Usaha Ternak Jangkrik yang Menguntungkan

Usaha Ternak Jangkrik yang Menguntungkan -- Usaha Beternak Jangkrik yang Menguntungkan, Cara Berbisnis Jangkrik yang Benar Agar Menguntungkan, Usaha / Bisnis Ternak Jangkrik yang Mudah dan Menjanjikan Keuntungan, Cara Memulai Usaha Ternak Jangkrik agar Menguntungkan.

Dalam kesempatan yang baik ini admin akan berbagi informasi tentang Usaha Ternak Jangkrik yang Menguntungkan. Informasi ini ditujukan khusunya bagi anda yang ingin menjalankan usaha ternak jangkrik. Nah, untuk mengetahui informasinya, mari simak pembahasannya berikut ini.

http://www.lokerpns.web.id/

Perkembangan yang cukup baik di Indonesia sangat bermanfaat untuk masyarakat sebagai konsumen penikmatnya. Sehingga pemerintah membantuh parah peternak untuk selalu mengembangkan usahanya. Agar dapat membantu mencukupi kebutuhan masyarakat indonesia.

Dari dahulu pemerintah selalu mengandalkan import hewan-hewan ternak guna mencukupi stok kebutuhan masyarakat. Namun saat ini sedikit berkurang karena banyaknya perkembangan usaha peternak kecil sampai pengusaha besar di Indonesia.

Ternak atau budidaya hewan di Indonesia sudah sangat baik. Banyak pecinta hewan ternak menekuni usaha ternak dengan berbagai macam jenis ternakan contohnya, ternak jangkrik, ternak sapi peras, ternak sapi daging, ternak ayam, ternak kambing, dan lain sebagainya.
Usaha di Desa dengan Modal Kecil yang Menguntungkan
Ternak jangkrik merupakan salah satu usaha ternak yang cocok untuk dijalankan. Tingginya kebutuhan jangkrik saat ini cukup membuat repot para peternak dari usaha kecil sampai menengah. Hal ini juga dikarenakan banyaknya perkembangan hewan-hewan peliharan seperti burung kicau yang merupakan penikmat utama jangkrik, baik jangkrik alam bebas ataupun jangkrik ternak.

Oleh karena itu, peternak jangkrik juga harus memantau perkembangan para penghobi burung-burung terutama burung kicau. Semakin banyak penghobi burung kicau maka semakin tinggi kebutuhan akan jangkrik. Jangkrik sangat bermanfaat untuk burung kicau. Hal tersebut dikarenakan jangkirk memiliki gizi dan nutrisi yang baik untuk burung kicau yang berpengaruh terutama pada suara burung kicau,

Suara burung kicau bisa semakin gacor dengan mengkonsumsi jangkrik. sehingga dapat menjadi daya tarik dalam perlombaan burung kicau, bahkan bisa juara dalam perlombaan.

Berikut ulasan selengkapnya mengenai Usaha Ternak Jangkrik yang Menguntungkan

A. Usaha Bisa Di Rumah (Usaha Modal Kecil)

Usaha atau ternak jangkrik terbilang mudah, Kenapa demikian? Karena ternak jangkrik ini tidak membutuhkan tempat yang begitu luas. Terutama bagi anda yang ingin memulai usaha ini. Pembuatan lokasi ternak cukup dengan menggunakan lokasi disekitar rumah anda, misalkan halaman rumah, belakang rumah. ataupun bagian tempat rumah yang kosong (tidak digunakan).

Selain lokasi yang mudah, media ternak pun bisa anda pilih mau menggunakan apa, Bagi yang hanya ingin ujicoba cukup menggunakan kardus bekas. Namun jika ingin lebih besar bisa menggunakan kandang ternak jangkrik.

Kandang ternak jangkrik bisa dibuat sendiri, Mau ukuran besar atau kecil sesuai dengan lokasi ternak yang dipilih. Pembuatan kandang juga cukup sederhana dan bahan-bahan yang mudah dicari, berupa:
  • Kayu sebagai alang dan kaki kandang
  • Triplek sebagai dinding-dinding dan alas kandang.
  • Plastik dan bambu sebagi penutup
  • Lem sebagai penyatu sudut-sudur triplek
  • Oli bekas sebagai pencega semut naik ke atas kandang
  • Tanah liat dioleskan di bagian dalam kandang (kandang seperti alami)

Karena lokasi yang mudah ditentukan dan bahan pembuatan kandang ternak jangkrik yang mudah dicari tentu ini adalah nilai tambah dari usaha ini. Tidak membutuhkan modal besar untuk lokasi dan kandang.

Selain itu, bibit jangkrik juga mudah didapatkan yaitu bisa dibeli dari para peternak yang sudah lama menekuni usaha ini. Jika tidak terdapat di kota anda, maka bisa membeli secara online diberbagai situs jual beli telur jangkrik. Namun ingatlah, anda tetap harus berhati-hati jangan sampai tertipu.

Harga telur jangkrik cukup murah. Untuk kualitas yang bagus anda bisa membelinya dengan kisaran harga Rp. 200 - 250 ribu perkilogramnya. Ini keuntungan pertama dari ternak jangkrik.

Bacaan Pelengkap : Cara Mudah Beternak Jangkrik untuk Pemula

B. Pemeliharaan Lebih Ringan

Selain lokasi, kandang dan bibit (telur) tentu pemeliharaan menjadi nilai tambah juga. Pemeliharaan jangkrik cukup dengan menjaga kondisi ternakan stabil. Yang dimaksud stabil adalah suhu udara yang ada dilokasi ternak maupun yang ada di dalam kandang.

