Cara Mudah Ternak Jangkrik Untuk Pemula

Cara Mudah Ternak Jangkrik untuk Pemula -- Cara Ternak Jangkrik yang Baik dan Benar untuk Pemula, Cara Beternak Jangkrik yang Gampang untuk Pemula, Panduan Budidaya Jangkrik Ternak Untuk Pemula, Langkah Mudah Cara Ternak Jangkrik Untuk Pemula, Tips Memulai Ternak Jangkrik Sederhana Pakai Kardus Untuk Pemula, Cara Budidaya Jangkrik yang Efektif dan Menguntungkan.

Pada kesempatan yang bahagia ini. admin akan memberikan informasi tentang Cara Mudah Ternak Jangkrik Untuk Pemula. Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi panduan bagi para pemula yang ingin menjalankan usaha ternak jangkrik. Nah langsung saja kita simak penjelasannya berikut ini.


http://www.lokerpns.web.id/

Pernahkah anda berpikir ingin membuka usaha sendiri? tentu jawabannya adalah pernah. Namun bukan pertanyaan itu saja yang ada, akan muncul pertanyaan berikutnya yaitu usaha apa yang akan ditekuni. Ini adalah pertanyaan yang sering terjadi, khususnya pada diri saya sendiri yang ingin sekali memiliki usaha sendiri walaupun kecil tapi itu merupakan usaha sendiri dan mandiri.

Pada zaman yang sudah modern seperti saat ini, tentu sudah banyak kemajuan dalam berbagai bidang, misalkan teknologi, ekonomi, sosial, dan lainnya, serta hobi. 

Berbicara tentang hobi, pada saat ini sudah banyak sekali bermacam-macam hobi yang muncul tanpa dapat kita duga, contohnya penghobi batu akik, dan penghobi burung kicau. Sekarang ini penghobi burung kicau sudah menjamur di mana-mana, baik di kota maupun di perdesaan. 

Saya pernah melihat perlombaan burung kicau yang sangat seru sekali, apalagi bagi para penghobi. Nah, disitu saya berpikir, ini bisa dijadikan peluang usaha. Saya bisa nonton perlombaan sambil menjual makanan untuk burung kicau.

Telah kita ketahui bersama bahwa sumber makanan yang paling banyak dicari oleh para pecinta burung kicau salah satunya adalah jangkrik.

Kenapa jangkrik?, karena hewan jangkrik diyakini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk hewan peliharan (burung kicau). Dari beberapa sumber yang didapat, usaha ternak jangkrik sangatlah menguntungkan dan masih terbilang sedikit yang menekuni usaha ternak jangkrik ini.

Untuk para pemula yang memulai usaha ternak jangkrik tentu ada beberapa pertimbangan yang harus diketahui, antara lain: modal, bibit (telur), dan tempat (lokasi). Namun jangan risau dulu semua yang dilakukan mudah dan sederhana kok. 

Disini admin akan turut berbagi informasi seputar Cara Mudah Ternak Jangkrik Untuk Pemula. Ingat, untuk pemula, bukan untuk senior atau yang telah berpengalaman.

Langkah-langkah atau Cara Mudah Ternak Jangkrik Untuk Pemula

1. Persiapan Lokasi Ternak Jangkrik

Lokasi merupakan salah satu hal yang penting dalam beternak jangkrik. pemilihan lokasi bisa disesuaikan dengan kondisi lingkungan, tidak harus mencari ataupun membeli lahan yang luas untuk memulai usaha ini. 

Untuk lokasi bagi usaha pemula bisa memanfaatkan halaman rumah, ataupun bagian rumah yang kosong (tidak digunakan). Akan tetapi ada faktor yang harus diperhatikan dalam memilih lokasi. yaitu terhindar dari kondisi basah / lembab, terhindar dari guyuran air hujan, tidak boleh terkena sinar matahari langsung, dan cuaca tidak boleh telalu panas atau dingin, serta jauh dari hama / pemangsa.

Yang sering terjadi pada peternak jangkrik pemula yaitu belum memahami tentang ketentuan tempat ternak jangkrik yang tepat. Berikut admin berikan tips untuk memilih lokasi beternak jangkrik.

