Peluang Usaha untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Peluang Usaha untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil yang Menguntungkan -- Bisnis-Usaha Menjanjikan yang Cocok untuk Mahasiswa, Bisnis untuk Mahasiswa yang Menguntungkan dengan Modal Kecil, Bisnis Mahasiswa Tanpa Modal, Bisnis Anak Kuliah Modal Kecil, Bisnis untuk Mahasiswa Pemula, Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa, Bisnis Rumahan untuk Mahasiswa, Contoh Ide Peluang Usaha Mahasiswa Modal Kecil, Usaha Sampingan untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil

https://www.lokerpns.web.id/

Peluang Usaha untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil yang Menguntungkan tentunya selalu dicari bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan uang tambahan untuk biaya kuliah.

Seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua mahasiswa memiliki banyak uang untuk membiayai kuliah serta biaya hidupnya setiap hari. Apalagi jika jauh dari kedua orang tua. Oleh sebab itu melakukan usaha dengan modal kecilpun bisa dilakukan karena memang bisa menguntungkan bagi yang menjalankanya.

Lalu usaha seperti apa yang cocok bagi mahasiswa? Jika dilihat kegiatan para mahasiswa terbilang padat. Dari kegiatan organisasi, tugas- tugas dari dosen yang menumpuk, dan tugas-tugas lainya sebagai seorang mahasiswa.

Sebagai seorang mahasiswa memang dituntut bisa menjadi seorang yang kreatif. Kreatif dalam menimba ilmu dan juga kreatif dalam mencari peluang usaha untuk mendapatkan uang disela-sela kesibukanya menjadi mahasiswa.

Pada saat ini sudah banyak peluang usaha bagi mahasiswa. Apalagi di jaman yang teknologinya sudah berkembang seperti saat ini. Jadi ya gak ada kata yang tidak mungkin jika mau berusaha untuk menjadi terbaik? Iya kan? 

Menjadi mahasiswa jika ingin mendapatkan uang tambahan, jangan pernah merasa takut gak bisa atau bahkan bilang gak ada modal untuk memulai usaha karena dengan modal kecilpun Anda sebagai mahasiswa bisa mendapatkan keuntungan kok.

Oleh sebab itu, saat masa-masa kuliah merupakan salah satu waktu disaat Anda ingin memulai sebuah usaha sebelum menghadapi beberapa tantangan di dunia kerja setelah lulus kuliah.

Jadi, alangkah baiknya sudah mempersiapkan diri sejak awal. Sebenarnya mendapatkan peluang usaha saat kuliah bukan berarti hanya untuk mendapatkan uang tambahan saja, namun hal tersebut bisa dijadikan untuk modal serta pengalaman yang sudah didapatkan setelah lulus kuliah nanti.

Dengan begitu, jika sudah lulus kuliah tidak akan dipusingkan lagi dengan mencari pekerjaan dimana-mana karena sebelum lulus kuliah Anda sudah memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya menjalankan usaha.

Menjalankan usaha apapun, meskipun dengan modal kecil dan dilakukan dengan kesabaran serta semangat yang tinggi. Itu bisa menjadikan usaha yang Anda lakukan  menjadi besar.

Berikut beberapa peluang usaha yang cocok untuk dilakukan para mahasiswa dengan modal kecil tapi bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

A. Ide Peluang Usaha untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

1. Peluang Usaha Menjual Pulsa

Peluang usaha yang pertama yaitu dengan cara menjual pulsa elektrik. Menjual pulsa membutuhkan modal kecil karena tidak perlu tempat untuk menjual pulsa. Anda bisa menjualnya kepada teman-teman kuliah, teman kos dan bahkan teman sekitar Anda.

Selain mudah dilakukan, jika Anda lakukan dengan tekun tentunya bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan banyak. Namun Anda juga harus lebih berhati-hati jika ada yang berhutang pulsa pada Anda. Jika hal tersebut sering dilakukan teman Anda dan tidak membayar uang pulsanya, bisa jadi usaha Anda akan bangkrut.

Oleh sebab itu, Anda juga harus bisa memilah-milah customer mana yang bisa Anda beri hutangan dan mana yang tidak. Jadi sebelum memulai usaha, apa salahnya memperhitungkan beberapa kemungkinan buruk terjadi.

