7 Bisnis UKM di Bidang Pendidikan yang Menguntungkan

Bisnis UKM di Bidang Pendidikan yang Menguntungkan -- Pelung Bisnis UKM di Bidang Pendidikan yang Kreatif, Ide Bisnis UKM di Bidang Pendidikan, Peluang Usaha UKM di Bidang Pendidikan yang Menjanjikan, Usaha Kecil Menengah (UKM) Bidang Pendidikan, Bisnis UKM yang Menjanjikan dan Menguntungkan di Bidang Pendidikan, Peluang Bisnis UKM di Dunia Pendidikan.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang 7 Bisnis UKM di Bidang Pendidikan yang Menguntungkan. Informasi ini ditujukan bagi kamu khususnya yang berlatar belakang pendidikan yang ingin membuka bisnis UKM di bidang pendidikan. Ayo langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

http://www.lokerpns.web.id/

Menurut UU No. 20 tahun 2003, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.

Sedangkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): Pendidikan yaitu sebuah proses pembelajaran bagi setiap individu untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai obyek tertentu dan spesifik. Pengetahuan yang diperoleh secara formal tersebut berakibat pada setiap individu yaitu memiliki pola pikir, perilaku dan akhlak yang sesuai dengan pendidikan yang diperolehnya.

Berdasarkan kedua pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah sebuah proses pembelajaran untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai objek tertentu sebagai bekal dirinya untuk hidup dalam masyarakat.

Pentingnya pendidikan harus pahami oleh setiap orang agar pendidikan bisa diutamakan dari pada yang lainnya. Berpendidikannya generasi di suatu bangsa, maka memberi pengaruh besar bagi kemajuan tau perkembangan bangsa tersebut.

Melihat begitu pentingnya pendidikan, maka bagi seorang pebisnis, ini memberikan peluang yang baik untuk menjalankan bisnis . Salah satu bisnis yang cocok dengan dunia pendidikan adalah bisnis UKM. Ya, kita sebut saja bisnis UKM di bidang pendidikan.

Bisnis UKM di bidang pendidikan berpotensi baik untuk mendatangkan penghasilan tinggi. Seperti yang kita lihat bahwa anak sekolah ada di mana-mana. Mereka membutuhkan ilmu dan pengetahuan yang banyak. Terkadang, belajar di sekolah saja tidak cukup, sehingga mereka akan mencari ilmu tambahan dengan mengikuti kursus atau bimbel.

Apalagi bagi mereka yang akan mengikuti ujian nasional (UN), biasanya akan belajar lebih keras dengan mengikuti bimbel atau bahkan privat agar bisa menguasai materi yang akan diujikan saat UN.

Setelah lulus UN, banyak siswa yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pada moment ini siswa akan mencari tempat bimbel atau guru privat agar harapannya masuk ke PTN bisa terwujudkan.

Selain itu, ada pula yang akan mengikuti tes masuk anggota Polri khususnya Secara atau Akpol, mereka akan mencari tempat bimbel khusus Polri agar materi yang dipelajari lebih spesifik.

Momentum-momentum tersebut dapat dilihat sebagai peluang bisnis. Apalagi bagi seorang pebisnis, itu adalah peluang bisnis yang sangat terbuka. Oleh karena itu, untuk kamu yang ingin menjalankan bisnis UKM di bidang pendidikan, maka bisa membuka kursus, bimbel, atau privat.

Berikut ini admin berikan gambaran singkat mengenai Bisnis UKM di Bidang Pendidikan yang Menguntungkan. Silahkan disimak dengan baik.

7 Bisnis UKM di Bidang Pendidikan yang Menguntungkan

1. Bisnis UKM di Bidang Pendidikan : Kursus Bahasa Inggris

Bagi kamu yang sedang kuliah S1 atau S2 atau yang sudah lulus kuliah yang memiliki keahlian dan menguasai bahasa inggris dengan baik, maka kamu bisa membuka kursus bahasa inggris di rumahmu.

