Peluang atau Prospek Kerja Teknik Energi dan Gajinya

Peluang atau Prospek Kerja Teknik Energi dan Gajinya -- Prospek Kerja Teknik Energi dan Gajinya, Peluang Kerja Teknik Energi dan Gajinya, Gaji Lulusan D3 / S1 Teknik Energi, Lowongan Kerja Lulusan Teknik Energi, Peluang Kerja dalam Bidang Energi, Peluang atau Prospek Kerja Lulusan dari Jurusan Teknik Energi dan Gajinya, Prospek Kerja Teknik Sistem Energi, Prospek Kerja Teknik Energi Terbarukan, Peluang Karir Lulusan Teknik Energi dan Gajinya, Gaji UMR D3 / S1.

https://www.lokerpns.web.id/

Berbicara profesi saat ini ada banyak sekali profesi menjanjikan yang bisa dijadikan pilihan. Salah satu di antaranya yang tidak banyak dikenal yaitu lulusan dari jurusan Teknik Energi.

Tentu setelah mendengar kata yang satu ini banyak yang bertanya-tanya, apa dan bagaimana sebenarnya jurusan ini. Seolah jika melihat dari namanya akan berkaitan dengan energi dan sumber daya. 

Namun, lebih pastinya bagaimana dan seperti apa prospek ke depan bagi para lulusannya? Nah, bagi yang penasaran ingin tahu lebih lanjut mengenai profesi yang satu ini beserta prospeknya, simak saja informasi menarik berkaitan dengan prospek kerja jurusan Teknik Energi dan gajinya.

A. Tentang Jurusan Teknik Energi

Tak kenal maka tak sayang, pepatah lama ini tidak ada salahnya. Demikian juga jika merasa tertarik untuk memilih jurusan Teknik Energi sebagai pilihan studi. Ada baiknya jangan hanya asal memilih, tetapi ketahui serta pahami apa saja yang diajarkan dalam studi tersebut dan apa saja yang butuh dikuasai untuk bisa meneruskan studi di bidang yang satu ini. 

Tentunya tidak mudah untuk memahami hal tersebut, terlebih informasi mengenai jurusan Teknik Energi tidak banyak. Sehingga sering kali banyak siswa mengalami kesulitan mendapat informasi saat ingin memilih jurusan ini.

Jurusan Teknik Energi ini merupakan suatu jurusan yang berfokus pada mempelajari tentang seluk beluk energi. Di poin ini seluk beluk tersebut dijelaskan secara umum dan general saja. Mulai dari pengetahuan akan sumber energi, kemudian pengelolaan energi hingga sistem pengelolaan energi yang tepat. 

Sehingga diharapkan para lulusan dari jurusan ini sanggup menerapkan ilmu tersebut di masyarakat maupun dunia industri yang berkaitan nantinya. Perlu juga diketahui bahwa jurusan ini membutuhkan banyak studi di bidang sains seperti fisika, matematika maupun biologi dan kimia. Sehingga sangat sesuai untuk mereka yang memiliki kemampuan sains yang cukup baik. 

Bagi yang tertarik untuk memilih jurusan Teknik Energi, pastinya merasa bingung mana tempat yang paling tepat untuk mengenyam pendidikan berkaitan dengan bidang studi tersebut. Sebaiknya tidak perlu merasa bingung dan khawatir, karena ada beberapa lokasi yang bisa dipertimbangkan sebagai tempat studi. Sebut saja Politeknik Negeri Jember ataupun Polteknik Bandung.

Artikel Terkait : Peluang atau Prospek Kerja Teknik Fisika dan Gajinya

B. Tujuan Jurusan Teknik Energi

Jurusan ini didirikan oleh beberapa pendahulunya dengan beberapa tujuan yang utama. Tentunya hal ini cukup penting untuk dipahami lebih dahulu. Karena dengan mengetahui tujuan dari suatu jurusan, maka lebih mudah untuk kemudian memahami apa saja inti dari studi tersebut dan apa saja hal-hal penting yang ingin ditekankan pada para lulusannya.

Oleh sebab itu sebaiknya ketahui beberapa poin penting berikut mengenai tujuan dibentuknya jurusan Teknik Energi ini.
  • Memberikan pemahaman tentang jenis energi yang ada di sekitar kita.
  • Memberikan informasi tentang teknik pembaharuan energi yang dapat dilakukan
  • Mengenal langkah-langkah tepat dapat pengelolaan sumber daya energi sesuai dengan peruntukannya.
  • Menganalisa pemetaan sumber daya energi yang ada di Indonesia beserta potensi pengembangannya yang mampu dilakukan.
  • Memberikan informasi berkaitan dengan pemanfaatan energi yang tepat untuk didaya gunakan pada masyarakat luas.
  • Menemukan teknologi terbaru dalam bidang energi yang efisien dan efektif serta berdaya guna tinggi.
  • Memberikan kompetensi keilmuan tentang sumber daya energi yang ada termasuk pengolahan dan pemanfaatannya yang tepat.
  • Melaksanakan penelitian untuk kemakmuran rakyat di bidang sumber daya energi beserta aplikasinya yang memungkinkan untuk diterapkan di lingkungan sekitar.
  • Mempelajari manajemen projek energi secara menyeluruh.


