Daftar Usaha Waralaba 2020, serta Tips Sukses dan Cara Memulainya

Daftar Usaha / Bisnis Waralaba 2020, serta Tips Sukses dan Cara Memulainya -- Peluang Bisnis Waralaba dengan Modal Kecil yang Menguntungkan, Bisnis Waralaba Modal Kecil Untung Besar yang Mudah dijalankan, Peluang Bisnis Waralaba Modal Kecil Bidang Kuliner, Peluang Usaha Franchise yang Menguntungkan, Jenis Usaha Waralaba Dengan Modal Kecil, Peluang Usaha Waralaba Modal Kecil yang Menguntungkan, Macam-macam Usaha Franchise, Usaha Franchise Modal Kecil yang Menguntungkan, Daftar Usaha Waralaba Modal Kecil yang Menguntungkan.

https://www.lokerpns.web.id/

Bisnis waralaba dengan modal kecil didominasi oleh bisnis makanan dan minuman. Di jaman sekarang ini, siapa saja bisa memulai untuk berbisnis.

Siapa sih yang tidak ingin mendapat keuntungan?

Tentu semua orang ingin. Peluang usaha yang sedang tren adalah bisnis waralaba atau franchise. Bisa dilihat bisnis ini sedang menjamur di dunia wirausaha. Prosesnya pun mudah. Seseorang bisa jadi pengusaha dengan membayarkan modal sejumlah beberapa juta. 

Jika Anda ditanya, ingin mencoba bisnis apa, jawabannya adalah bisnis yang modalnya kecil, pengelolaan mudah, dan untungnya juga terus bertambah. Jawabannya, Anda bisa memulai dengan franchise atau waralaba.

Bisnis waralaba ini merupakan inovasi dalam bisnis. Dengan adanya teknologi, bisnis waralaba juga semakin berkembang. Berikut ini adalah pilihan bisnis waralaba dengan modal kecil yang bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin memulai berbisnis.

A. Daftar Usaha Waralaba dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

1. Rainbow Drink Aloha

Nama yang unik ini memang menjadi khas jadi suatu produk. Konsumen biasanya akan lebih tertarik dengan nama yang unik dan mengundang penasaran.

Bisnis waralaba bidang minuman ini bisa menjadi referensi bisnis modal kecil dan menguntungkan. Pembeli bisa mencampur sendiri berbagai warna yang disediakan. Boleh juga pembeli request warna yang diinginkan. Bentuk dari minuman ini sama seperti ice cone hanya saja bentuknya lebih cair.

2. Donat Bakar

Biasanya Anda melihat donat hanya diberi taburan mesis seres, keju, coklat dan aksesoris lainya yang menambah cita rasa dan juga daya tarik. Tapi, bisnis waralaba ini sangatlah berbeda dengan bisnis donat lainnya.

Kenapa? Donat ini dibakar!

Pernahkah Anda mencobanya? Untuk itu makanan jenis ini menjadi ide kreatif untuk memulai usaha waralaba.

Waralaba kudapan ringan donat bakar ini bisa diperoleh dengan investasi modal mulai dari Rp 7,5 juta hingga Rp 9,3 juta. Kini sajian donat bakar ada 42 varian rasa.

Usaha ini dikenal di berbagai kota di Indonesia dan memiliki 66 cabang. Di antaranya ada 3 outlet yang merupakan milik sendiri dan sisanya 63 outlet adalah milik mitra usahanya. 

3. Bowl Ice Cream

Ice Cream Bowl merupakan usaha franchise yang berasal dari Yogyakarta. Menu yang disajikan adalam es krim gelato dengan berbagai aneka rasa.

Besar investasi awal yang dikenakan mulai Rp 6 Juta hingga Rp 16,5 juta. Bergabung dengan bisnis waralaba dengan modal kecil ini, mitra akan diberikan: 
  • Bahan-bahan es krimnya, 
  • 1 unit gerobak, 
  • Peralatan lengkap (mixer, box es, es pack, centong es krim, tempat es krim, dll),
  • Bahan pembuat es krim (bubuk es krim) beserta conennya, 
  • Topping, 
  • Seragam karyawan, 
  • Sarana promosi, dan 
  • Quality control serta maintenance

Untuk balik modal, Bowl Ice Cream mengklaim mitra bisa balik modal dalam waktu 2-3 bulan dengan syarat bisa menjual lebih dari 60-85 es krim per harinya. Untuk laba kotor yang dapat dikantongi pengusaha mulai dari Rp 4 juta hingga Rp 6 juta selama 1 bulan.

