Peluang atau Prospek Kerja Teknik Listrik dan Gajinya

Peluang atau Prospek Kerja Teknik Listrik dan Gajinya -- Prospek Kerja Teknik Listrik dan Gajinya, Peluang Kerja Teknik Listrik dan Gajinya, Gaji Lulusan Teknik Listrik, Peluang atau Prospek Kerja Lulusan D3 & S1 Teknik Listrik dan Gajinya, Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 / S1 Teknik Listrik, Peluang Karir Teknik Listrik di Perusahaan, Gaji Pegawai / Karyawan Teknik Listrik, Prospek Karir Lulusan Teknik Listrik, Prospek Kerja Jurusan Teknik Listrik, Prospek dan Proyeksi Lulusan Mahasiswa Teknik Listrik, Prospek Kerja Teknik Listrik atau Teknik Elektro dan Gajinya.

https://www.lokerpns.web.id/

Jurusan teknik listrik atau biasa disebut juga sebagai jurusan teknik elektro merupakan salah satu bidang ilmu teknik yang mempelajari mengenai listrik yang akan diaplikasikan guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

Konsep teknik listrik secara garis besar melibatkan konsep perancangan, pengembangan dan produksi perangkat listrik serta elektro yang akan dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh sebab itulah prospek kerja teknik listrik dan gajinya yang tinggi menjadi incaran para lulusan teknik listrik.

Sementara itu, di bidang ini teknik listrik juga seorang Insinyur Listrik menjadi orang yang sangat dibutuhkan. Mereka memiliki peranan yang amat sangat penting khususnya untuk mengembangkan serta memajukan teknologi yang tinggi dalam dunia komputer, energi, telekomunikasi, dan yang lainnya. 
Para teknik listrik nantinya akan bekerja sama dengan insinyur dari daerah lain, misalnya saja teknik kimia, mesin atau sipil. Tujuannya tentu saja untuk perancangan, pengembangan serta membantu produksi berbagai produk dan jasa.

A. Macam-Macam Bidang Teknik Listrik

Sebelum membahas lebih jelas mengenai prospek kerja teknik listrik dan gajinya, sebaiknya Anda ketahui dulu mengenai bidang pembagian dari teknik listrik. Jadi, dalam disiplin ilmu yang akan dipelajari, nantinya teknik listrik akan dibagi ke dalam beberapa bidang, yaitu:

1. Bidang Teknik Tenaga Listrik

Pertama adalah teknik tenaga listrik yang sudah dikembangkan sejak tahun 1879. Tepatnya saat Thomas Alva Edison berhasil menciptakan sebuah lampu. Bidang ini merupakan satu-satunya bidang yang akan sangat berkaitan dengan proses pembangkitan dan transmisi dari daya listrik suatu tempat ke tempat lainnya. Bisa dibilang bidang ini merupakan bidang spesialisasi tertua dari bidang teknik tenaga listrik lainnya.

2. Bidang Teknik Elektro

Selanjutnya ada bidang elektromagnetik, merupakan bidang yang akan menghubungkan aplikasi listrik menjadi pemindah energi dan mentransfer suatu informasi. Bidang ini secara langsung akan berkaitan dengan interaksi antara medan magnet dan listrik serta arus listrik.

3. Bidang Teknik Telekomunikasi

Selanjutnya ada bidang teknik telekomunikasi yang akan berfokus pada proses rekayasa serta ilmu yang dibutuhkan guna mengirim informasi antar satu tempat ke tempat lainnya. Sistem ini akan memanfaatkan suatu gelombang elektromagnetik, kabel listrik atau serat optik agar bisa mengirimkan informasi. Mereka yang ahli dalam bidang ini harus tau bagaimana cara membuat kode informasi ke dalam bentuk sinyal listrik.

4. Bidang Teknik Komputer

Teknik komputer merupakan bagian dari bidang kelistrikan yang berfokus pada perancangan sistem perangkat keras serta program komputer.

5. Bidang Teknik Elektronika

Teknik elektronika merupakan bidang teknik yang berkaitan dengan berbagai macam material dalam berbagai konfigurasi atau pun struktur yang bisa mengatur suatu aliran arus listrik.

6. Bidang Teknik Rekayasa Sistem

Merupakan bidang dalam teknik listrik yang akan bertanggung jawab dalam pemanfaatan prinsip matematika untuk membuat model serta menjelaskan sistem yang lebih kompleks. Serta membuat prediksi keunggulan berdasarkan pada analisis teknik tersebut.

7. Bidang Teknik Kendali

Pada dasarnya bidang teknik kendali akan berkaitan dengan elektronik. Bidang ini cukup banyak dipelajari dalam bidang teknik listrik secara umum.

