Peluang atau Prospek Kerja Teknik Perkapalan dan Gajinya

Peluang atau Prospek Kerja Teknik Perkapalan dan Gajinya -- Prospek Kerja Teknik Perkapalan dan Gajinya, Gaji Lulusan Teknik Perkapalan, Peluang Kerja Jurusan Teknik Perkapalan dan Gajinya, Lowongan Kerja Lulusan Teknik Perkapalan, Peluang Karir Lulusan Teknik Perkapalan, Prospek Karir Teknik Perkapalan, Prospek Kerja Mahasiswa Teknik Perkapalan, Jurusan Profesi Pekerjaan dengan Gaji Tinggi, Jurusan Teknik Perkapalan dan Peluang Kerjanya, Gaji D3 / S1.

https://www.lokerpns.web.id/

Di Indonesia, ada banyak sekali jurusan perkuliahan, salah satunya adalah teknik perkapalan. Bagi Anda yang berminat masuk ke jurusan teknik perkapalan dan masih bingung bagaimana prospek kerja jurusan perkapalan dan gajinya, artikel ini akan sangat membantu Anda. Kami akan coba mengulas dunia kerja untuk jurusan teknik perkapalan serta pendapatan yang bisa diperoleh saat Anda bekerja.

Namun sebelumnya, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu jurusan teknik perkapalan.

Teknik perkapalan merupakan sebuah program studi yang akan mempelajari lebih dalam mengenai seluk beluk dunia perkapalan.

Secara spesifik, para mahasiswa yang kuliah di jurusan ini akan mempelajari pengetahuan mengenai perancangan hingga pembangunan kapal. Dimulai dari pembentukan badan kapal, bagaimana strukturnya, bagaimana proses produksinya, bagaimana perbaikannya hingga bagaimana mengoperasikan kapal nantinya saat hendak dijadikan alat transportasi. 

Para mahasiswa pun dituntut untuk bisa mengembangan sistem transportasi tersebut serta menjalankan bisnis pengoperasian armada kapal.

Hemm, lalu apa ya bedanya dengan jurusan teknik ‘sistem’ perkapalan? 

Anda harus memahami kalau teknik sistem perkapalan dan teknik perkapalan merupakan 2 jurusan berbeda namun masih mempelajari bidang yang sama. Hanya saja untuk teknik sistem perkapalan nantinya akan lebih fokus pada instrumen kapal seperti pipa, mesin, listrik dan sistem kontrol lainnya. Sementara untuk teknik perkapalan akan mempelajari mengenai perancangan serta konstruksi kapal, bagaimana sistem navigasinya hingga aspek hukum kelautan.

Kampus-Kampus yang Memiliki Jurusan di Teknik Perkapalan, diantaranya yaitu :
  • Universitas Indonesia
  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Diponegoro
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Universitas Pattimura
  • Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Universitas Darma Persada
  • Universitas Hang Tuah
  • Dan masih banyak lagi

A. Peluang atau Prospek Kerja Jurusan Teknik perkapalan dan Gajinya

Setelah membahas mengenai gambaran jurusan pendidikan ini, selanjutnya mari kita bahas mengenai prospek kerja untuk para lulusannya serta berapa sih gajinya. Yuk simak!

1. Menjadi Arsitektur Perkapalan atau Engineer 

Kebanyakan orang awam mungkin hanya mengenai arsitektur bangunan, belum mengenal aristektur perkapalan. Sama halnya dengan aristektur bangunan, bidang pekerjaan arsitek perkapalan juga akan bertugas membuat rancangan kapal yang baik dan layak bangun hingga layak pakai. Dari segi konstruksi, dan lain-lainnya akan menjadi tanggung jawab para arsitek.

Pekerjaan ini cukup berat, karena nantinya kapal akan digunakan untuk alat transportasi air yang bisa bekerja sesuai dengan standar. Sehingga tidak heran bila mereka yang mau bekerja dibidang ini harus yang sudah memiliki pengalaman.