C. Peluang atau Prospek Kerja Jurusan Teknik Energi dan Gajinya

Setelah mengetahui apa saja seluk beluk jurusan yang satu ini, tentu saja yang sangat ingin diketahui juga termasuk prospek ke depannya serta berapa penghasilan yang bisa didapatkan. Jangan sampai sudah susah belajar dan lulus dengan predikat baik atau memuaskan, namun ternyata berakhir suram karena tidak paham mana profesi yang sesuai dengan jurusan Teknik Energi tersebut. 

Adapun berikut ini adalah beberapa gambaran prospek kerja jurusan Teknik Energi dan gajinya yang bisa dijadikan masukan bagi para lulusan baru dari jurusan tersebut.

1. Insinyur Energi

Lulusan Teknik Energi merupakan lulusan yang berpotensi besar untuk mengisi posisi sebagai insinyur di bidang energi. Sehingga tak heran jika lulusan yang satu ini cukup banyak dicari untuk mendukung industri energi di tanah air. 

Tidak tanggung-tanggung, umumnya pendapatan yang diterima oleh seorang insinyur di bidang energi bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah. 

Sebut saja di perusahaan BUMN milik negara seperti PT Pertamina EP maupun PT PGN hingga perusahaan berskala internasional seperti Conoco Phillips ataupun PT GE Indonesia. 

Hanya lulusan terbaik yang berhasil menempati posisi sebagai insinyur energi di perusahaan tersebut. Namun bisa dipastikan bahwa gaji serta tunjangan yang didapatkan cukup tinggi dan menarik.

2. Staff Kementrian ESDM

Saat ini Kementrian ESDM juga merupakan salah satu divisi pemerintah yang banyak bergerak dalam bidang pengawasan energi dan sumber daya yang ada di Indonesia. Baik berupa minyak dan gas serta jenis mineral lainnya. 

Oleh sebab itu untuk menunjang profesionalitas di bidang yang dibutuhkan, kementrian ESDM juga merekrut para lulusan dari jurusan Teknik Energi untuk ditempatkan sebagai staff ahli di divisi tersebut. 

Saat ini lulusan jurusan Teknik Energi yang baru saja bekerja di Kementrian ESDM bisa mendapatkan penghasilan mulai dari 5 juta rupiah dan belum termasuk berbagai macam tunjangan serta bonus dan penghasilan lainnya. 

Meski dengan tanggung jawab yang cukup besar, namun kebanyakan staff ESDM bekerja dalam waktu dan jam kerja yang ideal, sehingga cocok menjadi pilihan profesi bagi mereka yang ingin mengabdi pada negara tanpa harus banyak meluangkan waktu untuk bekerja lembur hingga larut malam.

3. Pimpinan Proyek

Indonesia juga memiliki cukup banyak projek yang bergerak di seputar bidang energi. Dalam suatu proyek tentunya dibutuhkan pemimpin yang bertugas untuk mengatur pekerjaan dan memastikan bahwa projek berjalan lancar dan teratur. 

Sebagai negara berkembang yang masih fokus pada pengelolaan energi dan sumber daya, tentunya hal ini menjadi potensi yang baik bagi para lulusan jurusan Teknik Energi untuk berkiprah di dunia projek energi tersebut.

Sebagai gambaran, ada banyak perusahaan yang menanamkan modalnya untuk projek-projek pengelolaan energi. Misalnya saja PT Kaltim Prima Coal yang berfokus pada penambangan dan pengolahan batu bara sebagai sumber energi. Adapula perusahaan seperti PT Pertamina Geothermal yang berfokus pada pemanfaatan energi dari panas bumi. 

Di perusahaan tersebut, ada banyak projek energi yang dijalankan setiap tahunnya dan tentunya membutuhkan seorang pimpinan yang handal supaya projek berjalan sesuai ketentuan dan perencanaan awalnya. 

Oleh sebab itu lulusan Teknik Energi memiliki kesempatan besar untuk menjadi bagian dari projek tersebut sebagai seorang pimpinan proyek. Untuk informasi, seorang pimpinan proyek yang berpengalaman bisa mendapatkan penghasilan hingga puluhan juta rupiah. Oleh sebab itu prospek di bidang ini sangat menjanjikan.