Artikel Terkait : Peluang atau Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gajinya

B. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Listrik dan Gajinya

Ada banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan teknik listrik. Mengingat pembagian bidangnya pun cukup banyak. Berikut ini adalah beberapa prospek kerja teknik listrik dan gajinya yang bisa Anda ketahui:

1. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Listrik dan Gajinya : Menjadi Seorang Pengajar / Dosen

Peluang kerja pertama untuk para lulusan teknik listrik khususnya yang senang dengan bidang akademisi adalah menjadi seorang dosen / guru SMA dan SMK. Namun untuk bisa menjadi seorang pengajar, khususnya dosen, Anda akan dituntut untuk melanjutkan bidang pendidikan minimalnya hingga S2. Ini merupakan salah satu syarat wajib untuk dosen pengajar saat ini.

Bidang-bidang yang Anda ajarkan pun bisa sangat beragam. Apalagi bila Anda memang sangat tertarik dengan kelistrikan dan akademisi. Anda bisa menjadi pengajar bisa kelistrikan khusus, elektro, teknik kendali, dan yang lainnya.

Sementara itu, untuk jumlah gaji yang ditawarkan akan sangat beragam. Mulai dari angka 5 juta ke atas. Bila Anda sudah memiliki jam terbang tentu gaji anda bisa saja lebih besar.

Beberapa perguruan tinggi yang bisa menjadi peluang Anda untuk berkarir menjadi dosen:
  • Politeknik Bandung (POLBAN)
  • Institute Teknologi Bandung (ITM)
  • Institute Sebelas Maret (ITS)
  • Universitas Diponegoro (UNDIP)
  • Universitas Gajah Mada (UGM)
  • Universitas Indonesia (UI)
  • Universitas Hasanudin (UNHAS)
  • Universitas Petra Surabaya
  • Universitas Gunadarma

Beberapa perguruan tinggi di atas bisa coba Anda jadikan sebagai target tujuan untuk menjadi dosen pengajar.

2. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Listrik dan Gajinya : Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Siapa yang tidak mau memiliki penghasilan tetap, ditambah dengan banyaknya tunjangan hingga hari tua? Tentu semua orang mau. Termasuk juga mereka, para lulusan teknik listrik. 

Nah, salah satu yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan penghasilan tetap dan jaminan hingga hari tua adalah berkarir menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

Penghasilan menjadi seorang PNS sudah jelas minimalnya UMR, bahkan bisa di atas 5 juta, tergantung tingkatan golongan. Kamu bisa coba melamar pekerjaan ke Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral.

3. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Listrik dan Gajinya : Berkarir di Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Setelah menyelesaikan pendidikan di bidang teknik listrik, selanjutnya Anda juga bisa bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ada cukup banyak perusahaan BUMN yang membutuhkan tenaga ahli dalam bidang kelistrikan khususnya yang berhubungan dengan telekomunikasi dan energi. 

Bahkan soal nominal gaji, Anda juga tak perlu khawatir. Kisaran gaji yang bisa Anda dapatkan antara 7 hingga 12 jutaan per bulan. Cukup besar bukan? Apalagi untuk para freshgraduate.

Berikut adalah beberapa BUMN yang biasa menerima lowongan kerja untuk para lulusan teknik listrik:
  • PT PLN (Persero
  • PT Bukit Asam (Persero)
  • PT Pembangunan Perumahan (Persero)
  • PT Berkah Industri Mesin Angkat
  • PT Nusantara Turbin dan Propulsi atau PT NTP
  • PT Kobexindo Equipment
  • Perum Jasa Tirta I
  • Perum Jasa Tirta II
  • PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk
  • PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)
  • PT PP Berdikari (Persero)
  • Perum Bulog
  • PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)
  • PT Sarinah (Persero)
  • PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero)
  • PT Pertamina (Persero)

Selain beberapa perusahaan di atas, masih banyak lagi perusahaan BUMN yang menerima peluang kerja untuk lulusan teknik listrik. Anda bisa melihat data terlengkapnya melalui website-website lowongan kerja.

4. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Listrik dan Gajinya : Bekerja di Perusahaan Swasta

Berkarir di perusahaan milik swasta pun bisa menjadi jaminan bagi Anda. Ada banyak sektor swasta yang bisa menjadi prospek kerja untuk para lulusan jurusan teknik elektro ini. 

Misalnya saja dalam bidang pengembangan software dan hardware, Kominfo, telkom, dan masih banyak lagi perusahaan swasta yang bisa coba Anda masuki.

Bahkan bila ingin berbicara soal gaji, banyak sekali perusahaan swasta yang menawarkan gaji lebih besar dibandingkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kisaran gaji di atas 7 juta sih sudah pasti.