Usahakan agar suhu yang ada di dalam kandang baik. Jangan terlalu panas ataupun terlalu dingin. Jika suhu udara terlalu panas maka dapat mengakibatkan jangkrik mati atau perkembangannya kurang baik dan dapat mempengaruhi hasil panen.

Namun jangan cemas, ini sedikit solusinya. Pertama, jika suhu udara terlalu panas maka ada hanya perlu menyemprotkan air dengan semprotan kecil. Semprot secara perlahan sampai kira-kira mengurangi suhu udara yang ada di dalam kandang. Kedua, jika suhu udara terlalu dingin maka anda bisa menggunakan lampu sebagai pemberi kehangatan udara dalam kandang. Namun ada baiknya menggunakan lampu ukuran kecil sekitar 5 watt dan jangan menggunakan jenis bola lampu putih. Usahakan gunakan bola lampu yang berwarna kuning bulat.

Kemudian tetap menjaga kebersihankan kandang. Sebaiknya kandang dibersihkan setiap hari dari kotoran sisa pakan ternak jangkrik, baik voer maupun pakan sayuran. Terutama pakan sayuran karena sisa-sisa pakan yang tidak habis selama 1 hari akan menjadi busuk dan membuat kondisi kandang kotor dan berair. Terus menjaga kebersihan kandang dan menjaga suhu udara dalam kandang.

C. Pakan Ternak Jangkrik Mudah Dicari 

Keuntungan selanjutnya yang didapatkan adalah kemudahan mencari pakan ternak jangkrik yang masih terbilang murah. Kenapa demikian? Tentu ada alasannya, jangkrik bisa dibilang memakan semua jenis sayuran dengan alasan ini tentu mudah untuk mencari pakan jangkrik setiap hari.

Karena pakan yang mudah tentu ini menjadi keuntungan bagi para peternak jangkik. Mudah dicari dan murah meria.

Jenis-jenis sayuran hijau yang dimakan oleh jangkrik cukup sederhana, Tentunya kita juga sering makan sebagian  jenis sayuran itu. Adapun jenis sayuran yang menjadi sumber makanan jangkrik dari anakan sampai dewasa adalah sebagai berikut :
  • Sawi Putih
  • Bayam
  • Daun Ubi Kayu (singkong) dan batangnya
  • Daun Pisang dan batang pisang bagian dalam
  • Daun pepaya tua dan muda
  • Buah pepaya mudah
  • dan lain sebagainya

Namun jangkrik jangan hanya diberikan pakan sayuran saja, berikan makanan pendukung yaitu dedak, voer, gambas dll. Itu merupakan makanan pendukung jangkrik.

Pemberian makan juga harus dijaga, sebaiknya berilah makanan 2 (dua) kali sehari, misal pagi dan sore hari. Pagi hari kira-kira pada pukul 7 hingga 8, dan sore hari pada pukul 4 hingga 5. Pemberian makan jangkrik tidak akan mengganggu aktivitas anda. Anda tetap bisa berkerja sambil menjalankan bisnis ternak jangkrik ini.

Penting: Makanan yang telah diberikan selama 1 (satu) hari di dalam kandang sebaikya diganti yang baru agar tidak terjadi pembusukan bekas pakan ternak. sehingga perkembangan jangkrik tetap terjaga sesuai harapan.

Baca selengkapnya : Jenis Pakan Jangkrik dan Proses Pemberian Pakannya

D. Pemasaran Lebih Mudah

Berbicara mengenai pemasaran, sebenarnya sudah admin bahas pada artikel sebelumnya tentang cara pemasaran jangkrik yang baik dan benar.

Namun pemasaran tetap akan admin bahas sedikit disini. Untuk pemasaran jangkrik ternakan cukup mudah. Anda bisa menjual langsung kepada para penghobi burung kicau atau menjualnya di toko burung atau menjual sendiri di rumah.

Perlu diketahui bahwa, biasanya para penghobi burung kicau mencari pakan untuk burung kesayangan berupa jangkrik. Tentu ini adalah sasaran empuk bagi peternak jangkrik untuk memasarkan hasil ternakannya dan pastinya sangat menjanjikan untuk penjualan.

Selain menjual ke penghobi burung, pasar burung atau toko burung, atau jual sendiri. tentu ada lagi yang menjadi sasaran selanjutnya yaitu kolam pemancingan. Kolam pemancingan biasanya membutuhkan jangkrik sebagai umpan pancing. sehingga anda harus memanfaatkan situasi ini untuk kelancaran menjual hasil ternak jangkrik anda.

Selain itu, peminat jangkrik juga ada dari kalangan penghobi mancing, baik mancing di kolam pemancingan ataupun di sungai. Hal ini menjadi daya tarik lebih bagi para peternak jangrik yang bisa memiliki 2 (dua) konsumen atau lebih sekaligus. Artinya bisa mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.

Di lain hal, keuntungan yang didapat bisa berlipat ganda jika di daerah anda masih sedikit yang melakukan usaha sederhana ini. 

Untuk lebih lengkap tentang pemasaran hasil ternak jangkrik, silahkan baca : Cara Pemasaran Jangkrik Bagi Peternak

Itulah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari usaha ternak jangkrik. Dari mulai lokasi usaha dirumahan, pemeliharaan yang mudah, pakan ternak mudah dicari, pemasaran yang mudah, serta hasil yang menjanjikan.

Demikianlah informasi dari admin sampaikan mengenai Usaha Ternak Jangkrik yang Menguntungkan. Semoga informasi singkat ini dapat memberikan sedikit pencerahan bagi anda para pemula bisnis jangkrik.

Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan bagikan (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman-teman lainnya yang ingin berbisnis atau menjalankan usaha ternak jangkrik.