4. Konsultan Energi

Projek-projek energi di dalam negeri juga membutuhkan perencanaan yang tepat dan sesuai. Terutama karena sebagian besar projek harus mempertanggung jawabkan dana yang dikeluarkan negara.

Oleh sebab itu dalam suatu projek energi umumnya diperlukan konsultan yang bertugas untuk melakukan desain dan perencanaan yang sesuai dengan lingkup kerja pengelolaan sumber daya energi yang dibutuhkan. 

Di Indonesia sendiri ada banyak konsultan yang bergerak di bidang energi, dimana para lulusan jurusan Teknik Energi berkesempatan untuk mengisi posisi sebagai staff ahli pada lembaga konsultan tersebut. 

Sebut saja perusahaan seperti PT Rekayasa Engineering ataupun perusahaan internasional seperti PT Amec Berca Indonesia. Keduanya bergerak di bidang konsultasi untuk proyek energi dan bekerja dalam merencanakan desain serta perhitungan analisa yang sesuai dengan kebutuhan projek. 

Sebagai gambaran penghasilan, umumnya lulusan dari jurusan Teknik Energi yang baru saja bekerja akan memperoleh gaji sekitar 5 juta rupiah per bulannya. Tentunya nilai ini akan meningkat seiring dengan perjalanan waktu dan peningkatan pengalaman kerja.

5. Kontraktor 

Para lulusan Teknik Energi juga bisa berkarya pada perusahaan kontraktor yang terpilih untuk melaksanakan proyek-proyek bertemakan energi dan sumber daya. Ada banyak kontraktor di Indonesia mulai dari perusahaan lokal hingga perusahaan asing.

Misalnya saja PT Schlumberger Indonesia yang memberikan kompensasi gaji yang cukup tinggi bagi para lulusan muda terbaik dari jurusan Teknik Energi. Atau ada pula PT Reka Energi Nusantara yang senantiasa mencari putra putri terbaik bangsa untuk menempati posisi yang diperlukan pada projek-projek energi negara.

Keduanya memberikan jaminan pendapatan yang cukup tinggi dan menarik. Umumnya para lulusan yang baru saja bekerja bisa menerima gaji sekitar 5-10 juta per bulannya. Belum termasuk bonus dan tunjangan lain yang diberikan seperti fasilitas dana pensiun maupun kesehatan.

6. Pembangkit Listrik

Indonesia memiliki banyak PLTU dan PLTA yang berfungsi untuk memastikan penyaluran listrik ke seluruh pelosok daerah berjalan lancar dan maksimal.

Oleh sebab itu lulusan Teknik Energi sering kali mendapatkan tempat di perusahaan tersebut untuk bekerja memastikan proses pengolahan energi listrik berjalan lancar dan maksimal. Setiap tahunnya perusahaan-perusahaan tersebut merekrut lulusan terbaik dari universitas terbaik untuk mendapatkan personel yang handal dan kompeten untuk melaksanakan tugas pekerjaan yang diberikan.

Gaji yang diberikan juga di atas standar UMR. Umumnya para lulusan yang baru saja bergabung akan memperoleh gaji minimal 5 juta rupiah per bulannya. Selain itu masih ada pula fasilitas kesehatan serta tunjangan yang lain untuk melengkapi pendapatan bulanan mereka.

7. Karyawan Pertambangan

Sumber daya energi juga bisa didapatkan dari mineral yang terkandung dari dalam bumi. Sebut saja tambang batu bara maupun jenis pertambangan lainnya yang ada di Indonesia.

Oleh sebab itu, hal ini memberikan peluang bagi para lulusan Teknik Energi untuk berkarya dan berkarir sebagai karyawan perusahaan pertambangan yang ada di Indonesia. Sebut saja di PT Freeport Indonesia ataupun di PT Newmont.

Di perusahaan tersebut, lulusan jurusan Teknik Energi akan menerima kompensasi yang cukup menggiurkan. Minimal dalam satu bulan dapat diperoleh gaji sekitar 5-7 juta rupiah, belum termasuk tunjangan tempat tinggal ataupun makan siang yang disediakan oleh perusahaan. 

8. Perusahaan Manufaktur

Rupanya industri menufaktur juga mengincar para lulusan Teknik Energi untuk bergabung bersama mereka. Hal ini karena ada banyak perusahaan manufaktur yang berperan dalam mensupport pelaksanaan projek-projek energi di Indonesia. Dengan demikian maka dapat membuka peluang bagi para lulusan jurusan Teknik Energi untuk dapat bekerja di bidang tersebut dan mendapat kesempatan untuk berkarya di industri manufaktur. 

