Analisa Peluang Usaha Bengkel Motor 2020 (Perhitungan Modal dan Keuntungan)

Analisa Peluang Usaha Bengkel Motor 2020 (Perhitungan Modal dan Keuntungan) -- Usaha Bengkel Motor ; Peluang, Tips Sukses, Rincian / Analisa Modal dan Keuntungan, Peluang Usaha Bengkel Motor serta Analisa Modal dan Keuntungannya, Modal Awal Membuka Usaha Bengkel Motor, Analisa Modal Usaha Bengkel, Analisa Untung Rugi Usaha Bengkel, Peluang Usaha Bengkel Motor dan Analisa Usahanya, Analisa Bisnis Bengkel Mobil - Motor & Sparepart dengan Modal Kecil, Cara Memulai Usaha Bengkel Motor, Rincian Modal Usaha Bengkel Motor, Analisa Usaha Toko Spare Part Motor, Analisa Bisnis Bengkel, Tips Memulai Usaha Bengkel Motor. 

https://www.lokerpns.web.id/

Analisa Peluang Usaha Bengkel Motor (Perhitungan Modal dan Keuntungan) -- Usaha Bengkel Motor bisa menjadi solusi bagi Anda yang memang ingin menekuni usaha ini sebelum Anda benar - benar terjun ke dalam usaha bengkel motor.  

Penjualan motor kian hari kian pesat nampaknya berbanding lurus dengan tingkat permintaan dan daya beli masyarakat yang memang selalu ingin membeli motor keluaran terbaru karena harganya yang terjangkau.

Harga yang murah dan model yang kekinian membuat banyak orang selalu ingin membeli motor keluaran terbaru. Anda jangan kaget jika banyak masyarakat kita saat ini yang memiliki lebih dari satu motor dalam satu rumah.

Bahkan menurut beberapa survey yang pernah dilakukan untuk beberapa kota besar yang ada di Indonesia. Tingkat penjualan motor di setiap dealer selalu mengalami peningkatan penjualan motor setiap tahunnya. 

Banyaknya kendaraan bermotor yang ada nampaknya bisa memunculkan peluang usaha baru yakni usaha bengkel motor yang mana menawarkan jasa service motor serta pejualan spart part motor yang mana akan banyak dibutuhkan oleh para pemilik motor.

Sudahkah Anda membayangkan akan segmen pasar yang terbentuk secara alamiah jika Anda memang bisa menangkap peluang usaha bengkel yang tentunya bisa Anda geluti untuk mendapatkan penghasilan baru.

Banyaknya pemilik motor yang ada tentunya membutuhkan tempat service motor dan juga tempat penjualan aksesoris motor serta bengkel yang memang bisa memberikan semua kebutuhan yang dibutuhkan untuk motor.

Mendirikan bengkel motor sendiri tidak membutuhkan tempat yang luas dan juga peralatan yang lengkap. Semua peralatan itu bisa Anda lengkapi seiring berjalannya waktu sedikit demi sedikit. 

Bahkan untuk Anda yang tidak memiliki kemampuan dalam bidang otomotif pun bisa mendirikan bengkel motor dengan merekrut para mekanik yang handal dan memiliki kemampuan mumpuni di bindang otomotif.

Kebutuhan akan mekanik yang handal inipun juga didukung dengan hadirnya sekolah SMK Tehnik Otomotif yang mana banyak meluluskan siswa dan siswi yang memiliki kemampuan khusus di bidang otomotif serta siap terjun ke dunia kerja

Sekolah SMK Tehnik Otomotif pun saat ini menjadi salah satu sekolah favorit karena memang mencetak siswa dan siswi yang siap terjun ke dunia kerja. Hal ini pula lah yang membuat banyak orang tua yang juga memiliki cita – cita anaknya bisa sekolah di SMK.

Banyaknya lulusan SMK ini juga semakin meramaikan semangat untuk memiliki jiwa pengusaha karena banyak pula lulusan SMK yang juga mendirikan bengkel motor sendiri selepas lulus dari bangku sekolah.

Ada pula beberapa alasan dasar yang melatar belakangi kenapa banyak siswa atau siswi yang sekolah SMK salah satunya cita-citanya ialah ingin segera memiliki sebuah pekerjaan seperti memiliki bengkel motor.

Hal ini pun dilirik oleh para dealer untuk melakukan kerja sama dengan beberapa sekolah SMK untuk merekrut lulusan SMK untuk di pekerjakan di dealer motor resmi yang memiliki kerja sama dari pihak pabrikan motor.

