13 Bisnis UKM di Bidang Kuliner (Makanan) yang Menguntungkan

Bisnis UKM di Bidang Kuliner yang Menguntungkan -- Peluang Bisnis UKM di Bidang Makanan, Usaha Kuliner yang Menguntungkan, Bisnis UKM di Bidang Kuliner yang Menjanjikan, Ide Bisnis UKM yang Menguntungkan, Contoh Usaha Kecil Menengah di Bidang Kuliner, Peluang Bisnis UKM Bidang Kuliner yang Menguntungkan, Contoh Ide Bisnis UKM di Bidang Kuliner.

Kai ini admin akan berbagi informasi tentang 13 Bisnis UKM di Bidang Kuliner yang Menguntungkan. Informasi ini terutama ditujukan bagi pemula yang ingin mulai menjalankan bisnis di bidang kuliner. Langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.lokerpns.web.id/

Peluang Bisnis UKM di Bidang Kuliner yang Menguntungkan

Makanan adalah kebutuhan pokok bagi manusia. Hal tersebut memberikan arti bahwa setiap manusia pasti makan. Orang-orang akan makan pada saat mulai lapar dan bahkan pada saat tidak lapar.

Bisnis makanan atau yang dikenal dengan bisnis kuliner adalah salah satu jenis Usaha Kecil Menengah (UKM). Dengan pemikiran awal bahwa manusia pasti makan, maka bisnis kuliner diyakini bisa menjanjikan suatu keuntungan yang besar. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin memulai suatu bisnis UKM, maka  bisnis UKM di bidang kuliner cocok untuk kamu jalankan.

Bisnis UKM di bidang kuliner telah banyak dijalankan oleh orang-orang di Indonesia ataupun luar negeri. Kesuksesan berbisnis di bidang kuliner menjadikan mereka sebagai sumber inspirasi bagi para pemula untuk memulai bisnis di bidang kuliner.

Berikut admin berikan contoh-contoh orang yang sukses dalam bisnis di bidang kuliner, baik orang Indonesia ataupun luar negeri :
  • Rizka Wahyu Romadhona - Bisnis kuliner Kue Lapis Talas Khas Bogor
  • Teguh Poerwono Edi - Bisnis kuliner Kue Kacang
  • Nora Marshanti - Bisnis kuliner  Dapur Nora Uky Cake & Cookies
  • Kat Cole - Bisnis kuliner Pengusaha Roti Internasional
  • Louis Barnett - Bisnis kuliner Cokelat Chokolit
  • Fendra Agoprilla Putra - Bisnis kuliner Mie Nyonyor
  • Victor Giovan Raihan - Bisnis kuliner Teh Kempot
  • Rangga Umara - Bisnis kuliner Pecel Lele Lela
  • Aitthipat Kulapongvanich - Bisnis kuliner Tao Kae Noi
  • Reza Murhaliman - Bisnis kuliner Kripik Maicih

Kisah sukses mereka dapat kamu jadikan sumber inspirasi untuk menjalankan bisnis kuliner. Para pemula dapat membaca kisah sukses mereka kemudian mengambil ilmunya.

Untuk memulai bisnis kuliner ini, maka kamu bisa mencari infromasi dari berbagai media. Beragam informasi yang ada di internet juga bisa dijadikan sebagai panduan dalam memulai bisnis kuliner. Selain itu, buku-buka yang beredar di toko buka bisa dijadikan pedoman dalam memulai bisa kuliner.

Pelajari juga bagaimana cari memasarkan bisnis kulinermu agar laris dan disukai banyak orang. Tentu saja beberapa hal yang harus kamu lakukan yaitu berjualan di tempat yang sering dilalui banyak orang, tempat berjualannnya menarik, unik, sejuk dan indah, harga terjangkau, pelayanan cepat dan pelayannya ramah.

So, tunggu apa lagi?. Ayo mulailah untuk menjalankan bisnis kulinermu.

