Peluang atau Prospek Kerja Teknik Sipil dan Gajinya

Peluang atau Prospek Kerja Teknik Sipil dan Gajinya -- Prospek Kerja Teknik Sipil dan Gajinya, Peluang Kerja Teknik Sipil dan Gajinya, Gaji Teknik Sipil, Pekerjaan untuk Lulusan Teknik Sipil Pria dan Wanita, Apakah Jurusan Teknik Sipil Menjanjikan, Prospek Kerja D3 dan S1 Teknik Sipil, Lowongan Kerja Lulusan Teknik Sipil dan Gajinya, Gaji Lulusan D3 dan S1 Teknik Sipil, Gaji Pegawai / Karyawan yang Bekerja di Bidang Teknik Sipil, Gambaran Lulusan Mahasiswa Teknik Sipil.

https://www.lokerpns.web.id/

Apakah Anda berkuliah di jurusan teknik sipil? Atau berencana untuk melanjutkan jenjang pendidikan di jurusan tersebut? Sudah tahukah Anda bagaimana prospek kerja teknik sipil dan gajinya? Bila belum, artikel ini akan sangat berguna untuk Anda yang ingin berkarir di dunia teknik sipil.

Sebelumnya admin telah membahas tentang Peluang atau Prospek Kerja Teknik Elekto dan Gajinya. Kali ini silahkan disimak informasi terkait peluang atau prospek kerja teknik sipil dan gajinya.

A. Mengenal Pendidikan TekniK Sipil

Teknik sipil merupakan salah satu cabang ilmu dalam bidang teknik yang mempelajari suatu bangunan konstruksi lebih luas lagi. Dari mulai perencanaan, pembangunan hingga hal lain yang memang berkaitan. Sebagian orang juga menyebut cabang ilmu ini bagian dari ilmu rancang bangun.
Selain mempelajari keilmuan secara teoritis, mahasiswa jurusan teknik sipil pun akan diajarkan beberapa keahlian penting, diantaranya:

1. Keahlian Teknikal

Disini para lulusan harus bisa memahami dasar fisika dan matematika dengan cukup kuat. Sebab nantinya mereka akan terjun ke sisi teknis konstruksi. Keahlian dalam mengolah angka membuat lulusan teknik sipil sangat dipertimbangkan dalam banyak bidang.

2. Keahlian Penyelesain Masalah

Keahlian ini sudah dipupuk selama masa perkuliahan. Mahasiswa akan dilatih mencari masalah lalu menemukan solusi praktikal paling tepat/bisa diterapkan.

3. Keahlian TI

Seorang teknik sipil harus bisa menyesuaikan dengan teknologi. Khususnya untuk berbagai macam software rumit yang akan digunakan saat melakukan perancangan bangunan.

4. Kreatif dalam Membuat Ide

Bisa dibilang teknik sipil adalah bagian dari ilmu eksak yang kreatif. Lulusan teknik sipil harus bisa berimprovisasi dan mengasah kreativitasnya apalagi dalam memberikan solusi. Semakin kreatif ide yang dimiliki tentu akan semakin berkualitas bangunan yang dirancang.

5. Keahlian Bekerja secara Tim

Seorang teknik sipil tidak bisa dan tidak akan pernah bisa bekerja sendiri. Dari mulai perancangan konsep hingga pembangunan dipastikan akan ada banyak pihak yang terlibat. Oleh sebab itulah keahlian bekerja secara tim sudah diajarkan sejak bangku perkuliahan.

Di dalam jurusan ini, Anda juga akan dipertemukan dengan banyak mata kuliah yang menuntut Anda harus kuat dalam perhitungan. Sehingga Anda harus punya dasar yang kuat dalam bidang matematika dan fisika. Dua keahlian dasar yang nantinya akan memudahkan Anda saat menyelesaikan tantangan masalah dalam proses pembelajaran dan jenjang karir berikutnya.

Selain itu, jurusan teknik sipil juga akan banyak melibatkan praktek kalkulus, trigonometri, geometrik, kimia hingga fisika. Spesialisasi yang bisa dipilih pun cukup banyak, seperti sumber daya perairan, konstruksi, lingkungan, transportasi, geoteknik, struktur bangunan, dan lain-lain.

