Peluang Usaha di Bidang Perkebunan dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Peluang Usaha di Bidang Perkebunan dengan Modal Kecil yang Menguntungkan -- Bisnis Perkebunan yang Laris & Cepat Untung, Usaha Perkebunan yang Menjanjikan Keuntungan, Contoh Usaha Rumahan Bidang Perkebunan yang Menguntungkan, Ide Bisnis Perkebunan Modal Kecil Menguntungkan, Peluang Usaha Agribisnis Modal Kecil Untung Besar, Peluang Usaha dalam Bidang Perkebunan, Tips Peluang Usaha Di Bidang Perkebunan, Peluang Bisnis Peternakan dan Perkebunan, Usaha Perkebunan Paling Menguntungkan, Peluang Usaha Perkebunan Buah, Tips Sukses Berkebun.

https://www.lokerpns.web.id/

Peluang usaha di bidang perkebunan dengan modal kecil yang menguntungkan tentunya merupakan informasi yang ingin diketahui oleh siapapun. Hidup di zaman yang serba cepat dan ditunjang dengan teknologi yang canggih seperti sekarang ini tidak sulit untuk menemukan beragam ide bisnis yang brilliant dan menciptakan profit yang tinggi untuk perusahaan.

Salah satu bidang bisnis atau usaha yang cukup menjanjikan adalah perkebunan. Hal ini dikarenakan beragam informasi, tidak terkecuali di peluang bisnis bidang perkebunan beserta tipsnya dapat diakses dengan mudah di internet. Akan tetapi, perlu diingat bahwa bukan bisnis namanya jika tidak memiliki risiko.

Setiap bisnis, terutama yang menguntungkan, pasti memiliki risiko yang besar. Masih ingatkah Anda rumus dalam berbisnis, yakni high risk = high return? Nampaknya, rumus tersebut mutlak benar adanya untuk segala bidang bisnis apapun. Hal ini jugalah yang membuat banyak orang mundur untuk menjalankan bisnis, salah satunya di bidang perkebunan.

Alasan lain masih banyak orang yang mundur untuk menjalankan usaha di bidang ini adalah anggapan di antara mereka bahwa menjalankan bisnis di bidang perkebunan memiliki kesulitan atau tantangan yang besar dalam marketing atau pemasaran. Mungkin juga karena mereka beranggapan bisnis ini tidak cocok ditargetkan untuk segmen kaum urban.

Padahal, di balik tantangan tersebut terdapat peluang untuk menciptakan keuntungan yang besar jika dijalani dengan kerja keras serta dengan penuh ketekunan dan hal tersebut membuktikan bahwa bukan hal yang mustahil jika suatu saat nanti kesuksesan dalam berbisnis di bidang perkebunan ini akan membawa Anda pada gerbang menuju kesuksesan.

Setelah mengetahui seberapa besar peluang berbisnis di bidang perkebunan, tentunya Anda menjadi penasaran bisnis apa saja yang bisa digeluti di bidang perkebunan ini. Lalu apa saja strategi yang harus dipersiapkan agar bisnis Anda dapat survive. Oleh karena itu, pada artikel ini akan disajikan daftar bisnis di bidang perkebunan yang memiliki potensi besar.

A. Ide Peluang Bisnis di Bidang Perkebunan yang Memiliki Potensi Menguntungkan

Sebenarnya berbisnis bukanlah suatu hal yang harus dihindari. Sudah menjadi rahasia umum bahwa sistem pendidikan di negara ini berorientasi ke arah pencari kerja bukanlah pembuka lapangan kerja. Padahal Indonesia masih membutuhkan banyak pengusaha baru untuk bisa menciptakan level kesejahteraan dan meminimalisir angka pengangguran.

Selama Anda memiliki ilmu sebagai bekal yang cukup beserta ide kreatif dalam berbisnis, pasti Anda akan melihat banyak sekali peluang bisnis, tidak terkecuali di bidang perkebunan.

Berikut ini adalah daftar bisnis di bidang perkebunan yang potensial sehingga hanya membutuhkan modal yang kecil untuk bisa menciptakan keuntungan besar bagi perusahaan Anda.

1. Membuat Wisata Kebuh Buah-buahan

Siapa di antara Anda yang sudah pernah mengunjungi wisata kebun buah-buahan?

Bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman mengunjungi jenis wisata tersebut, pastinya Anda akan merasa bahwa usaha di bidang tersebut sangatlah potensial karena ramai oleh pengunjung dan secara otomatis meningkatkan revenue atau pendapatan.

