Cara Pemasaran Jangkrik Bagi Peternak

Cara Pemasaran Jangkrik Bagi Peternak -- Cara Menjual Jangkrik Untuk Peternak Baru, Tips Bagi Peternak yang Ingin Memasarkan Jangkrik, Cara Menjual Hasil Panen Jangkrik, Strategi Pemasaran Jangkrik, Cara Memasarkan-Menjual Jangkrik untuk Peternak, Cara Pemasaran Jangkrik.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Cara Pemasaran Jangkrik Bagi Peternak. Informasi ini akan memberikan sedikit bayangan bagaimana strategi proses pemasaran usaha jangkrik anda. Mari simak penjelasannya berikut ini.

http://www.lokerpns.web.id/

Proses pertumbuhan jangkrik yang cepat dan pemeliharaan yang mudah menjadi menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang ingin memulai usaha ternak jangrik

Sebagai peternak tentu anda bisa mengetahui berapa lama lagi jangkrik-jangkrik ternak siap di panen dan dijual. Jika proses pembesaran jangkrik sudah mencapai sekitar 1 (satu) bulan, berarti sudah mendekati masa panen.

Panen jangkrik cukup mudah yaitu dengan mengumpulkan jangkrik-jangkrik lalu dimasukan kedalam kotak atau kardus dan kemudian bisa langsung dipasarkan kepada semua orang yang membutuhkannya.

Karena kebutuhan akan jangkrik cukup tinggi, tentu itu menjadi nilai tambah untuk anda memasarkan jangkrik dengan mudah. Berikut ini beberapa cara memasarkan hasil panen jangkrik untuk peternak.

Cara Pemasaran Jangkrik Bagi Peternak

1. Cara Pemasaran Jangkrik di Toko Burung dan Peternak Burung Kicau

Pemasaran jangkrik cukup mudah, karena saat ini toko burung dan pencinta burung kicau semakin banyak dan berkembang dimana-mana.

Toko burung adalah salah satu tempat yang sangat baik untuk pemasaran jangkrik. Pemilik toko burung membeli dari peternak lalu menjualnya pada pembeli khususnya para pecinta burung kicau seperi murai, kacer, ciblek, dan lain sebagainya.

Selain itu, para petenak burung kicau pun menjadi salah satu sasaran pemasaran jangkrik. Biasanya kebutuhan para petenak burung kicau dengan jangrik sangat tinggi. Jangkrik dibutuhkan untuk proses pertumbuhan burung peliharannya serta agar kicauannya lebih bagus lagi.

Jika anda telah memiliki pelanggan tetap, baik itu toko burung ataupun peternak burung kicau, maka anda jangan segan-segan untuk mengganti jangkrik baru jika ada jangkrik yang mati supaya mereka semakin setia membeli jangkrik pada anda.

Ada juga hal yang tak kalah pentingnya yaitu pengiriman stok jangkrik harus tepat waktu sehingga tidak mengecewakan pemilik toko burung ataupun peternak burung kicau yang sudah berlangganan dengan anda.

Berikut tips memilih toko untuk menjual jangkrik ternak anda:
  • Carilah toko yang menjual pakan burung sehingga lebih mudah dicari oleh para pecinta burung
  • Jika ada didaerah anda, pilih pasar penjual burung
  • Jelaskan keunggulan jangkrik ternakan anda
  • Lakukan kerjasama yang menguntungkan baik dengan pemilik toko burung ataupun dengan peternak burung kicau
  • Selalu menyiapkan stok jangkrik tiap waktu (jangan sampai kehabisan)
  • Lakukan kerjasama pengantian jangkrik yang mati dengan yang baru
  • Menyediakan  kandang jangkrik (ukuran kecil) untuk menyimpan jangkrik yang belum terjual di toko.

Selain itu, anda juga bisa menjual jangkrik anda dengan cara sistem titip. Menitipkan jangkrik dengan porsi kecil (dibukus dalam Plastik) kepada pemilik toko burung. Dengan catatan pengiriman jangkrik jangan pernah putus (selalu tepat waktu) dan menjamin setiap jangkrik yang mati diganti dengan yang baru. Jika barang laku terjual maka anda baru mendapatkan uangnya. Cara ini yang sering dilakukan oleh para peternak untuk strategi penjualan jangkrik yang dimiliki.

2. Cara Pemasaran Jangkrik  di Toko Umpan Pancing dan Tempat Kolam Pemancingan

Selain di toko burung dan peternak burung kicau, pemasaran jangkrik juga bisa dilakukan di toko umpan pancing. Jangkrik yang kebanyakan orang mengetahuinya sebagai pakan burung kicau ternyata dapat juga dijadikan umpan saat memancing. Jadi, anda bisa menjual jangkrik ke toko umpan pancing.

Selain itu, anda juga bisa langsung menjualnya jangkrik di area kolam pemancingan. Tentunya ini merupakan peluang untuk memasarkan jangkrik-jangkrik anda kepada para pemancing. Pemancing yang paling banyak menggunakan jangkrik sebagai umpan adalah pemancing ikan di kolam. 