Bila Anda tidak pandai mengolah angka namun sangat memiliki minat yang besar untuk masuk ke dalam jurusan ini, Anda jangan mundur. Selama tantangan bermain dengan logika tidak masalah dan Anda memiliki passion kuat, lambat-laun Anda akan terbiasa dengan perhitungan angka.

Saat memasuki tahun pertama masa perkuliah, jurusan teknik sipil akan memulainya dengan mata kuliah umum (fisika, bahasa, matematika, dan lain-lain).

Selanjutnya memasuki tahun kedua mata kuliahnya akan semakin spesifik seperti Gambar Teknik, Statistik, Mekanik Teknik, Teknologi Bahan Bangunan.  Struktur Jembatan, Hidrologi, Struktur Baja, Struktur Beton, Struktur Baja, Struktur Kayu, Sistem Transportasi, Rekayasa Pondasi. Manajemen Proyek, Jalan Raya, Terowongan, Rel Kereta Api, Ilmu Ukur Tanah, Hidrolik.

Mekanik Tanah, dan banyak lagi. Anda juga akan diajarkan bagaimana cara menggunakan software komputer yang kemampuan sangat wajib dimiliki oleh para lulusan teknik sipil.

Berkaitan dengan cabang keilmuan teknik sipil, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Manajemen Konstruksi

Dalam cabang keilmuan ini mahasiswa akan mempelajari bagaimana manajemen dalam profesi konstruksi. Seperti pengaturan biaya atau keuangan, pengaturan waktu pembangunan agar bisa selesai tepat pada waktunya.

Serta hal lain yang memang berkaitan dengan manajemen perencanaan bangunan. Dari program inilah maka akan lahir manajer proyek atau pembangunan atau perusahaan konstruksi.

2. Transportasi

 Para mahasiswa teknik sipil juga akan diajarkan bagaimana ilmu sistem transportasi. Termasuk juga di dalamnya perencanaan serta penerapan dalam kehidupan. Tujuannya agar para lulusan teknik sipil mempunya ilmu yang secara praktik bisa diterapkan dalam pembangunan konstruksi bandara, pembangunan pelabuhan, jalan raya, jalan tol serta sarana transportasi lain.

3. Geoteknik

Dalam cabang ilmu ini akan dipelajari bagaimana struktur tempat didirikannya suatu bangunan dengan sangat detail. Misal, kondisi tanah akan sangat berpengaruh dalam proses pembangunan proyek. Maka ahli geoteknik akan melakukan analisa bagaimana sifat suatu tanah serta menentukan apakah jenis tanah di lokasi tersebut memah baik dan cocok untuk didirikannya suatu bangunan.

4. Hidrologi

Selain persoalan tanah, mahasiswa teknik sipil juga harus memahami persoalan tentang air. Dalam cabang keilmuan ini, mahasiswa akan diajarkan bagaimana mendistribusikan, melakukan penanganan hingga pengawasan perairan. Sebab ilmu ini juga nantinya akan diterapkan pada proyek pembangunan.

Khususnya yang berkaitan dengan bangunan air seperti waduk, pelabuhan dan bendungan. Saat pembuatan irigasi dan drainase kota pun, ahli hidrolik akan sangat membantu.

5. Struktur Bangunan

Dalam cabang ilmu ini mahasiswa akan diajarkan bagaimana menemukan bahan bangunan yang tepat seperti kaca, kayu, baja, beton dan yang lainnya. Pembelajaran ini tentu sangat penting, mengingat ada banyak bahan bangunan dengan sifat yang berbeda.

Sehingga seorang teknik sipil harus tahu mana yang paling cocok untuk digunakan. Jangan sampai salah menentukan bahan, bila itu terjadi maka akan berakibat sangat fatal. Apalagi proyek pembangunannya skala besar dan dimaksud untuk kebutuhan publik, akan bahaya bila suatu waktu ada kerusakan dari segi pondasi dan yang lainnya.

Nah, seiring dengan semakin berkembangnya teknologi maka ilmu pengetahuan teknik sipil pun makin berkembang. Oleh sebab itulah semakin banyak jenjang pendidikan lanjutan S2 untuk jurusan teknik sipil.

