Peluang atau Prospek Kerja Teknik Arsitektur dan Gajinya

Peluang atau Prospek Kerja Teknik Arsitektur dan Gajinya -- Prospek Kerja Teknik Arsitektur dan Gajinya, Peluang Kerja Teknik Arsitektur dan Gajinya, Gaji Lulusan Teknik Arsitekstur S1, Mengenal Jurusan Teknik Arsitektur dan Prospek Kerjanya, Perkuliahan dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Arsitektur, Peluang Kerja Lulusan Arsitektur, Prospek Kerja Arsitektur dan Gaji, Gaji Lulusan Arsitektur, Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah Arsitektur, Peluang Kerja Arsitektur Wanita, Lowongan Kerja Teknik Arsitektur, Prospek Kerja Teknik Sipil, Prospek Kerja Departemen Teknik Arsitektur.

https://www.lokerpns.web.id/

Memiliki sebuah profesi yang baik dengan gaji tinggi tentu menjadi impian dari semua orang. Inilah sebabnya sesudah lulus SMA, semua orang pasti berusaha untuk masuk kuliah dengan jurusan terbaik seperti salah satunya teknik arsitektur mengingat peluangnya yang sangat menjanjikan.

Teknik arsitektur adalah cabang seni serta ilmu yang mengajarkan mengenai cara desain sebuah bangunan sehingga bangunan yang dibuat bisa memiliki nilai estetis. Bisa dikatakan jika jurusan teknik arsitektur adalah jurusan yang mengajarkan cara mendesain bangunan secara estetis.

Pada jurusan ini, anda akan diajarkan ilmu yang bisa menunjang untuk membuat bangunan estetis seperti sains, seni, matematika dan juga teknologi. Jurusan teknik arsitektur bisa ditemui di berbagai perguruan tinggi Indonesia seperti contohnya ITENAS dan juga ITB. Lalu, bagaimana dengan prospek kerja teknik arsitektur dan gajinya?, berikut akan kami uraikan secara lengkap untuk anda.

Artikel Terkait : Peluang atau Prospek Kerja Teknik Audio Video dan Gajinya

A. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Arsitektur dan Gajinya

1. Arsitek

Prospek kerja teknik arsitektur yang pertama adalah menjadi seorang arsitek dan menjadi salah satu prospek kerja paling populer dari jurusan teknik arsitektur yang bahkan identik dengan jurusan kuliah ini.

Arsitek biasanya memiliki pekerjaan membuat desain sebuah bangunan dan umumnya desain dibuat berdasarkan ide murni dari arsitek tersebut atau klien. Sedangkan desain yang dibuat arsitek nantinya akan dijadikan pedoman untuk bentuk dari sebuah bangunan.

Profesi menjadi arsitek ini masih terus diminati seiring dengan semakin berkembangnya dunia arsitektur dan juga kebutuhan pembangunan yang semakin meningkat.

Rekomendasi Perusahaan dan Gajinya

Jika anda tertarik untuk menjadi arsitek, maka rata rata gaji yang bisa anda dapatkan adalah sekitar Rp.4.000.000 per bulan. Namun gaji tersebut bisa berbeda beda untuk setiap perusahaan seperti berikut ini:
  • PT Wisata Karya (Persero) Tbk: Rp.7.500.000 per bulan.
  • PT Karya Asri Jaya: Rp.3.276.437 per bulan.
  • Binus Center Bintaro: Rp.4.000.000 per bulan.
  • PT. Ready indah: Rp.6.333.543 per bulan.
  • PT Grand Wie Sukses Properti: Rp.4.384.613 per bulan.
  • Architecture Studio: Rp.3.000.000 per bulan.
  • Dacore: Rp.2.846.050 per bulan.
  • Studio Anso: Rp.3.880.570 per bulan.

2. Kontraktor

Selain menjadi seorang arsitek, prospek kerja teknik arsitek berikutnya adalah kontraktor. Profesi yang satu ini sering disamakan dengan profesi arsitek meski keduanya sangat berbeda.

