Jenis Pakan Jangkrik dan Proses Pemberian Pakannya

Jenis Pakan Jangkrik dan Proses Pemberian Pakannya -- Makanan Jangkrik yang Bagus dan Alami ntuk Mempercepat Pertumbuhan, Jadwal Pemberian Pakan Jangkrik, Makanan Jangkrik Supaya Kuat dan Cepat Besar, Cara Pemberian Pakan Jangkrik, Proses Pemberian Pakan Jangkrik, Pakan Cepat Besar Untuk Anakan Jangkrik, Makanan Jangkrik Anakan dan Dewasa, Pakan Jangkrik.

Kali ini admin akan memberikan sedikit informasi tentang Jenis Pakan Jangkrik dan Proses Pemberian Pakannya. Dengan adanya informasi ini semoga bisa menambah wawasan anda tentang beternak jangkrik. Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.


Jangkrik Bos,  hehehe 😄. Bukan  jangkrik itu yang ingin admin bahas.. 😆 , tapi jangkrik ternak.

Dari masa ke masa, kebutuhan jangkrik terus meningkat. Seperti yang dialami oleh beberapa peternak jangkrik di kota saya, setiap hari harus menyediakan stok jangkrik yang cukup banyak. 

Kerjasama dengan beberapa toko burung juga terus meningkat apalagi pada musim yang sering terjadi kontes burung kicau. tentu kebutuhan jangkrik lebih banyak dari hari-hari biasanya.

Ya, pencinta burung kicau merupakan konsumen jangkrik yang paling banyak. Jangkrik diyakini memiliki gizi / nutrisi yang baik untuk burung kicau. Manfaat yang paling banyak didapat dengan memberikan jangkrik untuk makanan burung kicau adalah dapat menambah suara burung kicau lebih nyaring dan gacor.

Untuk menghasilkan jangkrik yang baik dan disukai oleh para pecinta burung kicau, tentu jangkrik harus sehat dan memiliki ukuranbadan yang bagus. Untuk itu, jangkrik harus selalu diberi makanan yang cukup dan tepat untuk menjaga proses pertumbuhan (pembesaran) jangkrik yang diternak. 

Peternak jangkrik yang telah berpengalaman tentu sudah paham bagaimana mengatur waktu pemberian pakan jangkriknya. Maka dari itu, artikelnya dikhususkan bagi para peternak jangkrik pemula.

Pemberian pakan wajib dipahami karena untuk menjaga jangkrik agar selalu sehat, berpostur bagus, terhindar dari kelaparan dan kematian.

Pemberian pakan jangkrik cukup mudah, karena pakan jangkrik sangat mudah dicari, baik itu voer ataupun sayuran-sayuran hijau. Jangkrik jangan hanya diberikan pakar voer saja, namun berikan juga pakan dengan berbagai jenis sayur-sayuran.

Adapun macam-macam sayuran yang baik untuk pakan jangkrik adalah sebagai berikut:
  • Daun Pisang dan Batang pisang bagian dalam
  • Daun Ubi Kayu (singkong) dan Batangnya
  • Daun Pepaya baik tua maupun mudah
  • Daun Bayam segar
  • Sawi Putih
  • Buah pepaya yang masih mudah
  • Dan Lain sebagainya

Sekarang jika anda sudah mengetahui pakan jangrik yang bagus, selanjutnya anda perlu mengetahui kapan waktu pemberian pakan yang baik untuk jangkrik ternak.

Seperti mahluk lain, jangkrik tidak hanya butuh makan tentuknya butuh minum juga. Pemberian makanan dan minuman untuk jangkrik harus disesuaikan dengan umur jangkrik. Jika Jangkrik masih kecil maka pemberian makanan dan minuman lebih sedikit, sedangkan jangkrik yang telah besar, makanannya pun akan lebih banyak.

Berikut pembahasan selengkapnya untuk pemberian makanan dan minuman yang baik untuk ternak jangkrik dari kecil sampai siap panen.

1. Pemberian Makanan Jangkrik yang Bagus Agar Cepat Besar dan Kuat

Pemberian pakan jangkrik terhitung dari anakan yang telah dipindahan ke dalam kandang sampai jangkrik dewasa adalah 1 atau 2 kali sehari. Ini dapat anda sesuaikan sendiri. Pemberian pakan untuk pagi kira-kira jam 7 atau 8 dan untuk sore hari sekitar jam 3 atau 4. 

