Analisa Peluang Bisnis Jual Beli Barang Bekas 2020 (Modal & Keuntungan), serta Tips Sukses

Analisa Peluang Bisnis Jual Beli Barang Bekas 2020 (Modal & Keuntungan), serta Tips Sukses -- Peluang Bisnis Jual Beli Barang Bekas, beserta Analisa Modal dan Keuntungannya,  Peluang Usaha Jual Beli Barang Bekas Layak Pakai, Analisa Modal Jual Beli Barang Bekas Layak Pakai, Keuntungan Jual Beli Barang Bekas (Rongsokan), Peluang Usaha Jual Beli Barang Bekas Menguntungkan, Peluang Bisnis Jual Beli Barang Bekas Modal Kecil yang Menguntungkan, Peluang Usaha Jual Beli Barang Bekas Beromzet Jutaan, Tips Sukses Berbisnis Jual Beli Barang Bekas.

https://www.lokerpns.web.id/

Peluang Usaha Jual Beli Barang Bekas masih sangat diminati dan memiliki prospek kerja yang baik. Dengan faktor, motivasi atau alasan yang berbeda-beda, tidak sedikit orang yang suka membeli barang-barang bekas. Karena harganya relatif murah, umumnya orang mau membeli barang bekas. Ada tiga pihak yang berkecimpung dalam usaha jual-beli barang bekas.

Yang menjual barang miliknya merupakan pihak pertama, yang membuka usaha jual beli barang adalah pihak kedua dan konsumen pembeli barang adalah pihak ketiga. Seseorang atau suatu pihak mau melepaskan atau menjual barang-barang miliknya, termasuk barang kesayangan, kepada pihak lain disebabkan oleh beragam faktor, motivasi atau alasan. Padahal barang-barang tersebut masih layak pakai.

A. Sumber Potensial Barang Bekas

Barang barang bekas memiliki harga yang sangat terjangkau sehingga mudah didapatkan. Dengan menjual barang-barang bekas anda yang sudah tak terpakai lagi, Anda bisa memulai usaha dengan modal kecil namun tetap menguntungkan. Berikan sedikit kreativitas dalam menjalankan bisnis menjual barang bekas.

Sumber-sumber potensial barang bekas yang bisa diambil dapat berasal dari orang yang mau pindah tempat kerja atau tempat tinggal ke daerah lain. Selebritis yang mau mengurangi atau menjual sebagian barang-barang koleksinya. Orang asing yang mau kembali ke negaranya, atau yang mau pindah tugas ke negara lain. Serta orang yang tengah dilanda krisis keuangan.

Jika ada selebritis yang meloakkan barangnya dan selebritis bersangkutan diidolakan banyak orang, maka peluang usaha barang bekas milik selebritas akan laku dengan harga tinggi. Banyak yang rela untuk melakukan apapun, termasuk untuk mengkoleksi barang-barang yang pernah dipakai oleh selebritis pujaannya. Meski diantaranya sudah termasuk barang antik atau lawas.

B. Contoh Simulasi Sederhana Analisa Usaha Jual Beli Barang Bekas

1. Perkiraan Modal

Modal yang Anda keluarkan untuk membeli berbagai jenis barang dagangan per bulan misalnya Rp 16 juta. Jumlah tersebut dari bulan ke bulan terus diputar. Anda juga sebaiknya menargetkan pendapatan minimal per bulan, misalnya Rp 26 juta, dengan laba kotor setidaknya Rp 11 juta. 

Perkiraan modal awal yang harus dikeluarkan :
  • Pembelian barang-barang bekas di awal = Rp. 15.000.000,-
  • Sewa Tempat (jika tidak punya tempat sendiri) = Rp. 15.000.000 ,- / tahun
  • Rak Toko = Rp. 4.000.000,-
  • Peralatan Toko = Rp. 3.000.000,-
  • Lain-lain = Rp. 1.000.000,- 

Jadi total modal awal = Rp. 38.000.000,-

Cukup besar memang modal awalnya, namun untuk selanjutnya anda hanya akan mengeluarkan modal untuk membeli barang-barang bekasnya saja, serta perpanjang sewa tempat untuk tahun berikutnya.

2. Perkiraan Pengeluaran Bulanan

Anda harus menjual barang bekas yang sudah Anda saring sebelumnya, jadi barang tersebut dapat diperjualbelikan. Koreksilah barang baik dari sisi merk, bahan produk, mutu buatan, tingkat kelayakan, pemakaian dan harganya. Macam-macam konsumen yang Anda temui beragam, mulai dari kelas atas, kelas menengah dan kelas bawah.