Pihak pabrikan juga mulai melirik pasar otomotif ini dengan mendirikan bengkel resmi disetiap kecamatan, kabupaten serta provinsi yang mana bisa juga dikelolah oleh orang yang memang  ingin mendirikan usaha bengkel. 

A. Tips Sukses Mendirikan Bengkel Motor

Besarnya peluang usaha bengkel ini bisa juga menjadi salah satu jalan Anda menuju kemapanan secara ekonomi tetapi bisa juga menjadi boomerang bagi Anda jika tidak cermat dan teliti dalam mendirikan bengkel motor. 

Untuk itu penulis akan membagikan beberapa tips jitu dalam mendirikan bengkel motor yang bisa Anda jadikan acuan dasar sebelum memantapkan niat mengeluti usaha bengkel motor untuk pekerjaan utama.

1. Lokasi Bengkel Motor 

Sudah bukan rahasia lagi jika menentukan lokasi usaha itu adalah kunci suksesnya para penggusaha yang sudah menghasilkan uang ratusan juta tiap bulannya. Untuk itu Anda bisa memulai untuk melakukan survey secara mendalam dan perhitungan yang matang sebelum menetukan sebuah lokasi Bengkel Motor.

Karena semakin strategisnya lokasi bengkel motor maka akan berbanding lurus dengan uang yang akan didapkan tiap bulannya. Untuk itulah terkadang ada tempat yang memiliki lokasi strategis disewakan dengan harga yang mahal karena si pemilik tau jika tempatnya strategis dan bisa menghasilkan uang banyak jika dibuat tempat usaha bengkel.

2. Survey Kompetitor Bengkel Motor

Survey kompetitor ini harus Anda lakukan sebelum penentuan lokasi benkel motor. Survey ini nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda untuk bisa menghitung berapa banyak konsumen yang akan datang ke bengkel motor Anda.

Untuk sebuah bengkel motor baru tentu membutuhkan beberapa treatment khusus untuk menari para pelanggan dan memberikan rasa percaya pada mereka untuk bisa datang kembali ke bengkel.

Dengan hasil survey ini pula Anda bisa menjaga jarak aman dari kompetitor Anda sehingga menciptakan sebuah pesaingan usaha bengkel motor yang sehat dan tidak saling menjatuhkan satu sama lain.

3. Tentukan Target Konsumen Bengkel Motor

Penentuan target konsumen ini sangat penting karena dengan target konsumen ini nantinya Anda bisa mematok harga service motor serta berbagai macam ornamen / produk untuk motor itu sendiri.

Penentuan harga ini nantinya juga akan mempengaruhi jumlah uang yang masuk setiap bulannya kerekening Anda. Serta bisa sebagai modal untuk pengembangan bengkel untuk lebih baik dari konsep awal pertama kali bengkel berdiri.

Kenapa harus ada pengembangan? Jawabanya karena teknologi motor dari pabrikan juga terus mengalami upgrade sistem yang mana pihak bengkel harus bisa dan mampu jika melakukan service terhadap motor keluaran terbaru.

Sehingga peluang usaha bengkel akan tetap ramai karena semua jenis motor bisa dilayani dengan baik. Meskipun itu motor keluaran lama dan motor keluaran terbaru tetap bisa di berikan pelayanan terbaik.

Jika bisa melakukan hal ini maka jangan kaget jika nantinya bengkel motor yang Anda rintis bisa menjadi bengkel resmi dari pabrikan motor yang mana bisa membuat bengkel semakin ramai dan mampu bersaing dengan bengkel – bengkel yang sudah lama berdiri. 

4. Penentuan Nama Bengkel Motor

Tips mendirikan bengkel motor yang ke-empat ialah penentuan nama bengkel motor. Nama bengkel ini juga sangat penting karena dengan nama yang bengkel yang bagus maka konsumen akan lebih mudah mengingat bengkel motor Anda.

Usahakan untuk membuat nama bengkel yang mudah diingat oleh calon pelanggan bengkel Anda. Anda juga harus perhatikan saat pemilihan nama bengkel motor harus ada perwakilan kata dari hal – hal yang terkait dengan dunia otomotif.

5. Seragam Pegawai Bengkel Motor

Penggunaan seragam untuk pegawai bengkel motor ini memiliki fungsi media promosi kepada calon pelanggan kita nantinya. Usahakan membuat seragam motor dengan komposisi warna yang menarik serta memiliki ciri khas tersendiri.