2. Peluang Usaha Les-lesan

Peluang usaha yang kedua yaitu dengan cara memberikan les privat di sekitar kos-kosan yang Anda tempati. Saat ini dari anak TK, SD, SMP hingga SMA banyak yang membutuhkan les tambahan agar pelajaran yang didapat bisa dimengerti lebih dalam.

Misalnya di kuliah, Anda ambil jurusan Bahasa Inggris. Anda bisa memberikan les privat Bahasa Inggris kepada anak SD, SMP atau SMA. Jadi pelajaran les bisa Anda lakukan sesuai jurusan yang Anda ambil agar nantinya tidak merasa kesulitan ketika menjelaskan kepada murid les Anda.

Namun untuk anak SD biasanya orang tua mereka lebih menginginkan untuk les semua mata pelajaran. Jadi apa salahnya mencoba jika Anda bisa? Betul gak?

Apalagi jika Anda bisa menguasai semua mata pelajaran, tentunya tatap muka atau pertemuan les privatnya akan bertambah. Bahkan bisa setiap hari ada pemasukan dari biaya les privat tersebut.

3. Peluang Usaha Berjualan Online

Peluang usaha yang ketiga yaitu dengan cara menjual barang online. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini teknologi semakin berkembang, oleh sebab itu onlineshop sudah menjamur dimana-mana.

Baik itu melalui sosial media, website, tv dan media-media lainya. Sebagai mahasiswa, Anda bisa menjual baju, sepatu, buku, sandal, celana dan lain sebagainya.

Jika Anda tidak memiliki banyak modal, Anda bisa menjadi reseller. Jadi stok barang dan yang mengirim barang tersebut dari orang lain. Anda hanya sebagai peantara untuk menjualkan barang dagangan yang mereka jual.

Jadi Anda hanya berbekal smartphone dan jaringan internet sjaa tanpa membeli stock barang dagangan di rumah. Anda bisa menawarkan barang dagangan kepada teman-teman kampus.

Selain itu, Anda juga bisa menwarkan barang dagangan tersebut kepada orang lein melalui sosial media seperti facebook, Instagram, Line, Twitter, Path, WhatssApp, BBM dan sosial media lainya.

Karena hanya sebagai reseller, jangan lupa untuk memposting beberapa gambar barang dagangan yang akan dijual. Jangan lupa juga untuk mencantumkan nomer WhatssApp agar Anda sebagai penjual mudah dihubungi oleh para calon pembeli. 

4. Peluang Usaha Menjual Bros

Peluang usaha yang keempat yaitu dengan cara menjual bros jilbab. Selain modal yang dibutuhkan kecil, Anda juga bisa menwarkan barang tersebut dengan mudah kepada teman-teman kampus.

Anda bisa membawa barang dagangan Anda pada saat kuliah dan diperlihatkan kepada yang lainya saat kuliah usai. Biasanya cewek yang lebih tertarik untuk membeli bros. 

5. Peluang Usaha Menjual Makanan Kecil

Peluang usaha yang kelima yaitu dengan cara menjual makanan kecil seperti snack, air mineral, dan kue. Jika Anda salah satu mahasiswa yang hobi memasak, Anda bisa mencoba peluang usaha ini agar bisa mendapatkan keuntungan dengan mudah.

Nah, ketika jam kuliah telah usai, Anda bisa menawarkan beberapa makanan kecil buatan Anda kepada teman-teman Anda. Jika rasanya enak, tentunya besok mereka akan membeli lagi.

Jangan lupa untuk mengganti menu setiap harinya agar mereka tidak bosan dengan makanan kecil yang Anda bikin. Bikin secukupnya saja agar habis setiap hari dan yang penting bisa menghasilkan keuntungan.

6. Peluang Usaha Menjadi Penulis

Peluang usaha yang keenam yaitu dengan cara menjadi seorang penulis. Anda bisa menjadi penulis Bahasa Indonesia atau juga Bahasa Inggris. Saat ini banyak para blogger membutuhkan seorang penulis.

Bukan karena mereka tidak bisa menulis, namun karena keterbatasan waktu, mereka mencari seorang penulis untuk mengisi website yang mereka kelola saat ini. Menjadi seorang penulis bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menguntungkan.

Selain itu Anda hanya berbekal skill, kemampuan, laptop dan jaringan internet sudah bisa memulai usaha ini. Jadi hanya membutuhkan modal yang tidak begitu banyak. Serta kemampuan menulis yang Anda miliki bisa Anda tawarkan di beberapa sosial media.

