15 Ide Usaha Ternak di Desa-Kampung yang Menguntungkan

Ide Usaha Ternak di Desa-Kampung Modal Kecil yang Menguntungkan -- Peluang Usaha-Bisnis Hewan Ternak di Desa, Cara Sukses Beternak Hewan di Desa-Kampung, Peluang Usaha Hewan Ternak Menjanjikan & Untung, Usaha Ternak Hewan yang Sukses, Ide Peluang Usaha-Bisnis Ternak

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang 15 Ide Usaha Ternak di Desa-Kampung yang Menguntungkan. Informasi ini ditujukan khususnya untuk kamu yang tinggal di desa-kampung yang berkeinginan untuk membuka usaha ternak. Nah langsung saja kita simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.lokerpns.web.id/

Desa atau kampung merupakan sebuah tempat yang masih asri untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Pemandangan alam yang masih alami, polusi udara yang sedikit, kebisingan yang sedikit, dan keasrian lingkungan membuat orang-orang yang tinggal di desa merasa nyaman dan betah.

Saya sendiri adalah seorang anak desa yang suka bermain di sawah, kebun karet, dan sungai-sungai kecil yang ada di desa ku. Namun saat ini saya tinggal di kota karena sebuah keinginan untuk menambah ilmu dan pengetahuan demi masa depan yang lebih baik.

Informasi yang saya sharing kali ini merupakan kelanjutan dari informasi sebelumnya yaitu tentang 26 Peluang Usaha di Desa-Kampung yang Menguntungkan.

Melalui tulisan ini, saya berikan ide-ide peluang usaha yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk teman-teman semua khususnya yang tinggal di desa yang memiliki keinginan untuk membuka usaha ternak namun masih bingung mau usaha ternak apa.

Nah.. disini saya berikan ide usaha ternak di desa-kampung yang bisa memberikan keuntungan besar untuk kamu.

Langsung saja kita simak bersama penjelasannya yang tidak rinci namun cukuo untuk memberikan gambaran dan ide untuk menjalankan usaha ternak di desa.

15 Ide Usaha Ternak di Desa-Kampung yang Menguntungkan

1. Usaha Ternak di Desa-Kampung : Ternak Sapi dan Kerbau

Sapi dan Kerbau sangat cocok diternak di desa karena di desa masih tersedia cukup banyak rumput-rumput untuk pakan sapi dan kerbau.

Jenis sapi yang bisa diternak di desa ada bermacam-macam yaitu sapi susu, sapi desa pada umumnya, sapi bali, sapi mental, dan lain-lain. Sedangkan jenis kerbau hanya kerbau desa pada umumnya.

Kedua hewan ini cukup mahal jika dijual, dengan demikian, cukup malah pula modal yang dikeluarkan untuk membeli indukan kedua hewan tersebut. Modal yang dikeluarkan untuk pembelian indukan sapi sekitar 7 juta hingga belasan juta. Sedangkan harga indukan kerbau lebih mahal dari sapi.

Kamu nantinya bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan anak-anaknya. So tekunilah usaha ternak ini, yakinlah kamu akan berhasil.

2. Usaha Ternak di Desa-Kampung : Ternak Kambing

Ternak kambing cocok dilakukan di desa. Rumput yang mudah di dapatkan menjadi satu alasan bahwa ternak kambing cocok dilakukan di desa. Selain itu, lokasi kandang yang bisa disesuaikan besar kecil juga menjadi satu alasan bagi masyarakat desa untuk beternak kambing.

Ada beberapa macam kambing yang bisa diternak, diantaranya yaitu kambing Samosir, kambing Kosta, kambing Muara, kambing Jawarandu, kambing Kacang, ambing Perawakan Ettewa, dan lain-lain.

Dari beberapa jenis kambiing yang telah di sebutkan di atas, silahkan kamu pilih salah satu kambing untuk kamu ternak. Biasanya kambing yang sering diternak oleh masyarakat desa pada umumnya yaitu kambing kacang.

Perawatan yang mudah, pakan yang tidak pilih-pilih, dan mudah beranak (1 tahun ± 2 kali), menjadi alasan masyarakat pedesaan memelihara kambing jenis ini.

Jika kamu tertarik beternak kambing, silahakn coba beternak kambing. Hasilkan kamu dapatkan sesuai dengan usahamu. Harga 1 ekor kambing kacang sekitar Rp. 500.000,00 - Rp. 1.000.000,00 tergantung postur kambing yang dijual.

3. Usaha Ternak di Desa-Kampung : Ternak Ayam

Banyak sekali jenis-jenis ayam yang bisa diternak, diantaranya yaitu ayam bangkok, ayam kampung, dan ayam cemani, ayam ketawa, ayam pelung, dan masih banyak lagi jenis ayam lainnya.

Usaha ternak ayam merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Para pembeli ayam bisa datang dari mana saja, baik itu orang biasa yang butuh ayam, atau pembeli yang akan menjual lagi.

Jika kondisi lingkungan di rumahmu memungkinkan untuk beternak ayam, maka cobalah memulai usaha ternak ayam karena keuntungan yang bisa didapatkan lumayan tinggi.