Namun tenang saja, Anda yang freshgraduate pun bisa menjadi bagian dari pekerjaan ini, hanya saja Anda akan bergabung menjadi seorang junior terlebih dahulu. Sebelum akhirnya Anda menjadi senior dalam bidang ini.

Sementara itu untuk kisaran gaji pekerjaan ini pun cukup besar. Bisa di kisaran 10 juta ke atas. Mengingat memang tanggung jawabnya yang besar.

Beberapa perusahaan yang bergerak dalam produksi kapal dan membutuhkan arsitek kapal antara lain:
  • Global Maritime, Saipem, McDermott, Citramas, Terafulk, Betame, Gunanusa, PT PAL, PT DPS, Meratus Line, dan Samudra Indonesia

Dari mulai sekarang bila memang Anda sangat tertarik bekerja di bidang pekerjaan ini, carilah informasi lebih dan persiapkan. Agar kedepannya Anda bisa bersaing dengan mudah.


2. Surveyor Production 

Anda yang lulusan teknik perkapalan juga berkesempatan kerja menjadi seorang surveyor production. Salah satu jabatan yang ada pada perusahaan kapalan dengan klasifikasi atau dengan orang yang secara langsung membuat sebuah kapal. Beberapa perusahaan yang berhubungan dan bisa menjadi peluang kerja Anda untuk menjadi seorang surveyor production diantaranya:
  • Badan Klasifikasi Nasional yang merupakan BUMN seperti: BKI, Sucofindo, Surveyor Indonesia
  • Class Surveyor Badan Klasifikasi Kapal Asing seperti: Lloyd’s Register, Bureau Veritas, Nippon Kaiji Kyokai, dan lainnya.

Kisaran gajinya juga tidak kalah besar dengan arsitektur perkapalan. Bisa di atas 5 juta, bahkan 10  juta. Tergantung jam terbang Anda, semakin tinggi jam terbang tentu saja Anda akan semakin dipertimbangkan untuk bekerja dalam bidang ini serta mendapatkan gaji yang sesuai dengan keinginan Anda.

3. Bekerja di Instansi Pemerintahan atau BUMN

Biasanya bekerja di Instansi Pemerintahan atau BUMN (Badan Usaha Milik Negara) merupakan salah satu yang diinginkan oleh sebagian orang.

Hal ini karena gaji yang diharapkan bisa sangat menjamin, terlebih lagi adanya tunjangan-tunjangan yang bisa didapatkan hingga hari tua atau pensiun. Sehingga tidak heran bila sebagian lulusan teknik perkapalan akan mulai mengincar instansi pemerintahan untuk dijadikan target lamaran pekerjaan.

Beberapa BUMN yang bisa Anda jadikan sebagai prospek karir setelah lulus:
  • PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)
  • PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)
  • PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)
  • PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero)
  • PT Dok Perkapalan Surabaya
  • PT PAL, PT Dok Koja Bahari
  • PT Industri Kapal Indonesia
  • Dan lain-lain

Untuk kisaran gajinya akan sangat beragam dan bisa dibilang cukup besar apalagi untuk ukuran freshgraduate. Gajinya bisa di kisaran 7-10 juta, belum lagi dengan tunjangan-tunjangan yang akan diberikan hingga hari tua nanti. Memang bekerja di BUMN bisa menjadi pilihan paling tepat apalagi untuk Anda yang ingin hidup dengan aman.

4. Menjadi Seorang Pengusaha

Setelah lulus, bila Anda sangat berminat ke dalam dunia bisnis, kenapa Anda tidak mencoba bisnis saja?

Lulusan perkapalan pun bisa loh menjalankan sebuah usaha bisnis. Apalagi bila Anda memang memiliki keterampilan untuk menghasilkan sesuatu yang baru serta bisa diperjualbelikan. Anda bisa menentukan produk jualnya setelah itu Anda bisa merekrut banyak staff dan membuat perusahaan Anda sendiri.

Besaran gaji yang diharapkan pun tidak akan berpatokan pada UMR atau ketetapan perusahaan sebab Anda yang akan mengaturnya.

