26 Ide Peluang Usaha di Desa-Kampung dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan -- Ide Bisnis-Usaha di Desa Sukses, Peluang Usaha di Desa yang Menjanjikan, Peluang Usaha di Desa Dengan Modal Kecil, Peluang Usaha di Desa Terpencil, Peluang Usaha di Desa Berkembang, Contoh Usaha di Desa / Kampung yang Sangat Menjanjikan, Ide Usaha di Kampung yang Menguntungkan, Ide Usaha Sampingan Di Kampung.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang 26 Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan. Informasi ini ditujukan bagi kamu yang merupakan seorang pemula yang ingin membuka usaha di desa. Mari kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.


Menurut Undang-Undang No 5 Tahun 1979, desa adalah suatu wilayah yang ditempati sejumlah penduduk sebagai kesatuan masyarakat yang di dalamnya merupakan kesatuan hukum yang memiliki organisasi pemerintahan terendah langsung di bawah camat, dan berhak menyelenggarakan rumah tangganya sendiri (otonomi) dalam ikatan negara kesatuan Republik Indonesia.

Suasana di desa masih sangat nyaman, pemandangan alam yang indah, bentangan sawah yang luas, polusi udara yang tidak banyak, suara yang tidak bising, dan kehidupan yang ramah antar tetangga. Kondisi tersebut cocok untuk kamu yang ingin memperoleh ketenangan dan kenyamanan hidup.

Tinggal di desa bukan berarti kamu tidak bisa berkembang dan sukses. Kesuksesan bukan ditentukan oleh dimana kamu tinggal, tapi kesuksesan ditentukan oleh seberapa keras kamu berjuang, serta konsistensimu untuk merah kesuksesan tersebut. Ketika kamu telah berjuang dengan sungguh-sungguh dan konsisten, maka kamu bisa meraih kesuksesanmu.

Potensi yang ada di desa harus kamu manfaatkan untuk meraih kesuksesanmu. Kamu bisa membuka usaha-usaha yang cocok di desamu. Lakukan analisis potensi usaha apa yang cocok untuk dilakukan, kemudian kombinasikan dengan potensi, minat, dan bakat yang kamu miliki,

Ketika kamu telah menemukan ide usaha yang cocok untuk kamu jalankan di desamu, maka bertindaklah. Orang bijak mengatakan "tindakan kecil yang dilakukan saat ini lebih baik dari pada rencana besar yang hanya dipikirkan saja"

Oleh karena itu, kamu harus memulai usahamu segera setelah menemukan ide usaha yang cocok didesamu. Mulailah dengan penuh keyakinan.

Mungkin akan ada orang yang mengejekmu dalam memulai usaha, jangan dengarkan mereka. Itu adalah tantangan pertamamu. Kamu pasti bisa melewatinya ini.

Setelah kamu terbiasa menjalankan usahamu tiap hari, orang-rang yang mengejekmu akan berhenti sendiri. Apabila ketika mereka melihat kesuksesan yang kamu raih berkas usaha tersebut.

Untuk kamu yang masih merasa bingung mau menjalankan usaha apa yang cocok di desa. Jangan khawatir, disini admin akan turut membagikan ide usaha di desa yang menguntungkan. Silahkan kamu baca informasinya, lalu pahami, dan jalankan usaha di desa berikut ini.

25 Ide Peluang Usaha di Desa-Kampung dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

1. Usaha di Desa : Budi Daya Ikan Nila

Ikan Nila adalah salah satu ikan yang banyak disukai oleh masyarakat desa dan juga masayarakat kota. Bagi kamu yang tinggal di desa, maka kamu bisa memanfaatkan lokasi di sekitar rumahmu untuk dibuat kolam ikan Nila.

Kamu bisa membudidayakan ikan Nila dan ketika panen kamu bisa menjualnya di masyarakat sekitar atau menjual ke kota atau warung-warung makan yang membutuhkannya.