4. Semerbak Coffee

Bisnis waralaba dengan modal kecil selanjutnya adalah bisnis minuman kopi. Kopi biasanya hubungannya dengan tempat nongkrong, ngobrol santai ataupun rapat di malam hari. Bisnis kopi ini bisa menjadi bisnis yang menggiurkan lho.

Jika Anda di tempat strategis tentunya banyak pelanggan yang akan berdatangan. Untuk memulai bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang besar cukup dengan 4-5 juta saja Anda bisa langsung memulainya.

Pasar bisnis waralaba dengan modal kecil ini akan menghasilkan keuntungan besar dengan tampilan lebih modern. Wadah kopi yang lebih mudah digenggam dan terlihat berkelas serta rasa kopi yang nikmat dengan pilihan dingin atau panas akan menarik minat konsumen. 

5. Martabak Mini Africa ‘Waka-Waka’

Martabak merupakan makanan yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Jajanan asli masyarakat Indonesia yang banyak menyebutnya terang bulan ini kini telah banyak dikreasikan.

Jika dulu hanya ada martabak manis, keju dan kacang saja, kini varian rasanya mulai beragam. Ada martabak durian, martabak red velvet, ketan, dan lain sebagainya. Begitupun juga dengan topingnya, serta ukuran martabaknya.

Martabak Mini Africa “Waka Waka” adalah bisnis waralaba dengan modal kecil yang menawarkan produk jajanan martabak dengan varian rasa yang banyak. Sesuai dengan namanya, martabak ini berukuran mini dan uniknya lagi topingnya dibuat lebih menarik.

Investasi modal untuk bergabung dengan waralaba Martabak mini Africa ‘Waka Waka’ berkisar dari Rp 6 juta sampai Rp 11 juta, dengan estimasi balik modal selama 1 bulan.

6. Mosco Blend

Bisnis waralaba dengan modal kecil selanjutnya adalah MOSCO. Ini merupakan usaha kemitraan yang menawarkan produk minuman ice blend.

Satu yang menarik dari usaha waralaba ini, Moscoblend telah mendapatkan penghargaan Franchise Startup Award. 

Ada 3 paket kerja sama waralaba yang bisa ditawarkan oleh Mosco, yaitu paket tanpa booth, paket booth indoor, dan paket booth outdoor.

Kisaran biaya investasi awalnya mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 10 juta. Kini sekitar 300 mitra di berbagai daerah di Indonesia telah bergabung sebagai bagian dari Mosco Blend. Dengan perkiraan balik modal tergantung investasi dan pemasaran sekitar 2 sampai 3 bulan.

Untuk di sekitar sekolah, Mosco memperkirakan mitra bisa menjual sekitar 50 cup per hari dengan harga satuan Rp 6.500. Maka untuk satu bulan penghasilan kotor yang didapatkan Rp 9.750.000. Sementara laba bersih yang bisa diperoleh sekitar 3,2 juta. Itu sudah dipotong dengan biaya operasional

7. Franchise Seblak

Ada beberapa alasan mengapa bisnis waralaba dengan modal kecil berupa usaha seblak mulai menjamur di masa sekarang ini. Alasan itu adalah sebagai berikut:

a. Modal Kecil dan Cepat Kembali

Dengan investasi modal sekitar 3,4 juta, Anda akan mendapatkan semua peralatan dan perlengkapan berikut dengan bahan baku awal untuk mengoperasikan bisnis ini.

Karena peluang bisnis seblak sangatlah tinggi, diperkirakan Anda bisa menutup modal tersebut setelah menjalankan bisnis hingga 3 bulan lamanya. Setelah modal sudah tertutup, maka Anda bisa membeli gerai waralaba seblak lagi.

b. Pasar Besar

Sebuah peluang dikatakan besar karena jumlah pasar yang besar. Jumlah pasar dilihat dari siapa konsumennya. Seblak merupakan kudapan yang disukai hampir masyarakat Indonesia di berbagai daerah.

Seblak dengan level tingkat kepedasan dari yang rendah hingga tinggi akan menarik minat terutama para pecinta makanan pedas. Di sini Anda bisa melihat potensi bisnis waralaba dengan modal kecil ini memang besar.

c. Bahan Baku Mudah

Tentu, bukan merupakan peluang usaha seblak jika bahan baku seblak tidak mudah ditemui. Bahan baku seblak bisa dibeli di pasar atau jika Anda bergabung dengan sebuah franchise, maka mereka akan mengirimkan berbagai bahan baku yang terjaga kualitasnya agar rasa dan aroma seblak yang Anda buat juga terjaga kualitasnya.

