10 Usaha Kecil yang Menguntungkan untuk Pelajar dan Mahasiswa

Usaha Kecil yang Menguntungkan untuk Pelajar dan Mahasiswa -- Usaha Modal Kecil Untung Besar, Usaha Kecil Sukses, Ide Usaha Kreatif, Contoh Usaha Bisnis Kecil Modal Kecil, Ide Usaha Kecil yang Menguntungkan, Peluang Usaha Kecil yang Menguntungkan Besar. Usaha Modal Kecil untuk Pemula, Peluang Usaha Modal Kecil Untung Hasil Besar Halal, Usaha Kecil Menguntungkan.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Usaha Kecil yang Menguntungkan untuk Pelajar dan Mahasiswa. Informasi ini ditujukan terutama untuk pelajar dan mahasiswa yang ingin menjalani suatu usaha untuk mendapatkan keuntungan. Mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

http://www.lokerpns.web.id/

Usaha atau Bisnis adalah sama-sama sebagai suatu kegiatan jual beli barang atau jasa untuk mendapatkan penghasilan.

Namun Usaha sedikit berbeda dengan Bisnis. Lalu apa bedanya? Pada intinya : jika kita kerja dan saat kita libur kerja namun tetap mendapatkan penghasilan, itu dinamakan bisnis. Sedangkan jika kita punya kerja dan saat kita libur kerja penghasilan kita libur juga, itu dinamakan usaha.

Selain itu, di dalam menjalankan usaha, kita harus terlibat secara langsung. Sedangkan dalam menjalani bisnis, kita cukup terlibat di awal dan kemudian dapat dijalankan oleh karyawan.

Setelah mengetahui sedikit perbedaan antara usaha dan bisnis, lalu apa yang akan kamu pilih? Silahkan pilih sesuai dengan minat dan modal yang kamu miliki.

Pada artikel ini akan dibahas tentang Usaha Kecil yang Menguntungkan untuk Pelajar dan Mahasiswa.

Pelajar dan Mahasiswa adalah orang-orang yang sedang menempuh pendidikan agar setelah lulus nantinya memiliki ilmu pengetahuan yang baik dan banyak, memiliki wawasan yang luas, memiliki pemikiran yang kreatif, mampu hidup mandiri, dan lain sebagainya.

Saat kita sedang menjadi pelajar atau mahasiswa, maka disinilah kesempatan kita untuk mengasah kemampuan dan mengumpulkan sebanyak-banyaknya pengalaman, baik pengalaman kita sendiri atau mempelajari pengalaman orang lain. 

Salah satu pengalaman yang bisa dijalankan oleh pelajar atau mahasiswa tanpa mengganggu jadwal belajar adalah menjalani suatu usaha atau bisnis.

Ada banyak sekali macam-macam usaha yang bisa dijalankan oleh pelajar atau mahasiswa. Berikut ini admin telah merangkum Macam-macam Usaha Kecil yang Menguntungkan untuk Pelajar dan Mahasiswa. Silahkan pahami dan pilih salah satu lalu jalani usaha tersebut.

Usaha Kecil yang Menguntungkan untuk Pelajar dan Mahasiswa

1. Jasa Pengetikan

Untuk kamu yang memiliki keahlian di bidang pengetikan, terutama ahli mengoprasikan MS. Word dan Excel, maka kamu harus memanfaatkan keahlian yang kamu miliki tersebut dengan membuka jasa pengetikan.

Ini bisa menjadi salah satu usaha yang bisa kamu lakukan tanpa mengganggu jadwal belajar. Misalnya kamu mendapatkan tawaran untuk mengetikkan makalah, maka kamu bisa melakukannya di rumah setelah jam belajar selesai.

Usaha ini bisa dilakukan oleh pelajar ataupun mahasiswa. Keuntungan yang didapatkan pun lumayan banyak ketika banyak yang meminta jasa pengetikan darimu. Manfaatkanlah keahlianmu untuk menghasilkan uang.