2. Usaha di Desa : Budi Daya Ikan Mas

Selain ikan Nila, ikan Mas juga banyak disukai oleh masyarakat desa dan kota. Kamu juga bisa membudidayakan ikan Mas untuk mendapatkan keuntungan yang diinginkan. Kamu beli bibit ikan Mas yang masih kecil-kecil, lalu pelihara dan beberapa bulan hingga siap untuk dipanen.

3. Usaha di Desa : Budi Daya Ikan Lele

Berikutnya adalah budidaya ikan lele. Ikan lele menjadi salah satu ikan favorit masyarakat kota. Mereka menyukai ikan lele dengan penyajian sebagai lele bakar. Nah, jika kamu inging membudidayakan ikan, maka ikan lele adalah salah satu ikan yang bisa kamu budidayakan di kolam rumahmu.

Untuk menghasilkan ikan lele yang berbobot, maka kamu harus memilih bibit ikan yang bagus, dan kemudian diberi pakan yang cocok dan teratur. Setelah beberapa bulan, silahkan dipasarkan kepada pembeli,  misalnya pedagang pecel lele atau warung makan yang membutuhkannya.

4. Usaha di Desa : Budi Daya Ikan Patin

Ikan Patin juga merupakan ikan yang banyak di konsumsi oleh masayarakat kota. Bagi kamu yang ingin membudidayakan ikan, maka ikan patin adalah salah satu ikan yang bisa kamu budidayakan.

Pilih bibit ikan yang bagus, beri pakan sesuai takaran dan pilih jenis pakan yang sesuai sehingga pertumbuhan ikan ideal. Saat panen tiba, silahkan jual ke kota, ke pasar, ke warung-warung makan, atau ke lingkungann sekitarmu.

5. Usaha di Desa : Menjual Bibit Karet dan Bibit Sawit

Bibit karet dan bibit sawit sangat cocok dijual di pedesaan. Masyrakat desa yang pekerjaannya selain bertani pada umumnya adalah berkebun. Ada yang berkebun karet dan ada pula yang berkebun sawit.

Bibit karet unggul di sukai oleh pekebun yang menginginkan karetnya menghasilkan getah yang banyak dan berkualitas. Begitu juga dengan bibit sawit, pekebun sawit tentu menginginkan sawit-sawitnya akan berbuah dengan lebat dan berat sehingga bisa mendatangkan keuntungan besar.

Kamu yang memiliki modal untuk berbisnis, maka dapat kamu coba untuk berbisnis menjual bibit karet atau bibit sawit sesuai keinginan.

6. Usaha di Desa : Menjual Bibit Buah-buahan

Bibit buah-buahan juga banyak di cari oleh masyarakat desa. Bibit buah-buahan ini berbeda dengan bibit buah-buahan yang tumbuh secara alami di desa. Bibit buah-buahan yang bisa dijual adalah hasil stekan sehingga ketika berbuah nanti buahnya bisa lebat, manis, dan tidak busuk.

Bibit buah-buahan yang bisa dijual misalnya bibis buah mangga, bibit buah kelengkeng, bibit buah jambu, bibit buah pepaya, bibit buah durian, bibit buah sawo, bibit buah pokat, dan lain sebagainya.

Kamu bisa menyiapkan bibit buah-buahan di rumahmu untuk dijual pada masyarakat sekitar ataupun mengelilingkannya pada masyarakat daerah lain.

7. Usaha di Desa : Jual Pulsa dan Kuota

Masyarakat desa yang saat ini sudah banyak memiliki HP canggih tentu menjadi pelung baru untuk kamu yang ingin berbisnis. Kamu bisa berbisnis jual kuota internet, tentunya juga berjualan pulsa. Kuota internet dibutuhkan oleh mereka yang suka browsing google atau maen game online. Ini adalah peluang untuk kamu, manfaatkan dengan baik.

8. Usaha di Desa : Usaha Warung Sembako

Melihat jauhnya pasar serta kondisi jalan yang buruk membuat masyarakat desa engan untuk pergi ke pasar. Kondisi ini dapat dimanfaatkan oleh kamu yang mau berbisnis dengan membuka usaha warung sembako.

