8 Bisnis UKM yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Bisnis UKM yang Menjanjikan dan Menguntungkan - Usaha Kecil Menengah yang Sukses, Bisnis UKM Kreatif, Peluang Bisnis UKM, Bisnis UKM Terlaris, Bisnis UKM di Berbagai Bidang, Bisnis UKM yang Trend, Bisnis UKM yang Sangat Menggiurkan Tahun Ini, Contoh Bisnis UKM.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang 8 Bisnis UKM yang Menjanjikan dan Menguntungkan. Informasi ini admin tujukan bagi khusus bagi pemula yang sedang mencari bisnis UKM yang cocok dan kemudian ingin mulai menjalankan bisnis UKM tersebut. Mari simak informasinya di bawah ini.

http://www.lokerpns.web.id/

Terdapat banyak sekali bisnis yang bisa dipilih dan dijalankan mulai dari yang modalnya kecil, menengah, hingga yang bermodal besar.

UKM atau Usaha Kecil Menengah merupakan salah satu jenis usaha yang modalnya kecil hingga menengah. Jadi, terjangkau untuk kamu yang ingin memulai usaha dari yang kecil-kecilan.

Untuk lebih memahami apa itu Usaha Kecil Menengah (UKM)? Silahkan simak pengertiannya dari berbagai pendapat di bawah ini.

Macam-macam Pengertian UKM

1. Pengertian UKM Menurut Wikipedia

Usaha Kecil dan Menengah disingkat UKM adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri.

2. Pengertian UKM Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998

Pengertian Usaha Kecil Menengah adalah kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.

3. Pengertian UKM Menurut Badan Pusat Statistik (BPS)

Menurut BPS (definisi UKM berdasarkan kuantitas tenaga kerja):
  • Usaha kecil merupakan entitas usaha yang memiliki jumlah tenaga kerja 5 s.d 19 orang,
  • Usaha menengah merupakan entitias usaha yang memiliki tenaga kerja 20 s.d. 99 orang

Berdasarkan beberapa pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa UKM adalah suatu jenis usaha berskala kecil yang dijalankan oleh tenaga kerja yang tidak lebih dari 99 orang. 

Melihat jumlah tenaga kerja yang tidak begitu banyak, maka kamu pun bisa membuka jenis usaha UKM ini. Apabila kamu belum mampu untuk membayar gaji karyawan, maka kerjakanlah sendiri usahamu dan ketika telah berkembang suatu saat nanti, maka kamu bisa merekrut karyawan.

Cukup banyak jenis Bisnis UKM yang bisa kamu jalankan seorang diri ataupun bersama teman-temanmu, ataupun bersama karyawanmu. Berikut admin berikan contoh serta penjelasan singkatnya.

8 Macam Bisnis UKM yang Menjanjikan dan Menguntungkan

1. Bisnis UKM di Bidang Kuliner

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan, pasalnya setiap orang pasti makan. Entah sekali, dua kali, tiga kali, atau bahkan lebih. Yang pastinya setiap orang melakukan aktivitas makan dalam satu hari, kecuali yang berpuasa.

Prospek yang baik untuk menjalankan bisnis UKM di bidang kuliner ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi yang meminatinya. Selain itu, bisnis UKM ini yang bisa dimulai dengan modal kecil juga menambah daya tarik.

Beberapa contoh bisnis UKM di bidang kuliner yang bisa dijalankan diantaranya yaitu : jualan gorengan, jualan di warung tenda, catering rumahan, pembuatan tahu / tempe / gula merah, jual bakso dan mie ayam yang unik, jualan aneka kue / aneka keripik, jualan aneka jus, dan lain sebagainya.

Untuk memahami penjabaran lebih lanjut mengenai bisnis UKM di bidang kuliner maka dapat kamu baca pada artikel berikut :  13 Macam Bisnis UKM di Bidang Kuliner yang Menguntungkan

2. Bisnis UKM di Bidang Otomotif

Bisnis berikutya yang dibilang menguntungkan adalah Bisnis UKM di bidang Otomotof. Seperti yang kita ketahui bahwa hampir setiap orang memiliki kendaraan, baik kendaraan roda empat ataupun kendaraan roda dua.

Kendaraan-kendaraan yang dimiliki oleh orang-orang tersebut dipastikan akan mengalami kerusakan pada beberapa bagian mesin atau bodinya. Hal tersebut akan memberikan peluang yang baik untuk kamu yang ingin membuka bisnis UKM di bidang otomotif.