Untuk arsitek memiliki pekerjaan membuat rancangan sebuah bangunan, sedangkan kontraktor merupakan pihak yang menerjemahkan sebuah desain dari arsitek dalam bentuk bangunan yang sebetulnya.

Dalam praktiknya, kontraktor akan membuat bangunan atas dasar kontrak yang sudah terjalin antara mereka dengan klien atau pembeli. Kontrak itu akan dijadikan panduan kontraktor dalam semua proses pembangunan baik itu untuk merencanakan anggaran dana pembangunan, durasi waktu pembangunan dan lain sebagainya.

Profesi menjadi kontraktor ini sangat tepat untuk anda yang senang membuat bangunan ketimbang membuat desain sebuah bangunan. Namun jika anda menginginkan profesi ini, maka harus dipastikan anda selalu menghargai kontrak yang sudah anda buat bersama dengan klien.

Hal ini disebabkan karena kontrak yang sudah terjalin antara kontraktor dengan klien akan secara otomatis membuat kontraktor terikat dengan hukum. Jika anda melanggar kontrak tersebut, maka anda bisa dituntut secara hukum oleh klien yang sedang anda tangani.

Rekomendasi Perusahaan dan Gajinya

Jika anda tertarik menjadi seorang kontraktor, maka gaji rata rata yang bisa anda dapatkan adalah sekitar Rp.3.447.000 per bulan. Namun gaji tersebut bisa berbeda beda untuk setiap perusahaan seperti berikut ini:
  • PT Ghewantika Konstruksi: Rp.5.000.000 per bulan.
  • PT Texmura: Rp.3.500.000 per bulan.
  • Panel Marker: Rp.4.000.000 per bulan.
  • PT Canggu International: Rp.3.500.000 per bulan.
  • PT. Sentral Retailindo Dewata: Rp.2.500.000 per bulan.
  • PT GCI Indonesia: Rp.2.500.000 per bulan.

3. Developer

Jika anda berminat membangun sebuah perumahan, maka prospek kerja teknik arsitektur developer atau pengembang ini menjadi pilihan terbaik yang bisa anda lakukan. Developer atau pengembang adalah instansi perorangan atau perusahaan yang memiliki tugas untuk membuat sebuah perumahan.

Developer sendiri dibagi menjadi dua jenis yakni developer bersubsidi dan juga developer perumahan biasa. Untuk developer bersubsidi adalah developer yang mendapatkan subsidi dari pihak tertentu untuk membuat sebuah perumahan yang masih terjangkau dan diperuntukkan bagi kalangan menengah ke bawah. Sedangkan untuk developer perumahan biasa merupakan kebalikan dari developer bersubsidi.

Untuk anda yang tertarik dengan profesi ini baik secara individu atau tim, maka pastikan untuk selalu mengetahui apa saja hak serta kewajiban developer dan juga konsumen.

Rekomendasi Perusahaan dan Gajinya

Bagi anda yang tertarik dengan profesi arsitektur developer, maka gaji yang bisa anda dapatkan rata rata adalah Rp.5.000.000 per bulan. Namun gaji ini bisa berbeda beda untuk setiap perusahaan seperti berikut ini:
  • Avows Technologies: Rp.8.000.000 per bulan.
  • Praxilabd Indonesia: Rp.6.000.000 per bulan.
  • PT Juvenil Eksekutif Internasional: Rp.6.000.000 per bulan.
  • PT Tonnindo Eramulya: Rp.8.000.000 per bulan.
  • Esrap Digital: Rp.5.000.000 per bulan.
  • PT Sarana Maju Lestari: Rp.9.000.000 per bulan

4. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Prospek kerja teknik arsitektur selanjutnya yang bisa anda pilih adalah pegawai negeri sipil pada instansi yang mengandalkan jasa dari teknik arsitektur. Nantinya, ada beberapa kementerian yang akan menampung PNS lulusan teknik arsitektur seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan juga Dinas Tata Kota.