Ada beberapa macam bisnis kuliner yang termasuk dalam bisnis UKM yang bisa kamu jalankan. Berikut adalah contoh-contoh bisnis kuliner beserta penjelasannya. Silahkan disimak dengan baik.

1. Bisnis UKM di Bidang Kuliner : Berjualan Gorengan

Bisnis UKM berjualan gorengan memiliki prospek yang sangat baik. banyak orang-orang yang suka makan gorengan.

Gorengan bisa dijual di pagi hari, siang hari, sore hari, bahkan sampai malam hari. Ada banyak aneka gorengan yang bisa dijual, seperti pisang goreng, molen, piscok, ubi goreng, tempe goreng, tahu goreng, bakwan, dan masih banyak lagi lainnya.

Bisnis jualan gorengan ini bisa mendatangkan keuntungan yang besar jika banyak konsumen yang membeli. Untuk itu, perlu strategi yang tepat dalam menjual gorengan. Apakah itu dengan menjual gorangan lebih murah dari penjual lainnya, atau menjual gorengan dengan ukuran lebih besar dari penjual lainnya. Selain itu, tempat berjualan perlu untuk diperhatikan pula.

Dengan strategi yang tepat, mudah-mudahan bisnis jual gorengan yang kamu jalankan bisa memberikan banyak keuntungan yang besar.

2. Bisnis UKM di Bidang Kuliner : Berjualan Makanan Cemilan

Cemilan yang paling cocok untuk dijadikan bisnis UKM yang paling utama adalah cemilan khas kota anda. Selain orang-orang di sekitar yang telah mengenal jenis cemilan tersebut, pendatang dari luar kota pun berpeluang untuk membeli jenis cemilan tersebut sebagai oleh-oleh untuk di bawa pulang.

Contoh jenis cemilan yang banyak disukai pecinta cemilan yaitu pisang goreng aneka rasa, Jualan kentang spiral, jualan keripik dalam berbagai aneka, dan lain-lain. Juallah cemilan khas daerah / kota anda atau cemilan yang paling banyak disukai orang agar bisa mendatangkan keuntungan yang besar.

3. Bisnis UKM di Bidang Kuliner : Berjaulan Aneka Es dan Minuman

Berjualan aneka es merupakan salah satu bisnis yang cocok dijalankan di siang hari karena pada siang hari banyak orang yang merasa haus karena capek bekerja atau karena panasnya cuaca.

Jualan aneka minuman bisa dilakukan dipinggir jalan raya atau ditempat keramaian yang memungkinkan. Apa lagi jika tempat yang disediakan cocok untuk beristirahat dan bersantai.

Terkadang, ada saja orang yang mampir untuk istirahat sambil minum es kelapa untuk menghilangkan dahaga dan rasa capek.

Aneka es dan minuman yang bisa dijual diantaranya yaitu es kelapa muda, es campur, es jagung, es cappuccino cincau, es kacang merah, es tebu, es dawet, es buah, es teler, es rumput laut, es puter, es kembang tahu, pop ice, es segar sari, munuman dingin seperti pulpie orange, aqua, teh botol, dan lain-lain.

Silahkan pilih beberapa aneka es untuk dijual yang pada akhirnya bisa mendatangkan keuntungan.

4. Bisnis UKM di Bidang Kuliner : Berjaulan Aneka Jus Buah

Jus adalah salah satu minuman favorit banyak kalangan. Selain rasanya yang enak, kandungan nutrisi juga menjadi pertimbangan banyak orang untuk membeli minuman jus. Membuka bisnis aneka jus cocok untuk dicoba karena telah diketahui banyak orang yang menyukai jus.

Jus buah yang pada umumnya disukai banyak orang diantaranya yaitu jus apel, jus pokat, jus buah naga, jus melon, jus tomat, jus jambu, jus timun, dan lain sebagainya.

Jika banyak orang yang menyukai dan membeli jus jualanmu, maka keuntunganmu pasti banyak.

5. Bisnis UKM di Bidang Kuliner : Warung Tenda

Warung tenda pasti pernah kamu jumpai didaerah sekitarmu ?

