Penghasilan Driver Grabbike dan Grabcar Per Hari Serta Sistem Gajinya

Penghasilan Driver Grabbike dan Grabcar Per Hari Serta Sistem Gajinya -- Berapa Penghasilan Seorang Driver Grabbike dan Grabcar Per Hari, Penghasilan Driver Grabcar Perhari, Penghasilan Grab Perhari, Penghasilan Grab Motor Per Hari, Penghasilan Grab Motor, Penghasilan Grabbike Sehari, Penghasilan Grab, Penghasilan Grabbike Sehari, Sistem Gaji Grabbike, Sistem Gaji Grabcar, Untung Rugi Menjadi Sopir Ojek Online, Penghasilan Bulanan Driver Grabbike & Grab Car.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Penghasilan Driver Grabbike dan Grabcar Per Hari Serta Sistem Gajinya. Informasi ini ditujukan bagi anda yang ingin mengetahui tentang penghasilan driver grab motor dan driver grab mobil. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

https://www.lokerpns.web.id/

Ojek menjadi salah satu transportasi penting untuk penduduk setempat. Khususnya di berbagai kota besar yang sebagian besar penduduknya padat dan mempunyai tingkat kemacetan lalu lintas tinggi. Bukan hanya di jam kerja saja, jalanan juga macet di waktu-waktu biasa.

Di Indonesia, ojek sudah ada sejak lama, tapi itu adalah ojek pangkalan, yang mana ketika kita ingin menggunakan jasanya maka harus dipanggil dengan cara mendekati lalu bernegosiasi soal tarif.

Namun sekarang telah ada ojek modern, yaitu ojek online. Ojek online bisa dengan mudah dipanggil lewat smartphone dan penentuan tarif juga sudah jelas tertera di aplikasi. 

Sebagian ojek pangkalan beralih ke ojek online karena peluang untuk mendapatkan penumpang lebih besar dan hasilnya pun bisa dibilang lebih baik dari ojek pangkalan.

Bukan hanya ojek, bahkan sekarang taksi pun juga sudah ada yang yang menawarkan jasanya secara online. Seperti salah satu penyedia jasa transportasi online yaitu Grabbike dan GrabCar. Banyak sekali orang yang bergabung dan memilih pekerjaan ini.

Sebenarnya apa yang membuat orang-orang tertarik dengan pekerjaan ini?

Pastinya anda juga merasa penasaran sebenarnya berapa penghasilan driver Grabbike dan GrabCar per hari serta sistem gajinya. Oleh sebab itu, kita akan kupas tuntas mengenai hal tersebut. Kita akan bahas satu per satu agar anda tahu seperti apa sistem kerjanya.

Ada banyak orang yang menggantungkan hidupnya sebagai driver Grab. Ada juga beberapa mahasiswa dan pekerja lain yang ikut menjadi driver Grab sebagai pekerjaan sampingan mereka. 

Memang berapa penghasilan driver Grab bila dibandingkan dengan gaji UMR sampai-sampai banyak orang yang tertarik menjadi driver Grab.

A. Penghasilan Driver GrabBike dan Sistem Kerjanya

Seorang driver Grab menggunakan sistem sharing profit untuk pendapatan mereka. Presentasinya berupa bagi hasil 90% untuk driver dan 10% untuk aplikasi atau penyedia layanan. Sistem bonus yang ada pada driver Grab akan menggunakan sistem insentif dengan kisaran 30%.

Insentif ini bisa diberikan jika seorang driver mengendara di waktu tertentu. Setiap hari Senin sampai Kamis insentif diberikan di jam 12 malam hingga 12 pagi. Jam 12 malam hingga 4 sore khusus untuk hari Jumat. Ada pula tambahan bonus untuk hasil dengan metode jauh dekat.