Supaya anda bisa bekerja di beberapa instansi lembaga tersebut, maka anda harus mengikuti CPNS serta bersaing dengan calon PNS lainnya dari semua daerah yang bahkan juga dari lulusan jurusan lain selain teknik arsitektur.

Rekomendasi Perusahaan dan Gajinya

Untuk anda yang tertarik dengan pegawai negeri sipil atau PNS pada instansi yang mengandalkan teknik arsitektur, maka anda bisa ditempatkan pada Kementerian Pekerjaan Umum, dinas tata kota, prasarana wilayah dan pemukiman penduduk denga gaji tinggi dan bervariasi dari mulai Rp. 2.000.000 hingga Rp. 7.000.000 per bulan.

5. Konsultan Arsitektur

Prospek kerja teknik arsitektur yakni konsultan arsitektur umumnya memang jarang direkomendasikan khususnya bagi yang baru saja menjadi sarjana teknik arsitektur atau fresh graduate. Jika memang masih ingin mengambil pekerjaan ini, maka biasanya akan disarankan untuk menjadi kontraktor atau arsitek terlebih dulu dan barulah bisa mengambil prospek pekerjaan ini.

Hal ini disebabkan karena profesi kontraktor atau arsitek bisa memberikan pengalaman lapangan dan juga pengalaman dalam menghadapi permintaan dari para klien. Kedua pengalaman ini sangat penting jika anda sebagai lulusan teknik arsitektur ingin bekerja sebagai konsultan arsitektur.

Namun, anda juga bisa langsung mengambil pekerjaan ini asalkan anda magang atau bekerja terlebih dulu pada sebuah tim konsultan arsitektur. Ruang lingkup kerja konsultan arsitektur adalah untuk menganalisis sebuah desain serta perencanaan sebuah bangunan sekaligus membuat draft desain dan perencanaan pembangunan.

Tempat kerja konsultan arsitektur sangat fleksibel yakni bisa bekerja di kantor atau lapangan langsung yang sangat cocok bagi anda yang menginginkan prospek kerja teknik arsitektur dengan fleksibilitas tempat kerja.

Rekomendasi Perusahaan dan Gajinya

Untuk anda yang tertatik dengan pekerjaan konsultan arsitektur, maka rata rata gaji yang bisa anda dapatkan adalah sekitar Rp.5.000.000 per bulan. Namun gaji ini juga bisa berbeda beda tergantung dari perusahaan seperti berikut ini:
  • Perantara Properti Indonesia: Rp.6.000.000 per bulan.
  • Tamara Jatiq Alagariyah: Rp.5.000.000 per bulan.
  • PT Home of Living Arts Indonesia (INTERIO): Rp.6.000.000 per bulan.
  • PT Asahimas Flat Glas Tbk: Rp.7.500.000 per bulan.
6. Dosen atau Guru Teknik Arsitektur

Jika anda tertarik dengan dunia akademis, maka prospek kerja teknik arsitektur dosen atau guru menjadi pilihan yang menarik dan cukup menjanjikan mengingat ada begitu banyak sekolah dan kampus yang butuh tenaga pengajar di bidang teknik arsitektur.

Jika anda ingin menjadi seorang guru arsitektur, maka anda bisa mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan pembangunan atau jurusan lain yang masih sejenis. Hal serupa juga berlaku jika anda ingin menjadi seorang dosen arsitektur.

Pemahaman dan juga kemampuan akademis tentunya harus anda kuasai jika ingin melakukan prospek kerja yang satu ini. Sebagai saran, anda juga harus memiliki pengalaman di bidang arsitektur baik itu pengalaman magang atau kerja dan juga mengetahui berbagai perkembangan terbaru arsitektur sebagai modal tambahan.