7. Peluang Usaha Membuka Jasa Pengetikan dan Print

Peluang usaha yang ketujuh yaitu dengan cara membuka jasa pengetikan dan juga print. Nah, mumpung masih jadi mahasiswa nih, seperti kata “sambil menyelam minum air”.

Maksudnya adalah ketika jadi mahasiswa tentunya memiliki tugas seabrek dan tugas tersebut tidak ditulis manual, melainkan diketik dan diprint. Kemudian diserahkan kepada dosen.

Tidak semua mahasiswa memiliki laptop untuk mengetik dan print untuk mengeprint tugas-tugas mereka. Jadi Anda sebagai mahasiswa bisa memanfaatkan keadaan seperti ini. Sambil mengerjakan tugas sendiri, Anda juga bisa mengetik tugas orang lain.

Modal usaha ini hanya membutuhkan laptop dan print untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Jadi Anda bisa memanfaatkan laptop serta print yang Anda miliki. Namun jika Anda belum memiliki print, Anda bisa membeli print bekas agar harganya jauh lebih murah.

Anda bisa menawarkan usaha jasa pengetikan serta print Anda kepada teman-teman kampus atau bisa menempelkan pengumuman jasa Anda di mading kampus atau sekolah-sekolah lainya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pelanggan.

8. Peluang Usaha Menjadi Blogger

Peluang usaha yang kedelapan yaitu dengan cara menjadi seorang blogger. Banyak yang menganggap remeh seorang blogger, namun jangan salah karena menjadi seorang blogger bisa mendapatkan uang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan kerja kantoran.

Selain tekun untuk memulai usaha, Anda juga harus mengerti teknik-teknik tertentu untuk menjadi seorang blogger yang sukses. Modal yang dibutuhkan yaitu laptop atau PC dan jaringan internet yang lancar.

9. Peluang Usaha Menjadi Youtuber

Peluang usaha yang kesembilan yaitu dengan cara menjadi youtuber. Jika Anda hobi merekam video, Anda bisa memanfaatkan hal ini karena dengan menjadi seorang youtuber, Anda juga bisa mendapatkan uang.

Pada tahun 2018 ini, youtube mempunyai peraturan baru untuk channel yang bisa dimonotize. Jadi hal pertama yang dilakukan yaitu Anda harus membuat video original dan mengupload di youtube.

Jika watch time nya sudah sampai 240.000 menit dan 1.000 subscribe, Anda bisa mengajukan channel youtube Anda untuk dimonotize dan bisa menghasilkan uang dari beberapa orang yang mengiklan di video Anda. 

10. Peluang Usaha Membuka Jasa Servis Hape dan Laptop

Peluang usaha yang kesepuluh yaitu dengan cara membuka jasa servis barang elektronik seperti contoh hape dan laptop. Namun peluang usaha yang satu ini harus memiliki keahlian khusus mengenai hardware dan software.

Selain membutuhkan keahlian khusus, Anda juga harus memiliki beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk memperbaiki barang elektronik. Untuk pertama, Anda bisa menawarkan jasa Anda kepada teman-teman terdekat Anda.

Jika tanggapan mereka baik dan banyak yang kembali lagi untuk memperbaiki, Anda bisa membuka jasa Anda untuk umum. Anda bisa mempromosikan melalui sosial media.

11. Peluang Usaha Menjadi Kurir

Peluang usaha yang kesebelas yaitu dengan cara menjadi kurir. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini jual beli online telah marak terjadi. Oleh sebab itu banyak yang membutuhkan kurir untuk mengirim barang dagangan mereka secara online.

Anda bisa menawarkan jasa Anda menjadi kurir kepada para onlineshop dengan harga yang sudah Anda tentukan atau tergantung jarak jauh alamat si penerima. Namun, sebaiknya Anda lebih mengutamakan tujuan dalam kota terlebih dulu karena saat ini Anda masih menjadi mahasiswa.

Selain jaraknya tidak begitu jauh, Anda juga masih bisa menekuni pelajaran mata kuliah setiap harinya. Agar kuliahnya tidak terganggu dengan pekerjaan sampingan yang Anda lakukan.

Modal yang dibutuhkan tidak begitu besar, hanya membutuhkan motor dan mengerti jalan sekitar agar tidak tersesat. Nah dengan peluang usaha yang satu ini, Anda bisa memanfaatkan motor Anda untuk mendapatkan keuntungan.

