Peluang atau Prospek Kerja Teknik Lingkungan dan Gajinya

Peluang atau Prospek Kerja Teknik Lingkungan dan Gajinya -- Prospek Kerja Teknik Lingkungan dan Gajinya, Peluang Kerja Teknik Lingkungan dan Gajinya, Mengenal Lebih Dekat Jurusan Teknik Lingkungan, Peluang Karir Lulusan D3 / S1 Teknik Lingkungan, Prospek Kerja Teknik Lingkungan Untuk Wanita dan Pria, Gaji Lulusan Teknik Lingkungan, Gaji Teknik Lingkungan Di Indonesia, Universitas yang Ada Jurusan Teknik Lingkungan, Fakta Jurusan Teknik Lingkungan, Lowongan Pekerjaan Lulusan Teknik Lingkungan, Materi Kuliah Teknik Lingkungan.

https://www.lokerpns.web.id/

Banyak orang bisa jadi kurang mengerti maupun mengenal tentang Teknik Lingkungan. Bahkan sebagian sering kali tidak tahu mana saja universitas yang memiliki jurusan tersebut.

Minimnya informasi sering kali menjadi penghalang dari pemahaman para masyarakat pada umumnya. Terutama bagi yang mengenyam bangku pendidikan apa adanya.

Tidak banyak yang memiliki kesempatan untuk menelusuri lebih jauh apa saja jurusan yang tersedia di saat hendak memasuki perguruan tinggi nantinya.

Demikian pula dengan Teknik Lingkungan yang sering kali diabaikan dan kurang diminati dibanding jurusan favorit lainnya. Namun, rupanya hal ini bukan berarti lulusan dari jurusan tersebut kurang mendapatkan tempat dan susah mencari pekerjaan. Bahkan, bila ditelusuri lebih lanjut, ada banyak profesi menarik yang bisa diraih oleh para lulusan jurusan tersebut.

Sebelum mengetahui apa saja peluang kerja atau prospek kerja lulusan Teknik Lingkungan dan gajinya, maka sebaiknya ketahui lebih dulu mengenai jurusan Teknik Lingkungan. Termasuk apa yang menjadi tujuan didirikannya jurusan ini serta apa saja yang bisa dipelajari di jurusan Teknik Lingkungan.

Hal ini supaya nantinya bagi mereka yang memang memutuskan untuk mempelajari jurusan ini lebih lanjut tidak merasa kebingungan atau gagal dalam mempersiapkan dengan tepat.

Bagi yang serius ingin meneruskan pada bidang tersebut, maka bisa juga mengetahui mana saja universitas di Indonesia yang menawarkan jurusan Teknik Lingkungan dengan akreditasi yang baik. Berikut lebih lengkapnya.

A. Tentang Jurusan Teknik Lingkungan

Teknik Lingkungan sebenarnya merupakan salah satu jurusan yang didirikan untuk memberikan wawasan lebih dalam hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan sekitar. Baik mengenai polusi, keadaan lingkungan, vegetasi, dan upaya dalam mencegah resiko kerusakan lingkungan alam di sekitar.

Tentunya bagi pecinta mata pelajaran sejenis Biologi, maka jurusan ini merupakan salah satu pilihan jurusan yang menarik untuk dipertimbangkan. Walaupun seolah jarang terdengar, namun sebenarnya kiprah dari jurusan yang satu ini telah berjalan sejak lama.

Adapun Teknik Lingkungan di Indonesia saat ini juga bisa dengan mudah ditemukan di universitas yang cukup baik akreditasinya. Bahkan ada pula pada universitas favorit yang menjadi pilihan banyak lulusan SMU. Di antaranya yaitu di Institut Teknologi Bandung maupun di Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Bagi mereka yang memutuskan untuk berkecimpung di jurusan tersebut, maka sebaiknya bersiap-siap dengan mempelajari lebih jauh tentang mata kuliah dan program andalan dari jurusan Teknik Lingkungan.

Karena diakui bahwa menjadi bagian dari universitas dan institut favorit memang bukan hal yang mudah. Terutama jika ingin mendapatkan jurusan Teknik Lingkungan dengan akreditasi terbaik di Indonesia.