Beberapa bisnis di bidang ini, yaitu wisata buah-buahan sebenarnya sudah ada beberapa yang menjalaninya dan membuktikan bahwa bisnis tersebut menguntungkan.

Sebagai contoh, terdapat kebun buah Mangunan yang bisa Anda jumpai di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan wisata kebun buah apel yang terdapat di area Malang.

Akan tetapi, bukan berarti karena sudah ada pelaku bisnis yang terlebih dahulu menggeluti bidang ini maka Anda tidak memiliki peluang sebagai pemain baru di market area tersebut. Justru jika Anda jeli melihat potensi yang ada, Anda bisa saja menciptakan market baru di area yang berbeda dengan bidang bisnis yang sama, mudah bukan?

Sebagai ilustrasi, misalnya Anda mulai mengggeluti usaha wisata buah-buahan dengan aset beragam jenis buah di dalam area wisata tersebut. Nilai jual atau value yang Anda miliki akan membuat konsumen tertarik untuk mengunjungi tempat wisata buah-buahan Anda. Namun, tentu saja Anda masih dapat memberikan value lain terhadap pengunjung.

Selain memberikan pemandangan perkebunan yang indah beserta diperbolehkannya untuk langsung memetik buah yang ingin dibeli, Anda juga bisa menawarkan untuk sekaligus mengedukasi pengunjung mengenai ilmu perkebunan, mulai dari cara memetik buah yang baik dan benar, atau mengembangbiakkan pohon buah agar subur dan kaya manfaat.

Anda juga dapat memperjual belikan bibit buah – buahan yang masih segar kepada setiap pengunjung yang datang dan berminat untuk budidaya buah di area perkebunan mereka. Dengan begitu, selain mendapatkan wisata edukasi mengenai tanaman buah-buahan yang menyenangkan, pengunjung juga dapat mempraktekannya langsung lepas pulang.

2. Maraknya gaya hidup sehat membuat peluang bisnis kebun sayur organik terlihat menggiurkan

Salah satu jenis sayuran organik yang baru-baru ini populer lewat cara perkembang biakannya adalah jenis sayuran yang ditanam dengan teknik atau metode hidroponik. Sebagian besar dari Anda tentu sudah sering mendengar istilah ini.

Sayuran yang ditanam dengan metode atau teknik hidroponik memiliki keistimewaan yang belum tentu dimiliki oleh tanaman sayuran lain yang tidak ditanam dengan metode hidroponik.

Salah satu keunggulan yang sekaligus menjadi nilai jualnya adalah kandungan gizi serta vitamin dinilai jauh lebih tinggi dan lebih baik untuk kesehatan tubuh tentunya.

Dalam berbisnis kebun atau sayuran organik yang menguntungkan, Anda harus memikirkan sekaligus membuat rencana bagaimana strategi pemasaran serta pemeliharaan produk agar bisnis berlangsung dengan baik. Bicara soal modal, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena yang dibutuhkan relatif tidak besar.

Bahkan, jika Anda akan menggunakan teknik atau metode penanaman hidroponik, Anda tidak perlu repot – repot memikirkan untuk persiapan lahan dan semacamnya. Karena pada dasarnya teknik penanaman hidroponik ini tidak membutuhkan lahan yang besar, pekarangan rumah yang sekadarnya juga bisa dimanfaatkan.

Adapun dari sisi pemasaran, Anda bisa melakukannya dengan mudah pula. Cukup dengan mencari area pasar yang potensial dan menjualnya langsung di sana untuk memperoleh profit yang signifikan. Selain pasar, Anda juga bisa memasarkan produk sayur organik Anda di toko atau area rumah Anda.

Jika nanti usaha jual tanaman hidroponik ini Anda berkembang dengan baik dan menjadi besar, Anda juga bisa menitipkannya di supermarket atau minimarket yang dapat memberikan penawaran bagus kepada Anda. Jangan khawatir akan sepi pembeli karena bisnis ini memiliki pasar yang besar ditambah permintaan sayur organik yang tinggi.

3. Apabila kedua ide bisnis sebelumnya dirasa belum cocok dengan karakter Anda, cobalah untuk membuat perkebunan kelapa

Bisnis perkebunan kelapa ini sudah terbukti berhasil dan memiliki prospek yang bagus untuk jangka panjang. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan mengingat tanaman kelapa memiliki banyak sekali manfaat.

