Pendaftaran CPNS di sscn bkn go id 2022

sscn.bkn.go.id 2022 -- Tata cara Pengisian data sscn.bkn.go.id, Panduan sscn.bkn.go.id, Pendaftaran Online sscn.bkn.go.id, Pendaftaran CPNS di BKN : sscn.bkn.go.id, Registrasi Online sscn.bkn.go.id, Registrasi Awal sscn.bkn.go.id, Panduan Pendaftaran CPNS di sscn.bkn.go.id, Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Tata Cara Registrasi Online CPNS di SSCN BKN. 2023. 2024.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran CPNS di sscn bkn go id 2022. Informasiyang admin berikan ini bertujuan untuk membantu atau memandu anda dalam melakukan pengisian data pendaftaran CPNS secara online di BKN melalui website sscn.bkn.go.id. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.lokerpns.web.id/

Mungkin ada yang bertanya : apa itu BKN?. BKN atau dengan kepanjangan Badan Kepegawaian Negara merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang bertugas mengatur atau mengurusi bidang Manajemen Kepegawaian Negara. Kantor pusat Badan Kepegawaian Negara (BKN) beralamatkan di Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Telp 021-8093008 Jakarta Timur 13640, Indonesia.

Itulah sekilas tentang Kantor pusat Badan Kepegawaian Negara (BKN), mari kita lanjutkan kembali ke pembahasan utama tentang Pendaftaran CPNS di sscn.bkn.go.id. Dari judul yang admin buat tersebut memiliki makna lain yaitu tata cara pengisian data di sscn.bkn.go.id atau panduan pengisian formulir Pendaftaran CPNS di sscn.bkn.go.id.

sscn.bkn.go.id adalah subdomain dari bkn.go.id. Mengapa dibuat subdomain? mungkin agar tidak memberatkan sistem atau server dari bkn.go.id, selain itu dengan submain atau web tersendiri, maka infomasi mengenai SSCN BKN akan terkumpul menjadi satu di web sscn.bkn.go.id.

Namun disini kita tidak mengurusi soal domain atau subdmain, disini kita akan membahas informasi mengenai Pendaftaran CPNS di SSCN BKN. Terlebih dahulu admin akan memberikan sedikit kilas balik CPNS tahun sebelumnya yang berkaitan dengan SSCN BKN.

Baca selengkapnya : Pendaftaran CPNS Online atau Penerimaan CPNS

Pada beberapa tahun terakhir ini, pendaftaran CPNS telah dilakukaan secara online. Dengan ini maka untuk calon peserta CPNS yang memiliki kemampuan teknologi kurang, maka akan mengalami kesulitan ketikan melakukan pendaftaran CPNS secara online.

Mereka kebingungan ketika mengakses alamat resmi CPNS, terkadang mereka juga masuk ke situs-situs yang belum diketahui kebenarannya.

Dari situlah, admin berinisiatif untuk memberikan bantuan kepada anda yang mengalami kesulitan dalam hal mendaftar CPNS khususnya di SSCN BKN.

Ada suatu kelebihan ketika pendaftaran CPNS dilakukan secara online, yaitu peserta dapat melakukan pendaftaran dimanapun dan kapanpun, tentunya hal ini disesuaikan dengan jadwal pelaksanaan serta dukungan jaringan internet yang baik.

Berapa perlengkapan yang harus anda siapkan sebelum melakukan pengisian formulir pendaftaran online di SSCN BKN yaitu :
  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah
  4. Transkrip Nilai
  5. Pas foto
  6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

Selain itu diperlukan pula peralatan seperti laptop atau komputer, serta modem yang memiliki kecepatan internet yang baik. Dengan demikian, pendaftaran CPNS dapat dilakukan dengan lancar.

Setelah mempersiapkan perlengkapan tersebut, selanjutnya anda langsung saja mendaftarkan diri di sscn.bkn.go.id. Sebaiknya anda melakukan pendaftaran CPNS dari rumah saja karena dapat dilakukan dengan santai sehingga ketika mengisi data-data pendaftaran dapat mengisi dengan benar dan akan lebih teliti serta berkas-berkas anda tidak akan takut tercecer dimana-mana.