B. Tujuan Teknik Lingkungan

Tentunya Teknik Lingkungan sendiri didirikan dengan beberapa tujuan yang utama. Hanya saja informasi yang tidak banyak menyebabkan orang awam kurang paham dan mengerti akan tujuan dari jurusan tersebut.

Maka itu, untuk lebih jelasnya, sebaiknya simak beberapa tujuan dari jurusan Teknik Lingkungan terutama bagi para tenaga didik yang mengambil jurusan ini.
  • Menerapkan teknik dan manajemen lingkungan sekitar yang lebih aman dari resiko polusi dan berbagai macam masalah lingkungan lainnya.
  • Mengajarkan mengenai pengendalian lingkungan yang tepat untuk bisa diterapkan pada wilayah di seputar kita.
  • Mempelajari seluk beluk cara dan prinsip dari daur ulang maupun pengolahan limbah yang baik dan tepat.
  • Mengajarkan mengenai mitigasi dari dampak buruk pada lingkungan sehingga dapat menghindari resiko kerusakan alam yang lebih besar.
  • Mengetahui standar pasti pemenuhan kriteria batas aman dan baik dari suatu lingkungan di sekitar, sesuai dengan peraturan yang ditetapkan pemerintah serta standar baku mutu.
  • Mempelajari cara dan filosofi penyediaan air bersih pada masyarakat pada umumnya.
  • Mempelajari dan mengembangkan teknik-teknik ramah lingkungan yang mampu menjadi solusi tanpa menimbulkan kendala baru terutama pada lingkungan.

Bacaan Terkait : Peluang atau Prospek Kerja Ilmu Kelautan dan Gajinya

C. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Lingkungan dan Gajinya

Salah satu hal menarik yang biasanya diincar oleh para calon mahasiswa tentunya yaitu bagaimana prospek dan masa depan dari jurusan yang dipilih. Demikian halnya saat memilih Teknik Lingkungan, sedikit banyak tentu ingin tahu kira-kira apa saja profesi yang berhubungan dengan jurusan yang satu ini.

Tentunya bagi yang masih awam dan belum tahu benar, berikut ini beberapa profesi yang bisa dipilih oleh para lulusan Teknik Lingkungan dengan karir yang menarik dan cukup menjanjikan.

1. Ahli Ekologi

Lulusan Teknik Lingkungan berpotensi untuk menapaki karir sebagai ahli ekologi. Bagi yang belum tahu apa jenis pekerjaan tersebut, ahli ekologi merupakan salah satu aktivitas penelitian pada suatu ekosistem lingkungan. Sehingga sedikit banyak berkutat pada penelitian akan kondisi lingkungan di sekitar.

Baik itu kondisi udara, polusi maupun identifikasi potensi perusak lingkungan. Umumnya ahli ekologi ini banyak dipekerjakan oleh yayasan serta lembaga tertentu. Sebut saja seperti di kebun binatang, laboratorium dan lain sebagainya. Biasanya pekerjaan ini menjanjikan gaji mulai dari 3 juta rupiah untuk yang baru saja lulus.

2. Tenaga Dosen

Seorang lulusan Teknik Lingkungan juga dapat berprofesi sebagai seorang dosen untuk jurusan tersebut. Saat ini sudah banyak kampus atau universitas yang menawarkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi untuk para sarjana lulusan Teknik Lingkungan.

Sehingga pada akhirnya para lulusan tersebut memiliki kompetensi untuk menjalani profesi sebagai dosen baik di universitas negeri atau swasta. Sebut saja di Institut Teknologi Bandung maupun di Universitas Pasundan.

Biasanya para dosen pemula ini bisa mengantongi gaji hingga mencapai 5 juta rupiah per bulannya dan akan bertambah seiring bertambahnya masa dan lama kerja sebagai dosen.

3. Konsultan Lingkungan

Saat ini ada banyak konsultan lingkungan yang dibutuhkan dalam pembangunan infrastruktur maupun jenis projek lainnya untuk memastikan bahwa projek yang dijalankan masih ramah lingkungan. Hal ini menciptakan peluang yang menarik bagi para lulusan Teknik Lingkungan yang ingin berkiprah di bidang tersebut.