Bila Anda sudah lulus dan berniat melanjutkan ke jurusan yang sama maka Anda harus menyiapkan beberapa persyaratan administrasi. Seperti skor TOEFL yang minimalnya 550, atau surat rekomendasi dari dosen/tokoh tertentu.

Namun untuk syarat administrasi tentu akan berbeda-beda untuk tiap kampusnya, jadi lebih baik Anda mencari informasi paling tepat atau meminta informasi langsung dari pihak kampus yang Anda inginkan.

Bacaan Terkait : Peluang atau Prospek Kerja Teknik Bangunan dan Gajinya

B. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Sipil dan Gajinya

Gambaran mengenai teknik sipil sudah sedikit dijelaskan di atas. Nah, selanjutnya bagaimana dengan peluang kerjanya?

Ada saja yang merasa ragu dengan jurusan ini, mengingat teknik sipil bisa dibilang tidak begitu umum bila dibanding dengan jurusan pendidikan lainnya. Apakah peluang kerjanya besar?

Anda tidak perlu khawatir, karena peluang atau prospek kerja teknik sipil sangat terbuka lebar bahkan gaji yang ditawarkan untuk Anda yang lulus dari jurusan teknik sipil cukup tinggi.

Berikut adalah prospek kerja teknik sipil dan gajinPeluang atau Prospek Kerja Teknik Sipil dan Gajinyaya, simak yuk!

1. Pengarah Konstruksi / Manajer Konstruksi

Prospek kerja pertama, Anda bisa menjadi manajer konstruksi. Dalam jabatan ini, Anda diharuskan bisa memimpin tim dan memberikan pengarahan dalam prospek konstruksi. Anda juga harus mengawasi berjalannya proyek hingga selesai. Nah, untuk gajinya terbilang cukup besar. Anda bisa mendapatkan kurang lebih 7 juta per bulan.

2. Insinyur Sumber Daya Perairan

Sebagai Insinyur Sumber Daya Perairan, sudah jelas Anda harus bertanggung jawab dalam pembangunan fasilitas supplai air. Sebab dalam merancang sistem perairan sangat dibutuhkan desain manajamen serta pemeliharaan sistem yang tepat, apakah akan menggunakan sumur bawah tanah atau mata air alami.

Insinyur Sumber Daya Perairan harus bisa memastikan juga apakah sumber daya air yang diperoleh sudah higienis dan bebas kontaminasi atau belum. Gaji yang di peroleh biasanya ada di atas 10 juta per bulan.

3. Drafter

Selanjutnya adalah drafter, profesi dalam bidang teknik sipil yang memiliki tugas membuat gambaran kerja berdasarkan sketsa kasar yang sudah dibuat oleh arsitek dalam sebuah proyek bangunan. Sementara untuk besaran gaji, biasanya akan lebih rendah dibanding manajer konstruksi, yaitu ada dikisaran 5 juta per bulan.

4. Projects Manager

Bila manajer konstruksi gajinya bisa lebih besar dari seorang drafter maka projects manager justru bisa lebih besar lagi dari manajer konstruksi. Posisi ini menjadi salah satu yang difavoritkan oleh mereka yang berkuliah di jurusan teknik sipil. Sementara untuk gambaran kerjanya sudah jelas, sesuai namanya kamu akan berperan menjadi manajer proyek.

Gajinya ada di kisaran 20 juta per bulan, makin besar project maka makin besar juga besar gaji yang didapat.

5. Direktur Kontraktor

Menjadi seorang Direktur Kontraktor tentu tidak mudah, sehingga gaji yang diperoleh pun bisa sangat besar yaitu kisaran 40 juta bahkan lebih per bulannya.

Namun, untuk bisa menjadi seorang direktur tidaklah sembarang orang. Anda harus memiliki jam terbang yang tinggi. Bila memang masuk ke jajaran direktur, Anda  harus mau meniti karir dari bawah.

6. Perencana Struktur

Sebelum proses pendirian sebuah bangunan tentu harus ada perencanaan struktur yang matang. Oleh sebab itulah posisi perencana struktur dianggap sangat penting guna menyusun perencanaan struktur bangunan. Mereka yang bekerja dalam bidang ini biasanya akan mendapat penawaran gaji di kisaran 7 juta rupiah per bulan.

