Jumlah Waktu Mengerjakan Soal Tes CPNS Sistem CAT 2022

Jumlah Waktu Mengerjakan Soal Tes CPNS Sistem CAT 2022 -- Lamanya Waktu yang diberikan untuk Menyelesaikan Soal Tes CPNS (TWK, TIU, TKP), Jumlah Waktu Saat Tes Seleksi CPNS Sistem CAT, Jumlah Waktu Mengerjakan Soal CPNS (TWK, TIU, TKP) Sistem CAT. 2023. 2024.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Jumlah Waktu Mengerjakan Soal Tes CPNS Sistem CAT 2022. Informasi ini diujukan bagi pelamar CPNS yang akan mengikuti tes pada waktu yang telah ditentukan. Sebagai gambaran awal, maka bacalah artikel ini dari awal hingga akhir.

http://www.lokerpns.web.id/

Bagi anda yang ingin mendaftar CPNS atau yang telah mendaftar CPNS namun belum mengikuti tes, maka anda perlu mengetahui sedikit gambaran awal tentang proses pelaksanaan tes CPNS terutama ditinjau dari jumlah waktu pengerjaan soal.

Seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya pada artikel Materi Tes CPNS Sistem CAT bahwa materi tes CPNS yang akan diujikan kepada peserta CPNS terdiri dari 3 jenis soal yaitu kategori Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakter Pribadi (TKP).

Ketiga jenis kategori soal tes CPNS tersebut masing-masing terdiri dari beberapa soal yang harus dikerjakan oleh peserta CPNS melalui sistem CAT (Computer Assisted Test) dimana peserta CPNS harus bisa mengoperasikan komputer dan aplikasi CAT dengan baik dan benar,


Perlu diketahui bahwa ketika anda mengerjakan soal tes CPNS sistem CAT, maka anda harus bisa menggunakan waktu seefektif mungkin karena waktu yang diberikan saat tes CPNS sangat sedikit. 

Hal ini pernah admin alami sendiri ketika mengikuti tes tahun 2014 lalu. Pada waktu itu waktu tes CPNS yang diberikan adalah 90 menit dan semua soal tes CPNS yang harus diselesaikan berjumlah 100 soal yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan 35 soal, Tes Intelegensi Umum 30 soal, dan Tes Karakter Pribadi 30 soal.

Mengingat waktu pengerjaan soal tes CPNS yang begitu singkat, yaitu sekitar 54 detik untuk 1 (satu) soal, maka anda harus menggunakan strategi jitu dalam menyelesaikan soal tes CPNS yang diberikan.

Berdasarkan pengalaman admin tahun lalu, admin menerapkan sistem baca soal, pahami, langsung jawab. Pertama yang admin lakukan yaitu membaca soal dan langsung memahami saat membaca. Kemudian admin langsung memilih jawaban yang dianggrap benar. Ketika ada soal yang belum mampu untuk di jawab, maka tandai 2 (dua) pilihan yang diperkirakan benar. Misalnya pilih B atau C. Jika masih ada waktu, bacalah sekali soal tersebut dan langsung jawab.

Hasil dari tes CPNS pada waktu itu adalah admin dinyatakan lulus dari passing grade CPNS namun untuk admin tidak dinyatakan lulus CPNS pada pengumuman akhir karena formasi CPNS saat itu sangat sedikit.

Itulah pengalaman yang pernah admin alami sendiri. Sebagai saran untuk anda, saat anda mengerjakan soal CPNS sistem CAT, sebaiknya anda langsung menjawab dari setiap pertanyaan yang anda yakin bahwa anda bisa menjawab dengan benar soal tersebut. Apabila ada keraguan dalam menjawab soal tersebut, berilah tanda pilihan jawaban atau tinggalkan saja kemudian ulangi jika masih ada waktu. Sebainya langsung jawab setiap pertanyaan. Jangan dilewatkan.

Pada saat itu tidak ada pengurangan nilai dengan jawaban yang salah. Apabila pemberian skor tes CPNS saat ini sama seperti waktu itu, maka jawab-jawab saja soal tes CPNS yang diberikan oleh panitia karena jika benar maka anda akan mendapatkan tambahan skor dan jika salah skor yang telah diperoleh tidak dikurangi.

Infomasi ini bisa dijadikan sebagai gambaran bagi anda yang akan mengikuti tes CPNS. Admin sarankan agar anda sering berlatih soal tes CPNS sistem CAT agar anda terbiasa adlam mengerjakan soal tersebut dan terampil dalam mengoperasikan komputer dan CAT CPNS.

Sekali lagi admin sampaikan kepada anda tentang jumlah waktu pengerjaan sal tes CPNS sistem CAT
Jumlah waktu mengerjakan soal tes CPNS sistem CAT adalah 90 menit untuk menyelesaikan soal sebanyak 100 soal yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan 35 soal, Tes Intelegensi Umum 30 soal, dan Tes Karakter Pribadi 35 soal. 
Jumlah waktu di atas adalah jumlah waktu pengerjaan soal CPNS sistem CAT 2014 yang pernah admin alami. Untuk waktu tes CPNS saat ini silahkan disesuaikan saja dengan ketentuan sekarang. 
Demikianlah informasi dari admin tentang Jumlah Waktu Mengerjakan Soal Tes CPNS Sistem CAT. Mudah-mudahan informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda yang akan mengikuti tes CPNS.

Admin turut mendoakan agar anda bisa lulus tes CPNS dan akhirnya bisa diterima sebagai PNS di daerah yang anda minati. Cukup sekian dan ayo bantu bagikan artikel ini pada teman lainnya. Thanks