Salah satu usaha yang bisa kamu buka yaitu usaha bengkel mesin motor / mobil atau servis body motor / mobil. Untuk menjalankan usaha tersebut tentunya harus memiliki keahlian khusus, tidak sembarangan karena bisa merugikan pelanggan.

Apabila usahamu telah ternama, maka siap-siaplah untuk kebanjiran pelanggan yang menyebabkan kamu harus merekrut karyawan untuk membantumu.

Selain usaha tersebut, masih banyak lagi usaha lainnya di bidang otomotif seperti jasa cuci motor / mobil, menjual helm sepeda motor, menjual perlengkapan kendaraan bermotor seperti stiker, jas hujan, baut-baut unik, dan lain sebagainya.

3. Bisnis UKM di Bidang Pendidikan

Dunia pendidikan juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk bisnis UKM dengan membuka berbagai macam usaha misalnya privat, bimbel, atau les.

Antusias siswa yang ingin masuk ke PTN bisa dimanfaatkan dengan membuka bimbel khusus masuk PTN. Antusis siswa yang ingin masuk Polri bisa dmanfaatkan dengan membuka bimbel khusus Polri. Antusis siswa yang ingin masuk sekolah ikatan dinas bisa dimanfaatkan dengan membuka bimbel khusus masuk sekolah ikatan dinas. Keinginan siswa untuk lulus UN bisa dimanfaatkan dengan membuka privat atau bimbel UN. Antusias siswa yang ingin mendapatkan pengetahuantambahan bisa dimanfaatkan dengan membuka bimbel SD, SMP, SMA. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Begitu banyaknya bisnis UKM di bidang pendidikan bisa kamu manfaatkan dengan sebaik mungkin dengan membuka salah satu bisnis / usaha yang telah disebutkan di atas. Dengan begitu, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan berbisnis di dunia pendidikan.

Untuk mengetahui pembahasan lebih lanjutnya mengenai Bisnis UKM di Bidang Pendidikan, maka kamu dapat membacanya pada artikel 7 Macam Bisnis UKM di Bidang Pendidikan

4. Bisnis UKM di Bidang Fashion

Bisnis UKM di Bidang Fashion juga bisa dibilang menguntungkan jika telah ternama dan memiliki banyak pelanggan. Memang tidak mudah untuk menjalankan bisnis UKM di bidang fashion ini mengingat pesiang yang cukup banyak dan pelanggan yang tidak harus membeli pakaian setiap hari. Berbeda dengan bisnis kuliner dimana pelanggan membutuhkan makan setiap hari.

Salah satu solusi yang bisa anda ambil yaitu dengan menyediakan fashion-fashion terbaru yang banyak disukai oleh masyarakat pada saat ini. Ikuti perkembangan dunia fashion agar pakaian dan aksesoris yang kamu jual tidak ketinggalan jaman.

Pada umumnya, pengguna yang paling banyak membeli pakaian adalah wanita, khususnya remaja. Mereka ingin terlihat cantik, keren, dan gaul. Namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa cukup banyak kalangan ibu-ibu yang ingin terus menampilkan pakaian yang terbaru dengan gaya yang keren.

Oleh karena itu, kamu harus menyediakan pakaian yang disukai mereka agar nantinya pakaian yang kamu jual banyak yang meminati sehingga keuntungan yang kamu harapkan bisa diraih.

5. Bisnis UKM di Bidang Pertanian

Bisnis UKM di bidang pertanian cocoknya dijalankan di desa. Mengapa? karena di desa, dapat kita lihat cukup luas lahan pertaniannya dan pada umumnya masyarakat pedesaan berprofesi sebagai petani, baik petani karet atau petani sawah.

Melihat potensi bisnis UKM di bidang pertanian yang cukup besar, maka kamu bisa memanfaatkannya dengan membuka usaha jual pupuk pertanian, jual obat-obat pertanian, jual alat-alat pertanian seperti cangkul, alat semprot, sabit, dan lain-lain.

Selain itu, kamu bisa membuka usaha agen atau distributor beras, jual dedak, membeli karet dari petani karet lalu menjualnya kembali, membuka usaha gilingan padi, dan usaha-usaha lainnya.

Begitu banyaknya peluang usaha di bidang pertanian ini, maka kamu harus cerdas dengan memanfaatkan salah satu atau lebih peluang usaha tersebut untuk meraih keuntungan.