Kamu dapat mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara beternak untuk pemula agar berhasil. Silahkan baca informasi lengkap yang kamu butuhkan. Disini admin hanya memberikan idenya saja.

4. Usaha Ternak di Desa-Kampung : Ternak Ayam Hias

Selain seperti jenis ayam di atas, ayam hias juga bisa di ternak karena saat ini cukup benyak pecinta ayam hias. Ada cukup banyak jenis ayam hias yang bisa di ternak diantaranya ayam serama, ayam kapas, ayam mutiara, ayam kalkun, ayam kate, ayam brahma, dan masih banyak lagi lainnya.

Kamu yang hobi dengan ayam hias, selain memeliharanya sebagai hiasan, kamu juga bisa menjadikan hobimu sebagai sumber penghasilan dengan cara menernak ayam hias.

Menernak ayam hias bisa kamu lakukan seperti menernak ayam lainnya. Kamu cukup menyediakan lokasi yang memadai, pakan yang cukup, dan kandang yang bersih.

Jika kamu tertarik, cobalah untuk menjalani usaha yang satu ini.

5. Usaha Ternak di Desa-Kampung : Jual Ayam Pedaging / Ayam Potong

Ayam pedaging dikenal juga dengan sebutan ayam potong. Ayam potong banyak digunakan oleh masyarakat pada momen-momen penting seperti hajatan, idul fitri, idul adha, sedekah, dan lain sebagainya.

Banyak orang-orang di desa yang suka membeli ayam potong dari pada ayam kampung. Pernah saya tanya pada seorang yang tinggal di sebuah desa, sayang katanya makan daging ayam kampung, lebih baik beli ayam potong saja untuk di makan. Melihat hal tersebut, bahwa masyarakat desa lebih suka makan daging ayam potong dari pada daging ayam kampung.

Ini adalah sebuah peluang untuk kamu yang ingin berbisnis / usaha jual ayam potong. Kamu bisa untuk besar di momen-momen hajatan. Akan banyak orang yang membeli ayam potong dari kamu. Dengan begitu, maka akan banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

6. Usaha Ternak di Desa-Kampung : Budi Daya Ayam Ras / Ayam Petelur

Ayam petelur banyak dikenal oleh masyarakat pedesaan dengan sebutan ayam ras. Ayam ini berwarna jingga. Berbisnis ayam ras bisa cocok dilakukan di desa melihat lokasi yang cukup luas, makanan yang cukup banyak, serta orang-orang desa yang rajin dalam membersihkan kotoran ayam.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan dari usaha budi daya ayam ras, maka mulailah dari sekarang. Kamu bisa mencobanya terlebih dahulu dengan membeli beberapa ekor ayam. Jika kamu berhasil, maka bisa menambah lagi beberapa ekor.

Untuk mendapatkan keuntungan yang besar, maka kamu harus menyiapkan kandang yang besar dan ayam ras yang banyak pula, serta perawatan yang baik. Dengan begitu, hasil yang diharapkan bisa kamu peroleh.

7. Usaha Ternak di Desa-Kampung : Ternak Bebek untuk Petelur

Berbisnis bebek petelur menjadi salah cara mendatangkan penghasilan untuk masyarakat desa. Bebek cocok di ternak di desa melihat lokasi umbaran yang luas, pakan (dedak, keong mas) yang mudah di dapatkan. Dengan kondisi yang kondusif, maka bebek petelur akan bertelur setiap pagi sebelum keluar kandang.

Dengan pemeliharan yang tidak begitu merepotkan, pemberian pakan cukup 3 kali sehari atau bisa di umbar ke sawah agar bisa makan makanan yang ada di sawah, bebek-bebek tersebut bisa menghasilkan telur-telur.

Jika kamu tertarik, silahkan coba untuk beternak bebek untuk petelur. Beli bebek yang sudah siap untuk bertelur. Jual telurnya lalu dapatkan keuntungannya.

8. Usaha Ternak di Desa-Kampung : Ternak Bebek untuk Pedaging

Selain dimanfaatkan telurnya, kamu juga bisa beternak bebek untuk pedaging. Bedanya : bebek yang diternak untuk diambil telurnya adalah bebek dewasa, sedangkan bebek yang diternak untuk dimanfaatkan dagingnya adalah bebek remaja.

Jika kamu bermainat, belilah bebek yang masih kecil-kecil yang berumur sekitar 2-4 minggu biar harganya murah atau menetaskan sendiri saja, kemudian pelihara sampai agak besar (siap untuk dijadikan bebek goreng), lalu jual pada penjual bebek goreng atau warung makan yang membutuhkannya. Pemeliharaan yang baik akan memberi pengaruh yang baik pada pertubuhan bebek-bebek tersebut.

9. Usaha Ternak di Desa-Kampung : Ternak Burung Love Bird dan Burung Kenari

Beternak burung Love Bird atau Kenari bisa dilakukan di kota ataupun di desa. Masyarakat desa yang memiliki hobi memelihara burung bisa mencoba untuk beternak burung Love Bird atau Kenari. Cukup banyak artikel yang membahas tentang cara beternak burung Love Bird atau Kenari. Silahkan baca dan praktekkan sendiri.