Berikut adalah beberapa Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) yang bisa menjadi peluang karir untuk lulusan teknik listrik:
  • PT Pupuk Kaltim
  • PT Union Metal
  • PT Djarum
  • PT Sampoerna
  • PT Holchim
  • PT Krakatau Steel
  • PT XL Axiata
  • PT Indosat
  • PT Aneka Elektrindo Nusantara
  • PT Fastfood Indonesia
  • PT Astra Internasional
  • PT Ghobel Dharma Nusantara
  • PT Freeport Indonesia

Selain perusahaan di atas, tentu masih banyak perusahaan lain yang tiap tahun membuka lowongan kerja untuk teknik listrik. Anda bisa menemukan informasinya melalui situs lowongan pencari kerja.

5. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Listrik dan Gajinya : Bekerja di Sektor Pertambangan dan Perminyakan

Tahukah Anda kalau sektor pertambangan dan perminyakan merupakan salah satu sektor yang sangat diminati banyak orang untuk berkarir. Selain karena penghasilannya yang cukup besar, keahlian teknik listrik juga sangat bisa diterapkan dalam bidang ini. Khususnya pada bagian control dan instrumen engineer.

Seperti yang sudah Anda ketahui tentunya, kalau memang listrik yang ada saat ini sangatlah dibutuhkan oleh semua orang. Oleh sebab itulah sumber listrik menjadi salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat. Ini menjadikan peluang karir yang besar untuk para lulusan teknik listrik.

Sementara itu untuk gaji yang diberikan akan sangat tergantung pada posisi yang Anda jalani nantinya. Bila Anda memang sudah setingkat sarjana maka biasanya Anda akan ada pada level 7, dimana kisaran gajinya ada di antara 5 juta sampai 7 juta rupiah, cukup besar bukan? Bahkan bisa lebih besar lagi, tergantung bagaimana kebijakan perusahaan nantinya.

Beberapa Perusahaan Pertambangan di Indonesia:
  • ADARO ENERGY Tbk
  • Aneka Tambang (Persero) Tbk
  • Atlas Resources Tbk
  • Asia Natural Resources Tbk
  • Ratu Prabu Energi Tbk
  • ATPK Resources Tbk
  • Borneo Lumbung Energi & Metal Tbk
  • Bumi Resources Minerals Tbk
  • Berau Coal Energy Tbk
  • Baramulti Suksessarana Tbk
  • Bara Malinau Utama PT
  • Berkelindo Jaya Pratama PT
  • Menara Kadin Indonesia Building
  • Tamindo Bumi Lestari PT
  • INDO MURO KENCANA PT Balikpapan
  • International Nickel Indonesia PT Makassar
  • Barelang Sugi Bulan PT
  • DANAU MASHITAM
  • Ambhara Karya Perdana, PT (Exploration)

Beberapa Perusahaan Minyak di Indonesia:
  • Chevron Pacific Indonesia
  • Pertamina
  • Total E&P Indonesie
  • PHE ONWJ
  • CNOOC SES LTD
  • Conoco Philips Indonesia
  • Mobil Cepu Ltd
  • Chevron Indonesia
  • PHE WMO
  • Petro China
  • Amerada Hess Indonesia       
  • Anadarko Indonesia Company 
  • Asia Petroleum
  • BP Indonesia
  • BOB Bumi Siak Pusako – Pertamina Hulu         
  • Bumi Parahyangan Ranhill Energia
  • Conoco Phillips Indonesia       
  • CNOOC SES,Ltd
  • CITIC Seram Energy Limited
  • Core Lab
  • ENI Indonesia
  • Exxon Mobil Oil Indonesia Inc.  

Di atas merupakan rekomendasi beberapa perusahaan pertambangan dan perminyakan yang ada di Indonesia.

Artikel Terkait : Peluang atau Prospek Kerja Teknik Energi dan Gajinya

6. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Listrik dan Gajinya : Berkarir di Bidang Telekomunikasi

Lulusan teknik listrik banyak mempelajari cabang ilmu salah satunya telekomunikasi. Sehingga tidak heran bila peluang kerja dalam bidang ini sangatlah besar. Khususnya para teknik listrik ini memahami bagaimana bidang elektronika, instrumen dan kontrol tang dan juga IT.

Untuk kisaran gaji pun cukup besar, apalagi kalau Anda seorang freshgraduate. Gajinya sudah ada di kisaran 5 juta bahkan bisa lebih.

Beberapa Perusahaan Telekomunikasi di Indonesia:
  • PT Bali Towerindo Sentra Tbk.
  • Bakrie Telecom Tbk
  • Elang Mahkota Teknologi Tbk
  • XL Axiata Tbk
  • Smartfren Telecom Tbk
  • Inti Bangun Sejahtera Tbk
  • Inovisi Infracom Tbk
  • Indosat Tbk
  • Solusi Tunas Pratama Tbk
  • PT Tower Bersama Infrastructure Tbk
  • Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

Di atas merupakan daftar perusahaan telekomunikasi yang ada di Indonesia yang bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk meniti karir.

7. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Listrik dan Gajinya : Bekerja di Bidang Kelistrikan

Kalau ini sih sudah sangat jelas sekali, karena Anda lulusan teknik listrik maka paling cocok untuk Anda adalah bekerja di bidang kelistrikan. Karena pada dasarnya karena teknik listrik sangatlah spesifik sehingga peluang berkarirnya pun cukup besar dan cukup spesifik.

Beberapa Perusahaan Listrik di Indonesia:
  • PT. PEC (Paiton Energy Company)
  • PT. Jawa Power
  • PT. Energi Sengkang
  • PT. Tenaga Listrik Sibolga
  • PT. Tenaga Listrik Amurang
  • PT. (DSPL) Dayabumi Salak Pratama. Ltd
  • Special Purpose Company (SPC)
  • PLTGU Palembang Timur
  • Makassar Power
  • Amoseas Indonesia
  • Himpurna Calipornia Energy
  • Patuha Power Limited
  • PT. Cikarang Listrindo
  • PT. Bajradaya Sentranusa
  • PT. Pertamina (Persero)
  • PT. Latoka Trimas Bina Energy
  • Bali Energy Ltd.
  • PT. Yala Teknosa Geothermal
  • PT. Dizamatra Powerindo
  • PT. Sumber Segara Primadaya (S2P)
  • Unocal North Sumatera Geothermal
  • Perum Jasa Tirta II
  • PT. Power Jawa Barat
  • PT. MEPPO GEN
  • “JV Muba”
  • PT. Bosowa Energi
  • PT. Arthindo Utama
  • PT. Cahaya Fajar Kaltim
  • PT. Intidaya Prima Kencana
  • Karaha Bodas Company

Di atas merupakan perusahaan yang bergerak di sektor kelistrikan dan bisa menjadi prospek kerja teknik listrik.

8. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Listrik dan Gajinya : Menjadi Seorang Developer

Para lulusan teknik listrik biasanya sudah memiliki kemampuan mengembangkan perangkat lunak setelah mereka lulusan. Sehingga tidak heran kemampuan tersebut bisa dijadikan peluang kerja. Misalnya saja dalam pengembangan IOT atau Internet of Things. Setidaknya para lulusan teknik listrik ini sudah memahami bagaimana menggunakan bahasa pemrograman untuk perangkat keras.

Nah, untuk gaji yang ditawarkan sendiri akan cukup beragam. Tergantung di perusahaan mana Anda bekerja. Apakah di perusahaan yang sudah lama berdiri atau perusahaan startup yang baru mau berjalan. Tapi paling kecil untuk posisi ini gajinya ada di kisaran 4 juta rupiah.

9. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Listrik dan Gajinya : Bekerja di Bidang Manufaktur

Sebenarnya tidak hanya teknik listrik saja yang memiliki peluang besar untuk bekerja di bidang manufaktur. Hampir semua jurusan bisa mencoba untuk berkarir di bidang ini. Oleh sebab itulah, bila memang Anda ingin bekerja di manufaktur, Anda harus bersaing dengan cukup ketat. 

Eits, tapi sebenarnya untuk konsentrasi pada teknik listrik, karena sangat spesifik maka persaingan yang Anda lakukan hanya di antara lulusan teknik listrik, yang memang satu jurusan.

Anda pun bisa masuk ke dalam berbagai macam bagian. Mau menjadi seorang engineer, teknisi, staf produksi bahkan menjadi staff personalia pun bisa loh. 

Sementara itu, untuk penggajiannya akan sangat tergantung pada posisi yang diduduki saat ini. Biasanya kalau baru masuk Anda harus memulai dari angka 4,5 juta, cukup tinggi apalagi untuk sekelas freshgraduate. 

Bila Anda sudah berpengalaman dan memiliki jam terbang tinggi, Anda bisa mendapatkan gaji hingga kisaran 18 juta rupiah. Wah, bisa 3 kali lipatnya gaji karyawan baru ya.

Pada dasarnya peluang kerja untuk para lulusan teknik listrik akan selalu ada. Tinggal bagaimana nantinya para lulusan bisa mengambil kesempatan atau peluang kerja dari beberapa perusahaan yang sudah disebutkan di atas.

Bacaan Terkait : Peluang atau Prospek Kerja Teknik Elektro dan Gajinya

Itulah pembahasan mengenai Peluang atau Prospek Kerja Teknik Listrik dan Gajinya. Bila melihat pada pembahasan di atas, Anda sudah bisa menyimpulkan sendiri kan? Kalau jurusan teknik listrik adalah jurusan yang istimewa serta para lulusannya bisa berkarir hingga jenjang yang tinggi.