Informasi lengkap dapat dibaca pada artikel : 4 Bisnis UKM di Bidang Pertanian yang Menguntungkan

6. Bisnis UKM di Bidang Teknologi Informasi / Internet

Bisnis UKM selanjutnya yang sangat menjanjikan adalah bisnis UKM di bidang teknologi informasi / internet. Pemanfaatan dunia internet harus dimanfaatkan dengan maksimal.

Cukup banyak di bisnis yang bisa dibuka diantaranya adalah blog. Bisnis online yang satu ini bisa mendatangkan banyak keuntugan apabila blog yang dijalankan berada di posisi satu google, atau minimal halaman utama google. Cukup banyak mereka yang sukses di dunia blogging, salah satunya adalah mas Eka Lesmana.

Selain bisnis blog, masih banyak lagi bisnis lainnya seperti jasa pembuatan website bisnis / pribadi, / instansi pendidikan. Ada juga bisnis starup mulai dari startup di bidang eCommerce, media online, aplikasi, dan lain-lain. Atau kamu juga bisa membuka bisnis toko online untuk menjual barang.

Silahkan jalankan salah satu atau lebih bisnis tersebut sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang kamu miliki. Maksimalkan bisnis tersebut dan raihlah keuntungannya.

7. Bisnis UKM di Bidang Properti

Properti merupakan hak dan kepemilikan atas suatu tanah dan bangunan diatasnya (John M. Echols, 1996). Selain sebagai tabungan atau investasi, properti yang dimiliki juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan, yaitu dengan membuka bisnis di bidang properti.

Bisnis yang dibisa dibuka di bidang properti diantaranya yaitu membuka bisnis properti jual beli rumah, bisnis properti kontrakan, bisnis properti homestay (penginapan rumah).

Bisnis UKM di bidang properti juga merupakan bisnis yang menguntungkan. Misalnya, jika kamu memiliki kontrakan di lingkungan kampus. Maka kamu bisa menyewakan kontrakanmu pada para mahasiswa yang ingin ngontrak. Misal ada 3 kontrakan, 1 kontrakan harga sewa pertahun Rp. 6 juta, maka jika terisi penuh untuk 3 kontrakan, kamu bisa meriah keuntungan Rp. 18 juta pertahun. Itu adalah penghasilan pasif income yang cukup besar.

So.. jalankanlah bisnis di bidang properti ini karena bisa memberikan keuntungan yang besar.

8. Bisnis UKM di Bidang Industri Kreatif

Bisnis yang paling akhir di bahas adalah bisnis UKM di bidang industri kreatif. Kreatifitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang berbeda. Orang yang mampu menciptakan sesuatu yang baru adalah orang yang kreatif.

Bisnis di bidang industri kreatif dapat memberikan peluang yang baik karena tidak banyak orang yang menggunakan kreatifitasnya untuk berbisnis. Hal ini memberikan peluang besar untuk kamu yang mau menjalankan bisnis ini.

Bisnis UKM di bidang indutri kreatif ini terdapat dibeberapa sektor diantaranya yaitu sektor kuliner, sektor arsitektur, sektor periklanan, sektor pasar barang seni, sektor kerajinan, sektor design, sektor fashion, sektor video, film dan fotografi, dan sektr-sektor lainnya.

Dengan berbeda dengan bisnis pada umumnya, maka keunikan dari bisnismu akan dikenal banyak orang dan mereka akan menjadi pelanggan setiamu. So.. ciptakanlah dan jalankan bisnis UKM di bidang industri kreatif untuk meraih keuntungan yang kamu inginkan.

9. Dan Lain-lain

Selain macam-maam bisnis UKM yang telah disebutkan di atas, tentu masih ada bisnis UKM lainnya yang bisa kamu pilih dan jalankan. Silahkan temukan sendiri bisnis UKM lainnya.


Itulah beberapa macam Bisnis UKM yang Menjanjikan dan Menguntungkan. Silahkan pilih bisnis UKM untuk kamu jalankan sesuai minat dan kemampuan atau keahlian yang kamu miliki.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang 8 Bisnis UKM yang Menjanjikan dan Menguntungkan. Mudah-mudahan informasi bisnis UKM yang telah admin sampaikan tersebut bisa memberikan ide bisnis untuk kamu jalankan.

Mari bantu berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada rekan atau kerabat anda lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat. Thank you.