Kamu dapat menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari bagi masyarakat sekitar. Lengkapi warung sembakomu dengan makanan-makanan ringan, dan lain-lain yang dibutuhkan masyarakat.

9. Usaha di Desa : Usaha Anyaman

Usaha anyaman juga merupakan salah satu peluang usaha di desa. Kamu yang memiliki keahlian menganyam maka bisa membuka usaha anyaman. Anyaman yang bisa dibuat misalnya membuat tikar, topi petani, kursi rotan, tampah dan semacamnya, dan lain-lain.

Anyaman yang dibuat oleh masyarakat desa biasanya bagus-bagus sehingga banyak yang menyukainya. Jadi, bagi kamu yang memiliki keahlian dan tertarik, silahkan buka usaha ini.

10. Usaha di Desa : Distributor Beras

Banyaknya masyarakat desa yang bekerja sebagai petani menjadi di desa banyak beras. Kamu yang ingin membuka usaha di desa, maka menjadi distributor beras adalah salah satu usaha yang bisa kamu pilih.

Mudahnya mendapatkan beras menjadi salah satu alasan untuk membuka usaha ini. Selain itu, harga beras yang relatif murah menjadi alasan lainnya. Kamu bisa menjual berasmu ke kota karena di kota harga beras lebih mahal dibandingkan di desa.

11. Usaha di Desa : Bisnis Getah Karet

Kamu yang memiliki modal besar dapat membuka bisnis getah karet, maksudnya adalah membeli getah karet dari pekebun untuk dikumpulkan di rumah kemudian setelah banyak dijual pada pembeli karet. Kamu bisa memperoleh keuntungan dari selisih harga penjualan dan pembelian.

12. Usaha Bengkel Motor dan Mobil

Kamu yang memiliki keahlian memperbaiki bodi dan mesin kendaraan terutama motor atau mobil, maka bisa membuka usaha bengkel motor atau mobil. Kamu harus memiliki modal yang cukup untuk memulai usaha ini.

13. Usaha di Desa : Usaha Kuliner Sederhana

Membuka usaha kuliner sederhana bisa kamu coba di desa. Misalnya berjualan lontong pecel, mie ayam, bakso, rujak tahu, atau membuka warung nasi sederhana. Orang-orang yang malas memasak akan datang ke tempatmu untuk makan di situ.

14. Usaha di Desa : Usaha Potong Rambut

Kamu yang memiliki keahlian memotong rambut, maka bisa membuka usaha potong rambut. Tentukan tarif yang tidak mahal agar masyarakat sekitar menggunakan jasamu untuk memotong rambutnya.

15. Usaha di Desa : Berkebun Cabe

Tempat yang luas di desa dapat dimanfaatkan untuk berkebun cabe. Harga cabe yang relatif mahal bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan dengan cara menjual cabe dari hasil kebun sendiri.

Pertama kamu kelola tanah yang akan di tanami cabe, kemudian beli bibit cabe yang berkualitas, lalu tanam, rawat, hingga panen cabe, dan pasarkan hasil panen cabemu.

16. Usaha di Desa : Berkebun Kelapa

Berkebun kelapa juga cocok dilakukan di desa melihat tanah yang masih luas. Kelapa bisa dijual saat muda ataupun ketika sudah tua. Usaha berkebun kelapa ini bisa menjadi usaha sampingan dan bahkan bisa menjadi usaha utama jika.

17. Usaha di Desa : Berkebun Kopi dan Kopi Coklat

Berkebun kopi dan kopi coklat cocok dilakukan di desa. Lahan yang luas menjaid salah satu alasan kuat untuk berkebun kopi dan kopi coklat. Pilih bibit yang bagus agar hasil panennya memuaskan.

18. Usaha di Desa : Berkebun Pisang, Jagung, Singkong, Buah-buahan dan Sayuran

Berkebun pisang, singkong, jagung, buah-buahan, dan sayuran sangat cocok dilakukan di desa. Kondisi tanah yang subur dan tanah yang luas menjadikan alasan untuk mencoba usaha ini. Pilih bibit yang unggul agar hasil panennya memuaskan.