Berbagai perusahaan besar mulai dari nasional hingga multi nasional saat ini selalu mencari kandidat terbaik Teknik Lingkungan untuk bergabung bersama menjadi staff ahli konsultasi lingkungan. Misalnya saja perusahaan seperti PT Mitralab Buana, atau PT Environesia Global Saraya.

Umumnya lulusan Teknik Lingkungan yang masih baru bisa memperoleh gaji sebesar UMR atau di kisaran 3 juta rupiah.

Seiring berjalannya waktu nanti tentunya pendapatan serta tunjangan lain yang didapatkan bisa meningkat dan bisa lebih tinggi. Oleh sebab itu sebaiknya tekun dalam menjalani profesi yang satu ini.

4. Manajer Lingkungan

Pekerjaan selanjutnya yang juga bisa dipilih oleh para lulusan Teknik Lingkungan yaitu sebagai Manajer Lingkungan. Tentunya posisi ini biasanya diperlukan pengalaman yang cukup tinggi dan telah memiliki sertifikasi tertentu. Misalnya saja di proyek-proyek lingkungan hidup yang diselenggarakan oleh lembaga semacam UNESCO.

Tidak hanya memiliki lingkup pekerjaan yang menarik dan penuh tantangan, namun juga umumnya memiliki angka pendapatan yang cukup fantastis. Karena seorang manajer lingkungan yang berpengalaman bisa memiliki pendapatan hingga puluhan juta rupiah. Oleh sebab itu, profesi ini menjadi salah satu profesi yang dilirik oleh banyak lulusan dari Teknik Lingkungan.

5. Insinyur Energi

Saat ini sudah banyak perusahaan yang bergerak di bidang energy mencari lulusan Teknik Lingkungan sebagai salah satu staff yang dibutuhkan pada perusahaan tersebut. Tujuannya tak lain yaitu untuk membantu melaksanakan perencanaan lingkungan yang baik dan sehat serta aman sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Oleh sebab itu umumnya profesi ini cukup menjanjikan dan dapat memberikan upah di kisaran angka jutaan hingga belasan juta rupiah.

Misalnya sebut saja di perusahaan swasta ternama yaitu Unilever, yang membutuhkan lulusan tersebut untuk melakukan analisa AMDAL di dalam perusahaan tersebut untuk memastikan bahwa operasional perusahaan berjalan tepat sesuai peraturan perungangan. Oleh sebab itu jurusan Teknik Lingkungan ini merupakan salah satu jurusan yang banyak dicari oleh beberapa jenis industri tertentu.

6. Staff Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian

Ada beberapa lembaga pemerintah yang saat ini juga membutuhkan lulusan Teknik Lingkungan yang bertugas untuk mengadakan penelitian bagi kepentingan negara, salah satunya adalah Kementerian Lingkungan Hidup. Cukup banyak para lulusan Teknik Lingkungan yang bekerja di Kementerian ini.

Sebagai seorang , tentunya standar gaji yang diterima oleh para lulusan Teknik Lingkungan disesuaikan dengan lamanya pengalaman serta keahlian yang dimiliki secara spesifik.

Dengan standar gaji yang mencukupi serta tunjangan yang cukup banyak, tentunya hal ini merupakan prospek kerja Teknik Lingkungan dan gajinya yang mencukupi serta bahkan bisa lebih dari cukup.

Umumnya kisaran pendapatan bulanan yang diterima staff kementerian bisa mencapai 10 juta rupiah.  Sehingga tak heran jika banyak lulusan Teknik Lingkungan yang bersaing untuk mendapatkan posisi di kantor tersebut.

7. Staff Daur Ulang

Berikutnya bagi yang baru saja lulus dari jurusan Teknik Lingkungan bisa mempertimbangkan untuk  bekerja sebagai staff daur ulang pada perusahaan tertentu. Sebut saja di industri pengolahan limbah.

Umumnya tenaga lulusan Teknik Lingkungan cukup diperlukan untuk memastikan proses daur ulang limbah berjalan baik dan aman bagi lingkungan.

