Peluang atau Prospek Kerja Teknik Pertanian dan Gajinya

Peluang atau Prospek Kerja Teknik Pertanian dan Gajinya -- Prospek Kerja Teknik Pertanian dan Gajinya, Peluang Kerja Teknik Pertanian dan Gajinya, Gaji Lulusan Teknik Pertanian D3 / S1, Lowongan Kerja Lulusan Teknik Pertanian, Peluang Karir D3 / S1 Teknik Pertanian dna Gaji, Gaji Lulusan Teknologi Hasil Pertanian, Gaji Lulusan Agroteknologi, Prospek Kerja Agroteknologi dan Agribisnis, Gaji S1 Pertanian, Prospek Kerja Agribisnis, Peluang Kerja Sarjana Pertanian Agroteknologi, Gaji Lulusan Agribisnis, Jurusan Agroteknologi Terbaik Di Indonesia dan Prospek.

https://www.lokerpns.web.id/

Teknik pertanian atau dalam bahasa inggris disebut juga agricultural engineering merupakan salah satu jurusan pendidikan yang ada perguruan tinggi di Indonesia. 

Pada program studi teknik pertanian, akan dipelajari bagaimana dasar-dasar teknik, khususnya dalam bidang pertanian yang mencakup budidaya pertanian, teknik dalam sumber daya alam pertanian, teknik proses hasil pertanian atau pangan, perbengkelan serta instrumentasi bidang pertanian, energi dan listrik pertanian, manajemen keteknikan, lingkungan dan bangunan pertanian, teknik sumber daya air dan banyak lagi. 

Dalam pembelajarannya, para mahasiswa jurusan teknik pertanian akan diajarkan bagaimana cara meningkatkan efisiensi usaha pertanian untuk meningkatkan produktivitas, kontinuitas pasokan produk pertanian, mutu, kesejahteraan petani hingga kelestarian lingkungan.

Sementara untuk efisiensinya akan meliputi bagaimana pengolahan lahan, tenaga kerja, sumber daya yang termasuk di dalamnya benih, pupuk, dan terakhir adalah efisiensi pada energi untuk pertanian.

Berdasarkan penjelasan di atas, tentu sudah terbayangkan bagaimana jurusan teknik pertanian? 

Nah, di Indonesia ada cukup banyak kampus yang terdapat jurusan ini, salah satunya adalah Institute Pertanian Bogor (IPB).

Lantas, kalau gambaran jurusan teknik pertanian sudah terbayang, bagaimana dengan prospek kerja teknik pertanian dan gajinya?

Artikel Terkait : Peluang atau Prospek Kerja Teknik Industri dan Gajinya

Tentunya Anda yang hendak ingin masuk ke jurusan ini atau sedang merencanakan karir lewat bidang teknik pertanian sangat membutuhkan informasi mengenai prospek kerjanya. Oleh sebab itulah artikel ini akan lebih banyak membahas mengenai peluang atau prospek kerja teknik pertanian dan gajinya. Simak yuk!

A. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Pertanian dan Gajinya

1. Menjadi Staff Perusahaan Pertanian

Pekerjaan pertama yang bisa Anda lakukan adalah menjadi staff pertanian pada perusahaan pertanian. Bila Anda tidak memiliki pengalaman sama sekali, posisi ini akan sangat cocok untuk memulai karir. Anda bisa menjadi staff umum dan mempelajari lebih jauh soal pertanian khususnya secara praktik.

Salah satu perusahaan direkomendasikan adalah PT Tamara Jatiq Alagariyah PT yang berlokasi di Bekasi. Kisaran gaji staff yang ditawarkan antara 4 juta rupiah hingga 4.5 jutaan. Cukup besar bukan untuk posisi staff apalagi freshgraduate? 

Tentu kalau soal gaji akan sangat fleksibel, semakin tinggi pengalaman Anda maka akan semakin mahal gaji Anda. Beberapa persyaratan umum yang biasanya diberikan diantaranya:
  • Usia minimal 30 maksimal 45 tahun (ini karena perusahaan membutuhkan karyawan yang memiliki loyalitas dan fleksibelitas tinggi)
  • Pendidikan minimal S1 di bidang Pertanian, Ilmu Tanah, Agronomi, Hama & Penyakit tanaman, Agrokimia atau jurusan terkait lainnya.
  • Bersedia ditempatkan di wilayah cabang perusahaan
  • Pekerja keras, ulet, kreatif dan mandiri.