Pada setiap seragam jangan lupa untuk Anda cantumkan nama bengkel motor Anda dengan tulisan yang mudah dibaca agar bisa menancap di pikiran setiap konsumen yang membacanya.

Dengan memakai seragam bengkel ini juga bisa menambah rasa percaya diri dan rasa bangga dari para pegawai bengkel karena bisa menjadi pegawai dari bengkel motor yang Anda miliki.

Itulah 5 tips dalam mendirikan bengkel motor yang bisa Anda jadikan rujukan sebelum Anda benar – benar serius menekuni peluang usaha bengkel untuk Anda jadikan sebagai pekerjaan utama.

B. Rincian / Analisa Modal Usaha Bengkel Motor

Setiap usaha tentu membutuhkan modal, modal sendiri tidak hanya modal uang saja tetapi juga modal waktu, modal tenaga dan modal pikiran untuk memulai dan menjalankan bengkel motor.

Rincian Modal Awal Bengkel Motor

1. Sewa Lahan / Renovasi
  • Sewa lahan : Rp. 30.000.000
  • Renovasi : Rp. 20.000.000

Total Modal : Rp. 50.000.000

NB : Modal yang dikeluarkan disini bisa lebih murah jika Anda sudah memiliki lahan sendiri sehingga tidak lagi mengeluarkan dana untuk menyewa lokasi bengkel motor yang akan Anda rintis nantinya.

Anda juga tidak akan dipusingkan dengan biaya sewa lahan / ruko yang akan naik tiap tahunnya dari si pemilik lahan. Sehingga Anda pun tidak perlu untuk menaikan biaya ongkos service motor kepada para pelanggan bengkel motor.

2. Belanja Alat Untuk Keperluan Operasional Bengkel Motor
  1. 1 set kunci pas: Rp 450.000
  2. Kompresor udara: Rp 1.500.000
  3. Gerinda duduk: Rp 200.000
  4. Kunci bintang: Rp 50.000
  5. Kunci dan tangkai shok: Rp 200.000
  6. 1 set kunci L: Rp 185.000
  7. Palu besi dan karet: Rp 150.000
  8. Pahat: Rp 25.000
  9. 1 set kunci T: Rp 200.000
  10. 1 set kunci Y cabang 3: Rp 60.000
  11. 1 set kunci pas ring: Rp 550.000
  12. 1 set kunci ring: Rp 200.000
  13. Kunci Inggris 45mm: Rp 150.000
  14. Kunci busi motor bebek 3 jenis: Rp 100.000
  15. 1 set obeng minus dan plus: Rp 120.000
  16. Gergaji besi: Rp 75.000
  17. Ragum: Rp 500.000
  18. Obeng ketok: Rp 150.000
  19. Tang jepit, potong, buaya, sklip buka dan sklip tutup: Rp 200.000
  20. Tang steel: Rp 120.000
  21. Gerinda tangan: Rp 500.000
  22. Bor tangan: Rp 400.000

Total: Rp 6.085.000

NB : Untuk belanja alat untuk keperluan operasional bengkel motor ini akan bervariasi karena harga peralatan pasti akan perubahan di setiap kota tempat Anda tinggal. Harga yang kami informasikan adalah harga alat belanja alat untuk keperluan operasional bengkel motor pada saat artikel ini dibuat. 

Anda juga bisa dapat menambahkan atau mengurangi jumlah alat yang harus Anda beli. Semua kembali kepada kemampuan modal yang Anda miliki, karena ini bisa Anda beli secara bertahap tidak harus langsung beli secara lengkap.

3. Biaya Operasional Bengkel Motor
  1. Listrik : Rp. 300.000
  2. Air : Rp. 50.000
  3. Mekanik : Rp. 3.500.000
  4. Admin : Rp. 2000.000
  5. Biaya lain – lain : Rp. 1.000.000
Total : Rp. 6.850.000

NB : Pasti Anda akan berfikir cukup besar ya biaya operasional saja bisa Rp. 6.850.000. Biaya yang mahal tersebut bisa dipangkas jika Anda mau terjun sendiri sebagai mekanik dan sekaligus merangkap sebagai Admin.

Nanti jika bengkel motor yang Anda rintis sudah mendapatkan banyak pelanggan dan pemasukan yang dirasa cukup maka tidak ada salahnya Anda mulai merekrut mekanik dan Admin.