Komponan Biaya Perbulan :
  • Dua orang Karyawan @ Rp. 1.500.000,- = Rp. 3.000.000,-
  • Listrik dan telepon = Rp. 2.000.000,-
  • Pembelian barang-barang = Rp. 10.000.000,-
  • Lain-lain = Rp. 1.000.000,- 

Total pengeluaran per bulan = Rp. 16.000.000,-

Jual barang bekas tertentu misalnya hanya menjual pakaian, handphone, tablet, laptop, tas, sepatu, kacamata, celana jeans, sepeda motor, mobil, alat musik dan masih banyak lagi. Anda juga harus tetap memperhatikan kualitas barang bekas yang akan dijual. Karena pembeli pun akan memilih jika ingin membeli barang bekas dari Anda.

3. Perkiraan Keuntungan

Keuntungan yang bisa didapatkan tiap bulannya tentu berbeda-beda. Apalagi keuntungan dibulan pertama, biasanya belum sesuai harapan kita. Untuk bulan-bulan berikutnya, Anda sebaiknya menargetkan pendapatan minimal per bulan agar modal awal yang cukup besar ini bisa segera tertutupi dalam waktu cepat.

Dari pembelian barang-barang bekas Rp. 15.000.000,- pada saat pembelian pertama, dan Rp. 10.000.000,- saat pembelian berikutnya, keuntungan per bulan yang ditargetkan minimal 2 kali (2x) lipat dari modal. Misal dari modal Rp. 10.000,000, keuntungan yang didapat yaitu Rp. 20.000.000,- . Jika keuntungan yang ditargetkan tidak tercapai, keuntungan yang mendekati itu mungkin bisa tercapai.

C. Tips Sukses Membuka Usaha Barang Bekas Layak Pakai

1. Pilih barang bekas yang berkualitas dan dalam berburu anda harus teliti

Bersihkan dan diperbaiki barang bekas sebisa Anda agar saat dijual masih berfungsi atau tampilannya tidak begitu buruk. Barang yang dijual harus memiliki harga yang masuk akal dan sebisa mungkin kondisi terlihat prima. Supaya barang di toko Anda makin menarik orang untuk mampir, rajinlah berburu barang dagangan.

Mulai dengan mengumpulkan barang bekas, memilah-milah barang yang amsih layak dijual, dan mempersiapkan persediaan barang. Memperbaiki barang yang masih layak dan masih bisa diperbaiki. Siapkan tempat berjualan, usahakan ditempat yang banyak dilewati orang seperti di pinggir jalan utama. 

2. Jagalah kepercayaan pelanggan anda

Tidak ada orang yang merasa senang ketika dibohongi. Tentu orang akan marah dan kecewa, kepercayaan konsumen tidak terlepas dari kejujuran sang pemilik usaha. Kejujuran menjadi hal yang vital dalam bisnis perdagangan, terutama dalam menarik konsumen. Demi mengejar target, banyak pebisnis yang tidak jujur, tapi dalam kurun bertatun-tahun usahanya lama kelamaan akan merosot.

Pelayanan terhadap konsumen harus diperhatikan, karena banyak usahawan yang gulung tikar karena kurang memperdulikannya. Baik konsumen baru, konsumen lama, konsumen besar, maupun konsumen kelas kecil, dengan memberikan pelayanan yang maksimal, maka akan tercipta kepuasan konsumen. Loyalitas dari konsumen akan terwujud secara otomatis.

3. Pelaksanaan

Sediakanlah tempat yang layak untuk menaruh barang jualan supaya terlihat rapi dan bagus barang tersebut. Pilih barang yang dicari atau menjadi favorit konsumen. Letakkan barang dagangan misalnya dengan menggantungnya agar lebih mencolok. Siapkan karyawan untuk menjaga jika memang dibutuhkan. 

Lakukan promosi dan pemasaran yang unik, atau dengan promosi mulut ke mulut. Promosi sekaligus berjualan di situs jual beli secara online atau melalui sosial media. Bekerja sama dengan produsen yang membutuhkan barang bekas untuk daur ulang seperti kertas atau plastik.

D. Cara Menjual Barang Bekas agar Tetap Diminati oleh Pembeli

1. Tentukan Barang yang akan Dijual

Menentukan kategori barang bekas yang akan anda jual adalah trik yang pertama dalam bisnis jual beli barang bekas.Anda harus fokus pada satu kategori barang bekas yang akan anda jualuntuk memulai bisnis jual beli barang bekas. Misalnya perlengkapan otomotif, buku, perlengkapan otomotif, pakaian, alat-alat rumah tangga, dan bisa juga barang barang furniture.