Bagaimana, tertarik menjadi staff pertanian?

Sebaiknya sih, bila memang Anda tidak memiliki pengalaman, Anda tidak masalah dengan posisi staff. Posisi ini cukup bagus untuk mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan hal teknis.

2. Marketing Pertanian

Siapa bilang yang harus menjadi seorang marketing adalah mereka yang lulus di jurusan manajemen saja? Anda yang lulus dari jurusan teknik pertanian juga bisa kok! Malah akan lebih baik bila memang marketing pertanian adalah orang yang sebelumnya berkuliah di jurusan yang sama.

Ini akan lebih memudahkan saat memberikan pengetahuan pada klien. Bagian marketing biasanya akan bertanggung jawab berbagai macam kegiatan promosi untuk produk perusahaan, ia juga harus melakukan branding dan menjalankan operasional perusahaan sebagaimana mestinya.

Secara umum persyaratan yang harus dipenuhi sebagai berikut:
  • Usia maksimal 25 tahun
  • Pendidikan minimal D3 / S1 jurusan Pertanian, Ilmu Tanah, atau jurusan terkait
  • Pengalaman di bidang Marketing minimal 1 tahun
  • Pekerja keras, ulet, kreatif dan mandiri
  • Bersedia melakukan dinas luar kota (bagian marketing biasanya akan banyak bekerja di luar)
  • Memiliki SIM A & C (untuk opsi ini biasanya fleksibel tergantung kebijakan dari perusahaan)

Untuk rekomendasi perusahaannya, Anda bisa coba mendaftarkan diri ke perusahaan PT Saraswanti Indo Genetech yang berlokasi di Bogor.

Kisaran gaji yang ditawarkan antara 4 sampai 5 juta rupiah. Tergantung nanti bagaimana kebijakan perusahaan. Bisa saja Anda menegosiasikan gaji bila memang Anda sudah punya pengalaman di bidang yang sama. Tergantung bagaimana Anda menjual kualitas diri Anda saja pada perusahaan.

3. Menjadi Staff Ahli Tanaman pada Perusahaan Pertanian

Selanjutnya adalah menjadi staff ahli tanaman pada perusahaan pertanian. Bila Anda memang sudah berpengalaman pada bidang analisa budidaya tanaman muda dan memang memahami bidang tersebut, tentu peluang Anda sangat besar.

Bahkan gajinya pun bisa mengikuti pengalaman Anda. Salah satu perusahaan yang bisa Anda jadikan referensi untuk melamar kerja pada bidang pekerjaan ini adalah PT Juma Berlian Exim yang berlokasi di Medan.

Secara umum, berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:
  • Batasan usia yang sudah ditentukan oleh perusahaan
  • Lulusan pendidikan min. S1 Pertanian 
  • Berpengalaman dalam tentang analisa budidaya tanaman muda min. 2 tahun 
  • Teliti dan pekerja keras 
  • Mampu berkomunikasi dengan baik 
  • Mampu mengoperasikan komputer (MS. Office)
  • Mampu bekerja di bawah tekanan 
  • Mampu bekerja di perusahaan cabang 

Persyaratan umum di atas tidak mutlak dan masih bisa berubah sesuai dengan kebijakan perusahaan. Ada saja perusahaan yang membolehkan calon karyawan tidak memiliki pengalaman dalam bidang tersebut, asalkan jurusan pendidikannya sama. Ada juga yang memang benar-benar membutuhkan yang berpengalaman karena melihat pada kondisi dan kebutuhan perusahaan.

Untuk menjadi seorang staff ahli memang pada dasarnya membutuhkan pengalaman yang besar sebab nantinya Anda harus menjadi spesialisasi dalam bidang tersebut termasuk dalam melakukan penelitian hingga menciptakan sebuah produk yang berhubungan.

