15 Peluang Usaha Sampingan yang Menguntungkan

Peluang Usaha Sampingan yang Menguntungkan -- Ide Usaha-Bisnis Sampingan Modal Kecil yang Menguntungkan, Macam-macam Usaha Sampingan yang Menguntungkan, Peluang Bisnis Sampingan Modal Kecil yang Menguntungkan, Peluang Usaha Sampingan Tanpa Modal, Usaha Sampingan untuk Karyawan, PNS, Ibu Rumah Tangga, Pegawai Kantoran, Mahasiswa / Pelajar.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang 15 Peluang Usaha Sampingan yang Menguntungkan. Informasi ini ditujukan bagi kamu yang ingin memiliki usaha sampingan sendiri. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak penjabarannya berikut ini.

http://www.lokerpns.web.id/

Seiring perkembangan zaman, kebutuhan sehari-hari pun semakin meningkat. Banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi membuat kita harus bekerja keras / bekerja cerdas agar bisa mendapatkan penghasilan untuk digunakan mencukupi kebutuhan tersebut.

Usaha atau bisnis adalah dua kata yang memiliki arti hampir sama yaitu suatu kegiatan untuk mendatangkan penghasilan. Dengan penghasilan yang dimiliki, maka bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan lainnya.

Terdapat bermacam-macam usaha yang bisa dijalankan untuk mendatangkan penghasilan, diantaranya adalah usaha rumahan, usaha sampingan, usaha jual beli online, dan lain-lain.

Usaha sampingan adalah salah satu usaha yang dijalankan untuk menambah penghasilan dan bukan merupakan sumber penghasilan utama.

Jadi, jangan berharap lebih dari usaha sampingan yang kamu jalankan karena sifatnya hanyalah usaha sampingan. Lain halnya dengan usaha yang menjadi usaha pokok / utama. Tentunya usaha pokok bisa diandalkan untuk mencukupi berbagai kebutuhan.

Mungkin ada suatu pertanyaan yang muncul dibenak kita. Mengapa harus membuka usaha sampingan?

Salah satu jawaban yang cocok untuk menjawab pertanyaan tersebut yaitu untuk memanfaat waktu luang yang kurang produktif. So.. dengan adanya usaha sampingan, maka kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan dari usahamu tersebut.

Usaha sampingan ini bisa dijalankan oleh siapa saja yang mau menjalankannya. Apakah itu ibu rumah tangga, pegawai kantoran, karyawan, mahasiswa / pelajar, atau seorang pegawai negeri sipil sekali pun.

Apapun profesimu atau pekerjaanmu, selagi kamu memiliki waktu luang yang cukup untuk menjalankan usaha, maka kamu bisa mencoba untuk menjalankan usaha sampingan.

Ada banyak sekali ide peluang usaha sampingan yang dapat kamu coba jalankan. Disini admin akan membagi beberapa macam ide peluang usaha sampingan untuk kamu jalankan. Langsung saja simak infonya di bawah ini.

15 Macam Ide Peluang Usaha Sampingan yang Menguntungkan

1. Usaha Sampingan Ternak Ayam

Ternak ayam adalah salah satu usaha sampingan yang bisa dijalankan oleh siapa saja asalkan tempatnya mendukung. Ayam-ayam yang bisa diternak antara lain yaitu ayam kampung, ayam bangkok, ayam srama, dan lain sebagainya.

Usaha ternak ayam cukup memberikan keuntungan yang lumayan sebagai penghasilan tambahan. Usaha ini cukup mudah untuk dijalankan. Jika kamu seorang PNS atau karyawan, ataupun orang kantoran, maka untuk pemeliharaan ayam cukup dengan diberi pakan pagi-pagi yang banyak dan ketika sudah pulang kerja kembali kasih pakan.

Dengan begitu, ayam-ayam memiliki makanan yang cukup sehingga bisa berkembang biak dengan baik dan akhirnya bisa mendatangkan keuntungan tambahan bagi kamu.

2. Usaha Sampingan Ternak Jangkrik

Ternak jangkrik dapat dijadikan sebagai usaha sampingan yang bisa memberikan penghasilan tambahan bagi kamu.

Apabila kamu adalah seorang yang sibuk, maka kamu bisa mencoba usaha ternak jangkrik kecil-kecilan saja. Kamu bisa mencoba antara 2 - 5 kotak untuk ternak jangkrik. Usaha tersebut bisa dilakukan di rumahmu sendiri.

Kamu bisa merawat jangkrikmu dengan membersihkan kotoran di pagi hari lalu memberikan makan secukupnya dan di sore hari kamu harus memeriksa pakan dan kondisi kandang jangkrik. Dengan begitu, pekerjaanmu di siang hari tidak terganggu dengan usaha sampingan ini.

