataupun yang baru beberapa soal, maka harus menutup aplikasi CAT. Setelah aplikasi tertutup, maka akan langsung muncul skor hasil tes CPNS anda. Silahkan diingat atau di catat. Selanutnya semua peserta harus keluar dari raung tes karena ruangan akan dipakai oleh peserta tes sesi berkutnya.

C. Sesudah Pelaksanaan Tes CPNS Sistem CAT

Setelah pelaksanaan tes CPNS, maka peserta diharapkan menunggu sekitar 30 menit hingga 1 jam untuk mengetahui rekapitulasi skor hasil tes CPNS dalam sesi yang sama.

Misalnya tadi anda tes CPNS bersama 150 orang dalam ruangan, maka skor tes CPNS dari tiap orang dalam satu sesi tersebut akan direkap secara bersamaan meskipun saat tes tersebut program studi tiap orang berbeda-beda. Jadi anda dapat melihat skor tes tertinggi dalam satu sesi tes CPNS.

Peserta yang mendapatkan skor tertinggi tidak berarti otomatis lulus tes CPNS karena kelulusan tes CPNS bukan ditentukan dari hasil tes dalam satu sesi tetapi ditentukan nanti setelah semua peserta menyelesaikan soal tes CPNS. Panitia akan mengurutkan skor tertinggi tiap peserta dari program studi yang sama.

Kelulusan CPNS ditentukan berdasarkan ambang batas minimal kelulusan CPNS atau yang disebut dengan passing grade CPNS. Apabila peserta CPNS mampu lulus dari passing grade CPNS dan memiliki nilai tinggi. Maka peserta tersebut peluang lulus CPNS paling besar diantara yang lain. 

Baca artikel berikut : Passing Grade CPNS (ambang batas kelulusan CPNS)
Pengumuman kelulusan CPNS akan diumumkan beberapa minggu setelah tes CPNS berlangsung. Pengumuman kelulusan dapat dilihat di masing-masing website resmi instansi penyelenggara CPNS. Untuk informasi cara melihat pengumuman CPNS dapat anda baca pada artikel berikut : Pengumuman CPNS

Itulah informasi yang dapat admin sampikan untuk anda tentang Pelaksanaan Tes CPNS Sistem CAT. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda yang akan mengikuti tes CPNS / CASN.

Terima kasih atas waktu laung yang anda berikan untuk membaca artikel ini. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat. Cukup sekian dan semoga sukses tes CPNS. Aamiin.