Tips Pemilihan Lokasi yang Tepat untuk Ternak Jangkrik :
  • Lokasi atau tempat ternak sebaiknya nyaman dan tenang,
  • Jauh dari keramaian dan bising contohnya seperti pasar, jalan raya, pabrik-pabrik dengan suara keras. dan lain sebagainya
  • Tidak terkena sinar matahari langsung agar suhu udara tidak panas dan jangkik tidak mudah mati
  • Tidak lembab dan terkena guyuran air hujan. sehingga suhu udara tidak dingin.
  • Jauh dari hama atau pemangsa ternak jangkrik, misalnya; cicak, tikus, tokek, dan semut.

Pemilihan lokasi yang tepat sangat berpengaruh terhadap perkembangan hasil ternak jangkrik. Maka dari itu anda harus menentukan lokasi ternak jangkrik dengan tepat.

Jika masih terjadi keraguan dalam pemilihan lokasi ternak, anda bisa bertanya kepada orang yang lebih dulu (senior) telah menekuni usaha ini. Mereka tentu telah berpengalaman dan anda akan mendapatkan banyak pencerahan dalam menjalankan usaha ternak jangkrik terutama tentang strategi pemilihan lokasi ternak jangkring.

2. Pembuatan Kandang untuk Ternak Jangkrik (Box)

Box atau kandang ternak jangkrik sangat diperlukan untuk memulai usaha ini. Namun jika anda hanya ingin mengujicoba ternak jangkrik, anda bisa menggunakan kardus sebagai kandang.

Kandang ternak jangkrik sangat diperlukan untuk ternakan jangkrik, untuk melindungai jangkrik dari seragan hama / pemangsa, untuk menentukan banyaknya jumlah jangkrik tiap kandang, untuk menyesuaikan suhu udara yang dibutuhkan jangkring, dan lain-lain.

Pembuatan kandang atau box sangat sederhana. Anda sendiri tentu bisa membuatnya, namun jika anda tidak bisa membuatnya atau tidak memiliki banyak waktu untuk membuatnya maka anda bisa mengupah pada tukang bangunan.

Ukuran dalam pembuatan kandang jangkrik bisa disesuaikan dengan keadaan tempat atau lokasi yang dimiliki. Jika lokasinya kecil tentunya anda jangan membuat kandang dengan ukuran yang besar. Usahakan kandang yang disiapkan berjumlah minimal 5 - 10 kandang (box) untuk keperluan pemindahan anakan jangkrik nantinya.


Bahan yang digunakan untuk membuat kandang sangat mudah dicari di toko bangunan. Berikut bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan kandang (box) ternak jangkrik.

Bahan-bahan Pembuatan Kandang Ternak Jangkrik :
  • Persiapkan alat dan bahan  (Palu / martil, paku, meteran, gergaji, triplek, kayu, dan lain-lain)
  • Triplek, triplek digunakan untuk lantai dan dinding kandang
  • Kayu, kayu digunakan untuk tiang dan alang pembuatan kandang.
  • Lem kayu, Lem kayu digunakan untuk menyambung tiap sudut triplek.
  • Lakban, berikan lakban pada keliling sisi bagian atas untuk mencegah jangkrik merayap keluar.
  • Pasang kayu di bagian sudut kandang sebagai kaki kandang.
  • Oli bekas. oleskan oli bekas pada tiap kaki kandang, hal ini untuk mencegah semut naik ke dalam kandang.
  • Bambu dan terpal plastik, ini digunakan untuk penutup kandang jangkrik.

Itulah sedikit tips dan cara pembuatan kandang ternak jangkrik. Hal yang tak kalah penting mengenai kandang ternak jangkrik adalah dalam penyusunan kandang, yaitu disusun sejajar ke samping ataupun disusun secara menumpuk ke atas (bertingkat). 

Penyusunan ini dapat disesuaikan dengan lokasi ternak (ruangan) yang anda miliki. Jika lokasinya sempit dan anda memiliki banyak kandang jangkrik, maka sebaiknya susun kandang ke atas (bertingkat).

3. Pemilihan Bibit (telur) Ternak Jangkrik

Pemilihan bibit (telur) jangkrik sangatlah penting, karena ini adalah sumber dari ternak jangkrik, jika tidak ada bibit maka pastinya tidak jadi beternak jangkrik. 

Menentukan terlur jangkrik yang berkualitas baik mungkin cukup sulit untuk peternak pemula, apalagi bisa mendapatkan bibit jangkrik sesuai keinginan, berkualitas bagus dengan hasil yang memuaskan.

Namun jangan bingung, biarpun anda adalah pemula tetapi untuk mendapatkan bibit jangkrik cukup mudah. Banyak orang yang telah lama menekuni usaha ini dan menjual bibit (telur) dengan kualitas baik bahkan ada yang menjual dengan kualitas super. Anda bisa membeli telur tersebut pada penjual.