Selain itu diperlukan juga informasi mengenai teknologi yang digunakan serta tepat guna dalam hal pengolahan limbah. Terutama meningkatnya perkembangan jaman dan teknologi yang bisa dipilih untuk digunakan. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika mencoba untuk berkarir di bidang yang satu ini.

Sebagai gambaran, staff daur ulang di Rumah Sakit, Industri Kimia, dan banyak tempat lainnya mendapatkan gaji di kisaran 3-5 juta rupiah untuk pemula dan masih dapat meningkat lebih tinggi lagi.

Umumnya pendapatan ini akan semakin meningkat seiring berjalannya pengalaman serta usia nantinya. Yang pasti pekerjaan yang satu ini cukup menarik dan menerapkan ilmu jurusan Teknik Lingkungan sepenuhnya.

8. Staff HSE

Lingkungan yang sehat merupakan hal yang cukup penting dalam satu lingkup area pekerjaan. Oleh sebab itu ada banyak perusahaan besar yang membutuhkan staff HSE yang berasal dari lulusan Teknik Lingkungan. Sebut saja di projek pertambangan baik mineral dan sumber daya maupun di industry perminyakan.

Misalnya saja di PT Freeport Indonesia atau di PT Pertamina UP yang mencari tenaga lulusan Teknik Lingkungan sebagai bagian dari staff HSE di perusahaan tersebut.

Gaji yang diterima juga tidak sedikit dan berkisar mulai dari 7 juta rupiah ke atas. Sehingga dijamin profesi yang satu ini memiliki jaminan karir dan pendapatan yang menarik.

Dalam tugasnya, seorang staff HSE ini diharapkan dapat memberikan kontribusi analisa kesehatan serta keselamatan di lingkungan kerja perusahaan. Sehingga sedikit banyak ilmu yang diberikan pada mata kuliah jurusan Teknik Lingkungan akan digunakan sepenuhnya.

9. Staff Industri

Jurusan Teknik Lingkungan juga diperlukan di dunia industri apapun. Tujuannya untuk memastikan bahwa industri yang dijalankan ramah lingkungan dan tidak berpotensi menjadi sumber polusi bagi lingkungan di sekitarnya.

Sebut saja di industry kimia dan otomotif, misalnya pada perusahaan Astra Internasional maupun di Kimia Farma yang membutuhkan lulusan Teknik Lingkungan sebagai salah satu staff yang membantu untuk memastikan berjalannya industry tersebut sesuai peraturan lingkungan yang diterapkan oleh pemerintah.

Umumnya para lulusan yang baru bekerja di perusahaan tersebut menerima gaji minimal sebesar 5 juta rupiah dan akan meningkat seiring dengan peningkatan pengalaman serta waktu kerja mereka. Oleh sebab itu para lulusan jurusan tersebut sebaiknya tidak perlu berkecil hati. Karena ada banyak profesi yang menjanjikan, bahkan di dunia industri sekalipun.

Peranan penting lulusan jurusan Teknik Lingkungan ini memberikan kontribusi yang baik bagi kondisi lingkungan di seputar industri dan masyarakat yang ada di sekitarnya. Sehingga tidak dapat dipandang sebelah mata.

10. Ahli Konservasi

Berikutnya para lulusan dari Teknik Lingkungan juga bisa memilih karir sebagai ahli konservasi. Bagi yang merasa bingung dan kurang mengerti, ahli konservasi ini merupakan orang-orang yang bekerja untuk melakukan penelitian demi perlindungan terhadap alam dan lingkungan.

Umumnya para ahli tersebut bekerja untuk lembaga dan yayasan yang mendukung penuh proyek konservasi baik dari pemerintah maupun yayasan tingkat dunia.

Misalnya saja mereka yang berkarir di konservasi alam yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah. Disini mereka umumnya bekerja mengawasi serta menemukan mana yang paling sesuai untuk diterapkan pada konservasi tersebut.

Adapun biasanya para pemula yang baru saja bekerja akan mendapatkan gaji minimal sebesar UMR. Sehingga dapat menerima sekitar 4 hingga 5 juta rupiah perbulannya.
  