Namun ada hal yang perlu Anda perhatikan saat Anda hendak memulai bisnis Anda sendiri. Khususnya dari segi modal. Bila memang Anda sudah memiliki cukup modal, mendirikan usaha sendiri tentu tidak akan menjadi masalah. Namun bila Anda masih memiliki keterbatasan dalam permodalan, Anda bisa coba bekerja terlebih dahulu di bidang perkapalan sampai modal Anda cukup.

5. Menjadi Seorang Dosen

Apakah Anda tertarik dalam dunia pendidikan? 

Bila iya, kenapa Anda tidak mencoba untuk menjadi seorang pengajar saja? 

Anda bisa mengajar di kampus yang terdapat jurusan teknik perkapalannya. Namun tentunya Anda tidak bisa langsung mengajar selepas S1, sebab Anda harus melanjutkan pendidikan S2 terlebih dahulu. Bahkan akan lebih baik secara praktik kerja di lapangan, Anda juga pernah merasakan. Sehingga jam terbang serta profesionalitas Anda akan sangat dipertimbangan.

Lantas berapa sih gaji seorang dosen?

Akan sangat beragam, tergantung dimana Anda bekerja. Anda bisa mendapatkan gaji di atas 5 juta rupiah bahkan bisa saja di atas 10 juta. Semakin berpengalaman tentu saja akan semakin dipertimbangkan.

6. Menjadi Seorang Welding Engineer atau Welding Inspector

Selanjutnya, Anda juga bisa menjadi seorang welding engineer atau welding inspector. Bekal ilmu dan segelintir dokumen yang memenuhi syarat untuk lulus di setiap pendaftaran kerja saja tidak cukup. Sertifikat keahlian di bidang tersebut juga diperlukan.

Salah satu prospek kerja teknik perkapalan adalah menjadi seorang Welding Engineer atau Welding Inspector. Bukan hanya sekedar las, seseorang yang mempunyai kemampuan las dengan baik agar kapal tersebut tidak bocor atau rusak saat digunakan.

Berapa kisaran gaji untuk bidan pekerjaan ini?

Kalau berdasarkan beberapa sumber sih kisarannya bisa sampai 10 juta, tergantung jam terbang dan seberapa ahli Anda dalam bidang tersebut. Tentu semakin lama Anda bergelut dalam bidang ini akan semakin mahal juga jasa Anda.