Persentase tersebut besarnya 10% jarak dekat dan jarak jauh sebesar 15%. Jadi sebenarnya penghasilan driver Grabbike itu bisa dibilang lumayan. Setiap kali anda berhasil menyelesaikan orderan upah dari penumpang tidak langsung masuk ke kantong anda sepenuhnya. Tetapi ada pembagian antara mitra pengemudi dan juga Grab.

Misalnya driver Grab motor berhasil untuk menyelesaikan orderan dengan nilai Rp. 40.000. Maka dalam kasus ini driver akan memperoleh bagian sebesar Rp. 36.000 dan pihak Grab akan menerima setoran Rp. 4.000.

Dari sini anda pastinya sudah paham seperti apa sistem gaji Grabbike. Pendapatan driver Grabbike bukan hanya berasal dari upah setiap orderan saja. Tetapi juga dari insentif jaminan argo serta bonus dengan nominal yang sudah ditentukan.

Skema Bonus Grabbike

Grab telah menetapkan jika bonus yang diterima oleh mitra pengemudi akan ditentukan dari total argo atau penghasilan dalam sehari. Semakin banyak orderan yang diselesaikan, maka anda berhak untuk menerima bonus dari Grab dengan jumlah besar. Rincian selengkapnya anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Jika anda mendapatkan pendapatan harian Rp48.000 maka bonus hariannya sebesar Rp6.500. Sementara bila anda mendapatkan makan Rp65.000 anda akan mendapatkan bonus harian Rp10.000. Pendapatan Rp85.000 dengan bonus harian Rp14.000, pendapatan Rp188.000 dengan bonus Rp25.000 dan pendapatan harian Rp175.000 akan mendapatkan bonus harian Rp50.000.

Bonus harian tersebut tidak diberikan pada semua mitra pengemudi Grabbike. Hanya driver tertentu yang memenuhi persyaratan seperti: Driver bisa memenuhi kode etik, memiliki tingkat penerimaan order diatas 80%. Cancel order maksimal 10 kali dan memiliki rating bintang di atas 4.5.

Jika anda ingin memperoleh bonus yang lebih besar, maka mulai sekarang anda harus memperbaiki performa. Jangan lupa bersikap ramah pada semua penumpang dan selalu menjaga kode etik untuk kenyamanan konsumen agar bisa mempertahankan rating anda.

Bonus per Minggu Driver Grabbike

Arti jika bonus Grabbike ditentukan dari banyaknya penghasilan yang diperoleh sejak awal, anda dapat membuat target berapa besar bonus mingguan yang ingin anda capai. Misalnya target bonus anda Rp300.000.

Itu artinya dalam sehari anda wajib mendapat penghasilan driver Grabbike Rp175.000. Untuk tarif jarak pendek, Grab sudah mematok harga Rp2.300 per km. Jadi untuk memperoleh bonus Rp300.000 anda harus menyelesaikan orderan sejauh 76 km.

Bonus Driver Grabbike per Bulan

Tidak jauh berbeda dari skema bonus mingguan, anda tinggal mengalikan bonus per hari hingga 30. Misalnya bonus per hari Rp14.000 maka perbulannya anda bisa mendapatkan Rp420.000.

Insentif Jaminan Argo

Disamping memberikan bonus untuk mitra pengemudi, pihak Grab juga menawarkan insentif jaminan argo untuk driver Grabbike yang beroperasi di wilayah Jabodetabek. Untuk jam non sibuk sebesar Rp9.000. Jam sibuk Rp12.000, jam super sibuk pagi sebesar Rp13.000 dan untuk jam sibuk sore sebesar Rp13.000.

Jaminan argo ini diberikan untuk mereka yang sering mendapat orderan jarak dekat dengan tarif dibawah Rp11.000 hingga Rp13.000. Jika minimal argo Grabbike sekarang adalah Rp7.000 anda tidak dapat melakukan order dibawah 3 km yang nilai harganya kurang dari Rp7.000. Dengan insentif jaminan argo, driver Grabbike punya kecepatan mendapat penghasilan yang lumayan besar meskipun orderannya jarak dekat.