11. Staff BUMN

Jurusan Teknik Lingkungan juga sanggup mencetak lulusan terbaik yang menjadi bagian dari staff perusahaan BUMN di Indonesia. Sebut saja untuk PT PGN maupun PT Pertamina EP yang biasanya membutuhkan staff dari Teknik Lingkungan berkaitan dengan tugas untuk memastikan bahwa AMDAL dan prosedur ramah lingkungan yang dijalankan oleh perusahaan negara ini sesuai kaidah dan peraturan.

Oleh sebab itu, umumnya para lulusan Teknik Lingkungan yang memilih bekerja di perusahaan tersebut memiliki standar gaji yang lebih tinggi jika dibandingkan bekerja untuk perusahaan lainnya.

Tercatat para lulusan yang baru mulai bekerja saja dapat memperoleh gaji hingga 7-10 juta per bulan. Tak heran jika lowongan sebagai staff BUMN untuk jurusan Teknik Lingkungan ini memiliki persaingan yang cukup ketat.

Artikel Terkait : Peluang atau Prospek Kerja Teknik Energi dan Gajinya

D. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Lingkungan yang Dikutip dari Laman Web PTN / PTS

1. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Lingkungan yang Dikutip dari Laman Web UM Palangkaraya

Program studi Teknik Lingkungan memiliki prospek kerja yang sangat baik tidak hanya terbatas dalam bidang teknik lingkungan (BLH, Bappeda, dan lain sebagainya).

Para lulusan pada  Program studi  Teknik  lingkungan ini  dapat  menjadi seorang  konsultan Amdal, kontraktor, dan tenaga profesional pada bidang konstruksi.

Selain itu lulusan program  studi  teknik  lingkungan  bisa  berkarier  di  bidang  lain  semisal  perbankan, pendidikan, pertanian, hukum, wiraswasta dan lain sebagainya.

http://umpalangkaraya.ac.id/web/programstudi-ump-11.html

2. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Lingkungan yang Dikutip dari Laman Web ITENAS

Lapangan kerja untuk lulusan Teknik Lingkungan diantaranya bekerja di sektor pendidikan dan penelitian, sektor pemerintahan yang meliputi diantaranya :
  • Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Badan Keamanan Laut (BAKAMLA), Pemerintah Daerah, Perusahaan Daerah, BUMN, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kelautan, Dinas Pertambangan, Dinas Pengairan, DLH (Dinas Lingkungan Hidup Daerah), BAPPEDA, PD Kebersihan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), sebagai konsultan (lokal, nasional dan asing)
Maupun di sektor swasta seperti kontraktor, industri, lembaga sertifikasi terkait lingkungan (AMDAL, ISO 14000, OHSAS), perusahaan minyak dan gas.

https://www.itenas.ac.id/fakultas-teknik-sipil-perencanaan/teknik-lingkungan/

3. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Lingkungan yang Dikutip dari Laman Web Universitas Pertamina

Lulusan Program Studi Teknik Lingkungan memiliki cakupan pekerjaan yang luas, antara lain:
  • Instansi Pemerintah: Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementrian Pekerjaan Umum, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, dll.
  • Industri: Konstruksi, Energi, Manufaktur. Area pekerjaan meliputi: Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Ahli Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), Ahli dalam bidang limbah padat, cair atau udara, dan Ahli Lingkungan Umum.
  • Badan Riset dan Universitas: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Peneliti, Dosen, Tenaga Ahli Lingkungan.
  • United Nations Organizations, International Organization Donor, and Non-Government organization.

https://universitaspertamina.ac.id/teknik-lingkungan/

4. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Lingkungan yang Dikutip dari Laman Web UII

Lulusan program studi Sarjana Teknik Lingkungan dapat berkarir di berbagai sektor seperti :
  • Sektor industri (pertambangan, perminyakan, tekstil, dll) di bagian SHE (Safety, Health and Environment),
  • Sektor pemerintahan (Bappenas, Bappeda, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Dinas Pekerjaan Umum, Badan Lingkungan Hidup, PDAM), 
  • Sektor konstruksi dan konsultan lingkungan, perusahaan jasa lingkungan, dan menjadi peneliti (LIPI dan BPPT).