Rekomendasi Perusahaan dan Gajinya

Untuk anda yang tertarik menjadi dosen atau guru teknik arsitektur, maka rata rata gaji yang bisa anda dapatkan adalah 2 hingga 3 kali lipat dari UMR pemerintah setempat yakni antara Rp.5.000.000 hingga belasan juta per bulan. Ada berbagai univesitas di Indonesia yang membutuhkan jasa seorang dosen teknik arsitektur dan beberapa diantaranya adalah:
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Sumatera Utara
  • Universitas Sam Ratulangi
  • Universitas Gajah Mada
  • Universitas
  • Brawijaya.
  • Universitas Indonesia.
  • Universitas Udayana.
  • Institut Teknologi Bandung.
  • Universitas Sriwijaya.
  • Universitas Diponegoro.

7. Quantity Surveyor

Prospek kerja teknik arsitektur selanjutnya adalah Quantity surveyor atau QS. QS adalah orang yang bisa mengenal bahan bahan bangunan secara baik dan ketika arsitek merancang sebuah bangunan, maka QS bisa memberikan saran mengenai berbagai bahan yang lebih sesuai dipakai untuk bangunan yang sedang dirancang tersebut.

Rekomendasi Perusahaan dan Gajinya

Untuk anda yang tertarik dengan pekerjaan QR, maka gaji rata rata yang bisa anda dapatkan adalah sekitar Rp.6.000.000 per bulan. Gaji ini bisa berbeda beda di setiap perusahaan seperti berikut ini.
  • PT Mutiara Indah Anugrah: Rp.6.500.000 per bulan.
  • PT Kulit Sehat Indonesia: Rp.10.000.000 per bulan.
  • PT Astra International TBK Quantity: Rp.10.000.000 per bulan.

8. Surveyor Bangunan

Jika selama kuliah teknik arsitektur anda menyukai mata kuliah Desain dan Konstruksi Bangunan, maka prospek kerja teknik arsitektur surveyor bangunan atau auditor bangunan sangat cocok untuk anda pilih.

Memiliki profesi sebagai seorang surveyor bangunan berarti anda juga ikut melestarikan, memodifikasi, memperbaiki, merenovasi dan juga memulihkan bangunan yang sudah ada dan di tangan seorang surveyor bangunan, maka sebuah bangunan akan terjaga dan terawat secara baik.

Rekomendasi Perusahaan dan Gajinya

Untuk anda yang tertarik menjadi surveyor bangunan, maka gaji rata rata yang bisa anda dapatkan adalah sekitar Rp.5.000.000. Gaji ini bisa berbeda beda di setiap perusahaan seperti berikut ini.
  • PT Harmoni Makmur Sejahtera: Rp.5.000.000 per bulan.
  • BFI Finance Indonesia Tbk: Rp.4.000.000 per bulan.
  • PT Mutualplus Global Resources: Rp.4.500.000 per bulan.

9. Inspektur Bangunan Bersejarah

Jika anda mengambil jurusan teknik arsitektur dan kebetulan senang jalan jalan, maka anda bisa menggali pengetahuan lebih banyak mengenai bangunan atau situs bersejarah dengan prospek kerja teknik arsitektur inspektur bangunan bersejarah.

Dengan berbekal ilmu arsitektur, anda akan mempunyai kualifikasi untuk menjadi seorang inspektur bangunan bersejarah. Profesi ini memiliki tugas untuk mempromosikan pelestarian lingkungan bersejarah sekaligus melindungi dan meningkatkan nilai nilai budaya, sejarah dan juga arsitektur bangunan.

Rekomendasi Perusahaan dan Gajinya

Bagi anda yang tertarik dengan pekerjaan arsitektur bangunan bersejarah, maka rata rata gaji yang bisa didapatkan adalah sekitar Rp. 7.000.000 per bulan yang akan berbeda beda untuk berbagai perusahaan.

10. Teknologi Arsitektur

Prospek kerja teknik arsitektur berikutnya adalah teknolog arsitektur atau yang bisa disebut dengan teknisi arsitektur. Dalam karir ini, anda akan memakai segala keterampilan dan juga pengetahuan teknik dan sains yang anda miliki untuk menciptakan konstruksi dan juga perbaikan yang tangguh serta berkelanjutan.