Rekomendasi Perusahaan Pelayaran atau yang Bergerak Dalam Bidang Perkapalan:
  1. NYK Lines beralamat di Plaza BII 2, Lantai 14, Jakarta Pusat, dengan armada perusahaan: Container, Tanker, Bulk Carrier
  2. Maersk Lines   beralamat di Menara Batavia, lantai 15, Jakarta Pusat dengan armada perusahaannya: Container, Tanker, Bulk Carrier
  3. Mediterranean Shipping Company SA beralamat di Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 71-73 Mendara Bidakara, Tebet dengan armada perusahaan:  Container, Tanker, Bulk Carrier
  4. 4Meratus Line   beralamat di  Jl. Aloon-Aloon Priok 27, Surabaya dengan armada perusahaan:  Container, Tanker, Bulk Carrier
  5. Tanto Line beralamat di Jl. Indrapura 29 – 33 dengan armada perusahaan:  Container, Tanker, Bulk Carrier
  6. K Line Indonesia beralamat di Ruko Inkopal Blok G No. 26, Kepala Gading dengan armada perusahaan: Bulk Carrier
  7. PT. Karya Bhakti Adil beralamat di Wisma BSG Lantai 10, Jakarta Pusatdengan armada perusahaan: Gas Carrier, Tanker
  8. Sumber Bakat Insani beralamat di  Sudirman Tower Lantai 16, Jakarta dengan armada perusahaan: Passenger
  9. Jayakusuma Perdana Lines beralamat di  Jl. HR Rasuna Said Kav C-3 Mega Plaza         
  10. Synergy Indonesia beralamat di  Jl. Duyung No. 01. Batu Ampar, Batam 
  11. PT Radiant Utama Interinsco Tbk    beralamat di  Jl Kapten Tendean No. 24, Jakarta
  12. Offshore Division beralamat di  Plaza Tower Lantai 39, Jakarta         
  13. PT. Indonesia Project Logistics beralamat di  Riviera Garden Commercial, Kelapa Gading  
  14. PT. Bayu Maritim Berkah beralamat di Jl. MH Thamrin, 81, Jakarta Pusat
  15. PT. Pelayaran Salam Bahagia beralamat di  Wima Presisi Lantai 6, Kembangan
  16. PT. World Marine & Trading   beralamat di  Graha Cempaka Mas Blok M No. 36, Jakarta Utara  Reefer, Cargo, Tug, Supply
  17. PT. Yutaka Alam Segoro beralamat di  Ruko Kramat Raya Permai, Lantai 3, Jakarta Utara 
  18. PT. Wanda Jaya Amertha beralamat di Jl. J No. 5, Tebet, Jakarta Selatan dengan armada perusahaan:  Long Line, Trawl
  19. PT. Tirta Mina Sejahtera beralamat di  Jl. Ciputata Raya No. 17A, Keb. Lama, Jakarta Selatan Long Line, Trawl
  20. PT. Susilo Bahari Nusantara beralamat di  Prince Center II/43, Jakarta Pusat  
  21. PT. Tenaga Baru Nuansa Persada beralamat di  Jl. Bekasi Timur Raya No. 33, Jakarta Timur
  22. PT. Sindo Jaya Westingeral beralamat di  Jl. Teber Barat Dalam Raya No. 79 A, Jakarta Selatan
  23. PT Oriza Sativa Agency beralamat di  dVilla Gading Permai, Jakarta Utara   Long Line, Trawl
  24. Dogan SDN BHD beralamat di  Jl. Industri Malim Jaya 1, Melaka 75450 dengan armada perusahaan:  Cargo, Supply, Utility
  25. Bahana Galang Jaya beralamat di  Jl. Bigjen Katamso Km. 6, Batam 
  26. PT. Yossindo Shipping beralamat di  Jl. Laks, Madya Yossudarso No. 2A, Jakarta Utara
  27. Sandi Genesis Samuel Co., LTD beralamat di  Jl. Tenggiri No. 8 Blok B-3, Jakarta Utara
  28. Risaura Mega Perkasa beralamat di   Jl. Yos Soedarso No. 33, Tanjung Priok, Jakarta Utara 
  29. PT. Trio Bintang Samudra beralamat di  Taman Harapan Baru Blok: 1-3, Bekasi       
  30. PT. Sumber Daya beralamat di Jl. Matraman Raya, No. 40, Jakarta         
  31. PT. Solomindo Pacific Internasional beralamat di Villa Mas Gardgen Blok A/15, bekasi
  32. PT. Sinar Samudera Logistics  beralamat di Ruko Florencia Blok AA No. 31, Kepala Gading  
  33. PT. Ocean World beralamat di Jl. Wartawan 2 No. 2, Buah Batu, Bandung       
  34. PT. Indopower Crew Management beralamat di Jl. Bugis 29, Jakarta 14320 
  35. PT. Blue Ocean Manning beralamat di  Gedung Mega Sunter Blok O5, No. C5, Sunter Selatan 
  36. PT. Bina Mitra Bahari  beralamat di  Jl. Tanjung Priok No. 29 Blok G-8, Surabaya
  37. Mitra Jasa Mandiri beralamat di  Perum Graha Prima Blok IB1/73, Bekasi 
  38. Java Marine Services, Ltd beralamat di  MTC Kav H-17, Bandung         
  39. CV. Nurga Bahtera Mandiri beralamat di  Puri Kelapa Gading E5, Sleman, Yogyakarta
  40. PT. Sumber Karya Energy beralamat di  Jl. Kali Besar, No. 7, Jakarta Barat  
  41. PT. Pertamina Shipping beralamat di  Jl. Kramat Raya, No. 29, Jakarta Pusat  
  42. PT. Jasindo Duta Segara beralamat di Plaza Kelapa Gading Blok C, Jakarta Utara

Di atas merupakan beberapa perusahaan yang bergerak dalam industri perkapalan / pelayaran yang bisa menjadi referensi Anda. Lengkap dengan alamatnya sehingga Anda bisa mempertimbangkan dari segi jarak juga.