3. Usaha Sampingan Ternak Burung

Selain ternak ayam dan ternak jangkrik, tenak burung juga merupakan usaha sampingan yang cukup menjanjikan. Burung-burung yang dapat diternak diantaranya yaitu burung lovebird, burung kenari, burung murai, burung parkit, dan lain sebagainya.

Pada saat ini, burung lovebird dan burung kenari menjadi burung kicauan yang cukup banyak pengobinya. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan keadaan ini dengan menjalankan usaha ternak burung.

Seperti yang saja jalankan saat ini, saya menjalankan usaha ternak burung lovebird. Pemeliharaan yang cukup mudah,jenis pakan yang mudah dicari, dan pecinta burung lovebird yang cukup banyak menjadi slah satu pertimbangan untuk menjalankan usaha ternak burung lovebird ini.

Dari usaha ternak burung lovebird, saya mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan. Jadi, untuk kamu yang ingin mencoba ternak burung, maka cobalah segera.

4. Usaha Sampingan Budidaya Ikan

Budidaya ikan juga termasuk dalam usaha sampingan jika kamu menjalankan usaha tersebut bukan sebagai usaha utama. Ikan-ikan yang bisa dibudidaya diantaranya yaitu ikan lele, ikan nila, ikan patin, ikan mas, dan lain-lain.

Untuk bisa menjalankan usaha ini tentu harus ada lokasi yang tepat terutama dari segi pengairan. Pengairan menjadi faktor penentu dalam keberhasalan budidaya ikan. Selain itu, faktor makanan juga berpengaruh untuk keberhasilan usaha budidaya ikan ini.

Karena hanya sebagai usaha sampingan, maka pemeliharaannya tidak begitu ekstra. Ikan-ikan cukup diberi pakan di pagi hari dan sore hari. Siang hari kamu tetap bisa bekerja di tempat kerjamu.

Dengan pemberian pakan yang cukup dan pengairan yang baik, maka saat panen kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan sebagai tambahan penghasilan.

5. Usaha Sampingan Jual Pulsa, Kuota dan Token Listrik

Jual pulsa dan token listrik dapat dilakukan oleh siapa saja. Usaha sampingan yang satu ini tidak memerlukan tempat khusus untuk berjualan.

Kamu seorang pegawai kantoran?, kamu bisa menjulan pulsa, kuota dan token listrik pada teman sekantormu, dan ketika sudah pulang ke rumah, maka bisa berjualan di rumah,

Atau kamu seorang mahasiswa? , kamu bisa menjual pulsa, kuota, atau token lisrik pada teman-temanmu dan orang-orang di sekeliling tempat tinggalmu.

Usaha yang sangat fleksibel ini dapat dijadikan usaha sampingan oleh siapa saja yang menginginkan tambahan penghasilan. Jika kamu berminat, silahkan coba.

6. Usaha Sampingan Menjual Sarapan Pagi

Usaha menjual sarapan pagi cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga yang hanya di rumah saja (maksudnya ibu rumah tangga yang bukan orang kantoran).

Usaha ini dimulai pagi-pagi sekali sebelum orang-orang pergi ke kantor / ke sekolah / ke tempat mereka bekerja. Dikarenakan banyaknya orang yang malas memasak sendiri atau karena tidak memiliki waktu yang cukup untuk memasak, maka akan banyak orang yang datang ke tempat anda untuk membeli sarapan pagi. Dengan bagitu, maka peluang usaha ini cukup menjanjikan keuntungan yang lumayan besar,

7. Usaha Sampingan Menjual Aneka Kue

Kamu yang memiliki keahlian membuat aneka kue ataupun hanya satu jenis kue saja, maka kamu dapat memanfaatkan keahlianmu tersebut untuk dijadikan sebagai usaha sampingan.

Buatlah kue semampumu, lalu titipkan pada warung-warung di sekitarmu. Untuk pembagian hasil kamu bisa bernegosiasi dengan warung yang kamu titipi.

Atau kamu bisa menjual langsung kepada pembeli. Kamu bisa mengelilingkan kue mu di daerahmu atau di jual di kampus atau di acara-acara yang ramai pengunjung.

8. Usaha Sampingan Menjual Foto di Internet

Bagi kamu seorang yang hobi memfoto, maka kamu bisa menjadikan hobimu menjadi sebuah usaha sampingan. Tentu saja foto yang kamu jual adalah foto-foto yang menarik, bagus, jernih, dan original.

