Pendaftaran CPNS Online 2018-2019

CPNS 2018 -- Penerimaan CPNS Online, Syarat Pendaftaran CPNS, Formulir Pendaftaran CPNS, Pembukaan CPNS, Seleksi Tes CPNS, Pengumuman CPNS, Formasi CPNS, Cara Pendaftaran CPNS Online, Kuota CPNS, Passing Grade CPNS, Berita CPNS, Jadwal Pendaftaran CPNS, Lowongan Kerja CPNS, CPNS Kabupaten, CPNS Kota, CPNS Guru, CPNS Tenaga Kesehatan, CPNS Kementerian, CPNS Instansi, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Aparatur Sipil Negara (ASN). 2019. 2020.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi yang berjudul Pendaftaran CPNS Online 2018-2019. Artikel ini diharapkan dapat membantu anda untuk mendapatkan informasi seputar CPNS online Indonesia khususnya berkaitan pendaftaran dan pengumuman online CPNS. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.lokerpns.web.id/

Mengawali pembahasan kita, admin mengajak anda untuk mereview sedkit tentang pendaftaran CPNS tahun sebelumnya terutama untuk tahun 2014 dan sebelumnya. Pada tahun-tahun sebelumnya, pendaftar CPNS sangatlah banyak. Mereka berasal dari berbagai usia, baik usai muda atau pun tua. 

Pendaftar CPNS dari golongan usia muda kebanyakan adalah mereka yang baru lulus Kuliah. Tentunya mereka memiliki peluang yang lebih besar untuk lulus CPNS dikarenakan pikiran mereka lebih fokus dan biasanya belum bekerja sehingga waktu belajar mereka lebih banyak.

Sedangkan pendaftar dari golongan usia tua adalah mereka yang sudah bekerja dan bisanya sudah menikah. Dengan demikian mereka memiliki tanggung jawab yang besar terhadap pekerjaannya dan keluarganya. Tentunya hal tersebut mengurangi waktu belajar, dalam hal ini untuk mempersiapkan diri menghadapi Tes CPNS.

Namun semua orang tetap memiliki peluang yang sama untuk bisa lulus CPNS. Tentunya dengan persiapan diri semaksimal mungkin dan juga diiringi dengan doa. Persiapan yang bisa anda lakukan misalnya sering mengerjakan soal-soal CPNS atau mengikuti Try Out. Soal-soal CPNS yang diujikan pada saat tes jika sama dengan tahun sebelumnya maka terdiri dari soal Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Pengetahuan Umum, dan Tes Kepribadian.

Berdasarkan hasil pengerjaan soal tes CPNS tahun sebelumnya, kebanyakan peserta CPNS mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal Tes Wawasan Kebangsaan. Termasuk admin sendiri yang dulu pernah mengikuti CPNS tahun 2014. 

Salah satu penyebabnya adalah soal yang diberikan terlalu panjang, sehingga sulit dipahami, dan juga soal yang diberikan di luar dari pengetahuan peserta. Dengan panjangnya soal tes tentunya membutuhkan waktu yang panjang pula, namun waktu yang diberikan tidak memadai. Untuk mensiasati ha tersebut maka peserta tes harus menggunakan strategi yang tepat.

Salah satu strateginya yatu, jangan meninggalkan soal yang dianggap sulit. Tetap kerjakan meskiipun jawabannya belum yakin. Minimal berilah tanda centang antara 2 jawaban yang dianggap benar. Kalau bisa upayakan langsung menjawab disetiap soal.

Selain sulitnya mengerjakan soal Tes Wawasan Kebangsaan, ada pula yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal Tes Pengetahuan Umum. Mungkin mereka kurang berlatih, jika banyak berlatih mudah-mudahan bisa.

Yang terakhir untuk soal Tes Kepribadian, banyak dari peserta CPNS tahun sebelumnya yang nilai Tes Kepribadiannya melebihi passing grade yang ditentukan. Biasanya soal-soal Tes Kepribadian ini ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Misalnya, Apa yang anda lakukan jika anda tahu bahwa tetangga anda sedang sakit?. Pilihlah jawaban yang paling sesuai agar memperoleh nilai maksimal.

Untuk proses pengerjaan soal CPNS tahun ini kemungkinan besar tetap menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) seperti tahun sebelumnya yang telah terbukti efektif. Bagi yang belum tahu penggunaan CAT, bisa bertanya dengan teman yang pernah menggunakannya atau mencari tutorialnya di internet. 

Biasanya sebelum mengikuti ujian, akan ada demonstrasi penggunaan CAT. Anda harus memperhatikannya dengan baik agar ketika ujian berlangsung, anda tidak kebingungan menggunakan CAT. Nantinya saat pengerjaan soal di ruangan, akan ada pengawas yang akan mengawasi pekerjaan anda dan juga akan memberi penjelasan jika ada hal yang tidak di mengerti.

Dari tahun ke tahun, peminat yang mendaftar CPNS ini tetap banyak. Apalagi sudah beberapa tahun ini sudah tidak dibuka penerimaan CPNS. Maka ketika dibuka CPNS kemungkinan pesertanya akan sangat banyak.