2. Jasa Install Laptop, Notebook, dan Komputer

Bagi kamu yang kuliah di bidang ilmu komputer dan memiliki keahlian untuk menginstall atau siapapun yang memiliki keahlian menginstall komputer dan semacamnya, maka kamu bisa membuka jasa install Komputer, Laptop, Notebook, dan semacamnya.

Jasa install ini bisa dijadikan sebagai salah satu usaha untuk mahasiswa ataupun pelajar yang memiliki keahlian di bidang tersebut. Atur waktu anda agar bisa menjalani usaha ini tanpa mengganggu jadwal belajar.

Ketika banyak orang yang meminta jasa install laptop darimu, maka keuntungan yang diharapkan akan berdatangan. Kamu bisa menawarkan jasa install kepada teman-teman kuliahmu.

3. Jasa Terjemahan Bahasa

Bagi kamu yang memiliki keahlian menerjemahan bahasa dengan dengan baik dan benar, seperti bahasa inggris, bahasa korea, bahasa arab, ataupun lainnya, maka kamu bisa membuka jasa terjemahan.

Jasa terjemahan ini bisa dibuka secara online ataupun secara langsung. Jika dibuka secara online, maka kamu harus memiliki media online untuk berkomunikasi dengan klien, misalnya blog. Silahkan masukkan data-data yang dibutuhkan agar para klien tertarik menggunakan jasa anda.

Sedangkan untuk jasa terjemah yang dibuka secara langsung, maka kamu bisa promosi pada teman-teman kuliah atau sekolah agar mereka mau menggunakan jasa kamu. 

Keuntungan yang bisa didapatkan cukup lumayan untuk mencukupi kebutuhkan sehari-hari.

4. Jasa Desain Grafis

Bagi kamu yang memiliki keahlian mendesain baju, kaos, logo, banner, poster, undangan, dan banyak lagi lainnya, maka kamu bisa memanfaatkan keahlianmu tersebut untuk mendapatkan penghasilan. Caranya yaitu dengan membuka jasa desain grafis. 

Usaha ini bisa dijadikan sebagai usaha tambahan bagi kamu seorang pelajar atau mahasiswa. Penghasilan yang diperoleh jika orderan banyak bisa banyak. Silahkan dicoba.

5. Jual Pulsa

Jual pulsa adalah salah satu usaha yang bisa dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa, Usaha ini sangat mudah dilakukan. Dimanapun dan kapanpun kamu bisa berjualan pulsa. 

Untuk pelajar yang tidak boleh membawa HP ke sekolah, maka bisa berjualan pulsa di rumah. Meskipun demikian, di Sekolah kamu masih bisa menawarkan kepada teman bahwa kamu jualan pulsa sehingga mereka bisa membeli pulsa setelah pulang sekolah atau menitip uang dan nomor HP dan ketika kamu tiba di rumah, kamu bisa langsung mengisikan pulsa untuk temanmu tersebut.

Sedangkan untuk mahasiswa yang bebas membawa HP ke kampus, maka berjualan pulsa akan semakin mudah. Sampaikan kepada teman-teman agar mereka membeli pulsa pada kamu. Dengan demikian keuntungan berjaulan pulsa yang kamu jalani bisa banyak.

6. Jual Nasi Goreng

Bagi kamu yang memiliki keahlian memasak, salah satunya memasak nasi goreng, maka kamu bisa mencoba berjualan nasi goreng yang biasanya dilakukan pada sore hingga malam hari. Usaha ini bisa dilakukan oleh pelajar ataupun mahasiswa.

Keuntungan yang didapatkan cukup besar. Misalnya saja satu porsi nasi goreng harganya Rp. 10.000,-. Jika yang membeli ada 20 orang, maka penghasilan yang akan kamu dapatkan yaitu Rp. 200.000,- dan keuntungannya diperoleh setelah dikurang dengan modal yang dikeluarkan.

Jualan nasi goreng ini bisa dilakukan oleh pelajar ataupun mahasiswa terutama yang memiliki keahlian memasak nasi goreng.