https://www.uii.ac.id/program-pendidikan/sarjana-teknik-teknik-lingkungan/

5. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Lingkungan yang Dikutip dari Laman Web UPN Yogyakarta

Sarjana Teknik Lingkungan dapat bekerja di:
  • Sektor pertambangan dan perminyakan,
  • Lingkungan BUMN maupun swasta
  • Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah
  • Departemen Energi dan Sumberdaya Mineral
  • Direktorat Pembangunan Masyarakat Desa
  • Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi
  • Departemen Pertanian dan Kehutanan
  • Badan Perencanaan: BAPPENAS dan BAPPEDA
  • Kantor Lingkungan Hidup dan Badan Lingkungan Hidup
  • Dinas-dinas sektoral/teknis di tingkat daerah
  • Badan Pertanahan Nasional (BPN)
  • Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)
  • Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL)
  • Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
  • Departemen Dalam Negeri
  • Tenaga edukatif dan peneliti
  • Sektor Perbankan
  • Sektor Swasta dan Masyarakat lainnya: Konsultan dan LSM

http://upnyk.ac.id/web/detail_prodi/33/teknik-lingkungan

6. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Lingkungan yang Dikutip dari Laman Web ITB

Prospek Kerja Program Studi Sarjana Teknik Lingkungan, diantaranya :
  • Instansi pemerintah
    • bekerja sebagai tim ahli lingkungan hidup di departemen teknis maupun non teknis seperti PU, ESDM. Depdagri, KLH, BPLH, BPLHD, Kimpraswil, dan PDAM.
  • LSM / NGO Lingkungan Hidup
    • Mengaktualisasikan diri untuk terjun langsung ke masyarakat melalui lembaga swadaya masyarakat nasional / internasional seperti: WWF, WHO, WALHI, Greenpeace, dll.
  • Industri
    • Hampir semua industri membutuhkan kompetensi lulusan TL, yaitu pada bagian Safety Health & Environment (SHE) terutama sebagai environmental engineer/manager, misalnya pada industri migas & pertambangan (Schlumberger, Total, Chevron, KPC), industri mak-min (Indofood, Ultrajaya), industri lainnya.
  • Konsultan
    • Dapat menjadi konsultan AMDAL, konsultan perancangan bangunan pengolah air minum dan air limbah, dll.
  • Wiraswasta
    • Bekerja di sektor wiraswasta, seperti memulai usaha pemanfaatan sampah yang bernilai ekonomis, daur ulang limbah (baik limbah padat maupun cair) atau menjual produk-produk hasil penelitian sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-teknik-lingkungan

7. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Lingkungan yang Dikutip dari Laman Web ITS

Peluang karir lulusan Sarjana Teknik Lingkungan dapat bekerja di berbagai bidang diantaranya: Tenaga Teknik Lingkungan, HSE, Akademisi, Peneliti, Wirausaha, Pegawai PNS / BUMN yang dapat diterapkan di berbagai sektor Industri manufaktur, jasa konstruksi dan konsultasi, lembaga penelitian, lembaga pemerintah pusat dan daerah, lembaga pengendali kualitas lingkungan, Ormas, LSM, lembaga pendidikan, pertambangan dan energi, dan perbankan

http://enviro.its.ac.id/?page_id=3383 , http://enviro.its.ac.id/?page_id=3707

Bacaan Terkait : Peluang atau Prospek Kerja Teknik Industri dan Gajinya

Itulah beberapa profesi yang bisa dijadikan Peluang atau Prospek Kerja Teknik Lingkungan dan Gajinya yang sesuai. Tentu di masa sekarang ini tidak mudah untuk bersaing satu dengan yang lain. Namun demikian tidak perlu takut serta merasa ragu jika ingin menjatuhkan pilihan pada jurusan yang satu ini.

Kenali bakat serta kemampuan yang dimiliki untuk bisa menyesuaikan dengan jurusan yang dikehendaki. Misalnya saja jika ingin masuk ke jurusan Teknik Lingkungan ini, maka sebaiknya lakukan persiapan yang tepat. Sehingga nantinya setelah lulus bisa mendapatkan jenjang karir sesuai harapan dengan profesi yang menarik seperti yang telah disebutkan di atas tadi.