Sebenarnya masih banyak perusahaan lainnya, bahkan bila Anda berminat untuk bekerja di perusahaan asing pun sangatlah bisa, atau mau bekerja di luar negeri dengan bidang yang sama? Tentu bisa juga.

Anda tidak perlu merasa khawatir dengan keterbatasan prospek kerja. Bila Anda bisa mendapatkan informasinya dengan tepat, tentu akan banyak sekali peluang kerja berdatangan pada Anda.

Idealnya, di negara maritim, kapal menjadi transportasi yang sangat umum. Meskipun di Indonesia pergerakan masyarakat lebih banyak di darat, pemerintah mulai menyadari dan mengungkapkan komitmennya untuk memperkuat jalur laut.

Peran kapal sebagai moda transportasi pun akan menjadi populer. Oleh karena itu, apabila kamu suka laut dan ingin mengenal lebih dalam tentang dunia perkapalan, prospek untuk memilih program studi ini sangat bagus.

Artikel Terkait : Peluang atau Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gajinya

B. Bidang Keilmuan pada Jurusan Teknik Perkapalan

Beberapa bidang keilmuan yang akan Anda pelajari saat berada di bangku perkuliahan pada jurusan teknik perkapalan diantaranya:
  • Pengantar Teknik Perkapalan
  • Mekanika Teknik
  • Termodinamika
  • Teori Bangunan Kapal
  • Matematika Terapan
  • Proses Produksi
  • Ekonomi Teknik
  • Konstruksi Kapal
  • Permesinan Kapal
  • Kapal Ikan
  • Perancangan Kapal
  • Kekuatan Kapal
  • Tahanan dan Propulsi Kapal
  • Elemen Mesin
  • Getaran Kapal
  • Manajemen Pelayaran
  • Manajemen Pelabuhan
  • Sistem Transportasi Laut.
  • Menggambar Teknik
  • Metode Numerik dan Komputer
  • Teknologi Las
  • Simulasi dan Pemodelan
  • Dinamika Kapal
  • Kapal Militer
  • Teknologi Perawatan & Reparasi Kapal
  • Perencanaan Operasi Kapal
  • Sistem Transportasi Laut

Bila beberapa disipilin ilmu di atas bisa Anda pelajari dengan baik, tentu bukan tidak mungkin Anda bisa menjadi seorang yang sangat ahli dalam bidang perkapalan.


C. Peluang atau Prospek Kerja Jurusan Teknik perkapalan yang Dikutip dari Laman Web PTN / PTS

1. Peluang atau Prospek Kerja Jurusan Teknik perkapalan yang Dikutip dari Laman Web UI

Lulusan Sarjana program studi teknik perkapalan dapat bekerja diberbagai bidang seperti: industri maritim, birokrasi pemerintahan, lembaga penelitian, industri rekayasa, industri otomotif, industri perkapalan minyak bumi dan gas, industri mesin-mesin berat, institusi pendidikan dan industri lainnya baik di dalam maupun luar negeri.

https://www.ui.ac.id/akademik/sarjana-reguler/fakultas-teknik-2/s1-teknik-perkapalan.html