Dari sini juga Anda bisa melihat bisnis ini memang memiliki peluang yang menggiurkan karena Anda tidak akan kehabisan bahan baku.

d. Pemasaran Mudah

Anda bisa melakukan pemasaran yang mudah untuk menjalankan bisnis ini. Anda sudah bisa menarik pelanggan untuk mencoba seblak Anda dengan tampilan gerai yang unik dan membuat penasaran.

Beruntungnya, ketika Anda membeli franchise seblak, Anda akan memiliki gerai yang memiliki tampilan menarik perhatian pelanggan. Anda tinggal memilih tempat yang strategis untuk menjalankan bisnis ini.

8. Mie Goreng Umihantsa

Bisnis franchise Mie Goreng Umihantsa sudah memiliki pengalaman selama 8 tahun dan sudah bersertifikat halal sebagai penghasil mie mentah alami tanpa bahan kimia maupun pengawet.

Umihantsa membuka kesempatan bagi siapapun yang ingin menjadi distributor, reseller, ataupun agen produk mie goreng buatan mereka. Anda tidak hanya bisa jadi distributor saja. Jika Anda ingin membuka sebuah warung mie goreng, Umihantsa ini bisa menjadi pemasok utama Anda.

Untuk paket investasi Umihantsa mematok mulai dari Rp 8 juta, adapun fasilitas yang didapatkan oleh mitra adalah freezer, motor bag, produk mie umihantsa, media pemasaran (spanduk, brosur, kartu nama dan internet marketing).

Sedangkan, mengenai perkiraan profit yang akan didapatkan oleh pengusaha bisa mencapai Rp 6 juta perbulan dengan estimasi penjualan produk sebanyak 800 bungkus mie goreng Umihantsa.

9. Galaxy Pertamini

Selain bisnis waralaba dengan modal kecil bertema makanan, ada juga bisnis lainnya yang sedang tren, yaitu Pertamini.

Pertamina mini atau pom bensin mini sudah mulai menjamur di Jakarta. Bisnis ini ternyata juga ada waralabanya loh, adalah Galaxy Pertamini pelopor usaha waralaba pom bensin mini berlokasi di Depok, Jawa Barat. Ada 4 macam paket pom bensin mini yang ditawarkan Galaxy mini, yaitu Bima, Fit, Nova, dan Orion. 

Perbedaan antara keempat paket tersebut adalah booth dan juga mesin pom bensinnya. Sementara, untuk biaya yang diperlukan mulai dari Rp 9.7 juta hingga Rp 20 jt. Kini Galaxy Pertamini telah memiliki 200 mitra di beberapa wilayah di Indonesia.

B. Tips Sukses Usaha Bisnis Waralaba dengan Modal Kecil

1. Pilih Waralaba yang Mudah Dijalankan

Hal pertama yang wajib Anda lakukan ialah mencari usaha waralaba yang mudah untuk digeluti, karena sebagai pemula memulai suatu hal harus dari yang mudah dulu baru bisa menjalankan yang rumit.

Usaha waralaba yang mudah ialah usaha waralaba yang tidak terlalu menyita waktu dan pikiran. Pastikan waralaba tersebut bersifat mudah dan praktis untuk dioperasikan.

2. Pilih Waralaba dengan Harga Produk Terjangkau

Faktor harga cukup penting dalam sebuah bisnis, harga yang terjangkau dengan kualitas prima tentunya menjadi primadona di mata konsumen. Nah, Anda harus mencari usaha waralaba yang mana produknya cukup murah dan terjangkau oleh semua kalangan.

3. Pilih Waralaba Yang Banyak Dicari Konsumen

Jika suatu jenis produk atau barang disukai banyak orang, tentunya hal tersebut cukup bagus untuk berbisnis. Usaha waralaba yang paling dicari konsumen untuk saat ini ialah usaha waralaba kuliner. Hampir di setiap sudut kota pasti ada saja usaha kuliner ini.

Nah supaya bisa mengetahui minat konsumen tentu Anda harus melakukan pengamatan atau survei dengan cara melihat langsung usaha franchise yang akan Anda jalankan.

4. Pilih Waralaba Dengan Pelayanan yang Baik

Anda harus pintar memilih sebuah merek dagang. Bergabung lah dengan pemilik waralaba yang memberikan pelayanan prima, seperti garansi produk atau barang, pelayanan atau informasi kepada Anda, pelatihan atau kursus dan lain sebagainya yang masih berkaitan dengan usaha waralaba.