Sebut saja misalnya di perusahaan PT Gunawan Dian Jaya Steel maupun di PT Citra Turbindo. Perusahaan-perusahaan manufaktur ini terkenal dengan produksinya yang mendukung dan menyokong banyak projek pertambangan serta energi di Indonesia. Termasuk pula PT Krakatau Steel Indonesia milik negara yang sejak lama mencari lulusan terbaik jurusan Teknik Energi untuk bisa bekerja sama dan bergabung bersama perusahaan tersebut. 

Pendapatan bulanan para lulusan jurusan Teknik Energi di perusahaan ini juga cukup besar, yaitu minimal 5 juta rupiah per bulannya dan bahkan bisa mencapai 10 juta rupiah.

9. Tenaga Pengajar

Tidak hanya berkecimpung di dunia usaha dan industri, para lulusan Teknik Energi juga memiliki kesempatan yang sama dalam berkiprah di dunia pendidikan. Oleh sebab itu peluang untuk bekerja sebagai tenaga pengajar seperti dosen masih terbuka bagi para lulusan jurusan tersebut.

Indonesia sendiri memiliki beberapa universitas yang mengajarkan mata kuliah tentang energi dan pengelolaannya. Khususnya mengenai energi terbarukan yang akhir-akhir ini menjadi jurusan favorit banyak orang. Hal ini tentunya membuat peluang para pengajar baru terbuka lebar dalam bidang tersebut. 

Sehingga para lulusan Teknik Energi yang ingin mengabdikan ilmunya tentu tidak perlu merasa ragu dan bisa berkecimpung di dunia tersebut secara menyeluruh. Pendapatan seorang tenaga dosen di universitas ternama juga umumnya tidak kecil dan mendapatkan banyak tunjangan. Sehingga tentunya hal ini merupakan prospek yang menarik dan layak untuk dipertimbangkan.

10. Staff Kelistrikan

Perusahaan Listrik Negara atau yang biasa dikenal dengan PLN juga mempekerjakan lulusan dari jurusan Teknik Energi sebagai salah satu staffnya. Tentunya diharapkan lulusan jurusan tersebut dapat berkiprah dalam memastikan jalannya operasional energi listrik secara maksimal. 

Mulai dari bagian supervisi, perencanaan hingga bagian manajerial. Semuanya membutuhkan keilmuan yang berkaitan dengan energi, sehingga pada akhirnya merekrut sejumlah lulusan Teknik Energi untuk bergabung dan memberikan konstribusinya dalam pengelolaan energi listrik negara. 

Selain itu, sudah bukan rahasia lagi jika gaji yang diterima oleh para pegawai PLN cukup menarik dan sesuai. Sehingga para lulusan jurusan Teknik Energi memiliki kesempatan dan kondisi kerja yang baik maupun memungkinkan untuk terus berkarya merintis karir di perusahaan yang satu ini.

Artikel Terkait : Peluang atau Prospek Kerja Teknik Industri dan Gajinya

D. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Energi yang Dikutip dari Laman Web PTN / PTS

1. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Energi yang Dikutip dari Laman Web POLSRI

Lulusan D IV Teknik energi mempunyai peluang kerja yang luas terutama pada industri-industri yang berhubungan dengan keenergian seperti Industri Petro Kimia, Industri Proses, Pertambangan dan Energi, Pembangkit Listrik dan Industri Jasa terutama yang menangani proyek-proyek konservasi energi.

http://www.polsri.ac.id/news/168.xhtml

2. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Energi yang Dikutip dari Laman Web ITY

Lulusan Sarjana Teknik Energi dapat berkarier sebagai Pembangkitan Tenaga Listrik Konsultansi, Konstruksi, Industri Manufaktur, Industri penambangan, Industri Proses bidang Utilitas Perhotelan, Bidang Utilitas Rumah Sakit.

https://www.ity.ac.id/program-pendidikan/fakultas-teknik-industri/teknik-energi


Itulah sedikit informasi berkaitan dengan Peluang atau Prospek Kerja Teknik Energi dan Gajinya. Tentu setelah membaca informasi di atas, maka sebagai orang awam akan lebih mengetahui apa serta bagaimana fokus dari jurusan yang satu ini. Terutama yang paling penting adalah masa depan yang memungkinkan dari hasil studi di jurusan Teknik Energi ini. 

Sehingga dengan demikian tentunya para lulusan muda dari jurusan tersebut, dapat berkiprah secara maksimal di berbagai tempat dengan hasil yang memuaskan. Oleh sebab itu bagi yang tertarik dengan jurusan tersebut, sebaiknya tidak perlu merasa ragu, karena masa depan lulusan jurusan Teknik Energi rupanya cukup menjanjikan.