Bukan hanya buah kelapa yang kaya vitamin dan mineral yang dapat Anda nikmati, melainkan juga dari sabut, daun, dan lain sebagainya bisa Anda manfaatkan dengan baik. Tidak cukup sampai di situ, kelapa sudah menjadi salah satu komoditi yang amat sangat penting dalam perannya menyokong perekonomian Indonesia.

Alasannya sudah barang tentu tidak lepas dari permintaan yang tinggi terhadap kelapa dari luar negeri. Bukan menjadi sesuatu yang mengherankan mengingat kelapa memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Jadi, dengan membuka perkebunan kelapa akan menjadi bisnis yang menguntungkan bagi Anda.

Sementara sebagai upaya pemasarannya juga tidak sesulit yang mungkin Anda bayangkan. Sebagai contoh, jika Anda ingin menjual bagian buah kelapanya, Anda bisa memasarkan langsung ke penjual atau ke perusahaan minyak kelapa yang besar yang memang sangat membutuhkan supply kelapa dalam jumlah besar.

Adapun bagian lain dari pohon kelapa selain buahnya yang dapat Anda manfaatkan seperti daun, pohon, sabut, dan lain sebagainya juga bisa Anda pasarkan langsung kepada segmen yang sekiranya memang membutuhkan hal tersebut. Jangan khawatir akan merugi karena permintaan terhadap kelapa terus meningkat setiap tahunnya.

4. Usaha Berikutnya yang Patut Dicoba adalah Usaha Kayu Jati

Anda mungkin sering mendengar bahwa kayu jati merupakan salah satu jenis kayu terbaik, khususnya jika dipergunakan untuk keperluan perabot rumah tangga atau furniture berjenis classic yang dapat memberikan kesan mewah. Tidak heran jika jenis kayu jati ini memiliki harga penawaran yang sangat tinggi mengingat kualitas yang diberikan juga sangat baik.

Jenis kayu jati juga disebut – sebut awet atau tahan lama dan tidak akan bisa dimakan atau anti rayap. Sehingga jika Anda melihat keunggulan yang dimiliki jenis kayu jati seharusnya Anda sangat yakin bahwa dengan membuka perkebunan kayu jati ini akan mendatangkan banyak keuntungan bagi bisnis Anda.

Namun, yang perlu diingat adalah yang Namanya berbisnis tidak lepas dari tantangan, tidak terkecuali dalam industri perkebunan kayu jati. Salah satu yang harus Anda pikirkan adalah meski profit yang akan didapatkan tergolong tinggi, namun waktu panen untuk satu pohon jati terbilang sangat lama.

Setidaknya, agar bisa mendapatkan atau panen satu pohon kayu jati dengan kualitas tinggi seperti yang diharapkan dan sesuai dengan penjelasan pada paragraf sebelumnya membutuhkan waktu minimal sampai dengan 20 tahun. Jadi, penting untuk Anda membuat pertimbangan atau perhitungan lebih lanjut sebelum memulai bisnis seperti ini.

B. Peluang Bisnis di Bidang Perkebunan yang Mudah dan Praktis

Setelah membaca beberapa ide bisnis di bidang perkebunan sebelumnya, mungkin Anda berpikir bahwa untuk merealisasikan ide – ide tersebut sangat merepotkan mengingat harus menanam atau mempertimbangkan waktu panen seperti dalam kasus memulai usaha perkebunan pohon kayu jati. Namun, Anda tidak perlu patah arang atau putus asa untuk berbisnis di bidang perkebunan.

Karena faktanya, Anda tetap dapat memberikan kontribusi atau manfaat di bidang perkebunan walau tanpa harus terjun langsung ke lapangan untuk melakukan segala macam hal, mulai dari penanaman, kontrol perawatan, sampai dengan persiapan panen dan lain sebagainya. Mungkin seluruh proses tersebut sama sekali bukan mencirikan Anda yang terbiasa kerja di balik layar.

Nah, bagi Anda yang memiliki tipe serupa artikel ini akan tetap memberikan tips bisnis di bidang perkebunan tanpa harus melakukan langsung hal – hal tersebut.

Apakah benar bisa? Tentu saja. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Menjadi Konsultan Bidang Perkebunan

Anda dapat menjadi konsultan di bidang perkebunan atau membuka bisnis jual beli peralatan dan perlengkapan untuk berkebun. Bisa juga menjadi blogger yang aktif memberikan tips berkebun.