Kualitas telur akan menentukan hasil panen usaha anda. Hal tersebut juga harus didukung oleh semua proses ternak berupa dari lokasi yang tepat, kandang yang cocok, suhu udara yang stabil dan pas, pemberian pakan yang tepat, dan lain-lain.

Ada tahapan yang mesti anda perhatikan dalam pemilihan bibit (telur) jangkrik sebelum memulai usaha ini, antara lain : umur telur jangkrik, bentuk telur jangkrik, dan warna telur jangkrik.

a. Umur telur Jangkrik

Umur yang efisen untuk telur jangkrik yaitu umur 8 hari dari mulai jangkrik bertelur, maka telur jangkrik akan menampakkan bentuk yang bisa dibilang sempurna.

b. Bentuk Telur Jangkrik

Untuk pemilihan telur jangkrik yang bagus, pilih telur yang berbentuk bulat memanjang telihat gemuk dan berisi, tidak kempes.

Telur jangkrik yang bagus haruslah memiliki ukuran yang serangam atau hampir sama dalam satu wadah. Jika anda membelitelur dari petenak langsung, anda pasti akan dijelaskan terlebih dahulu kualitas telur bibitan yang mereka jual, sehingga tidak mengecewakan anda sebagai pemula yang ingin beternak.

c. Warna Telur Jangkrik

Warna telur jangkrik yang bagus memiliki warna yang cerah dan agak mengkilap. Jangan memilih yang kusam dan warna tidak beraturan karena telur yang seperti itu kurang berkualitas. Telur jangkrik yang berwarna coklat merupakan tipe telur yang bagus dan semakin tua warnanya semakin bagus. Jangan lupa sebelum membeli banyaklah bertanya tentang kualitas telur sehingga mendapatkan bibit  terbaik.

Pembelian telur jangkrik pada saat ini dapat dilakukan secara online. Banyak situs-situs jual-beli yang menyediakan informasi penjualan bibit telur dengan kualitas bagus dan tidak mengecewakan. Anda dapat membaca informasi tersebut dengan teliti sebelum membeli. Ingat, jangan lupa memperhatikan keamanan dan kenyaman dalam berbelanja online.

Harga telur jangkring juga bervariasi dan dijual delam bentuk kilogram. biasanya harga yang diberikan untuk telur yang bagus antara Rp. 200.000/kg sampai dengan Rp. 250.000/kg

4. Makanan untuk Ternak Jangkrik

Supaya hasil ternak jangkring menguntungkan setiap kali panen, tentumy anda harus memperhatikan makanan untuk jangkrik. Makanan sangat dibutuhkan dari awal sejak jangkrik baru menetas sampai panen.

Macam-macam Makanan yang baik untuk Jangkrik :
  • Sentrat ayam / voer Ayam
  • Sayuran hijau (Makanan Pendamping)
  • Daun pepaya muda dan tua
  • Daun Pisang
  • Daun ubi kayu
  • Sawi putih
  • Gambas
  • dan lain sebagainya

Voer ayam bisa dijadikan makanan utama untuk jangkrik. Dalam proses pemberian makanan jangkrik. Voer dihaluskan terlebih dahulu, semakin halus maka semakin baik. Voer sudah memiliki kandungan gizi yang baik dan paling cocok untuk jangkrik.

Sayuran bisa dijadikan makanan pendamping untuk ternak jangkrik. Makanan ini harus jadi menu utama dalam pembudidaya jangkrik. Harganya pun sangat terjangkau dan mudah didapat.
Dari penjelasan di atas, apakah anda tertarik untuk memulai usaha yang satu ini?, tidak ada salahnya ada mencoba sendiri usaha ini, selain mudah di ternak, lokasipun mudah disediakan di halaman rumah yang kosong. Namun semua usaha harus benar-benar ditekuni, sebab dapat dipastikan setiap usaha memiliki pasang surut. Jika anda ingin mencobanya, banyak-banyaklah bertanya pada orang yang sudah lama menekuni usaha ini, sehingga banyak ilmu yang didapatkan.

Itulah informasi tentang Cara Mudah Ternak Jangkrik Untuk Pemula. Mudah-mudahan bisa menginspirasi anda untuk memulai usaha ternak jangkrik. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Cukup sekian dan semoga sukses dengan beternak jangkrik.

"Mulailah Sesegera Mungkin, Jangan Menunggu Anda Benar-Benar Siap Melakukannya"