Meskipun kuota penerimaan CPNS hanya sedikit, tetapi tidak mengurangi keinginan mereka untuk mendaftar. Mereka membayangkan kesejahteraan dan jaminan hidup ketika telah menjadi PNS dan jaminan ketika masa tua. 

Sebenarnya banyak cara lain untuk membuat kesejahteraan hidup, misal menjadi pengusaha sukses dengan aset dimana-mana, maka hidup akan sejahtera. Namun tak dapat dipungkiri bahwa menjadi PNS-lah yang paling favorit dan banyak dipilih orang sebagai jaminan hidup ketika telah menjadi PNS dan jaminan di masa tua.

Di tahun ini, mudah-mudahan Pemerintah membuka penerimaan CPNS. Namun apabila tidak membuka penerimaan CPNS, maka anda jangan kecewa karena pemerintah memiliki hak untuk mengatur semuanya.

Penting!!! Informasi ini akan berlaku apabila Pemerintah membuka penerimaan CPNS 

Disini admin akan membantu anda dalam melakukan pendaftaran online CPNS mulai dari pendaftaran ke Regpanselnas di alamat regpanselnas.menpan.go.id, terus ke SSCN BKN di alamat sscn.bkn.go.id, sampai melihat pengumuman hasil tes CPNS. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

A. Proses Pendaftaran CPNS Online 
  1. Diawali dengan membuka website resmi Panselnas yaitu panselnas.menpan.go.id
  2. Kemudian klik menu regpanselnas.menpan.go.id
  3. Isilah data diri anda dengan lengkap sesuai dengan KTP yang anda miliki.
  4. Jika telah selesai, kirimlah data isian diri anda tersebut. Jika tidak error, maka akan berhasil dan jika error harus mencoba mengirim kembali sampai berhasil.
  5. Jika telah berhasil mengirim, anda akan mendapat konfirmasi melalui email isinya berupa username dan password.
  6. Gunakan username dan password yang telah anda dapatkan untuk melakukan pendaftaran tahap kedua dengan mengakses website resmi SSCN BKN yaitu sscn.bkn.go.id. Sedangkan untuk Pendaftaran CPNS Kementerian langsung mendaftar ke Kementerian masing-masing.
  7. Jika anda telah masuk di website tersebut, kemudian isilah biodata diri anda dengan lengkap dan benar.
  8. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk mengecek sekali lagi data diri anda sebelum dikirim. Jika sudah yakin benar, kemudian kirim data. Apabila website tidak error maka pengiriman data akan berhasil.
  9. Setelah berhasil mengirim data, kemudian download dan cetaklah formulir isian data tersebut .
  10. Selain itu, lengkapi juga berkas-berkas lain yang terdapat pada formulir yang sudah anda print.
  11. Selanjutnya kirimkan persyaratan pendaftaran CPNS anda dengan menggunakan amplop warna coklat sesuai ketentuan Badan Kepegawaian masing-masing melalui Kantor Pos yang ditujukan kepada Badan Kepegawaian tempat anda mendaftar.
  12. Sekarang anda tinggal menunggu balasan dari Badan Kepegawaian tempat anda mendaftar. Biasanya sekitar 1 sampai 2 minggu, namun jika tempat anda jauh, bisa sampai 1 bulan.
  13. Anda juga bisa melihat hasil seleksi lolos berkas di website resmi masing-masing daerah.
  14. Jika berkas yang anda kirimkan tidak lengkap, maka panitia akan mengembalikan berkas tersebut. Anda boleh mengirimkannya lagi sebelum pendaftaran CPNS ditutup.
  15. Sampai disini, Proses pendaftaran selesai.

Baca Selengkapnya : Cara Pendaftaran CPNS

Untuk jadwal tes dan tempat tes telah tertera pada amplop balasan yang anda terima dari Badan Kepegawaian tempat anda mendaftar atau dapat diakses melalui website resmi Badan Kepegawaian tempat anda mendaftar.

Setelah mengetahui proses pendaftaran yang sangat panjang, ada baiknya anda melengkapi informasi anda dengan mengetahui formasi CPNS, passing grade CPNS, materi tes, dan jadwal pelaksanaan. Informasi tersebut akan diupdate secara berkala di website ini.

B. Jadwal CPNS

Untuk tahun ini CPNS belum/tidak dibuka oleh Pemerintah dikarenakan berbagai kondisi. Maka dari itu para calon pelamar harus bersabar menunggu sampai CPNS nanti dibuka.

Dalam keadaan yang seperti ini, maka anda harus tetap bersiap-siap dari sekarang untuk mempersiapkan kemampuan penguasaan materi yang akan diujian saat ujian CPNS, serta mempersiapkan berkas atau persyaratan administrasi pendaftaran.

Persaingan yang begitu ketat mengharuskan anda berjuang keras untuk bisa lulus CPNS. Dengan persiapan yang maksimal mudah-mudahan keinginan untuk lulus tes CPNS dapat terwujud. Nantinya jika anda lulus CPNS, semoga anda bisa menjadi PNS yang bisa dijadikan contoh baik bagi yang lainnya.

