Simulasi CAT BKN 2022

Simulasi CAT BKN 2022 -- Latihan CAT BKN Gratis, Simulasi CAT CPNS Kemenpan BKN, Simulasi CAT BKN versi terbaru, Simulasi CAT BKN Offline, Download Simulasi CAT CPNS / ASN dari BKN gratis, Aplikasi Simulasi CAT BKN, Contoh Tes CAT CPNS, Simulasi CAT CPNS / ASN. 2023. 2024.

Infomasi yang akan admin sampaikan kali ini berjudul Simulasi CAT BKN 2022. Dengan adanya infomasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan Simulasi CAT BKN sebagai persiapan mengikuti tes CPNS / ASN. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.lokerpns.web.id/

Dalam persiapan mengikuti tes CPNS / ASN, salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu mencoba aplikasi Simulasi CAT BKN. Hal tersebut cukup penting karena tes CPNS / ASN akan menggunakan sistem CAT. Maka dari itu, sebelum pelaksanaan tes, sebaiknya anda mencoba aplikasi simulasi CAT BKN yang disediakan oleh BKN dimana aplikasi tersebut dijalankan secara offline.

Pengertian CAT menurut Buku CAT BKN
  • Computer Assisted Test (CAT) suatu metode ujian dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar maupun standar kompetensi kepegawaian.

Tujuan CAT menurut Buku CAT BKN
  • Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian.
  • Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional.
  • Menetapkan standar nilai.
  • Meningkatkan transparansi, obyektivitas, akuntabilitas dan efisiensi.

Sistem CAT adalah suatu metode ujian dengan alat bantu komputer yang merupakan inovasi kemajuan teknologi dengan penilaian secara obyektif yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar dan kompetensi kepegawaian.

Dalam Buku CAT BKN untuk Indonesia disebutkan bahwa Sistem rekrutmen ASN dengan menerapkan metode CAT ini akan lebih menjamin obyektivitas untuk mendapatkan CPNS dan PPPK yang lebih qualified, competen, dan mempunyai daya saing global.

Maka dari itu, BKN menciptakan suatu inovasi yaitu Simulasi CAT BKN untuk memudahkan dan membiasakan calon peserta CPNS / ASN dalam mengerjakan soal-soal menggunakan komputer dengan sistem CAT.

Dalam aplikasi Simulasi CAT BKN, jenis tes dan materi yang disajikan terdiri dari 3 kelompok yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 

Jenis tes dan materi yang disajikan tersebut tentu saja mirip dengan jenis tes dan materi yang diberikan saat tes CPNS / ASN sesungguhnya.

Dengan terus berlatih menggunakan aplikasi simulasi CAT BKN ini, maka calon peserta CPNS / ASN akan terbiasa mengerjakan soal-soal menggunakan komputer dengan sistem CAT.

Lalu bagaimana mendapatkan (mendownload) aplikasi Simulasi CAT BKN?

Cukup mudah mendapatkan aplikasi Simulasi CAT BKN. Ada 2 cara mendapatkan aplikasi Simulasi CAT BKN, yaitu mendownload aplikasinya di portal BKN atau mendownload di portal resmi Menpan. Berikut cara selengkapnya.

Cara 1 : Cara Mendapatkan (download) Aplikasi Simulasi CAT BKN dari Portal BKN
  1. Buka alamat http://www.bkn.go.id/pengumuman/simulasi-cat-bkn-2
  2. Klik tulisan "simulasi CAT-BKN"
  3. Anda akan masuk ke halaman baru
  4. Selanjutnya download file simulasi CAT-BKN yang berbentuk rar
  5. Setelah di download, lalu ekstrak file tersebut
  6. Kemudian akan mulcul folder baru yang judulnya sama dengan file rar yaitu simulasi CAT-BKN

Itulah cara mendapatkan aplikasi simulasi CAT BKN dari portal BKN. Apabila anda mengalami kesulitan dalam mendownload aplikasi di portal tersebut, maka sebaiknya anda mendownload aplikasi tersebut di portal Menpan. Berikut ini caranya.

Cara 2 : Cara Mendapatkan (download) Aplikasi Simulasi CAT BKN dari Portal Menpan
  1. Buka alamat http://sc.menpan.go.id
  2. Pilih dan klik menu CAT Offline
  3. Selanjutnya akan terdownload file aplikasi simulasi CAT BKN yang berbentuk rar.
  4. Silahkan ekstrak terlebih dahulu file tersebut.
  5. Setelah diekstrask akan muncul folder baru yang judulnya sama dengan file rar yaitu Simulasi CAT BKN

Setelah anda mendapatkan aplikasi simulasi CAT BKN, selanjutnya anda tinggal menjalankan aplikasi tersebut untuk berlatih soal CAT BKN. Berikut cara menjalankan aplikasinya.

Cara Menjalankan Aplikasi CAT BKN
  1. Buka folder simulasi CAT-BKN
  2. Pilih dan klik aplikasi simulasi CAT-BKN
  3. Aplikasi akan langsung terbuka
  4. Selanjutnya silahkan anda berlatih CAT BKN dengan mengisi soal-soal yang tersedia

Itulah infomasi mengenai Simulasi CAT BKN. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Menpan atau BKN.


Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Simulasi CAT BKN. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda.

Mari bantu bagikan infomasi ini pada teman lain yang membutuhkan. Terima kasih telah berbagi dan membaca artikel ini. Cukup sekian dan terima kasih.