4. Menjadi Konsultan dalam Bidang Pertanian

Lulusan program studi teknik pertanian bisa menjadi Konsultan Pertanian, yang bertugas memberikan saran-saran dalam Sektor Industri Pertanian. 

Di bidang pekerjaan ini Anda bisa membuka usaha sendiri menjadi seorang konsultan, atau Anda juga bisa mengajukan lamaran pekerjaan pada perusahaan yang memang berfokus pada konsultan pertanian. 

Bila memang Anda ingin menjadi seorang profesional, akan lebih baik bila Anda bekerja lebih dulu pada orang lan. Anda bisa mempelajari banyak produk dan pengembangannya di bidang pertanian. 

Rata-rata gaji konsultan pertanian berdasarkan berbagai macam sumber ada dikisaran 6-7 juta rupiah. Bahkan bisa lebih besar bila jam terbang Ada sudah semakin tinggi. 

Lantas bagaimana sih gambaran pekerjaan seorang konsultan?

Anda akan memberikan jasa konsultasi terkait kebutuhan klien yang membutuhkan pengetahuan lebih mengenai dunia pertanian. Anda juga akan memberikan solusi atas permasalahan klien di bidang pertanian dan sejenisnya entah itu terkait bagaimana teknik penanaman dalam jenis tanah tertentu atau metode-metode yang cocok yang berkaitan dengan tanaman tersebut.

5. Bekerja di Perusahaan BUMN

Anda juga bisa bekerja di perusahaan BUMN atau Badan Usaha Milik Negara. Masuk ke perusahaan BUMN bisa menjamin Anda khususnya dari segi besaran gaji yang tunjangan. Bila Anda memang ingin mendapatkan gaji yang tetap dan terbilang besar, Anda bisa mencoba mendaftarkan diri pada lowongan pekerjaan yang dibuka oleh BUMN. 

Perusahaan-perusahaan yang membutuhkan lulusan Keteknikan Pertanian diantaranya adalah perusahaan Alat-alat Industri Pertanian, Perusahaan-perusahaan Pangan, dan Perusahaan Perkebunan, Perusahaan Industri Pertanian. Di Perusahaan-perusahaan ini lulusan keteknikan Pertanian bisa bekerja di bagian Quality Control, ataupun Operasional dan Engineering.

Nah, QC atau Quality Control sendiri memiliki tugas meneliti produk dan proses produksi perusahaan untuk memperoleh standar kualitas yang diperlukan. Tugas quality control mencakup monitoring, uji-tes dan memeriksa semua proses produksi yang terlibat dalam produksi suatu produk. Dia harus memastikan standar kualitas dipenuhi oleh setiap komponen dari produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan.

Atau secara umum berikut adalah gambaran tanggung jawab seorang QC:
  • Memantau perkembangan semua produk yang diproduksi oleh perusahaan.
  • Bertanggung jawab untuk memperoleh kualitas dalam produk dan jasa perusahaannya.
  • Tugas utama Quality Control tetap sama di semua industri Namun, metode untuk menentukan kualitas suatu produk bervariasi setiap perusahaan.
  • Dalam produk material, QC harus memverifikasi kualitas produk dengan bantuan parameter seperti berat badan, tekstur dan sifat fisik lain dari perusahaan.
  • Dalam industri mekanik QC menjamin kualitas setiap bagian secara individual. Demikian juga, untuk setiap industri metode ini bervariasi setiap produk.
  • QC memonitor setiap proses yang terlibat dalam produksi produk.
  • Memastikan kualitas barang yang dibeli serta barang jadi.
  • Merekomendasikan pengolahan ulang produk-produk berkualitas rendah.
  • Bertanggung jawab untuk dokumentasi inspeksi dan tes yang dilakukan pada produk dari sebuah perusahaan.
  • QC harus memastikan produk dari standar perusahaan memenuhi mutu ISO seperti 9001, ISO 9002 dll
  • Menjaga checklist proses inspeksi dan protokol yang digunakan dalam suatu perusahaan.
  • Bertanggung jawab untuk mengidentifikasi masalah dan isu-isu mengenai kualitas produk dan juga harus membuat rekomendasi kepada otoritas yang lebih tinggi.
  • Membuat analisis catatan sejarah perangkat dan dokumentasi produk sebelumnya untuk referensi di masa mendatang.