12. Peluang Usaha Pembuatan Website

Peluang usaha yang kedua belas yaitu dengan cara membuatkan website. Jika Anda jago dalam hal internet atau bisa membuat website, Anda bisa menawarkan jasa Anda kepada sekolah, rumah sakit perusahaan dan kampus yang memiliki website sendiri.

Peluang usaha ini juga sangat menguntungakan bagi Anda. Apalagi untuk jaringan internet, Anda bisa menggunakan wifi yang ada di kampus secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Namun perlu diperhatikan, jika Anda membuka usaha membuat website. Anda harus mengerti dan bisa menjalankan kode PHP (Personal Home Page) atau ASP (Active Server Pages) secara manual.

Selain itu harus bisa menggunakan CMS (Content Management System), seperti contoh Wordpress. Peluang usaha membuka jasa pembuatan website memang menggiurkan, namun harus diperhatikan Anda lebih jago usaha yang mana yang cocok Anda lakukan agar nantinya tidak berhenti di tengah jalan.

13. Peluang Usaha Jasa Fotografi

Peluang usaha yang ketiga belas yaitu dnegan cara membuka jasa fotografi. Jika Anda hobi foto dan hasil fotonya bagus. Anda bisa membuka usaha jasa fotografi. Karena saat ini banyak orang yang suka mengabadikan moment terpening mereka dalam bentuk foto yang bagus.

Untuk peluang usaha jasa fotografi ini, dibutuhkan keahlian khusus mengambil foto agar hasil fotonya bisa bagus dan natural. Namun Anda harus memiliki kamera DSLR untuk memulai usaha ini.

Di atas sudah kami jelaskan secara rinci beberapa contoh peluang usaha untuk mahasiswa dengan modal kecil yang menguntungkan. Jika Anda seorang mahasiswa, Anda bisa mencoba salah satu peluang usaha seperti yang tertera di atas.

Seperti yang kita ketahui bahwa seorang mahasiswa memiliki waktu yang terbatas untuk menjalankan bisnis karena memang masih menimba ilmu di perguruan tinggi. Jadi usaha yang bisa dilakukan adalah usaha yang menurut mahasiswa tersebut yang mudah dan memiliki kemampuan dibidangnya.

Karena para mahasiswa memang memiliki keterbatasan kemampuan untuk melakukan usaha sendiri dengan modal kecil. Jadi tidak semua peluang usaha bisa dilakukan semua.

Jadi sebaiknya pilihlah peluang usaha yang sesuai kemampuan, skill, serta keadaan yang memang masih menjalankan tugas sebagai seorang mahasiswa. Berikut beberapa kendala dalam memilih usaha yang dilakukan saat kuliah.

B. Kendala Dalam Menjalankan Usaha Saat Kuliah

1. Memprioritaskan Waktu Kuliah

Kendala yang pertama yaitu hampir 80% mahasiswa memang memprioritaskan waktu kuliah. Rata-rata mahasiswa takut tidak lulus. Namun bukan tidak peduli dengan mata kuliah yang di ambil, namun apa salahnya mencoba sebuah usaha agar bisa menghasilkan uang tambahan sembari kuliah sebelum lulus kuliah

2. Modal Kecil

Kendala yang kedua yaitu rata-rata para mahasiswa masih minta kepada orang tua untuk semua biaya yang dijalaninya setiap hari. Dari biaya kuliah hingga biaya hidup setiap harinya.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa meskipun hanya memiliki modal kecil, Anda sebagai mahasiswa bisa memulai usaha apa saja seperti contoh yang sudah kami tuliskan di atas tadi.

3. Tidak Memiliki Pengalaman Kerja

Kendala yang ketiga yaitu memang rata-rata mahasiswa belum memiliki pengalaman kerja. Seperti yang kita ketahui bahwa menjadi mahasiswa memang disibukkan dengan tugas serta kegiatan-kegiatan saat kuliah. Lalu jika tidak pernah mencoba usaha, lalu kapan memiliki pengalaman kerja?

Kalau tidak dimulai saat kuliah? Kapan lagi coba? Karena pengalaman berawal dari mencoba sesuatu yang belum pernah dilakukan seperti contoh melakukan usaha yang menguntungkan ini.
Demikian pembahasan mengenai beberapa Peluang Usaha untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil yang Menguntungkan serta kendala yang perlu Anda ketahui sebelum memulai usaha. Terima kasih dan semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk membaca artikel lainya juga.!