Hasil fotomu bisa kamu jual ke situs yang mau membeli fotomu tersebut, Beberapa situs yang bisa kamu tawari untuk membeli hasil fotomu yaitu istockphoto.com (komisi sekitar 15% per foto) dan shutterstock.com (komisi sekitar 20 - 30%). Selain itu, ada pula situs lainnya seperti fotolia.com dan stockfresh.com.

Apabila mereka mau membeli fotomu, maka kamu akan dibayar dan uangnya ditransfer biasanya melalui akun PayPal. Jadi kamu harus menyiapkan akun PayPal untuk menerima komisi yang diperoleh.

9. Usaha Sampingan Membuat Blog

Kamu yang memiliki keahlian membuat blog gratisan ataupun berbayar, maka kamu bisa menawarkan jasa pembuatan blog. Usaha ini bisa dijadikan sebagai usaha sampingan untuk mengisi waktu luangmu. Penghasilan yang didapatkan untuk pembuatan satu blog tidak begitu besar, tetapi cukup untuk makan beberapa hari.

Jika kamu ingin mendapatkan penghasilan yang besar, maka jadilah seorang blogger profesional. Kamu bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah tiap bulan dari blogmu yang telah terpasang iklan (iklan google adsense). Kelola blog / website dengan baik agar hasilnya maksimal.

10. Usaha Sampingan Jasa Penulisan Artikel

Untuk mengisi waktu laungmu yang kosong, maka kamu bisa membuka jasa penulisan artikel, baik itu artikel blog, artikel makalah, ataupun artikel lain sesuai permintaan pelanggan.

Apabila banyak orang yang menggunakan jasamu untuk membuat artikel, maka ini dapat dijadikan usaha sampingan yang bisa mendatangkan penghasilan besar.

11. Usaha Sampingan Jasa Desain Grafis

Kamu seorang mahasiswa yang belum punya kerja namun punya keahlian di bidang desain grafis?, kamu harus memanfaatkan keahlianmu untuk membuka usaha sampingan.

Kamu bisa menawarkan keahlianmu dalam membuat undangan pernikahan, edit foto, pembuatan banner / spanduk, edit background, membuat logo, dan lain sebagainya.

Jangan malu untuk melakukan usaha ini. Maksimalkanlah keahlianmu untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

12. Usaha Sampingan Ngajar Les / Privat

Ngajar les / privat dapat dijadikan sebagai usaha sampingan yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa untuk mengisi waktu laung. Mencari uang tambahan melalui ngajar les / privat adalah cara yang sangat bagus karena bisa sambil mengasah dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki.

Penghasilan yang diperoleh bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kuliah dan kebutuhan lain seperlunya. Jika kamu berminat. silahkan coba jadi pengajar les / privat.

13. Usaha Sampingan Jasa Penerjemah

Kamu seorang yang ahli menerjemahkan berbagai bahasa, maka kamu bisa membuka usaha sampingan menjadi seorang penerjemah. Hasil yang bisa didapatkan dari usaha sampingan ini bisa dijadikan tambahan untuk mencukupi kebutuhan harianmu.

14. Usaha Sampingan Membuat Kerajinan Tangan

Usaha sampingan berupa kerajinan tangan biasanya cocok dilakukan oleh ibu-bu rumah tangga yang kesehariannya di rumah saja. Untuk mengisi waktu laung tersebut, usaha kerajinan tangan cocok dilakukan.

Kerajinan tangan yang bisa dilakukan ada bermacam-macam, diantaranya mengubah barang bekas menjadi barang yang bernilai, membuat anyaman, membuat hiasan, dan lain sebagainya.

Dengan usaha sampingan tersebut, maka ibu-ibu yang awalnya tidak bisa mendapatkan penghasilan sendiri, sekarang bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

15. Usaha Sampingan Lainnya

Selain usaha-usaha sampingan di atas, masih banyak usaha lainnya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Usaha sampingan tersebut bisa dijalankan oleh kamu secara langsung atau dijalankan oleh orang lain. Beberapa contoh usaha sampingan lainnya yaitu Usaha Sampingan Air Minum Isi Ulang, Usaha Sampingan Jual Beli Motor Bekas, Usaha Sampingan Cuci Motor / Mobil, Usaha Sampingan Laundry, dan lain-lain.

Itulah beberapa macam ide peluang usaha sampingan yang bisa kamu jalankan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jangan takut mencoba. Semoga kamu berhasil dengan usaha sampinganmu.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan kali ini tentang 15 Peluang Usaha Sampingan yang Menguntungkan. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kamu semua terutama yang ingin sekali menjalankan usaha sampingan.

Terima kasih telah membaca artikel sederhana ini. Semoga apa yang kamu cari bisa ditemukan disini. Cukup sekian informasi dari admin dan silahkan berbagi (G+1 / fb) informasi ini pada teman lainnya.