Pemberian pakan berupa voer dan sayuran harus disesuaikan dengan jumlah jangkrik tiap kandangnya. Untuk pemberian pakan berupa sayur-sayuran, sebaiknya cuci terlebih dahulu kemudian ditiriskan. Jangan sampai banyak air yang masih menempel pada sayuran, Setelah sayuran dicuci bersih dan telah ditiriskan, kemudian potong menjadi beberapa bagian secukupnya sehingga pemberian pakan bisa merata pada tiap kandangnya. 

Untuk pakan sayur yang tidak habis selama 1 (satu) hari, lebih baik dibuang saja supaya sayuran tidak busuk dan kebersihan kandang tetap terjaga sehingga jangkrik dapat tumbuh dengan baik. 

Untuk pemberian makanan berupa pelet atau voer sebaiknya diletakkan tipis merata ditengah kandang. Untuk jangkrik yang telah berumur sekitar 34  hari, sebaiknya diberikan pakan voer (pelet) saja, jangan di campur dengan sayur. 

Berikut Rincian Pemberian Pakan Jangkrik :
  • Umur 1 - 2 hari diberi pakan voer (pakan ayam)
  • Umur 3 - 15 hari diberi pakan voer dan sayur-sayuran seperti yang disebutkan di atas.
  • Umur 16 - 27 hari diberi pakan voer dan dedak halus dengan perbandingan 1 : 2 (1 untuk voer dan 2 untuk dedak ) dan masukkan juga sayur-sayuran serta sedikit diberi daun ubi.
  • Umur 28 - 32 diberi pakan voer dan dedak dengan perbandingan 1 : 3 (1 untuk voer dan 3 untuk dedak) dan diberi daun ubi beserta batangnya yang muda.
  • Umur 33 hari hingga panen diberi pakan batang ubi yang muda beserta voer dan dedak (hal ini dipelakukan agar jangkrik mempunyai daya tahan yang kuat dalam kondisi panen nantinya)

* Pemberian pakan jangkrik bisa saja berbeda dengan yang diberikan di atas, silahkan sesuaikan sendiri.

2.  Pemberian Minuman Jangkrik yang Bagus Agar Cepat Besar dan Kuat

Selain makanan tentunya yang harus diperhatikan juga yaitu pemberian minumannya. Pemberian minuman pada ternak jangkrik sangat mudah dan bisa menggunakan beberapa media antara lain, busa dan baskom plastik.

Untuk jangkrik yang masih anakan terhitung dari awal menetas (1 hari pertama) sampai dengan 12 hari pemberian minuman menggunakan media busa. Busa dibasahkan dengan air lalu diletakan di dalam wadah yang telah diberi kain atau pasir. Busa (spons) jangan sampai kering, sebelum kering lebih baik diberikan air lagi.

Lain halnya jika jangkrik telah berumur 13 hari sampai dewasa (siap panen) pemberian minuman dilakukan menggunakan media baskom plastik tipis dengan tinggi kira-kira 2-3 cm  yang telah diberi batu-batuan kecil dan air didalamnya. 

Ingatlah!!! Tetap perhatikan minuman jangkrik tersebut, jangan sampai kehabisan.

Pemberian makanan dan minuman yang baik tentu itu adalah bagus. Namun untuk menjaga kualitas jangkrik yang baik dan menghasilkan jangkrik yang sesuai harapan, tentu harus diikuti dengan pemeliharan kandang dan menjaga kebersihannya agar tidak terserang penyakit dan serangan hama.

Walapun sampai dengan saat ini belum ada peternak jangkrik yang mengeluh terjadinya serangan penyakit pada ternak jangkriknya. Namun anda harus tetap menjaga kebersihan kandang dan makanan / minuman supaya terhindar dari penyakit pada jangkrik.

Demikian informasi tentang Jenis Pakan Jangkrik dan Proses Pemberian Pakannya. Tetap jaga kualitas ternakan jangkrik anda sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Cukup sekian dan semoga bermanfaat bagi para pembaca khususnya peternak jangkrik.