2. Peluang atau Prospek Kerja Jurusan Teknik perkapalan yang Dikutip dari Laman Web ITATS

Bidang / keahlian yang berkompeten dengan Jurusan Teknik Perkapalan diantaranya adalah :
  • Tenaga ahli untuk bidang perencanaan, pembangunan, perbaikan kapal dan alat apung lainnya pada industri maritim.
  • Owner superintendent pada perusahaan pelayaran.
  • Surveyor pada biro klasifikasi nasional maupun internasional.
  • Konsultan pada bidang teknik perkapalan.
  • Tenaga ahli perkapalan dilingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.
  • Tenaga ahli pada laboratorium teknik perkapalan
  • Tenaga edukatif pada perguruan tinggi dan Sekolah Menengah Kejuruan.
  • Tenaga ahli pada perusahaan asuransi yang bergerak dibidang perkapalan dan bidang lainnya.
  • Tenaga ahli pada industri mesin-mesin dan peralatan, serta industri penunjangnya.
  • Dan usaha-usaha lain dalam bidang perkapalan.

Para lulusan Teknik Perkapalan dapat bekerja di galangan kapal seperti PT PAL Indonesia, PT Dok dan Perkapalan Surabaya, PT Dumas, PT Adiluhung, dsb. Dapat juga bekerja di badan klasifikasi seperti Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) dan Lloyd Register. Selain itu juga dapat bekerja di industri perbankan, jasa kepelabuhan, dan lain-lain.

http://kapal.itats.ac.id/prospek-lulusan/

3. Peluang atau Prospek Kerja Jurusan Teknik perkapalan yang Dikutip dari Laman Web ITS

Spektrum industri maritim yang berkaitan dengan bidang teknik perkapalan antara lain sebagai berikut:
  • Industri transportasi laut
  • Industri oil and gas lepas pantai
  • Industri perikanan
  • Industri pembangkit tenaga listrik terapung
  • Industri pariwisata
  • Industri pertahanan
  • Industri kepelabuhan

Berbagai kegiatan industri perkapalan nasional diantaranya:
  • Pembangunan kapal baru (Shipbuilding)
  • Pemeliharaan dan reparasi kapal (Shipyard)
  • Pembangunan industri sarana lepas pantai (Fabricator)
  • Pemeliharaan & raparasi bangunan/peralatan sarana lepas pantai(Contractor/Oilfield service)
  • Industri komponen/peralatan kapal (Engineering)
  • Jasa konsultasi dan perekayasaan (Design & Engineering)

Kegiatan usaha di industri perkapalan :
  • Galangan kapal
  • Produsen bahan baku
  • Produsen komponen
  • Biro klasifikasi
  • Sub contractor
  • Design engineering
  • Konsultan
  • Independent surveyor
  • Pemasok

Kegiatan usaha di industri pelayaran :
  • Shipping Line 
  • Ship Management 
  • Ship Chandler 
  • Freight forwarder 
  • Ship Agencies 
  • Ferries 
  • Fisheries 
  • Oil field services 
  • Mining Services 

Kegiatan usaha di lembaga yang terkait dengan industri maritim nasional :
  • Lembaga keuangan investasi
  • Asuransi
  • Regulator
  • Instansi pemerintah
  • Pendidikan & pelatihan
  • Pelabuhan
  • Perikanan
  • Pertahanan & keamanan
  • Perindustrian
  • Pariwisata
  • Bea & cukai
  • Perdagangan
  • Migas
  • Pertambangan non-migas
  • Perbankan

Prospek pekerjaan yang diambil dari data alumni yang telah bekerja di bidang industri maritim, antara lain:
  • Naval architecture / Marine engineer
  • QA/QC (Qualit Assesment / Quality Control) Engineer
  •  Welding inspector (WI) / Welding engineer (WE)
  • Structural engineer
  • Subsea engineer
  • Project engineer
  • Construction engineer
  • Dock monitoring
  • Surveyor
  • Owner surveyor
  • Oil and gas engineer
  • Plan engineer

https://www.its.ac.id/tkapal/calon-mahasiswa/prospek-karir/


Itulah pembahasan mengenai Peluang atau Prospek Kerja Teknik Perkapalan dan Gajinya. Bagi Anda yang memang senang dalam dunia perkapalan, yuk mulai mencari informasi mengenai pendidikannya agar bisa berkarir dengan baik dalam bidang yang sama.