Pada kolam pemancingan hampir setiap hari ramai dikunjungi oleh penghobi memancing. Tentu kebutuhan jangkrik cukup tinggi, apalagi pada hari-hari libur seperti hari minggu. Dapat dipastikan kolam pemancingan akan ramai dikunjung para pemancing sehingga kebutuhan jangrik cukup tinggi. Peluang ini lah yang harus dimanfaatkan untuk menjual jangkrik.

Tips Penjualan Jangkrik di Kolam Pemancingan :
  • Datangi setiap kolam pemancingan ditempat anda
  • Tawarkan jangkrik  kepada pemilik kolam pemancingan
  • Berikan jangkrik dengan harga murah sebagai ujicoba dijual kepara pemancing
  • Jalin kerjasama penjualan yang menguntungkan kedua belah pihak
  • Sanggup mengganti jangkrik yang mati dengan yang baru
  • Selalu mengirimkan stok jangkrik tepat waktu
  • Jangan sampai stok jangkrik ternak anda terputus (selalu ada)
  • Bisa dilakukan sistem jual, barang laku baru uang dibayar ke anda.

3. Cara Pemasaran Jangkrik Secara Online

Penjualan barang dengan cara online ini sudah menjadi tren di era kemajuan teknologi saat ini. Hampir setiap orang memiliki Smartphone cangih sebagai alat komunikasi dan juga digunakan sebagai alat pemasaran barang yang ingin dijual.

Tentunya ini adalah salah satu cara praktis yang bisa anda gunakan oleh peternak jangkrik. Anda tinggal mengiklankan (mempromosikan) jangkrik dengan cara online. Tampilkan gambar jangriknya, harganya, lokasi anda, kontak person, cara-cara pembayaran, cara-cara pengiriman, dan keperluan lainnya.

Dengan penjelasan yang rinci, maka pembeli akan percaya bahwa anda benar-benar seorang peternak jangrik yang memasarkan jangrik secara online. Anda harus menjaga dari unsur penipuan, jaminlah keamanan dan kenyamanan pelangan dalam transaksi jual beli online.

Strategi pemasaran ini sudah banyak digunakan oleh para peternak jangkrik dan nyatanya bekerja dengan baik alias laku terjual. Manfaatkan kemajuan teknologi untuk kemajuan usaha ternak jangrik anda.

Jika  berminat menjual jangkrik dengan cara online, terlebih dahulu menentukan ukuran jual misal per-kilogram atau per-bungkus. sehingga memudahkan proses pemesanan dalam jumlah kecil ataupun besar.

Media yang bisa digunakan untuk pemasaran jangkrik secara online, yaitu :
  • BBM, Line, Facebook, Whatsapp, Blog, dan lain-lain.

4. Cara Pemasaran Jangkrik dengan COD

COD, tentu kita sering mendengar kata ini. Kata ini yang sering digunakan oleh para penjual online tetapi saat penyerahan / pemeriksaan barang dilakukan dengan cara bertemu langsung ditempat yang sudah dijanjikan.

Cara ini bisa digunakan oleh peternak jangkrik karena terkadang para penghobi burung kicau tidak punya banyak waktu luang untuk membeli jangkrik di toko karena kesibukan pekerjaan serta lokasi yang jauh, sehingga mereka menggunakan cara COD ini untuk membeli jangkrik untuk makanan burung kicaunya dan bertemu dengan peternak dilokasi yang lebih dekat dengan rumahnya.

Jika cara penjualannya baik, maka biasanya pembeli akan menjadi pelanggan setia untuk membeli jangkrik dengan anda.  Jadi cara ini patut anda coba sebagai alternatif penjualan jangrik.

5. Cara Pemasaran Jangkrik di Rumah Sendiri

Penjualan jangrik di rumah sendiri sangat menguntungkan bagi peternak, sebab tidak perlu jauh-jauh memasarkan jangkriknya, tidak mengeluarkan biaya transportasi, dan juga tidak mengurangi waktu kerja lebih banyak.

Biasanya penjualan dengan cara ini terjadi karena kebutuhan jangkrik sangat tinggi, sehingga banyak orang yang datang langsung ke rumah peternak untuk membeli jangkrik.

Banyak orang yang sengaja datang untuk membeli jangkrik dalam jumlah besar ataupun kecil, karena stok jangkrik di toko dan penjual yang kurang memadai. Bukan penghobi burung kicau saja yang membeli, biasanya ada juga penghobi memancing yang menjadikan jangkrik sebagai umpan memancing.

Bagi anda seorang peternak yang terpenting adalah menjaga stok jangkrik agar jangan sampai kehabisan karena ini dapat mempengaruhi proses penjualan atau pemasaran jangkrik. Jika stok jangkrik selalu ada, maka akan semakin banyak pembeli yang membeli dan akhirnya bisa jadi pelanggan tetap.


Itulah ulasan tentang Cara Pemasaran Jangkrik Bagi Peternak, semoga bisa menjadi referensi bagi para peternak jangkrik khususnya yang masih pemula. 

Demikian informasi tentang Cara Pemasaran Jangkrik Bagi Peternak. semoga penjelasan di atas dapat membantu dalam proses pemasaran ternak jangkrik anda. Terima kaish telah membaca artikel ini dan semoga anda sukses dengan beternak jangkrik. Amin.