Membuka kursus bahasa inggris diyakini bisa mendatangkan banyak keuntungan. Pasalnya, bahasa inggris adalah pelajaran yang wajib bagi siswa.

Siswa-siswi yang ingin menambah ilmu dan pengetahuannya dalam pelajaran bahasa inggris akan mencari tempat kursus untuk menambah ilmu dan pengetahuannya.

Pelajaran bahasa inggris yang diberikan oleh guru di sekolah terkadang masih kurang, sehingga siswa-siswi akan menambah ilmu dan pengetahuannya dengan mengikuti kursus bahasa inggris.

Dengan antusias siswa yang cukup tinggi, maka peluang membuka kursus bahasa inggris menjanjikan keuntungan besar. So... cobalah buka usaha ini.

2. Bisnis UKM di Bidang Pendidikan : Bimbel SD, SMP, dan SMA / sederajat

Bimbel SD, SMP, dan SMA / sederajat adalah salah satu bimbel yang selalu ramai. Banyak siswa-siswi ingin menambah ilmu dan pengetahuan dengan mengikuti bimbel.

Minat belajar yang tinggi dari siswa-siswi bisa dimanfaatkan oleh siapapun khusunya yang berlatar belakang pendidik yang ingin membuka usaha khususnya usaha kecil menengah berupa bimbel.

Jika kamu memiliki ilmu dan pengetahuan yang cukup mumpuni serta modal yang juga cukup, maka kamu bisa membuka bimbel SD, SMP, atau SMA / sederajat yang tidak harus besar. Kamu bisa mengajak teman untuk bersama-sama membangun bimbel.

Ketika nanti bimbelmu telah ternama dan maju, maka akan semakin banyak siswa-siswi yang belajar di bimbelmu. Dengan begitu, maka keuntungan yang bisa kamu dapatkan cukup menjanjikan. Keuntungan tersebut harus dibagi dengan teman seperjuanganmu sesuai kesepakatan awal.

3. Bisnis UKM di Bidang Pendidikan : Bimbel UN SMP atau SMA sederajat

Bimbel UN merupakan bimbel yang ramai saat UN akan tiba. Bimbel UN dipastikan ramai karena akan banyak siswa yang mengikuti Bimbel dengan harapan bisa menguasai materi UN.

Materi yang dibahas pada Bimbel UN berbeda dengan materi bimbel pada umumnya. Pada bimbel UN, materi yang dibahas hanya seputar materi yang diprediksikan akan muncul saat UN. Dengan begitu, maka pembahasan akan lebih spesifik.

Bagi kamu yang memiliki keahlian dan modal yang cukup, maka bisa membuka bimbel UN SMP atau SMA sederajat. Banyaknya siswa yang mengikuti bimbel bisa mendatangkan banyak keuntungan.  Ingatlah, sebelum bimbelmu menjadi besar, maka mulailah dengan bimbel kecilmu.

4. Bisnis UKM di Bidang Pendidikan : Bimbel Polri

Bimbel Polri merupakan bimbel khusus yang membahas materi-materi seputar tes Polri. Seperti yang kita ketahui bahwa tes Polri sangat sulit dan dilakukan dalam beberapa tahap. Salah satu tahapan yang harus diikuti oleh calon anggota Polri adalah tes materi.

Oleh karena itu, banyak siswa-siswi yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini atau yang telah lulus beberapa tahun lalu yang berkeinganan untuk lulus dari tahapan tes materi harus belajar keras. Salah satu solusi untuk bisa menguasai materi tes Polri yaitu dengan mengikuti bimbel Polri.

Bimbel Polri masih sangat jarang. Melihat antusias calon anggota Polri yang begitu tinggi, maka membuka Bilbel Polri sangat berpotensi mendatangkan keuntungan besar. Pesaing bimbel Polri yang masih jarang menjadi peluang besar untuk kamu yang ingin membuka Bimbel ini.