Bisa dibilang tugas seorang QC akan cukup berat sehingga tidak heran kalau perusahaan biasanya membutuhkan orang-orang yang sudah berpengalaman dalam bidang ini.

Berikut adalah beberapa rekomendasi perusahaan BUMN:
  • PT Pertani (Persero)
  • PT Perkebunan Nusantara III (Persero)
  • PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)
  • PT Sang Hyang Seri (Persero)

Bila Anda memang ingin mendaftarkan diri untuk bekerja di perusahaan BUMN sebaiknya Anda mempersiapkan diri dari sekarang ya. Karena biasanya ada cukup banyak peminat khususnya yang lulusan dari jurusan teknik untuk masuk ke perusahaan BUMN.

6. Menjadi Seorang Dosen atau Pengajar

Berkarir di bidang akademisi banyak diminati oleh mereka yang memang senang dengan dunia mengajar. 

Nah, bila Anda juga memang senang dengan dunia pendidikan serta tertarik untuk menjadi pengajar, tidak ada salahnya bila Anda berkarir menjadi seorang profesional atau seorang dosen atau akademisi. 

Profesi ini akan sangat cocok untuk program studi teknik pertanian. Anda bisa menurunkan bidang keilmuan yang sudah diajarkan selama masa perkuliahan. Tapi sih akan sangat disarankan bila Anda mengambil pengalaman lapangan terlebih dahulu sehingga secara teknik dan teori Anda bisa menguasai dengan baik. Bahkan jam terbang Anda pun akan sangat dipertimbangkan.

Kalau jam terbang sudah tinggi tentu akan berpengaruh pada gaji yang Anda dapatkan. Makin tinggi maka makin besar, bisa dikisaran 5 juta ke atas atau tergantung dari kebijakan instansi pendidikan tempat Anda mengajar.

Berikut ini adalah beberapa kampus yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk menjadi seorang dosen atau melamar menjadi pengajar profesional:
  • Instituter Pertanian Bogor
  • Universitas Padjajaran
  • Universitas Jendral Soedriman
  • Universitas Sebelas Maret
  • Universitas Sriwijaya
  • Universitas Tidar (swasta)
  • Universitas Gadjah Mada
  • Dan lain-lain

Selain mengajar di universitas yang ada di Indonesia, Anda juga bisa berkesempatan untuk mengajar di universitas luar negeri.

7. Bekerja di Perusahaan BUMS

Selain di BUMN, Anda juga bisa bekerja di BUMS atau Badan Usaha Milik Swasta atau yang dikelola oleh pihak swasta atau asing.

Jangan khawatirkan soal gaji, untuk nominal gaji pun bisa dibilang cukup tinggi, ini tergantung di perusahaan BUMS mana Anda bekerja. Bahkan bukan hanya gaji, Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam tunjangan tergantung bagaimana pengalaman Anda. Semakin berpengalaman dan berkualitas tentu saja nilai jual Anda bisa semakin tinggi.

8. Menjadi Ahli Teknik Energi

Merupakan salah satu bidang pekerjaan untuk Anda yang berkuliah di jurusan teknik pertanian, khususnya yang sudah memiliki pengalaman. 

Kenapa harus berpengalaman?

Karena nantinya Anda akan dituntut menjadi seorang Ahli. Anda harus merancang, mengembangkan, atau mengevaluasi proyek atau program yang berhubungan dengan energi untuk mengurangi biaya energi atau meningkatkan efisiensi energi dalam bidang pertanian. 

9. Staf Pengembangan Produk

Tak harus menjadi PNS, Kamu juga bisa menjadi staf pengembangan produk di perusahaan swasta. Gaji yang ditawarkan tergantung kebijakan perusahaan yang melebihi UMR. Staf pengembangan produk tingkat pemula hingga senior bisa mendapatkan gaji mulai jutaan hingga belasan juta rupiah.

