Penerimaan Pendaftaran CPNS Kemenkumham dan Mahmakah Agung 2023

Informasi Penerimaan Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2023 -- Penerimaan CPNS Kemenkumham, Pendaftaran CPNS Kemenkumham, Persyaratan, Jadwal, Formasi, Kriteria, Tata Cara Pendaftaran, Tahapan Seleksi, Pengumuman Penerimaan Pendaftaran CPNS Kemenkumham Tahun ini, Pembukaan Pendaftaran Online CPNS Kemenkumham. 2024.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Penerimaan Pendaftaran CPNS Kemenkumham dan Mahmakah Agung 2023. Informasi ini ditujukan bagi kalian yang menunggu-nunggu pembukaan CPNS di tahun ini. Mari kita simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.lokerpns.web.id/

Penting!!! Informasi di bawah ini merupakan informasi Penerimaan CPNS Kemenkumham dan Mahmakah Agung tahun 2017. Namun sebagai persiapan bagi anda yang ingin mendaftar CPNS saat ada penerimaan, silahkan baca informasi ini. 
Pada selasa, 11 Juli 2017, melalui situs www.menpan.go.id, Pemerintah mengumumkan membuka penerimaan CPNS untuk mengisi jabatan terkait penegakan hukum di Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM. Jabatan ini menjadi prioritas mengingat adanya peningkatan beban kerja di kedua instansi tersebut, dan banyaknya PNS yang memasuki batas usia pensiun.

Informasi tersebut tentunya menjadi suatu kabar gembira bagi masyarakat yang telah lama mengharapkan adanya penerimaan CPNS. 

Bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti seleksi penerimaan CPNS Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM, maka harus menyiapkan diri dengan menyiapkan berkas persyaratan atau berkas administrasi, serta mempersiapkan diri menghadapi tes. Tes dilakukan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Baca dan pelajari selengkapnya tentang Computer Assisted Test (CAT)

Menteri PANRB Asman Abnur mengatakan bahwa formasi untuk kedua instansi tersebut berjumlah 19.210 orang yang terdiri dari:
  • 1.684 CPNS untuk Mahkamah Agung (MA)
  • 17.526 CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM

Jumlah tersebut termasuk untuk memenuhi kebutuhan putra/putri lulusan terbaik (cumlaude) dan putra/putri Papua dan Papua Barat dengan kuota sebagai berikut  :
  • Kuota untuk lulusan cumlaude berjumlah 468 orang
  • Kuota untuk putra / putri Papua dan Papua Barat berjumlah 301 orang

Formasi CPNS Mahkamah Agung (MA) yang berjumlah 1.684 orang diperuntukkan untuk mengisi 3 jabatan calon hakim. Berikut formasi dan kualifikasi pendidikannya :
  1. Calon hakim pada peradilan umum (S1 Hukum)
  2. Calon hakim pada peradilan agama (S1 Syariah / S1 Hukum Islam / S1 Hukum)
  3. Calon hakim pada peradilan tata usaha negara (S1 Hukum)

Sedangkan formasi CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM berjumlah 17.526 kursi, 14.000 diantaranya untuk jabatan penjaga lapas atau sipir, dan 2.278 untuk analis keimigrasian. Formasi CPNS Kemenkumham tersebut dibuka untuk 21 jabatan berikut :
  1. Penjaga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) / Penjaga Tahanan
  2. Analis Kemasyarakatan Pertama
  3. Analis Keimigrasian Pertama
  4. Pemeriksa Keimigrasian Terampil
  5. Pemeriksa Merek Pertama
  6. Pemeriksa Paten Pertama
  7. Analis Kekayaan Intelektual
  8. Analis Hukum
  9. Analisis Perlindungan Hak-Hak Sipil dan Hak Asasi Manusia
  10. Penata Keuangan
  11. Kustodian Kekayaan Negara
  12. Pengelola Teknologi Informasi
  13. Dokter Umum Pertama
  14. Perawat Pertama
  15. Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
  16. Dokter Spesialis Penyakit Dalam Pertama
  17. Dokter Spesialis Anak Pertama
  18. Dokter Spesialis Ginekologi Pertama
  19. Dokter Spesialis Anestesi Pertama
  20. Psikolog Klinis Pertama
  21. Auditor Pertama

Kuota untuk penjaga Lapas mencapai 14.000 dengan kualifikasi lulusan SLTA sederajat yang menguasai komputer,” ujar Menteri Asman dalam jumpa pers di kantor Kementerian PANRB, Selasa (11/07).

Sedangkan kuota analis keimigrasian berjumlah 2.278 untuk kualifikasi sarjana dari berbagai jurusan, antara lain Hukum, Sosial Politik, Ekonomi, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Bahasa Asing. Untuk kualifikasi pada formasi lainnya akan dijelaskan pada artikel berikutnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya bahwa satu orang pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu jabatan di satu instansi. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Selain SKD, juga dilakukan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Baca dan pelajari selengkapnya : Simulasi CAT Online dan Simulasi CAT BKN

Informasi mengenai rekruitmen CPNS ini dapat dilihat di situs berikut :
  • Situs Kementerian PANRB : www.menpan.go.id
  • Situs BKN : sscn.bkn.go.id
  • Situs Mahkamah Agung : www.mahkamahagung.go.id, badilum.mahkamahagung.go.id, badilag.mahkamahagung.go.id, ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id
  • Situs Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia : cpns.kemenkumham2017.go.id

Seperti halnya seleksi CPNS sebelumnya, pendaftaran dilakukan secara online dan terintegrasi secara online melalui https://sscn.bkn.go.id pada tanggal 1 – 31 Agustus 2017.

Baca dan pelajari selengkapnya : Pendaftaran CPNS di SSCN BKN

Menteri Asman menegaskan, pelaksanaan seleksi CPNS ini dilakukan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut biaya, sehingga tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun. Setelah selesai ujian, peserta akan langsung mengetahui nilainya. “Jadi jangan percaya kalau ada pihak-pihak yang menawarkan jasa bisa meluluskan seseorang dengan imbalan sejumlah uang. Jangan mau menjadi korban percaloan,” ujarnya.

Demikianlah informasi mengenai Penerimaan Pendaftaran CPNS Kemenkumham dan Mahmakah Agung. Semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat untuk anda.

Informasi rinci mengenai Penerimaan Pendaftaran CPNS Kemenkumham dan Mahmakah Agung dapat dilihat pada artikel berikut ini :

Untuk informasi rinci akan admin sampaikan pada artikel berikutnya yang saat ini sedang diproses. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga anda bisa diterima menjadi PNS di tahun ini. Aamiin.