Warung tenda adalah salah satu jenis usaha UKM. Warung tenda berbeda dengan rumah makan, warung tenda ini bisa berpindah tempat kapanpun, karena tidak bersifat permanen.

Jenis bisnis warung tenda biasanya ada di berbagai waktu. Warung tenda di pagi hari, yaitu warung tenda untuk berjualan sarapan pagi. Warung tenda di siang hari, biasanya ada di pasar yang mana penjual menyediakan makan siang. Warung tenda di sore hari, biasanya makanan yang dijulan berupa pecel lele dan bebek goreng, atau nasi goreng.

Bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis warung tenda, pilihlah lokasi yang ramai orang lalu buka bisnis warung tendamu disana. Jika banyak pembeli, maka keuntunganmu pasti banyak.

6. Bisnis UKM di Bidang Kuliner : Catering Rumahan

Bagi kamu yang memiliki keahlian memasak aneka jenis makanan, maka kamu bisa coba untuk menjalankan bisnis catering rumahan. Buatlah banner lalu tempelkan di depan rumah sebagai promosinya.

Bisnis Catering Rumahan ini cukup menjanjikan keuntungan. Sebagai gambaran, diperkotaan hampir setiap hari minggu ada acara pernikahan yang diselenggarakan di hotel, gedung, atau tempat lainnya. Kebanyakan dari penyelenggara tidak menyediakan makanan, Oleh karena itu, pemilik acara harus mencari sendiri jasa penyedia ketering. Nah, ketering rumahan bisa jadi solusinya.

Dengan adanya acara yang besar, maka ketering rumahanmu bakal menerima pesanan makanan yang banyak. Dengan itu keuntunganmu juga pasti banyak.

7. Bisnis UKM di Bidang Kuliner : Warung Nasi Mobil

Bisnis yang satu ini masih jarang diketahui banyak orang. Apakah itu? ya, itulah bisnis warung nasi mobil. Mungkin agar aneh bagi kamu, tapi ini adalah sebuah peluang bisnis untuk kamu.

Kamu yang memiliki mobil carry yang jarang di pakai, maka manfaatkanlah untuk berjualan dengan menjadikannya sebagai warung nasi mobil. Kamu bisa membuka warung nasi mobil dipasaran atau dipingging jalan yang memungkinkan.

Dengan bisnis warung nasi mobil ini, kamu tidak perlu memiliki rumah makan karena di mobilmu sudah bisa jadi rumah makan juga. Kamu bisa berjualan makanan terutama nasi, sayur, dan lauk-pauk. Keuntungan yang bisa didapatkan tergantung banyak tidaknya pembeli di hari tersebut.

8. Bisnis UKM di Bidang Kuliner : Pembuatan Tahu dan Tempe

Bisnis UKM tahu dan tempe memberikan prospek yang menjanjikan. Pasalnya kedua lauk-pauk tersebut banyak dimanfaatkan oleh berbagai kalangan. Rumah makan merupakan salah satunya yang paling banyak menggunakan kedua lauk-pauk tersebut.

Bagi kamu yang memiliki keahlian membuat tahu atau tempe, maka coba jalankanlah usaha tersebut. Apabila tahu atau tempe yang kamu buat banyak disukai oleh konsumen, maka kamu akan mendapatkan banyak pesanan dan akhirnya keuntungan besar bisa di peroleh.

9. Bisnis UKM di Bidang Kuliner : Pembuatan Susu Kedelai

Susu kedelai adalah susu yang di buat menggunakan bahan dasar susu kedelai. Susu kedelai ini cukup menyehatkan karena mengandung banyak sekali protein.

Pecinta susu kedelai cukup banyak. Oleh karena itu, jika kamu bisa membuat susu kedelai, maka bisa mencoba untuk menjalankan bisnis UKM ini. Prospek yang baik menjadi salah satu pemicu untuk menjalankan jenis UKM yang satu ini.