Dengan memakai desain berbantuan komputer atau CAD dan teknik menggambar tradisional, anda akan menyiapkan serta menyajikan proporsal desain serta memberikan saran pada klien mengenai masalah teknis. Pengalaman kerja nantinya akan sangat berguna ketika anda ingin melamar pekerjaan dalam bidang ini dan akan memungkinkan anda untuk membangun pemahaman tentang bagaimana proyek arsitektur ditangani.

Rekomendasi Perusahaan dan Gajinya

Untuk anda yang tertarik menjadi seorang teknolog arsitektur, maka biasanya akan ditempatkan di luar negeri dengan gaji fantastis yakni sekitar Rp. 30.000.000 per bulan.
11. Desain Interior dan Spasial

Desain interior dan spasial atau merenovasi ulang ruang internal dan perlengkapan juga merupakan prospek kerja teknik arsitektur. Pekerjaan ini butuh keterampilan arsitektur, desain kreatif dan juga mnajemen proyek yang akan memastikan jika ruangan terlihat menarik sekaligus efisien meski beberapa desain akan lebih fokus secara eksklusif pada penampilan dibandingkan dengan struktur ruang interior.

Anda yang tertarik dengan prospek kerja teknik arsitektur ini bisa bekerja di berbagai pengaturan komersial, domestik atau rekreasi di mana dalam setiap kasusnya harus memahami semua kebutuhan klien ketika mendapatkan produk dan bahan sekaligus mempertahankan anggaran.

Rekomendasi Perusahaan dan Gajinya

Untuk anda yang tertarik menjadi seorang desain interior dan spasial, maka gaji rata rata yang bisa anda dapatkan adalah sekitar Rp.7.000.000 per bulan. Gaji tersebut bisa berbeda beda tergantung dari masing masing perusahaan seperti berikut ini.
  • Garis Miring Studio: Rp.7.000.000 per bulan.
  • Flokq: Rp.20.000.000 per bulan.

12. Perencanaan Kota

Perencanaan kota adalah prospek kerja teknik arsitektur khususnya jika anda memiliki minat dalam pengembangan, regenerasi dan berkelanjutan. Nantinya, anda akan mengelola serta mengembangkan pedesaan dan juga kota. 

Anda akan bekerja atas nama semua orang yang ada di daerah tersebut dan bersama sama dengan profesional lain seperti arsitek, anda akan menyeimbangkan kebutuhan yang saling bertentangan dengan lingkungan lokal, populasi dan ekonomi sekaligus memikirkan solusi inovatif dan berkelanjutan untuk pembangunan.

Untuk menjadi seorang perencanaan kota, anda butuh keterampilan multitasking yang kuat, kesadaran komersial, perhatian terhadap setiap detail dan rasa percaya diri untuk mendengarkan dan bernegosiasi dengan banyak orang.

Rekomendasi Perusahaan dan Gajinya

Untuk anda yang tertarik dengan perencanaan kota, maka gaji rata rata yang bisa anda dapatkan adalah sekitar Rp.8.000.000 per bulan. Beberapa perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan perencanaan kota diantaranya adalah:
  • PT Artha Demo Engineering Consultant.
  • Jakarta Surprise Planner.
  • PT  Mulia Mitra Plastik.
  • Ambient Digital Indonesia.
  • FAB Indonesia.

13. Desainer Produksi

Jika anda lulusan teknik arsitektur dan tertarik dengan industri hiburan, maka desainer produksi menjadi prospek kerja teknik arsitektur terbaik yang bisa anda pilih. Desainer produksi memiliki tugas untuk merancang produksi pada set film, program televisi dan juga pertunjukkan teater.

Nantinya, seorang desainer produksi akan bekerja sama dengan produser dan sutradara sekaligus menggunakan bakat kreatif untuk mengembangkan garis besar visual lengkap untuk produksi yang sedang digarap.

Beberapa desainer produksi akan sepenuhnya fokus pada teater dan desain panggung atau tumpang tindih antara bentuk bentuk media. Pekerjaan ini sebetulnya bukan ditujukan untuk fresh graduate atau pemula sehingga sebelumnya anda juga harus sudah terlibat dengan kelompok teater atau setidaknya magang.