Berikut admin berikan penjelasan berdasarkan mekasnime pendaftaran dari gambar di atas :

1. Portal SSCN BKN

Pelamar harus membuka portal SSCN BKN untuk melakukan pendaftaran. Alamat portal SSCN BKN yaitu sscn.bkn.go.id

2. Pendaftaran di SSCN BKN
  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat sscn.bkn.go.id
  2. Mendaftar dengan klik menu Registrasi
  3. Lalu mengisi NIK dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga untuk dilakukan validasi data
    • Jika validasi berhasil, pelamar akan diminta untuk mengisi data pendaftaran. Namun jika tidak berhasil, silahkan hubungi kantor DUKCAPIL sesuai KTP
  4. Pelamar mengisi alamat email aktif, membuat pasword akun SSCN, dan pertanyaan pengaman yang selanjutnya digunakan untuk masuk ke dalam akun
  5. Pelamar mengunggah pas photo ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200 kb, dengan format .jpg atau .jpeg
  6. Pelamar mencetak Kartu Informasi Akun SSCN sebagai tanda bukti telah mendaftar di portal SSCN

3. Login ke SSCN BKN
  1. Buka alamat sscn.bkn.go.id
  2. Masukkan NIK dan pasword yang telah didaftarkan
  3. Mengunggah foto diri memegang KTP dan kartu informasi akun SSCN sebagai tanda bukti telah mendaftar
  4. Mengisi biodata pendaftaran sesuai dengan kolom yang tersedia
  5. Memilih instansi yang dilamar, formasi, dan jabatan sesuai pendidikan
  6. Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan instansi
  7. Pelamar hanya bisa memilih 1 jabatan pada 1 instansi pada periode yang sama
  8. Mengecek isian yang telah dilengkapi pada form resume
  9. Pelamar mencetak Kartu Pendaftaran SSCN

Cara Berfoto Memegang KTP dan Kartu Informasi Akun SSCN
  • Pegang KTP dan kartu informasi akun SSCN
  • Posisinya : KTP berada di atas dari kartu informasi akun SSCN
  • Letakkan di sekitar dada anda.
  • Mintalah teman untuk memfoto anda atau berfoto di tempat profesional. Lalu berfotolah

Ingat!!!
  • Pelamar hanya boleh memilih 1 (satu) jabatan pada 1 (satu) formasi dan 1 (satu) instansi

4. Tahapan Berikutnya
  • Tim verifikator akan melakukan verifikasi berkas atau dokumen yang diunggah / dikirim  pelamar berdasarkan syarat pendaftaran
  • Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapat kartu ujian yang digunakan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya sesuai dengan ketentuan instansi
  • Mengikuti tes CAT BKN dan lainnya
  • Status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh masing-masing instansi


Perlu diketahui : Instansi yang Menggunakan Portal SSCN atau yang Tidak

Pendaftaran CPNS dilakukan melalui SSCN BKN untuk instansi tertentu dan ada pula instansi yang tidak menggunakan portal SSCN. Anda harus mengetahuinya.

Untuk instansi yang tidak menggunakan portal SSCN :
  • Pelamar mendapatkan formulir informasi web resmi lanjutan untuk mendaftar di instansi yang dipilih
  • Pelamar dapat langsung mendaftar di portal resmi instansi yang dipilih

Untuk instansi yang menggunakan portal SSCN :
  • Memilih formasi yang dibuka oleh instansi sesuai dengan kualifikasi pendidikan
  • Melengkapi data pendaftaran
  • Mengupload dokumen pendaftaran sesuai persyaratan yang ditentukan dengan klik pada tombol / menu yang tersedia
  • Mencetak kartu peserta seleksi administrasi SSCN
Pelamar dapat memantau status / informasi yang dibutuhkan di sscn.bkn.go.id atau instansi yang membuka CPNS


Pembahasan secara rinci mengenai pendaftaran CPNS di SSCN BKN seperti cara pengisian data, mencetak kartu, upload dokumen, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel berikut ini :
Bacaan lanjutan : Cara Pendaftaran CPNS Online di SSCN BKN
Bagi anda yang mengalami kebingungan dalam mendaftar CPNS di SSCN BKN, maka silahkan baca tanya jawab seputar pendaftaran CPNS di SSCN BKN pada artikel berikut ini :
Baca juga : Tanya Jawab (FAQ) Seputar Pendaftaran CPNS di SSCN BKN
Demikianlah informasi yang bisa admin berikan kali ini tentang Pendaftaran CPNS di sscn.bkn.go.id. Semoga informasi yang admin berikan ini bisa memberikan tambahan informasi bagi anda semua. Admin turut mendoakan kelancaran bagi anda dalam mendaftar CPNS dan tak lupa pula admin mendoakan semoga anda lulus seleksi CPNS tahun ini. 

Silahkan share informasi ini kepada teman atau keluarga anda. Selain itu, anda juga bisa berbagi melalui FB. Terima kasih atas kesempatan yang anda luangkan untuk membaca artikel ini. Cukup sekian dan salam sukses untuk kita semua.