Untuk merekrut Admin usahakan untuk orang yang bisa Anda percaya karena ini berkaitan dengan uang. Sudah bukan rahasia lagi jika banyak oknum Admin yang curang sehingga mengelapkan uang bengkel.

Ada baiknya Anda merekrut Admin dari orang terdekat Anda semisal Anak, Istri atau bisa juga saudara kandung. Dengan demikian Anda tidak perlu was – was akan keuangan yang ada di Bengkel.

4. Total Modal Awal : Rp. 62.935.000

Modal yang besar ini masih bisa Anda perkecil dengan mengurangi beberapa item yang di sebutkan dalam artikel. Anda bisa mendahulukan item apa yang harus dibeli lebih dulu dan mana yang bisa menyusul kemudian sehingga bisa menekan modal awal yang besar.

C. Keuntungan yang Didapatkan dari Usaha Bengkel Motor

Setiap orang mau buka usaha pasti akan memikirkan berapa keuntungan yang bisa didapatkan dari sebuah usaha yang dia rintis. Pertanyaannya berapa sih keuntungan yang bisa didapatkan dari bengkel motor? Kali ini penulis akan memberikan rincian keuntungan yang bisa didapatkannya sebagai berikut : 

Keuntungan dari bengkel motor ini bisa dihitung dari besarnya biaya jasa service yang Anda tetapkan tentunya. Seperti pada contoh berikut dibawah ini merupakan harga jasa yang bisa Anda jadika acuan

1. Harga Jasa Service Motor non-bebek 250 cc ke atas
  • Servis ringan: Rp 150.000
  • Servis berat: Rp 260.000

2. Harga Jasa Service Motor non-bebek 250 cc
  • Servis ringan: Rp 100.000
  • Servis berat: Rp 210.000

3. Harga Jasa Service Motor bebek
  • Servis ringan: Rp 40.000
  • Servis berat: Rp 150.000

4. Harga Jasa Service Motor non-bebek di bawah 250 cc
  • Servis ringan: Rp 60.000
  • Servis berat: Rp 170.000

NB : Harga yang penulis berikan bisa saja tidak sama di setiap daerah tempat Anda tinggal. Perlu diingat harga yang dicantumkan diatas adalah hanya harga jasa service motor saja. Jadi Anda masih bisa menambah penghasilan dari lainnya seperti jualan spart part motor dan pernak pernik yang berhubungan dengan motor.

D. Prediksi Laba yang didapatkan dari Usaha Bengkel Motor

2 pelanggan servis berat motor non-bebek 210.000 x 2 = Rp 420.000

2 pelanggan servis ringan motor bebek: Rp 40.000 x 2 = Rp 80.000

1 pelanggan servis berat motor bebek: Rp 150.000 x 1 = Rp 150.000

Keuntungan penjualan bengkel motor untuk sparepart dan pelumas dalam sehari = Rp 100.000

Total pendapatan kotor bengkel motor dalam sehari = Rp 750.000

Dalam waktu 24 hari pendapatan kotor bengkel motor = 750.000 x 24 = Rp 18.000.000

LBS = O - BO = Rp 18.000.000 - Rp Rp. 6.850.000 = Rp 11.150.000

LBS x 12 Bulan = Rp. 11.150.000 x 12 =  Rp. 133.800.000

Keterangan :
  • LBS : Laba Bersih Sebulan
  • O : Omset
  • BO : Biaya Operasional

Maka keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari usaha bengkel motor selama setahun adalah Rp. 133.800.000. Tetapi ini semua bisa Anda dapatkan jika pelanggan bengkel Anda ramai setiap hari dan konsisten mendapatkan omset Rp 750.000 dalam sehari.

Itukan hanya hitungan kotor yang tidak sesuai dengan kenyataan! Jangan putus asa dulu sebelum mencoba karena gagal adalah langkah awal Anda menuju sukses di suatu bidang yang Anda rintis. 
Demikianlah uraia dari artikel yang berjudul Analisa Peluang Usaha Bengkel Motor (Perhitungan Modal dan Keuntungan). Semoga bermanfaat untuk anda semua terutama yang berminat membuka usaha bengkel motor, Serta bisa menjadi motivasi baru dan inspirasi buat Anda yang memang saat ini lagi mencari peluang usaha apa yang cocok dan cepat balik modal serta bisa mendatangkan keuntungan setiap harinya.