Rekomendasi Perusahaan dan Gajinya

Untuk anda yang tertarik dengan pekerjaan ini, maka rata rata gaji yang bisa anda dapatkan adalah sekitar Rp.8.000.000 per bulan.

Beberapa perusahaan yang membuka lowongan untuk pekerjaan ini diantaranya adalah:
  • PT Morgan Furniture International.
  • Lasika Production.
  • PT Moda Tifashindo.
  • PT Polyfilatex.
  • Company Confidential.

14. Insinyur Struktural

Sama seperti arsitek, insinyur struktural yang merupakan salah satu prospek kerja teknik arsitek ini adalah inovator kreatif yang akan bekerja memakai matematikan dan sains dalam merencanakan, merancang dan juga mengawasi struktur yang tahan terhadap tekanan keausan manusia dan juga lingkungan.

Sebagai seorang insinyur struktural, anda akan bekerja dalam kemitraan dengan insinyur dan arsitek lain untuk merancang struktur yang estetis dan juga tentunya aman. Selain itu, insinyur struktural juga memiliki tanggung jawab untuk memilih bahan yang paling tepat untuk memenuhi spesifikasi dari sebuah desain.

Anda mungkin juga akan terlibat untuk memeriksa bangunan yang anda dengan tujuan memastikan jika bangunan secara struktural sudah aman dan sesuai dengan standar. Untuk menjadi seorang insinyur struktural, maka anda kemungkinan juga butuh gelar pascasarjana tergantung dari persyaratan yang dibutuhkan.

Rekomendasi Perusahaan dan Gajinya

Untuk anda yang tertarik dengan pekerjaan insinyur struktural, gaji rata rata yang bisa anda dapatkan adalah sekitar Rp.10.000.000 per bulan. Gaji bisa berbeda beda untuk setiap perusahaan seperti berikut ini:
  • PT Kreasindo Bina Swarna: Rp.17.000.000 per bulan.
  • PT Mareco Prima Mandiri: Rp.10.500.000 per bulan.

15. Computer Aided Desain (CAD)

Propspek kerja teknik arsitektur CAD membutuhkan pengetahuan teknik, IT dan juga pengetahuan serta keterampilan matematikan untuk merancang sebuah bangunan, produk, mesin dan juga suku cadang.

Pekerjaan menjadi seorang CAD ini juga dikenal dengan perancang yang akan memakai perangkat lunak CAD untuk membuat gambat dan rencana teknis dan juga disebut sebagai perancang untuk produk serta suku cadang yang dipakai dalam industri teknik, konstruksi serta manufaktur.

Nantinya, anda akan bekerja bersama dengan arsitek dan insinyur desain untuk memahami persyaratan desain awal yang mereka miliki dan mengubahnya menjadi gambar teknis yang akurat serta terperinci dalam model 2D dan 3D. Gambar gambar tersebut nantinya akan dipakai pada semua tahap proyek dari mulai untuk memperkirakan biaya dan juga kelayakan sampai membuat blue print untuk pembuatan dan instruksi pemasangan.

Rekomendasi Perusahaan dan Gajinya

Bagi anda yang tertarik dengan pekerjaan CAD ini, ada begitu banyak perusahaan yang membuka lowongan dengan rata rata gaji sekitar Rp.5.000.000 per bulan dan berikut beberapa perusahaannya:
  • PT Sarana Solusindo Informatika: Rp.5.000.000 per bulan.
  • Harda Esa Raksa: Rp.15.000.000 per bulan.

Ingat : Besarnya gaji di atas tentunya hanyalah perkiraan saja, dan gaji tersbut berbeda antara posisi / jabatan yang diduduki serta berbeda antara perusahaan yang satu dengan lainnya.