B. Penghasilan Driver GrabCar dan Sistem Kerjanya

Berbeda dari Grabbike yang merupakan layanan transportasi dengan menggunakan sepeda motor. GrabCar adalah taksi online yang menawarkan tarif terjangkau dan mempunyai kapasitas maksimum sampai dengan 4 orang penumpang.

Penghasilan GrabCar setiap bulannya bisa dibilang cukup besar. Hal ini banyak menarik minat orang-orang untuk bergabung menjadi driver. Cara bagi hasil GrabCar termasuk mudah dipahami dan pastinya bisa menguntungkan driver.

Sistem Bagi Hasil

Manajemen Grab dan juga driver saling bermitra untuk menyediakan layanan transportasi antar jemput penumpang. Grab bertugas untuk menata sistem dan juga mengelola promosi serta mengatur pemesanan dari pelanggan.

Driver GrabCar menyediakan mobil sesuai dengan ketentuan Grab dan untuk mengantarkan penumpang hingga ke tempat tujuan. Saat penumpang membayarkan biaya jasa maka sistem bagi hasil pun akan berlaku dalam hal ini.

Di dalam sistem perhitungan gaji GrabCar, bagi hasil dalam perjalanan jarak dekat sebesar 90:10. Sementara untuk jarak jauh yaitu 85:15. Lantas seperti apa cara perhitungannya?

Untuk perjalanan jarak dekat memiliki biaya Rp20.000. Rp2.000 dibayarkan ke Grab lalu sisanya menjadi pemilik driver. Sementara untuk perjalanan jarak jauh dengan biaya Rp70.000 maka pendapatan yang diperoleh sebesar Rp59.500 sesudah dipotong Rp10.500 untuk Grab.

Hubungan Antara Jarak dan Tarif GrabCar

Dari penjelasan yang sudah disebutkan tadi bisa disimpulkan semakin jauh jarak tempuh GrabCar tentu akan semakin besar pendapatan yang bisa diperoleh. Lantas bagaimana cara untuk meng menghitung biaya yang harus dibayarkan penumpang?

Hal ini sangat mudah, di dalam sistem gaji GrabCar sudah berlaku sistem Grab merah dan Grab putih. Para driver bisa memperoleh nominal Rp12.000 per perjalanan bila lokasi tujuannya berjarak kurang dari 6 km.

Selanjutnya jika penumpang menempuh jarak lebih dari 6 km untuk sampai ke tempat tujuan, sistem perhitungan Grab yang berlaku akan berubah. Driver GrabCar bisa memperoleh tambahan 2500 per km.

Misalnya penumpang menempuh jarak 8 km dengan GrabCar untuk menuju lokasi tujuan. Pendapatan kotor driver sebesar 12.000 + (2 km x 2.500) = 12.000 + 5.000 hasilnya adalah Rp 17.000.

Sistem Gaji GrabCar

Ada satu hal yang harus diingat bahwa nominal gaji yang diberikan untuk mitra GrabCar tidak dihitung dari jumlah pesanan yang diambil. Sistem perhitungan ini berlaku di perusahaan lain.

Sebab sistem gaji GrabCar meniru sistem yang telah dipakai di perusahaan taksi pada umumnya. Perhitungannya berdasarkan pada jarak yang ditempuh driver saat mengantar penumpang. Oleh sebab itu, akan lebih menguntungkan jika mengambil order dengan jarak jauh.

Karena alasan tersebut pihak driver GrabCar dituntut mempunyai ponsel yang memiliki akurasi GPS yang tinggi. Dengan cara melacak perjalanan driver, perhitungan gaji GrabCar akan mencakup total kilometer yang telah ditempuh.

Lalu mengkonversinya berdasarkan dari tabel perhitungan yang sudah berlaku. Dalam slip gaji yang diterima oleh driver jumlah km akan muncul dengan otomatis.