7. Surveryor

Bagi Anda yang lulus dari jurusan pendidikan teknik sipil, profesi sebagai seorang Surveryor bisa sangat menjanjikan. Sedikit gambaran, seorang Surveryor akan memastikan bahwa proses pembangunan proyek sudah sesuai dan mengikut peraturan yang berlaku. Mereka yang ada di posisi ini harus memiliki tingkat ketelitian sangat tinggi. Nah, untuk gajinya sendiri ada di kisaran 7 juta per bulan.

8. Pelaksana Proyek

Apakah Anda lulusan teknik sipil dan sangat senang kerja langsung di lapangan? Bila iya, maka posisi pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda. Pelaksana proyek akan bertanggung jawab dengan segala aktivitas di lapangan. Dengan gaji di kisaran 7 juta rupiah per bulan pelaksana proyek harus memastikan bahwa proyek pembangunan selesai sesuai dengan yang sudah direncanakan, baik dari segi waktu atau konsep pembangunan.

9. Quality Control

Selanjutnya posisi Quality Control memiliki tugas untuk memastikan seluruh pembangunan memiliki kualitas yang sesuai dan terkontrol dengan baik. Profesi ini ditawari gaji yang cukup besar, ada di kisaran 10 juta per bulan. Untuk freshgraduate tentu ini sangat tinggi.

10. Site Manager

Sebagai Site Manager nantinya Anda harus bertanggung jawab sepenuhnya atas perencanaan teknis serta operasional pengendalian proyek. Untuk profesi ini gaji yang diberikan pun cukup besar, ada di kisaran 15 juta per bulan.

11. Direktur Konsultan Perencana

Dalam setiap proyek pembangunan seorang konsultan perencana sangatlah dibutuhkan. Namun untuk menempati posisi direktur konsultan perencana pun tidaklah mudah. Jam terbang dan kemampuan akan sangat dipertimbangkan. Untuk gajinya sendiri biasanya ada di kisaran 30 juta per bulan bahkan lebih.

12. Bidang Umum

Bila peluang 11 peluang karir sebelumnya belum bisa didapatkan, Anda tidak perlu khawatir. Karena lulus teknik sipil masih memiliki banyak alternatif pekerjaan. Misalnya saja, BUMN yang membuka peluang untuk lulusan teknik sipil namun ternyata dalam praktik kerjanya tidak berada dalam industri konstruksi.

Rekomendasi Perusahaan yang Bisa Menjadi Prospek Kerja Teknik Sipil (Sumber Jobstreet) :
  • PT. PLN (Persero)
  • PT Artha Demo Engineering Consultant
  • PT. Asba Jaya Utama
  • PT Waskita karya (Persero) Tbk
  • PT. Bima Sakti Geotama
  • PT Cipta Jaya Kinzoku
  • PT. Summarecon Agung Tbk
  • PT. Alfa Polimer Indonesia
  • dan lainnya

Pada dasarnya banyak perusahaan yang pasti membutuhkan teknik sipil. Sebab dalam hal pembangunan bidang keilmuan yang relevan sangat dibutuhkan.

Pertimbangan memasukan jurusan teknik sipil biasanya karena pembelajaran yang diperoleh selama masa perkuliahan ada yang yang sangat dibutuhkan. Atau karakter pendidikan yang cenderung membutuhkan ketelitian yang sangat cocok bila diterapkan dalam pekerjaan tersebut.

Seperti Telkom dan PLN, mereka membutuhkan lulusan teknik sipil untuk bertanggung jawab pada bagian prasarana tower telekomunikasi dan bendungan untuk pembangkit listrik.

Di atas sudah dijelaskan 12 prospek kerja teknik sipil dan gajinya, yang mungkin menjadi pertanyaan Anda sekarang adalah “Lembaga mana yang membuka peluang karir untuk teknik sipil?”

Baik di BUMN atau BUMS, Anda memiliki peluang sangat besar. Anda bisa coba mendaftarkan diri saat ada program atau proyek pembangunan seperti jalan raya, jembatan, jalan tol, bendungan, rumah sakit dan lain-lain. Terlebih sekarang ini di Indonesia sedang banyak proyek pembangunan. Ini bisa menjadi peluang besar untuk lulusan teknik sipil.