Mari kita kupas satu per satu. Pertama, mulai dari konsultan. Seperti halnya berbisnis, bisa jadi seorang konsultan bisnis justru sama sekali tidak memiliki bisnis karena tidak pernah terjun langsung di dunia bisnis. Meski begitu, para konsultan bisnis tersebut memiliki ilmu dan wawasan sehingga dapat membaca kondisi pasar dan dapat menjadi manfaat bagi pengguna jasa konsultan.

Begitu juga halnya dengan konsultan bisnis di bidang perkebunan. Mungkin Anda pernah mengenyam ilmu mengenai perkebunan dan semacamnya, entah di bangku perkuliahan atau sering mengikuti seminar dan pertemuan ilmiah lainnya namun Anda sebetulnya tidak terlalu menyukai atau tidak cocok untuk terjun langsung untuk praktek mulai dari penanaman dan lain sebagainya.

Jika kasusnya seperti itu, maka Anda dapat membuka jasa konsultan bisnis di bidang perkebunan. Segala ilmu dan kemampuan Anda dalam membaca situasi pasar perkebunan di luar sana akan sangat membantu klien untuk mendapatkan informasi seputar pergerakan bisnis perkebunan beserta bidang mana yang kira – kira memiliki keuntungan yang besar.

2. Jual Beli Peralatan atau Perlengkapan Perkebunan

Selain membuka jasa konsultan bisnis perkebunan, Anda juga bisa berbisnis jual beli peralatan atau perlengkapan perkebunan. Mungkin saja bila Anda ingin, Anda juga sekaligus menyewakan peralatan dan perlengkapan perkebunan tersebut kepada target atau segmen yang tepat sehingga menghasilkan profit tinggi yang sudah barang tentu akan menguntungkan Anda.

Apabila Anda mengamati, sebenarnya kebutuhan atau permintaan akan peralatan dan perlengkapan perkebunan cukup tinggi sehingga berbisnis jual beli atau sewa di bidang ini memiliki prospek yang menjanjikan. Jadi, tidak ada salahnya bukan mencoba hal baru yang menghasilkan profit untuk Anda.

3. Menjadi Blogger / Penulis yang Membahas seputar Perkebunan Lengkap

Terakhir, bagi Anda yang memang menyukai dunia penulisan sekaligus paham betul dengan kondisi perkebunan atau ilmu-ilmu mengenai perkebunan Anda dapat menjadi blogger aktif yang dapat berbagi informasi seputar hal tersebut. Jadi, tidak harus ikut langsung dalam proses berkebun itu sendiri untuk dapat memberikan kontribusi di dunia perkebunan.

Sebagai contoh, Anda bisa membahas mengenai pertumbuhan industri perkebunan di Indonesia saat ini untuk dibuatkan pada satu artikel khusus di blog yang Anda miliki. Setelah itu, Anda dapat membagikan artikel tersebut ke beberapa social media yang Anda miliki agar tersebar dengan luas sehingga akan ada banyak insight atau masukan dari para pembaca.

Nantinya, semakin Anda kreatif dalam membuat suatu konten artikel khususnya di bidang perkebunan, traffic blog Anda akan semakin tinggi. Hal tersebut tentu akan menarik banyak perusahaan untuk memasang iklan di blog Anda yang secara otomatis juga akan menjadi penghasilan Anda secara tidak langsung.

Anda juga bisa saja dilirik oleh pihak penerbitan jika memang gaya tulisan Anda sesuai dengan karakter yang diinginkan oleh pihak penerbitan yang bersangkutan. Jika nama Anda semakin besar nanti di bidang penulisan, pastinya akan ada lebih banyak proyek lagi yang dapat Anda kerjakan. Sebagai contoh, dipanggil untuk menjadi pembicara pada suatu event, atau hal lain sebagainya.

Bacaan Terkait : Ide Usaha di Desa dengan Modal Kecil yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Baca Juga : Ide Peluang Usaha Bidang Jasa yang Menguntungkan

Demikian artikel mengenai Peluang Usaha di Bidang Perkebunan dengan Modal Kecil yang Menguntungkan dengan modal yang tidak terlalu besar dan menghasilkan keuntungan bagi Anda. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu dan wawasan Anda, khususnya di bidang bisnis perkebunan sehingga dapat menjadi suatu hal yang bermanfaat untuk Anda di masa yang akan datang.