Bonus GrabCar

Apakah gaji GrabCar hanya dihitung dari pembayaran pelanggan? Tentu saja tidak. Ada kemiripan Grab dan perusahaan pesaingnya, sebab masing-masing memberikan bonus untuk para drivernya. Namun sistem yang digunakan tentu berbeda. Bila perusahaan pesaing berpaku dari banyaknya pesanan yang diambil, maka Grab akan mengutamakan periode pengambilan pesanan.

Detail terkait mengenai nominal bonus tersebut tentunya berbeda-beda tergantung kota masing-masing. Oleh sebab itu, driver sebaiknya mencari tabel yang sesuai dengan kota masing-masing supaya tidak terjadi salah perhitungan.

Grab akan memberlakukan jam sibuk mulai dari pagi sampai sore. Jam-jam sibuk pagi berada di hari kerja berlaku untuk pukul 5.00 hingga pukul 8.00. Sementara untuk jam sibuk sore dimulai dari pukul 12.00 sampai dengan pukul 18.00.

Bonus yang bisa anda dapatkan untuk jam-jam sibuk sebesar Rp52.000 setiap perjalanan. Sementara untuk periode pagi hari, driver minimal akan mengambil 2 perjalanan. Sementara untuk sore hari driver harus mengambil paling tidak 6 perjalanan supaya bisa mengklaim bonus tersebut.

Lantas apa yang terjadi bila driver gagal memenuhi syarat yang diberikan? Tentu saja bonus tidak bisa dicairkan.

Peraturan Tambahan Bonus GrabCar

Ada beberapa aturan lain yang bisa anda perhatikan sebagai mitra GrabCar selain jumlah minimal pengantaran. Jika salah satu aturan tersebut dilanggar, pastinya bonus akan ditahan pihak Grab dan anda tidak akan mendapatkan bonus apapun.

Anda harus patuh terhadap kode etik yang diberlakukan oleh perusahaan. Agar bisa mengetahui seperti apa detail kode etik yang dimaksud, anda bisa menghubungi kantor Grab terdekat. Atau membaca kembali kontrak kerjasama yang sudah ditandatangani.

Selanjutnya untuk bisa mencapai persentase pencapaian tertentu, saat menerima pesanan kadang ada beberapa yang dibatalkan pelanggan atau bahkan oleh driver tersebut. Dalam satu hari paling tidak 70% pesanan harus selesai dengan baik tanpa ada keluhan berat dari pelanggan atau terjadi pembatalan. Anda juga harus mencapai bintang tertentu. Penghitungan ini dilakukan saat akhir minggu, driver minimal harus memperoleh bintang 4.7.

Detail untuk Pengeluaran Pribadi

Di dalam menjalankan tugas sebagai driver Grab Car tentu ada pengeluaran lain yang dikeluarkan. Beberapa pengeluaran tersebut seperti bensin untuk mobil, pulsa untuk pembelian paket data dan biaya makan untuk driver.

Seluruh pengeluaran tersebut tidak menjadi tanggungan Grab. Artinya driver yang mengambil penghasilannya untuk membiayai semua kebutuhan pengeluaran pribadi tersebut. Supaya biaya pengeluaran pribadi tidak melebihi dari pendapatan, driver harus mempunyai target harian minimal.

Cara menghitung target ini sangat mudah. Bila pembelian bensin rata-rata sebesar Rp150.000 per hari dan makan Rp100.000 per hari serta paket internet 50 ribu perhari. Pendapatan bersih yang harus didapatkan yaitu sebesar Rp300.000 per hari.

Sebuah sistem yang berlaku di dalam perusahaan tentu berbeda dari perusahaan lainnya. Namun banyak driver yang suka dengan sistem perhitungan perusahaan lain dan menerapkannya untuk menghitung penghasilan Grab. Tentunya hasil akhir yang diperoleh akan berbeda. Supaya kesalahan seperti itu bisa dihindari, anda harus memahami seperti apa sistem gaji GrabCar.