Penentuan kategori akan membantu untuk menentukan segmentasi pasar,membantu anda untuk bisa lebih fokus serta ahli pada satu bidang sehingga punya strategi yang bisa anda jalankan.

2. Pelajari Rantai Bisnis Barang Bekas

Tentunya anda harus mengerti rantai bisnis barang bekas jika Anda akan memasuki proses bisnis barang bekas. Paham siapa yang akan memberikan barang bekas kepada anda. Bisnis anda tidak bertahan lama jika hanya mengandalkan barang bekas yang anda miliki. Agar bisnis anda tetap berjalan, maka anda perlu mencari pemasok.

Anda juga perlu tahu kemana saja anda akan menjual barang bekas, kalau anda memutuskan sebagai penampung berbagai barang bekas. Tergantung dari jenis barang bekas, apakah anda akan menjual lagi ke berbagai penjual atau menjual langsung kepada pembeli.

3. Tentukan Harga yang Layak 

Anda harus realistis pada harga yang anda berikan karena yang anda jual adalah barang bekas. Selayaknya menjual barang baru dengan harga mahal, Anda tak mungkin dan tak bisa menjual produk bekas dengan harga produk baru.

Harga yang miring merupakan standar harga yang seharusnya berlaku pada barang bekas meski kondisi barangnya hampir setara dengan barang baru. Harga ini termasuk harga yang masuk akal saat nantinya anda menawarkan barang tersebut ke konsumen.Harga miring bukanlah harga diskon atau harga promo, namun harga barang yang sudah mengalami penurunan fungsi.

4. Cek Kondisi Barang

Barang bekas yang kondisinya masih baik dan tentunya layak pakai, merupakanbarang bekas yang masih bisa dijual-belikan. Jika kondisi barang sudah tidak layak pakai, kemungkinan besar konsumen bisa mengurungkan niat untuk membeli. Anda harus mencantumkan kondisi yang cacat pada bagian barang tersebutjika memang barang bekas anda memiliki kecacatan. 

Perlu dilakukan sortir atau pemantauan barang bekas untuk dijual kepada pembeli. Memilah milah barang bekas berdasarkan jenis dan kualitasnya saat Anda membeli dari pemasok supaya nanti Anda tidak rugi. Lakukan pembersihan barang bekas sebelum dijual, barang yang bersih tentu akan memiliki nilai tambah di mata konsumen.

5. Foto Barang yang Sesuai

Agar tidak mengurangi kualitas foto saat diperbesar, hindari mengedit foto yang terlalu besar. Mencantumkan kondisi barang anda jika ada yang cacat pada bagian barang serta gunakan foto yang asli sesuai dengan barang yang akan anda jual. Sisipkankekurangan dari kondisi barang tersebut pada saat menuliskan deskripsi tentang barang bekas yang anda jual.

Guna menghindari komplain dan menjaga kepercayaan dari konsumen yang sudah membeli barang yang anda jual, tips ini sangat penting untuk diterapkan. Tak jarang banyak produk-produk yang dijual secara online, barang tersebut tidak sesuai dengan foto atau gambar yang dipajang oleh si penjualketika barang sudah diterima oleh konsumen. Anda harus memajang foto yang sesuai dengan kondisi barang bekas itu.

6. Promosikan Barang melalui Internet

Orang yang memiliki terlalu banyak barang yang sudah amat jarang dipakai biasanya menjual barang tersebut ke pasar loak. Daripada hanya menumpuk barang tersebut di rumah, lebih baik kepemilikan barang-barang itu dialihkan kepada pihak lain. 

Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan barang bekas tersebut. Melakukan promosi adalah tips terakhir dari bisnis jual beli barang bekas. Untuk mempromosikan dan menjual barang anda agar cepat laku, Anda bisa memanfaatkan internet. Tidak semudah seperti menjual barang-barang yang masih baru, yang anda jual adalah barang bekas.

Sosial media yang bisa digunakan seperti Instagram, Facebook, atau bisa juga melalui online shop yang khusus untuk menjual barang-barang bekas seperti OLX, Bukalapak, Jualo.com, Carrousel, dan lainnya. Tentunya Anda bisa menjual barang bekas anda dengan lebih mudah di era globalisasi ini.

Semakin banyak akun-akun yang menyediakan jasa jual beli baju, tas, dan sepatu bekas di Instagram saat ini. Agar barang anda cepat laku terjualmungkin anda juga bisa menitipkan barang anda untuk dijual di akun-akun jual beli barang bekas tersebut. Jangan lupa mencantumkan hastag (#) dengan kategori produk yang paling dicari oleh peminat barang-barang bekas jika anda menjual barang dagangan anda melalui internet.