5. Bisnis UKM di Bidang Pendidikan : Bimbel Sekolah Ikatan Dinas

Sekolah ikatan dinas ada beberapa, yaitu PKN STAN, STIS, IPDN, STTD, STIN, STMKG, POLTEKIP dan POLTEKIM, dan STSN. Dari sejumlah sekolah ikatan dinas tersebut, PKN STAN adalah yang paling favorit hingga saat ini.

Bimbel sekolah ikatan dinas hanya membahas materi-materi yang diprediksikan muncul saat tes masuk sekolah ikatan dinas.

Seperti bimbel Polri, bimbel sekolah ikatan dinas juga masih sedikit pesaingnya dan dijamin ramai karena antusias siswa yang ingin masuk ke sekolah ikatan dinas sangat tinggi.

Dengan begitu, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar karena akan banyak siswa yang belajar di bimbelmu.

6. Bisnis UKM di Bidang Pendidikan : Bimbel Masuk PTN

Bimbel masuk PTN merupakan bimbel yang tak kalah ramai dengan bimbel Polri atau bimbel sekolah ikatan dinas. Bimbel masuk PTN akan sangat ramai saat masuk penerimaan mahasiswa baru dibuka.

Untuk menghadapi soal tes masuk PTN yang dibilang cukup sulit, maka akan banyak siswa yang mengikuti bimbel masuk PTN sebagai persiapan untuk menghadapi tes.

Dengan banyaknya siswa yang mengikuti bimbel masuk PTN yang kamu selenggarakan, maka bisa mendatangkan banyak keuntungan yang cukup tinggi.

7. Bisnis UKM di Bidang Pendidikan : Menjadi Guru Privat

Manjdai guru privat bisa mendatangkan banyak keuntungan. Guru privat dicari oleh banyak siswa. Siswa akan mengonsultasikan tugas-tugas sekolah mereka pada guru privat.

Guru datang ke rumah siswa menjadi satu kemudahan bagi siswa untuk belajar lebih mendalam tentang suatu materi pelajaran. Siswa bisa menanyakan materi-materi lebih mendalam untuk yang belum dipahami.

Sebagai guru privat, maka kamu harus menguasai materi dengan baik agar bisa membantu siswamu.

Bayaran yang akan diterima oleh guru privat bisa didiskusikan pada awal pertemuan sebelum privat dijalankan. Apabila dirasa cocok, maka privat bisa mulai dijalankan.

Bayaran yang lumayan besar bisa dijadikan sebagai tambahan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan bahkan untuk mencukup keperluan kuliah. Jadilah guru privat dengan bayaran mahal.


Itulah informasi mengenai Bisnis UKM di bidang pendidikan. Selain bisnis yang telah disebutkan di atas, tentu masih ada bisnis lainnya yang ada di bidang pendidikan. Silahkan temukan sendiri ide bisnismu khususnya di bidang pendidikan.

Sebagai gambaran bagi kamu semua, telah banyak orang-orang yang sukses menjalankan usaha di bidang pendidikan dengan membuka bimbel. Berikut contohnya :
  • Purdi E Chandra, pendiri bimbingan belajar Primagama
  • Bob Foster, pendiri bimbingan belajar Ganesha Operation (GO)
  • Sony Sugema, pendiri bimbingan belajar Sony Sugema College (SSC)
  • dan lain-lain

Kisah sukses mereka bisa menjadi inspirasi bagi kita semua untuk mulai menjalankan usaha di dunia pendidikan, salah satunya yaitu dengan membuka bimbel.


Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang 7 Bisnis UKM di Bidang Pendidikan yang Menguntungkan. Semoga informasi tersebut bermanfaat khususnya untuk kamu yang ingin berbisnis di bidang pendidikan.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan silahkan berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada temanmu lainnya yang membutuhkan . Cukup sekian dan semoga sukses dengan bisnis UKM-mu.