Harga burung love bird yang lumayan tinggi terkadang menjadi masalah di awal saat akan memulai usaha ternak ini. Namun ada solusi yang bisa kamu lakukan yaiu dengan membeli sepasang burung anakan yang harganya murah. Kemudian setelah dewasa kamu bisa menernakan burung tersebut. Pastikan burung tersebut berjenis kelamin jantan dan betina.

Jika kamu berhasil menernak burung Love Bird atau Kenari, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup tinggi karena memang harga burung-burung bisa di bilang mahal. Silahkan coba bagi yang tertarik.

10. Usaha Ternak di Desa-Kampung : Ternak Burung Kacer dan Burung Murai

Burung Kacer dan Burung Murai juga cocok diternak di desa bagi yang menyukainya. Harga burung kacer yang cukup tinggi bisa mendatangkan keuntungan bagi peternak burung tersebut, apalagi burung Murai yang harganya lebih tinggi dari burung kacer.

Harus banyak-banyak membaca dan belajar dari peternak yang telah sukses sebelum memulai ternak burung jenis ini karena memang tidak mudah untuk beternak jenis burung tersebut. Setelah kamu memahami cara bertenak serta cara merawat, dan hal terkait lainnya, silahkan coba beternak burung kacer atau burung murai.

11. Usaha Ternak di Desa-Kampung : Ternak Jangkrik

Ternak jangkrik juga cocok dilakukan di desa. Pakan yang mudah didapat dan lokasi kandang ternak yang mudah dipilih juga menjadi daya dorong untuk beternak jangrik di desa.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai ternak jangkrik, maka admin telah menyiapkannya pada artikel khusus. Silahkan baca "Usaha Ternak Jangkrik yang Menguntungkan"

12. Usaha di Desa-Kampung : Budidaya Kroto

Kroto dijadikan sebagai makanan burung kicau. Saat ini, cukup banyak pecintai burung, jadi secara otomatis pembeli kroto juga banyak. Pecinta burung akan membeli kroto untuk diberikan kepada burung kicaunya.

Kamu yang tinggal di desa dapat memanfaatkan kondisi ini dengan membudidayakan kroto. Cara pembudidayaan kroto yang baik dan benar dapat kamu baca di internet. Disini hanya diberikan ide usahanya saja. Lakukan usaha ini dengan tekun ya.

Harga kroto yang dijual di toko-toko burung atau di pasaran sekitar 90 ribu per kilo gram nya. Banyakkan saja jika kamu memiliki banyak kroto yang dibudidayakan, maka hasilnya sangat banyak.

13. Usaha Ternak di Desa-Kampung : Budidaya Ikan

Pembuatan kolam ikan yang ada di desa masih cukup luas sehingga cocok untuk pembudidayaan ikan. Jenis ikan yang dapat dibudidayakan cukup banyak, diantaranya yaitu ikan nila, ikan lele, ikan patin, ikan gabus, dan ikan gurameh.

Ikan-ikan tersebut cocok dibudidayakan di desa, namun harus disesuaikan dengan kondisi tanah, cuaca, pengairan, dan lingkungan tempat budidaya. Dengan kondisi yang bagus, maka panen ikan yang diharapkan dapat terwujudkan. Jadi, cobalah untuk membudidayakan ikan di daerahmu.

14. Ternak Burung Puyuh

Burung puyuh diternak untuk diambil telurnya. Kamu mungkin pernah menjumpai orang yang berjualan telur puyuh di pom bensih, nah itulah yang namanya tulur burung puyuh.

Kamu dapat menernak burung puyuh di rumahmu, tapi buatlah kandang yang agar jauh karena bauknya cukup menyengat. Dengan penempatan kandang yang tepat, serta pemeliharaan yang inten, maka burung puyuh akan bertelur setiap hari.

Selain dimanfaatkan telurnya, burung puyuh juga bisa dimanfaatkan dagingnya dan juga anakannya untuk dijadikan indukan. Jadi, beternaklah burung puyuh dalam berbagai kreasi.

15. Dan Lain-lain

Selain ternak / budidaya yang telah disebukan di atas, masih banyak lagi ide usaha ternak yang bisa dilakukan dipedesaan. Silahkan temukan sendiri sesuai yang kamu inginkan. Beberapa contoh usaha ternak lainnya yaitu ternak burung walet, ternak ulat sutra, ternak udang, ternak marmut, dan lain-lain


Dari beberapa ide usaha ternak yang telah disebutkan di atas, silahkan coba jalankan salah satu atau lebih usaha ternak tersebut agar kamu benar-benar bisa merasakan prosesnya dan mendapatkan hasilnya.

Baca Juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang 15 Ide Usaha Ternak di Desa-Kampung yang Menguntungkan. Semoga dengan membaca artikel tersebut, kamu mendapatkan ide untuk membuka usaha ternak di desa mu.

Admin turut mendoakan semoga usaha ternak yang kamu jalankan bisa lancar dan mendatangkan keuntungan besar sesuai harapan. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga sukses. Amin.