E. Ide Usaha Barang Bekas Modal Kecil Untung Besar

1. Plastik / Bungkusan

Bisnis daur ulang sampah plastik, pasti sudah banyak orang mendengarnya. Plastik yang mempunyai nilai tambah biasanya berasal dari plastik sampah yang diolah kembali menjadi sesuatu yang berguna. Tas, dompet dan keranjang belanjaan merupakan contoh sampah plastik yang sudah didaur ulang. 

Bungkus kopi, sabun mandi, hingga detergen merupakan sampah plastik yang bisa Anda kumpulkan dan jual kembali. Atau bungkusan tersebut Anda kelola lagi, misalnya dijadikan satu lalu dijait sehingga terbentuklah sebuah tas yang unik dari sampah plastik. Ada juga dompet kreasi Anda yang bisa Anda jual ke customer dengan label daur ulang sampah plastik.

2. Tong Bekas

Berbagai mebel yang memiliki nilai tambah tinggi ternyata ada yang memanfaatkan tong-tong bekas yang sudah tak terpakai lagi. Dimulai dari sofa, meja, kursi, mini bar, hingga pot tanaman merupakan produk dengan bahan dasar tong bekas tekstil. Deretan mebel nan cantik bisa anda buat dari tong bekas.

Ide tersebut tak sengaja berasal dari pembeli yang datang ke Agung yang meraih gelar Sarjana Administrasi Bisnis dari Universitas Padjadjaran, tahun 2015 lalu.Tergantung kerumitan pengerjaan dan permintaan pembeli, pengerjaan produk umumnya berlangsung mulai dari satu hari sampai satu minggu.

Untuk kursi harga yang ditawarkan mulai dari Rp 175.000 dan untuk satu paket berupa meja dan 4 buah kursi hingga Rp 1,5 juta. Biasanya 4 kursi dan satu buah meja mini bar dari tong ditawarkan Agung dengan harga Rp 850.000. Jawa dan Kalimantan sudah menjadi pasar untuk penjualan produk Agung.

Sekitar 30 paket tong yang terdiri dari kursi dan meja berhasil dijual setiap bulannya. Agung memasarkan produk tong bekasnya dengan memanfaatkan layanan online hingga marketplace. Apakah Anda tertarik mengolah tong bekas menjadi sesuatu karya unik seperti Agung?

3. Kardus Sepatu

Setiap membeli sebuah sepatupasti menggunakan sebuah kardus untuk menjadi kotaknya, entah sepatu wanita, sekolah, atau sepatu kerja. Jika sudah dipakai biasanya kita membuang kardusnya, sebaiknya jika anda memulai bisnis jual barang bekas, hentikan membuang kardus tersebut. Karena Anda bisa mendapat rupiah dari situ.

Kardus sepatu tersebut bisa Anda sulap menjadi tempat makeup, tentu kardusnya menjadi sesuatu yang memiliki nilai tambah. Bisa juga mengubah kardus tersebut menjadi suatu handart dan Anda jual dengan nilai yang lebih tinggi daripada hanya dirongsokan.

4. Jual Beli Elektronik Bekas

Cukup banyak barang elektronik bekas yang bisa diperjualbelikan seperti smartphone, laptop, TV, dan lain-lain. Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk membuka bisnis barang bekas.


Jika Anda mampu memaksimalkan barang bekas menjadi sebuah usaha atau bisnis yang baik, barang bekas bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan bagi pemiliknya. Karena tidak selamanya barang bekas berarti barang yang tanpa manfaat dan tak bernilai. 

Keberadaan barang bekas layak pakai ini masih sangat diperhitungkan di Indonesia. Barang-barang bekas ini akan bisa digunakan kembali, dengan sedikit sentuhan kreativitas tentunya. Mereka yang berbisnis di bidang ini berpeluang besar untuk bisa memperoleh keuntungan yang berlipat-lipat, karena harga beli awal dari barang bekas cukup murah.

Buku baik pengetahuan maupun hiburan, berbagai jenis pakaian, tas hingga barang elektronik dan furniture merupakan barang-barang bekas yang bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada saat kita membelinya dari orang yang meloakan barang tersebut.

Karena risiko kerugian yang terbilang minim, maka keuntungan yang diperoleh dengan berbisnis secara online tentunya semakin membuka peluang besar untuk menarik pasar yang lebih besar.

Itulah di atas ulasan dari kami mengenai Peluang Bisnis Jual Beli Barang Bekas, beserta Analisa Modal dan Keuntungannya. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat baik untuk pembaca semua. Terima kasih telah meluangkan waktu anda, cukup sekian dan semoga sukses berbisnis.