5. Perhatikan Kualitas Produk Anda

Akan sangat konyol ketika Anda begitu konsentrasi pada pengembangan waralaba modal kecil Anda, namun kemudian aspek produk menjadi terabaikan. Hindari kejadian seperti kekurangan stok, produk menurun kualitasnya dan sebagainya. Apalagi kalau Anda sampai tidak bisa menjaga kontinuitas kualitas. 

Seharusnya apa yang Anda produksi hari ini akan sama dengan apa yang Anda produksi besok dan lusa. Setidaknya itu adalah prinsip dari produk dalam sistem waralaba.

Pertimbangkan pula ketika menerima franchise yang berjarak jauh dari Anda mengenai bagaimana memastikan produk sampai di tangan mereka dengan kualitas produk yang tetap terjaga.

C. Cara Memulai Bisnis Waralaba dengan Modal Kecil Sendiri

1. Ide yang Fresh

Untuk bisa memunculkan ide kreatif Anda harus mengikuti perkembangan zaman. Kemajuan teknologi ini bisa Anda manfaatkan untuk mencari dengan kreatif. Berpikirlah menuju ke depan, dengan berfikir yang dinamis dan terarah ide kreatif bisa saja muncul.

Dengan ide kreatif Anda bisa memanfaatkan camilan yang biasa menjadi camilan yang “wah” dan menarik para pelanggan.

Ide kreatif bisa dimulai dari “nama”. Kebanyakan orang mengingat suatu produk ataupun jasa dari namanya. Baru setelah itu kualitasnya. Nama memang menjadi pengaruh yang sangat besar untuk berbagai produk. Nama yang unik akan menjadikan konsumen penasaran dengan namanya apalagi jika makanan, ingin mencoba menikmatinya. 

Setelah Anda menemukan nama yang cocok untuk bisnis waralaba Anda, langkah selanjutnya yaitu memunculkan ide menu yang disajikan. Ide tersebut bisa muncul dari nama yang sudah disajikan.

Konsep menu yang disajikan juga sebisa mungkin menarik para pelanggan. Semakin unik suatu menu semakin bagus dan menarik para pelanggan. Untuk itu Anda bisa suskes menjalani bisnis waralaba memulai dengan ide kreatif nama dan juga menu yang disajikan.

2. Packaging yang Menarik

Selain nama yang sangat penting, tempat makanan atau packaging juga tidak kalah pentingnya. Jika nama yang disajikan menarik tapi packagingnya biasa saja, ya sama saja. Kebanyakan orang lebih melihat tampilan luar yang disajikan. Kebanyakan orang juga lebih penasaran dengan melihat packing yang disajikan.

Walaupun membuat bisnis waralaba dengan modal kecil, packaging yang dibuat haruslah mengikuti alur zaman, packing harus terlihat keren dan menarik untuk dilihat. Packaging yang menarik bisa dilihat dari design yang di tampilkan. Dunia grafis memang selalu menjadi pendukung untuk mempromosikan berbagai jenis produk, baik makanan, minuman bahkan jasa.

3. Keadaaan Pasar

Setelah Anda berhasil untuk menentukan nama dan juga menu, selanjutnya yaitu keadaan pasar yang akan dijadikan sebagai ladang untuk mencari konsumen. Perlu mengetahui keadaan cuaca, suasana, dan juga musim itu penting. Misalnya saja usaha ojek payung, akan sangat cocok untuk musim penghujan. 

Jika Anda memulai bisnis waralaba sebaiknya pilihlah yang tidak pernah mati gaya oleh iklim, cuaca, suasana dan tren yang berkembang. Hal tersebut bisa menjadikan Anda tidak terfokus dengan satu usaha, tapi justru bergontai-ganti usaha. Padahal fokus dalam suatu usaha ini sangat dibutuhkan untuk mencapai suatu kesuksesan.

Demikian tadi cara yang bisa Anda lakukan untuk mencapai bisnis waralaba dengan modal kecil dan mendapat keuntungan yang besar. Jangan pernah takut untuk memulai usaha. Kesuksesan yang nantinya didapatkan tergantung dari pelakunya. Memulai usaha waralaba memang membutuhkan kesiapan fisik dan mental, perlu perencanaan yang matang sebelum benar-benar terjun ke dunia usaha waralaba. 

Itulah uraian mengenai Daftar Usaha Waralaba, serta Tips Sukses dan Cara Memulainya. Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih telah membaca artikel ini dan silahkan baca artikel lainnya di blog ini. Jangan lupa pula untuk like dan share artikel ini pada teman anda.