C. Persyaratan Pendaftaran CPNS secara Umum 

Ketika anda akan mendaftar CPNS, maka anda harus dapat memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran CPNS. Persyaratan pendaftaran CPNS yang admin berikan berikut hanya persyaratan secara umum, untuk persyaratan khusus dan lainnya dapat dilihat langsung di website resmi masing-masing instansi pada saat pembukaan pendaftaran CPNS. Berikut informasinya untuk anda.
  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) sesuai dengan formasi yang dibutuhkan. 
  2. Pria dan Wanita dengan usia minimal 18 (delapan belas) tahun dan maksimal 35 (tiga puluh tahun) pada saat mendaftar yang dibuktikan dengan akte kelahiran yang telah dilegalisir.
  3. Memiliki kesehatan jasmani dan rohani sehingga tidak mengganggu kelancaran kerja.
  4. Tidak terikat hubungan kerja / ikatan dinas dengan Instansi Pemerintah atau lainnya.
  5. Tidak terlibat dalam kegiatan organisasi yang bertentangan dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara, dan Pemerintah.
  6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik secara aktif.
  7. Tidak pernah tersangkut perkara pidana atau kasus narkoba.
  8. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

Itulah beberapa persyaratan secara umum yang harus anda penuhi ketika mendaftar CPNS. Selain itu, anda juga harus memenuhi persyaratan khusus yang ditentukan oleh pihak instansi penyelenggara CPNS. Lebih jelasanya dapat dilihat pada waktunya nanti di website resmi masing-masing instansi.

Baca selengkapnya : Syarat Pendaftaran CPNS

D. Materi Tes CPNS

Seperti pada penyelenggaraan CPNS tahun-tahun sebelumnya, kemungkinan materi yang akan diujikan pada seleksi CPNS diperkirakan terdiri dari 3 jenis tes, yaitu
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
  • Tes Intelegensi Umum (TIU)
  • Tes Karakter Pribadi (TKP)

Dari ketiga jenis tes tersebut, maka anda harus dapat lulus dari masing-masing jenis tersebut agar bisa memiliki peluang untuk bisa lulus CPNS.

Baca selengkapnya : Materi Tes CPNS

E. Passing Grade CPNS

Passing Grade adalah batas minimal nilai kelulusan CPNS dari masing-masing jenis tes yang diujian. Passing Grade untuk ketiga jenis tes yang disebutkan di atas tidaklah sama, passing grade masing-masing jenis tes berbeda. 

Pada saat akan mengikuti tes, maka akan dijelaskan berapa besarnya Passing Grade yang harus dicapai untuk bisa lulus CPNS.

Baca selengkapnya : Passing Grade CPNS

Ketika anda dapat melebihi Passing Grade yang telah ditentukan, maka anda memiliki peluang untuk lulus CPNS. Namun itu bukanlah hasil akhir, karena hasil akhir kelulusan CPNS diurutkan berdasarkan peringkat dari nilai terbesar hingga terkecil dari semua peserta pada formasi yang sama.

Bagi yang memiliki nilai besar dari hasil tes CPNS, maka kemungkinan untuk bisa lulus CPNS semakin besar. Begitu pula sebaliknya, untuk yang memiliki nilai hasil tes CPNS kecil, maka peluang untuk lulus CPNS juga kecil.

F. CAT CPNS

Saat ini tes CPNS telah menggunakn sistem CAT (Computer Assited Test). Untuk anda yang akan mengikuti tes CPNS / ASN menggunakan sistem CAT, maka sebaiknya anda berlatih terlebih dahulu menggunakan simulasi yang telah disediakan oleh Menpan dan BKN.

Baca informasi lebih lanjut : Computer Assisted Test (CAT) CPNS

G. Pelaksanaan Tes CPNS

Pelaksanaan tes CPNS dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Peserta akan mengikuti tes menggunakan sistem CAT di dalam suatu ruangan yang telah disiapkan oleh panitia. Informasi lebih lanjut silahkan kunjungi artikel berikut : Pelaksanaan Tes CPNS Sistem CAT

H. Pengumuman Hasil Tes CPNS

Setelah melalui serangkaian proses pendaftaran dan seleksi, maka tinggal menunggu penguman akhir yaitu Pengumuman Kelulusan CPNS.

Bagi anda yang tidak lulus CPNS dan ingin bekerja di perusahaan BUMN, silahkan baca informasinya Lowongan Kerja BUMN Terbaru

Baca juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan kali ini tentang Pendaftaran CPNS Online. Semoga informasi ini bisa memberikan pencerahan untuk anda semua. 

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi CPNS. Terima kasih admin ucapkan atas kesempatan yang anda luangkan untuk membaca artikel ini.

Jangan lupa untuk berbagi (G+1) atau shar (fb) informasi ini pada teman atau kerabat anda lainnya. Cukup sekian informasi dari admin dan salam sukses selalu untuk kita semua. Amin.