19. Usaha di Desa : Usaha Pembuatan Tahu, Tempe, dan Gula Merah

Usaha pembuatan tahu, tempe, dan gula merah banyak dilakukan di pedesaan. Bahan-bahan yang mudah di dapatkan menjadi salah satu yang mendorang masyarakat desa membuka usaha ini. Pemasaran bisa dilakukan ke warung-warung terdekat atau di bawa ke pasar dan bahkan dijual di kota.

20. Usaha di Desa : Jual Obat-obatan dan Pupuk Pertanian

Masyarakat desa yang pada umumnya adalah petani tentu membutuhkan obat-obatan untuk melindungi padi dari serangan hama, mematikan rumput, membuat buah padi menjadi lebat, dan lain sebagainya. Selain itu, pupuk pertanian juga dibutuhkan agar tanah jadi subur sehingga padi juga bis tumbuh subur. Bagi anda yang ingin membuka usaha di desa, usaha ini cocok untuk dilakukan.

21. Usaha di Desa : Usaha Las

Usaha las juga bisa dilakukan di desa. Saat ini masyarakat desa sudah mulai membangun rumah-rumah yang modern yang banyak menggunakan peralatan yang memerlukan las. Jadi usaha las ini juga cocok di buka di desa.

22. Usaha di Desa : Usaha Mebel

Usaha mebel juga bisa dibuka di desa. Kamu yang memiliki keahlian membuat mebel-mebel kreatif, silahkan coba buka usaha ini. Untuk wilayah pemasaran bisa dilakukan di desa tersebut atau dipasarkan di daerah lain.

23. Usaha di Desa : Jual Bakso, Mie Ayam, dan Gado-gado

Masyarakat desa yang menyukai makanan seperti bakso, mie ayam, dan gado-gado,dapat dimanfaatkan oleh kamu yang memiliki keahlian untuk membuat salah satu atau kesemua makanan tersebut.

Harga makanan tersebut jika dipedesaan memang tidak terlalu mahal, tapi jika pembelinya banyak maka penghasilannya juga bisa banyak.

24. Usaha di Desa : Menyewakan Tenda, Alat-alat Pransmanan, dan Alat-alat Pesta

Masyarakat desa yang bisa mengadakan pesta pernikahan atau khitanan bisa di manfaatkan oleh kamu dengan menyewakan alat-alat yang dibutuhkan seperti tenda, alat prasmanan, alat pesta, dan lainnya.

Untuk menjalankan usaha ini, tentunya modal yang cukup besar harus kamu siapkan dan resiko kerusakan harus siap kamu tanggung. Namun keuntungan yang bisa kamu dapatkan pun cukup besar. Banyangkan jika setiap minggunya ada yang menyewa peralatan dari kamu, pantinya keuntungan besar bakal kamu dapatkan.

25. Usaha Ternak di Desa

Usaha teknak cocok dilakukan dipedasaan mengingat lahan pedesaat yang masih luar serta mudahnya mencari makanan untuk hewan ternak. Informasi usaha ternak di desa dapat di baca pada artikel Ide Usaha Ternak di Desa-Kampung yang Menguntungkan

26. Dan lain-lain

Selain peluang usaha yang telah disebutkan di atas, tentu masih banyak lagi peluang usaha lainnya yang bisa kamu temukan dan dijalani sesuai keahlian dan keinginanmu. Bisa kamu baca di "25 Usaha di Desa dengan Modal Kecil yang Menguntungkan"

Peluang usaha di desa yang telah disebutkan di atas harus disesuikan dengan kondisi desa masing-masing, misalnya dilihat dari iklam, kondisi tanah, irigasi, dataran tanah, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui kondisi desa, maka usaha yang dibuka bisa cocok dan sesuai sehingga keuntungan yang diharapkan bisa diraih.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang 26 Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan manfaat baik untuk kamu yang ingin memulai suatu bisnis.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan silahkan berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada rekan atau kerabat anda lainnya yang membutuhkan. Cukup sekian and succes with your business.