Atau, bila Anda ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) juga bisa. Ada banyak instansi pemerintahan yang membutuhkan karyawan lulusan teknik sipil. Misalnya saja Badan Perencanaan Daerah, Rumah Sakit, Dinas Tata Kota dan Pertamanan, Departemen ESDM, dan lain-lain.

Akan sangat menguntungkan lagi bila selama masa perkuliahan, Anda mengambil peluang untuk ikut andil dalam proyek pembangunan. Biarpun masih sebagai junior yang harus mengikut perintah senior, dari pengalaman tersebut Anda bisa belajar bagaimana dunia profesional saat berkarir dalam bidang teknik sipil. Kalau Anda sudah merasa percaya diri, bisa saja Anda membuka perusahaan konsultan pembangunan sendiri.

Artikel terkait : Peluang atau Prospek Kerja Teknik Industri dan Gajinya

C. Teknik Sipil Vs Arsitektur

Kalau teknik sipil mempelajari tentang konstruksi sebuah bangunan, lantas apa bedanya dengan arsitektur? Meskipun kedua jurusan pendidikan ini mempelajari persoalan bangunan, tetap ada yang membedakan secara signifikan antara keduanya.

Dalam jurusan teknik sipil, para mahasiswanya akan fokus pada proses pembelajaran bagaimana cara membuat struktur bangunan yang ekonomis namun kokok. Sementara untuk arsitektur lebih fokus pada desain bangunan yang terlihat menarik dan berkonsep.

Singkatnya, seorang teknik sipil akan membuat gambaran atau desain sementara arsitek akan membuatnya menjadi bangunan nyata dengan pertimbangan banyak faktor seperti fungsi, keamanan, anggaran, ketahanan dan faktor lainnya.

Terlepas dari perbedaan antara teknik sipil dan arsitektur, dua disiplin ilmu di atas sangat mementingkan kemampuan dalam bermain logika. Sehingga bagi Anda yang memang berminat masuk teknik sipil atau arsitektur tentu harus kuat dalam sistem belajar menggunakan logika, khususnya kuat dalam perhitungan.

Bacaan Terkait : Peluang atau Prospek Kerja Teknik Arsitektur dan Gajinya

D. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Sipil dan Gajinya yang Dikutip dari Website PTN & PTS

1. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Sipil dikutip dari Website ITB : https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-teknik-sipil

Seorang sarjana Teknik Sipil memiliki prospek kerja yang sangat luas di dalam maupun di luar negeri, antara lain:
  • Bidang Pembangunan Infrastruktur
    • Seorang lulusan Teknik Sipil dapat berprofesi sebagai konsultan atau sebagai kontraktor yang bertanggung jawab melaksanakan pembangunan. Peluang lainnya adalah bekerja sebagai pegawai dalam bidang pengaturan dan kebijakan di instansi pemerintahan, seperti di Departemen dan Dinas PU, Bapenas, Bapeda dll.
  • Bidang Industri Energi, Pertambangan dan Pengolahan
    • Berbagai perusahaan di lingkungan industri migas, pertambangan, pengolahan seperti Pertamina, Schlumberger, PLN, Freeport, INCO, Pupuk Kaltim dll. membutuhkan sarjana Teknik Sipil untuk menyediakan dan memelihara berbagai bangunan dan fasilitas produksi.
  • Bidang Pendidikan
    • Seorang lulusan Teknik Sipil dapat menjadi pengajar/peneliti di perguruan tinggi / lembaga pendidikan atau di pusat-pusat penelitian.
  • Bidang lainnya
    • Para lulusan program studi Teknik Sipil juga mempunyai kemampuan yang cukup bersaing untuk bekerja di berbagai bidang non-keteknikan, seperti perbankan dan asuransi, atau berkarier di birokrasi pemerintahan atau bisnis di bidang-bidang lainnya.

2. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Sipil dikutip dari Website UMMETRO : https://ummetro.ac.id/prospek-kerja-2-prodi-di-fakultas-teknik-um-metro/

Peluang kerja lulusan Teknik Sipil juga terbuka lebar di instansi pemerintah seperti di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Perencanaan Nasional (BPN), dan BUMN yang bergerak di bidang konstruksi.

3. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Sipil dikutip dari Website ITS : https://www.its.ac.id/tsipil/id/calon-mahasiswa/prospek-karir/

Berikut ini adalah gambaran secara umum beberapa prospek kerja teknik sipil :
  • Pegawai Negeri Sipil
  • Badan Usaha Milik Negara
  • Menjadi Kontraktor
  • Menjadi Konsultan Proyek
  • Menjual Jasa Online
  • Menjadi Dosen

4. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Sipil dikutip dari Website UNSOED : http://unsoed.ac.id/id/node/1237

Lulusan Teknik Sipil bisa diterima di instansi / industri pemerintah maupun swasta yang meliputi  :
  • bidang perhubungan, trasportasi, pengairan, perindustrian, BUMN, perbankan, perusahaan konsultan, pertambangan dan energi, wirausaha/ enterpreuner, dan pendidikan.

Adapun profesi yang sangat erat berhubungan dengan bidang keteknisipilan antara lain :
  • Konsultan (perencana, pengawas), Kontraktor, Quality control, Peneliti, Supervisor, Developer, Surveyor pemetaan, Pendidik, dan lain-lain.

5. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Sipil dikutip dari Website PODOMORO University : http://podomorouniversity.ac.id/program-studi/teknik-sipil-manajemen-rekayasa-konstruksi

Peluang karir untuk para lulusan program studi Teknik Sipil dapat berkarier di berbagai instansi seperti:
  • Kontraktor di industri konstruksi atau perusahaan pengembang (developer)
  • Wirausaha di bidang industri konstruksi 
  • Karier profesional seperti Project Manager, Quantity Surveyor, Contract Manager, dan lain sebagainya

6. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Sipil dan Gajinya dikutip dari Website Universitas Widyatama  : https://ts.widyatama.ac.id/ 

Prospek Karir lulusan Teknik Sipil UTama, yaitu menjadi Asisten Konsultan Perencana dan Pengawasan Bidang Teknik Sipil, Asisten Kontraktor Bidang Teknik Sipil, Wirausaha Bidang Teknik Sipil, Akademisi Bidang Teknik Sipil, dan Peneliti Bidang Teknik Sipil.

7. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Sipil dan Gajinya dikutip dari Website Universitas Kristen Maranatha : https://www.maranatha.edu/prodi/s-1-teknik-sipil/

Lulusan S1 Teknik Sipil dapat berkarier dalam bidang sebagai:
  • Profesi konsultan
  • Kontraktor pelaksana pembangunan
  • Pegawai dalam bidang pengaturan dan kebijakan di instansi pemerintahan (Departemen dan Dinas Pekerjaan Umum, Bapenas, Bapeda)
  • Industri material bangunan
  • Engineer di perusahaan minyak / pertambangan

8. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Sipil dan Gajinya dikutip dari Website Universitas Katolik Widyakarya : http://widyakarya.ac.id/id/profil-lulusan-program-studi-s1-teknik-sipil/

Prospek Lulusan Jurusan S1 Teknik Sipil adalah:
  • Konsultan / kontraktor perencana, pelaksana dan pengawas di bidang rekayasa sipil
  • Peneliti / akademisi/ melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi
  • Building appraisal / penilaian bangunan
  • Penyedia (supplier) material konstruksi

9. Peluang atau Prospek Kerja Teknik Sipil dan Gajinya dikutip dari Website ITK : https://itk.ac.id/akademik/teknik-sipil/

Prospek Lulusan S1 Tekni Sipil dapat berkarir di berbagai bidang :
  • Akademik
  • Pemerintahan
  • BUMN Karya
  • BUMN dan BUMD Lainnya
  • Perusahaan Swasta

Bacaan Terkait : Peluang atau Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gajinya

Itulah pembahasan mengenai Peluang atau Prospek Kerja Teknik Sipil dan Gajinya. Sekarang, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi berkarir di dunia teknik sipil sebab peluangnya sangat terbuka lebar. Gaji yang besar sangat sebanding dengan bidang ilmu yang cukup berat dan beresiko.