6. Jual Beli Barang Elektronik Second

Barang Second yang biasanya diperjualbelikan dan cocok untuk pelajar ataupun mahasiswa adalah jual beli barang elektronik seperti Handphone, Smartphone, Laptop, dan Notebook.

Usaha ini cukup menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Misalnya kamu beli laptop second dengan harga 1,5 juta, maka kamu bisa menjualnya dengan harga 2 juta. Jadi keuntungannya sebesar Rp. 500.000,-

Misalnya lagi, kamu beli smartphone malam ini, kemudian esok harinya kamu jual dengan harga yang tidak terlalu mahal. Ambil saja keuntungan 50 atau 100 ribu, jika dilakukan setiap hari, maka keuntungan kamu lumayan besar.

7. Jual Roti Bakar

Jualan roti bakar biasanya dilakukan pada sore hari hingga malam hari. Kamu seorang pelajar ataupun mahasiswa bisa melakukan ini kalau ada kemauan.

Usaha ini bisa memberikan keuntungan yang lumayan besar. Jika ditekuni, maka usaha ini bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Kamu bisa menjadi pemiliki roti bakar yang ada di daerahmu. Kamu bisa mencari karyawan untuk menjual roti bakar yan kamu miliki.

8. Pengajar Privat atau Bimbel

Bagi kamu yang kuliah di bidang keguruan, maka kamu bisa memanfaat ilmu yang kamu miliki untuk menghasilkan uang dan sekaligus mengasak otak agar semakin mahir.

Mengajar privat atau bimbel adalah salah satu untuk mendapatkan uang dan sekaligus mengasah otak. Ini bisa juga dijadikan untuk melatih mental dan kemampuan kamu sebelum nanti mengajar di suatu sekolah atau kampus. 

Keuntungan yang didapat memang tidak begitu besar, tapi cukup untuk mencukup kebutuhan sehari-hari. Usaha ini pada umumnya dilakukan oleh mahasiswa. Jadi, jika kamu berminat, silahkan dicoba.

9. Usaha Ternak Burung Lovebird

Bagi kamu pecinta burung lovebird, maka kamu bisa mencoba untuk ternak burung lovebird jika tempat tinggalmu memungkinkan. Ternak burung lovebird sedang admin jalani saat ini sejak kuliah.

Keuntungan yang bisa didapatkan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apabila kamu memiliki indukan lovebird yang banyak, maka anakan yang dihasilkan juga banyak. Dengan bagitu, maka anakan lovebird yang bisa dijual juga banyak sehingga keuntungan yang bisa diperoleh juga banyak.

10. Usaha Ternak Jangkrik

Pada saat ini kebutuhan anakan jangkrik untuk makanan burung cukup banyak. Burung-burung seperti kacer, murai batu, ciblek, perenjak, dan lain-lain perlu diberi makan anak jangkrik salah satunya agar suaranya bagus.

Bagi kamu yang memiliki jiwa beternak, maka ternak jangkrik adalah salah satu usaha yang bisa kamu jalani. Usaha ini bisa dilakukan oleh mahasiswa ataupun pelajar asalkan tempatnya memadai serta memiliki minat.

Keuntungan yang diperoleh cukup besar. Usaha ini sudah dibuktikan oleh teman saya sendiri yang dimulai sejak menjadi seorang mahasiswa dan sampai saat ini ia masih menjalani usaha tersebut.

11. Dan Lain-lain

Selain usaha-usaha kecil yang telah disebutkan di atas, tentu saja masih banyak jenis usaha kecil lainnya yang bisa kamu coba. Silahkan jalani yang sesuai dengan yang kamu minati.


Dari beberapa macam usaha kecil yang telah admin jelaskan di atas, mungkin salah satunya ada yang kamu minati. Silahkan kamu pilih salah satu atau jalani usaha kecil lainnya yang kamu mau.


Hanya ini yang dapat admin sampaikan tentang 10 Usaha Kecil yang Menguntungkan untuk Pelajar dan Mahasiswa. Semoga bisa memberikan inspirasi untuk kalian semua. Cukup sekian dan terima kasih. Please share this article to your friends. Thanks you anda succes with your business.