Artikel Terkait : Peluang atau Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gajinya

B. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Arsitektur yang Dikutip dari Laman Web PTN / PTS

1. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Arsitektur yang Dikutip dari Laman Web ITB

Prospek Kerja Program Studi Sarjana Arsitektur, diantaranya :
  • Instansi Pemerintah
    • Seorang alumni Arsitektur biasanya berperan sebagai perencana dan manajer proyek. Contoh : Dinas Pekerjaan Umum, Badan Perencanaan Daerah, dsb.
  • Architect in house
    • Pada beberapa perusahaan, terutama perusahaan besar biasanya memiliki beberapa arsitek khusus yang dipekerjaan untuk membangun kantor, rumah dinas, dan prasarana lain yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Contoh : Pertamina, Bank Indonesia, dll.
  • Konsultan Arsitektur
    • Seorang lulusan Arsitektur dapat bekerja dan memberikan jasa profesional sebagai desainer dan konsultan.
  • Pendidikan dan penelitian
    • Seorang lulusan Arsitektur dapat melanjutkan jenjang sekolah dan menjadi pengajar, ataupun menjadi peneliti khusunya di bidang urban development.
  • Kontraktor dan Manajemen proyek
  • Quantity Surveyor
    • Seorang lulusan Arsitektur dapat berperan sebagai Quantity Surveyor (QS). Seorang QS mengenal bahan-bahan bangunan dengan baik. Ia dapat memberikan masukan mengenai bahan terbaru pada saat arsitek merancang. Pada saat bangunan telah selesai dirancang, QS menghitung berapa biaya yang diperlukan untuk membangunnya.
  • Properti
    • Seorang lulusan Arsitektur dapat berprofesi sebagai marketing associate dan project manager
  • Multimedia, TV, tim kreatif Production House
    • Karena basis keahliannya dalam mendesain, seorang alumni Arsitektur dapat pula terjun di bidang kreatif seperti multimedia, dsb.
  • Bidang lainnya
    • Banyak lulusan Arsitektur yang berprofesi di bidang lainnya misanya perbankan, ataupun menjadi wiraswasta.

https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-arsitektur

2. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Arsitektur yang Dikutip dari Laman Web UNS

Prospek Kerja S-1 Arsitektur : Dapat bekerja di berbagai bidang yang berhubungan dengan perancangan bangunan, contohnya: konsultan arsitek mandiri ataupun milik orang lain, perusahaan pengembang (developer), perusahaan kontraktor, serta PNS.

https://uns.ac.id/id/fakultas/teknik/s-1-arsitektur

3. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Arsitektur yang Dikutip dari Laman Web UTIRA

Lapangan kerja yang membutuhkan seorang arsitek terbentang luas, tidak saja dalam aspek membantu roda pembangunan agar berjalan lancar, bidang pengembangan permukiman, tetapi juga bisa menjadi pengusaha swasta, wiraswasta, pegawai negeri, TNI, polisi, bank, asuransi maupun dalam bidang lain yang ada kaitannya dengan model penataan rancang bangun.

http://utira-ibek.ac.id/akademik/teknik-arsitektur-s1/

4. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Arsitektur yang Dikutip dari Laman Web UNMER

Peluang kerja untuk kelulusan Jujurusan Arsitektur : Konsultan, Perencanaan dan Perancangan, Pengawasan Perancangan, Desain di bidang interior, Industri Jasa Konstruksi, serta Industri Jasa Desain. Memiliki kesempatan bekerja di instansi pemerintah maupun swasta.

https://unmer.ac.id/s1-teknik-arsitektur/

Artikel Terkait : Peluang atau Prospek Kerja Teknik Sipil dan Gajinya

Dari ulasan di atas tentang Peluang atau Prospek Kerja Teknik Arsitektur dan Gajinya, bisa dilihat jika anda begitu banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan selain menjadi seorang arsitektur dengan gaji yang juga tinggi.

Semoga ulasan ini bisa menambah referensi anda seputar mata kuliah yang ingin anda ambil dan juga jenis pekerjaan yang bisa anda lakukan ketika mengambil jurusan teknik arsitektur.