C. Tips Mendapat Penghasilan Lebih dari Grab

Apakah anda pernah membayangkan bekerja seharian tapi penghasilan hanya segitu gitu saja. Banyak yang bilang saat anda bergabung dengan Grab bisa menambah penghasilan. 

Faktanya memang bisa, anda bisa menyimak seperti apa langkah sukses untuk menambah penghasilan dengan bergabung bersama Grab. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Anda memiliki kesempatan yang besar untuk bisa mendapatkan insentif yang maksimal. Untuk bisa meraih insentif sebenarnya tidak sulit. Anda cukup memenuhi persyaratan misalnya 70% nilai penyelesaian serta rating bintang di atas 4.5 per Minggu. Anda bisa merasakan keuntungan Grab dari sekarang.

Rush Hour merupakan jam dimana orderan dari penumpang Grab sedang meledak. Rush Hour sendiri akan berlangsung mulai dari jam 8 hingga jam 10 pagi. Sementara untuk jam 4 sore hingga jam 7 malam juga bisa menjadi kesempatan anda untuk menambah penghasilan. Kuncinya simple anda bisa mencoba untuk nyalakan aplikasi Grab di jam-jam tersebut. Buktikan orderan yang tidak ada hentinya masuk ke dalam aplikasi Grab milik anda.

Ada beberapa trik yang menarik bagi anda yang bisa diikuti. Triknya semudah menjaga mobil agar selalu bersih, memakai pewangi mobil yang baunya lembut dan menyiapkan air minum serta permen untuk penumpang

Hal yang paling penting anda harus selalu terapkan senyum, salam dan sapa terhadap penumpang dengan ramah. Sebab penumpang yang senang membuat rating grab akan semakin menjulang tinggi.

Ajak penumpang anda mengobrol dengan ramah namun jangan lupa untuk menyelipkan info mengenai promo Grab yang saat ini sedang berlangsung. Maka penumpang anda pasti akan semakin senang.

Hal ini sudah menjadi kewajiban anda, selain senyum, salam dan sapa, anda bisa mencoba melakukan carpool karaoke bersama dengan penumpang saat anda neGrab. Anda bisa melakukannya sesuai keinginan pelanggan.

Aktifkan aplikasi Grab ketika akhir pekan dan incar pusat rekreasi pada hari Sabtu. Khususnya sebelum jam makan siang hingga jam 9 malam menjadi saat-saat penuh orderan. Anda dapat nge-Grab di hari Minggu tepatnya sebelum waktu makan siang hingga setelah makan malam. Dijamin kantong anda akan semakin tebal.

Semakin cepat anda menyelesaikan orderan sebelumnya tentu akan semakin cepat pula anda mendapatkan order kembali. Dalam hal ini sistem GrabCar dibuat supaya dapat menerima order baru sesudah menyelesaikan pesanan sebelumnya. Namun banyak kasus yang terjadi sekarang walaupun selesai belum selesai orderan sudah mendapat penumpang lagi.

Namun tidak ada salahnya bila anda menyelesaikan order tepat waktu itu artinya sebanding dengan jaraknya. Hal ini bisa berpengaruh pada performa anda dan penilaian penumpang pada anda. Anda bisa mendapatkan bonus dan insentif GrabCar bila memperoleh rating yang bagus.

Penghasilan driver Grabbike dan GrabCar per hari dan sistem gajinya sudah anda ketahui semuanya dengan jelas. Sekarang tinggal anda pertimbangkan apakah anda ingin bergabung dengan grab untuk menambah penghasilan? Pastinya dengan berbagai keuntungan tersebut anda tidak akan menunggu lama untuk bisa menjadi driver Grab.

Baca Juga :

Demikian informasi mengenai Penghasilan Driver Grabbike dan Grabcar Per Hari Serta Sistem Gajinya. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan gambaran untuk anda. Terima kasih.