Tips Sukses Interview Kerja dengan Teknik Match & Mirror

Tips Sukses Interview / Wawancara Kerja dengan Teknik Match & Mirror -- Rahasia Sukses Interview dengan Teknik Match & Mirror, Kiat Sukses Wawancara Kerja, Tips Wawancara Kerja yang Baik Agar Sukses, Trik Psikologis Sederhana Agar Kamu Sukses Wawancara Kerja, Cara Agar Mudah Lolos Interview Kerja, Tips Berhasil Tes Wawancara, Tips Agar Sukses saat menghadapi Tes Interview.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Tips Sukses Interview Kerja dengan Teknik Match & Mirror. Informasi ini ditujukan bagi kamu yang akan mengikuti tes wawancara atau interview kerja di suatu perusahaan. Untuk lebih jelasnya mari simak informasinya berikut ini.

http://www.lokerpns.web.id/

Sebelum diterima kerja di suatu perusahaan, Anda harus melewati serangkaian proses seleksi mulai dari seleksi administrasi, tes tertulis, tes kesehatan, hingga tes interview / wawancara. Tahapan seleksi tersebut harus anda lalui semuanya dengan baik agar anda bisa diterima kerja di perusahaan tersebut.

Tes interview menjadi salah satu penentu diterima tidaknya anda di suatu perusahaan. Pewawancara akan menilai diri anda berasarkan jawaban yang anda berikan serta penilaian lainnya. Maka dari itu, anda harus memahami teknik-teknik interview kerja serta kemungkinan pertanyaan yang akan muncul saat tes interview.

Dalam proses interview, ada beberapa teknik yang bisa digunakan dengan harapan bisa lulus interview. Salah satu teknik yang bisa digunakan adalah teknik Match & Mirror.

Teknik Match & Mirror mempunyai dampak yang besar bagi keberhasilan seseorang agar bisa disukai orang lain termasuk saat wawancara/interview kerja. Hanya dalam hitungan menit, teknik ini akan membuat orang menyukai Anda, walaupun pada awalnya orang itu apriori terhadap Anda.

Dalam bukunya "Get Anyone To Do Anything", David J. Lieberman Ph.D. menyatakan bahwa komunikasi menciptakan saling percaya, dan memungkinkan Anda untuk membangun jembatan psikologis terhadap seseorang.

Percakapan menjadi lebih positif dan nyaman ketika dua orang berusaha untuk saling menyesuaikan. Sebagaimana kita cenderung untuk menyukai seseorang yang memiliki minat yang sama, secara tidak sadar kita juga cenderung untuk menyukai orang yang "berpenampilan seperti kita".

Ini artinya, ketika seseorang melakukan gerakan seperti kita, atau menggunakan perkataan atau ungkapan seperti yang kita gunakan, kita cenderung untuk menganggap orang tersebut adalah orang yang menyenangkan.

Berdasarkan kondisi inilah Anda bisa dengan sengaja meniru gerakan tertentu yang dilakukan oleh lawan bicara Anda agar yang bersangkutan langsung menyukai Anda. Teknik ini disebut Match & Mirror atau persamaan dan pencerminan.

Match berarti mengikuti gerakan sesuai dengan yang dilakukan oleh lawan bicara Anda. Contohnya, ketika lawan bicara memegang pulpen dengan tangan kiri, Anda pun memegang pulpen dengan tangan kiri.

Sedangkan Mirror berarti Anda mengikuti gerakan tangan berlawanan dengan lawan bicara Anda (sifat cermin). Contohnya, saat lawan bicara Anda memegang pulpen dengan tangan kiri, Anda memegang pulpen dengan tangan kanan.

Lakukanlah Match & Mirror saat Anda menjalani interview. Ikuti setiap gerakan yang dilakukan oleh si interviewer dengan diam-diam atau tidak diketahui olehnya. Beri jeda beberapa detik dalam mengikuti gerakannya, seperti :
  • Kata-kata sebesar 7% 
  • Nada suara sebesar 38% 
  • Bahasa tubuh sebesar 55%

Berikut adalah penjelasan dari faktor-faktor di atas yang harus diperhatikan dalam mengaplikasikan teknik Match & Mirror:

Kata-kata hanya berpengaruh 7% dalam komunikasi, sesuaikan ungkapan-ungkapan digunakan interviewer Anda. Contohnya anda, kamu, kami, kita, saya, aku.

Kualitas/nada suara berpengaruh 38% dalam komunikasi. Mutu suara Anda lebih berpengaruh dari pada kata-kata yang Anda pergunakan. Pergunakan dialek yang sama, nada cepat, nada tinggi, nada pelan, nada sedih, nada gembira.

Fisiologi atau bahasa tubuh mempunyai pengaruh paling banyak dalam berkomunikasi. Ikuti gerakan tubuhnya seperti :
  • Kepala : menganggukkan kepala, mimik muka. 
  • Tangan : gerakan tangan, kiri dengan kiri, kiri dengan kanan.
  • Cara duduk / berdiri : posisi malas, tegap, yakin, percaya diri. 
  • Suasana : gembira, ceria, sedih, simpati. 
  • Kaki : lurus, dilipat, bersila, berpangku kaki, dll.

Pada prinsipnya, yang Anda harus lakukan adalah mengikuti gerakan lawan bicara Anda dengan hati-hati. Ikuti gerakan lawan bicara Anda dengan niat baik dan lakukan dengan hati-hati agar ia tidak tahu bahwa Anda sedang mengikuti gerakannya, karena Match & Mirror ini sesungguhnya adalah sebuah instruksi-instruksi pada kekuatan alam bawah sadarnya, bukan pada atas sadarnya.

Itulah tips sukses interview yang dapat admin bagikan untuk anda. Tips tersebut merupakan tulisan Bapak Sigit Risat yaitu seorang motivator dan trainer. Thanks to Bapak Sigit Risat.

Selanjutnya admin berikan beberapa contoh pertanyaan wawancara / interview kerja :
  • Ceritakan tentang diri Anda?
  • Apa makna pekerjaan buat Anda?
  • Apa yang Anda ketahui tentang kami?
  • Mengapa kami harus merekrut Anda?
  • Apakah anda bisa bekerja dalam satu tim?
  • Apa yang Anda cari di dalam sebuah pekerjaan?
  • Apa kelebihan dan kekurangan Anda?
  • Apakah Anda memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja?
  • Bisakah Anda bekerja di bawah tekanan?
  • Jika Anda diharuskan bekerja di dalam tim, posisi apa yang akan Anda pilih?
  • Apakah Anda lebih senang bekerja seorang diri atau dalam tim?
  • Bagaimana sikap Anda terhadap kritik yang ditujukan kepada Anda?
  • Menurut Anda, orang seperti apakah yang sulit diajak kerja sama?
  • Berapa gaji Anda sekarang?
  • Berapa gaji yang Anda harapkan untuk posisi ini?

Dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, anda dapat menerapkan teknik Match & Mirror seperti yang telah dijelaskan di atas. Pelajari dan pahami teknik yang telah admin bagikan di atas lalu terapkan saat anda wawancara / interview kerja.

Baca juga :

Itulah informasi yang dapat admin bagikan untuk anda tentang Tips Sukses Interview Kerja dengan Teknik Match & Mirror. Admin turut mendoakan semoga interview kerja Anda sukses dan harapan anda untuk diterima kerja di Perusahaan yang anda inginkan dapat terkabulkan. Amin.