10. Bisnis UKM di Bidang Kuliner : Jualan Bakso, Soto dan Mie Ayam

Bisnis UKM yang satu ini bisa dijalankan bersama-sama. Seorang penjual bisa menjual bakso, soto, dan mie ayam di warungnya.

Juallah bakso dengan rasa dan bentuk yang berbeda dengan bakso pada umumnya. Itu bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Begitu juga dengan soto dan mie ayam, juallah dengan kreasi yang berbeda dari yang lain.

Keunikan makanan tersebut bisa menjadikan nilai lebih di mata konsumen dan biasanya mereka mudah untuk mengingat bakso, soto, atau mie ayam yang kamu jual.

11. Bisnis UKM di Bidang Kuliner : Membuka Rumah Makan

Dilihat dari namanya sudah jelas "Rumah makan". Jelas sekali bahwa tempat tersebut menyediakan makanan untuk para pembeli. Rumah Makan Padang adalah salah satu rumah makan terkenal yang menyediakan berbagai menu makanan.

Bagi kamu yang memiliki keahlian memasak, maka kamu bisa membuka bisnis UKM rumah makan. Tidak perlu mewah, yang penting unik dan bisa menarik perhatian para pecinta kuliner. Harga yang terjangkau juga menjadi salah satu daya tarik bagi pembeli.

Jika banyak pembeli yang berdatangan ke rumah makanmu, dijamin keuntunganmu sangat tinggi.

12. Bisnis UKM di Bidang Kuliner : Berjualan Aneka Keripik

Keripik adalah salah satu jenis cemilan yang banyak disukai oleh anak-anak, remaja dan orang dewasa. Jenis makanan yang satu ini bisa dimakan pada saat santai.

Membuat keripik tidaklah sulit. Jika kamu mau untuk membuatnya, pasti bisa dech. Keripik bisa dibuat dari aneka bahan dan disajikan dalam aneka rasa dan bentuk.

Ada keripik yang dibuat dari kentang, keripik bayam, keripik pisang, keripik talas, keripik ubi, dan lainnya. Sajian keripik bisa bermacam-macam, ada yang bulat dan yang panjang. Rasanya beranekaragam, ada keripik rasa coklat, keripik pedas, keripik manis, keripik asin, dan lain sebagainya.

Jika kamu ingin mencoba bisnis UKM di bidang cemilan, maka cemilan keripik adalah salah satu yang cocok untuk dicoba.

13. Bisnis UKM di Bidang Kuliner : Berjualan Aneka Kue

Kue adalah salah jenis makanan yang banyak disukai orang. Ada banyak macam kue dari yang murah sampai yang mahal, dari yang sederhana hingga yang spesial.

Jika kamu memiliki keahlian membuat aneka kue, maka bukalah bisnis aneka kue. Kamu bisa menitipkan kue mu di warung-warung sekitar rumahmu atau kamu menjualnya sendiri di pasar atau membuka jualan kue di rumah.

Keuntungan yang bisa diperoleh dari hasil penjualan kue lumayan besar jika banyak yang membeli. Jadi, kamu harus benar-benar terampil agar kuemu disukai oleh konsumen.

14. Dan Lain-lain

Selain contoh bisnis UKM di bidang kuliner yang telah admin sampaikan di atams tentu saja masih banyak contoh bisnis kuliner lainnya yang bisa kamu jalankan. Silahkan dicari.

Itulah informasi yang dapat admin bagikan untuk kamu tentang bisnis UKM di bidang kuliner. Dari sejumlah contoh bisnis UKM bidang kuliner di atas, silahkan kamu pilih salah satu atau beberapa untuk kamu jalankan. Setelah kamu jalankan, silahkan dapatkan keuntungannya.

Bacaan berikutnya :

Demikianlah informasi tentang 13 Bisnis UKM di Bidang Kuliner yang Menguntungkan. Semoga contoh bisnis UKM yang telah admin berikan tersebut bermanfaat untuk kamu semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Silahkan berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman lainnya. Cukup sekian dan semoga sukses dengan bisnis kulinermu. Succes with your business.