10. Manajer Produksi

Karir di sektor swasta bisa mencapai titik tertinggi saat Kamu menjabat sebagai manajer produksi olahan pangan. Sebagai seorang manajer, Kamu bertanggung jawab atas divisi produksi di perusahaan. Gaji yang ditawarkan lumayan fantastis bisa mencapai belasan juta rupiah per bulan.

Prospek kerja teknik pertanian dan gajinya sebenarnya cukup luas dan besar. Tinggal bagaimana Anda mendapatkan informasi yang tepat untuk lowongan pekerjaan yang Anda butuhkan. Sekarang ini sudah ada teknologi jadi sebenarnya Anda sudah makin dipermudah untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang tepat.

Bacaan Terkait : Peluang atau Prospek Kerja Teknik Lingkungan dan Gajinya

B. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Pertanian yang Dikutip dari Laman Web PTN / PTS

1. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Pertanian yang Dikutip dari Laman Web UNPAD

Lulusan Sarjana Program Studi Teknik Pertanian dapat menempati berbagai posisi penting di instansi pemerintah, perkebunan, lembaga penelitian, industri hasil pertanian, information technology, konsultan teknik, lingkungan perbankan maupun wirausahawan mandiri.

http://www.unpad.ac.id/fakultas/teknologi-industri-pertanian/teknik-pertanian/

2. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Pertanian yang Dikutip dari Laman Web UNSOED

Lulusan Sarjana Teknik Pertanian dapat menjadi seorang Peneliti, Pendidik, Manajer, Wirausaha, Birokrat, Analis Proyek, dan Konsultan Pertanian.

http://faperta.unsoed.ac.id/program-studi-teknik-pertanian/

3. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Pertanian yang Dikutip dari Laman Web UNEJ

Jenis usaha / bidang pekerjaan yang dapat dicapai oleh seorang sarjana Teknik Pertanian meliputi: Enjinir, Manajer, Wirausaha, Konsultan, Peneliti, dan Trainer/Pendidik di bidang Keteknikan Pertanian dan hasil pertanian..

http://fateta.unej.ac.id/teknik-pertanian/

C. Gambaran Mata Kuliah Teknik Pertanian

Bila memang Anda masih belum masuk kuliah namun berencana ingin masuk jurusan ini. Berikut adalah sedikit gambaran mengenai mata kuliah yang ada di jurusan teknik pertanian:
  • Mekanisasi Pertanian
  • Pengetahuan Bahan Teknik
  • Thermodinamika
  • Ekonomi Teknik
  • Gambar Teknik
  • Elektronika Industri
  • Mesin Dan Peralatan Pengolahan Hasil Pertanian
  • Sistem Informasi Geografis
  • Instrumentasi & Kontrol Otomatik
  • Teknik Pasca Panen Hortikultura
  • Sistem Manajemen Teknik Pertanian
  • Teknik Pemetaan dan Penginderaan Jarak Jauh
  • Sosiologi Industri
  • Teknik Pengolahan Pangan
  • Teknik Pengemasan
  • Teknik Pendinginan dan Pembekuan
  • Energi Terbarukan
  • Teknik Hidroponik
  • Rancangan Teknik
  • Konservasi Lahan Pertanian
  • Teknik Irigasi dan Drainase

Berdasarkan gambaran pekerjaan di atas. Sudah bisa tergambarkan bagaimana seorang yang berkuliah di jurusan teknik pertanian? Secara garis besar memang mereka mempelajari pertanian namun bila dilihat secara spesifik mereka lebih banyak mempelajari mengenai bidang teknik yang ada dalam dunia pertanian.

Bacaan Terkait : Peluang atau Prospek Kerja Ilmu Kelautan dan Gajinya

Selesai, itulah pembahasan mengenai Peluang atau Prospek Kerja Teknik Pertanian dan Gajinya. Berdasarkan informasi di atas, Anda sudah bisa mendapatkan gambaran bukan mengenai bagaiamana karir ke depannya? Tak perlu khawatir, selain beberapa prospek kerja di atas masih banyak lagi prospek yang bisa dijadikan batu loncatan karir untuk para lulusan teknik pertanian.