7 Tips Memilih Pekerjaan yang Cocok dan Sesuai

Tips Memilih Pekerjaan yang Cocok dan Sesuai -- Tips Memilih Pekerjaan yang Baik, Tips Memilih Pekerjaan yang Tepat, Tips Memilih Pekerjaan yang Baik Menurut Islam, Tips Memilih Profesi yang Cocok, Tips Memilih Job yang Cocok, Tips dan Trik Memilih Pekerjaan yang Cocok dan Sesuai dengan Kemampuan, Minat, Bakat, dan Hobi. Tips Mudah Memilih Pekerjaan yg Cocok.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang 7 Tips Memilih Pekerjaan yang Cocok dan Sesuai. Informasi ini perlu kamu ketahui sebelum kamu memilih salah satu jenis pekerjaan untuk dirimu. Mari kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

http://www.lokerpns.web.id/

Sangat beragam jenis pekerjaan yang ada di Indonesia khususnya yang ada di sekitar kita. Dengan begitu banyaknya jenis pekerjaan yang ada, maka kita harus mampu memilih jenis pekerjaan yang cocok untuk diri kita.

Menjalani suatu pekerjaan yang cocok dengan diri kita akan menjadikan kita terus bersemangat bekerja keras untuk meraih kesuksesan dari pekerjaan tersebut. Kita akan merasa senang dan tidak banyak mengeluh.

Sebagai contohnya :
"Saya sendiri sebagai seorang penangkar burung lovebird. Saya merasa senang menjalani usaha ternak burung lovebird dikarenakan saya hobi burung sehingga saya merasa senang menjalani usaha tersebut dan saya tidak mengelur karena capek atau karena malas."

Dengan rasa senang yang kita rasakan, maka ketika menjalani pekerjaan tersebut, maka kita tidak banyak mengeluh dan terus bersemangat meraih kesuksesan.

Maka dari itu, admin disini ingin sharing kepada teman-teman semua tentang bagaimana cara memilih pekerjaan yang cocok untuk diri kita masing-masing.

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda, begitu juga dengan kemampuan dan minat yang dimiliki juga berbeda-beda. Oleh karena itu, maka pekerjaan yang cocok untuk masing-masing individu juga berbada-beda. 

Meskipun demikian, masing banyak teman-teman kita yang menjalani suatu pekerjaan yang tidak cocok dengan karakternya, kemampuannya, dan minatnya, karena berbagai alasan sulitnya mencari, dan lain-lain sehingga terpaksa menerima pekerjaan tersebut dan akhirnya tidak maksimal dalam menjalani pekerjaan tersebut,

Berikut ini admin berikan beberapa tips memilih pekerjaan yang cocok untuk kamu semua. Baca dan pahami lalu pikirkan satu atau lebih pekerjaan yang cocok untuk dirimu.

7 Tips Memilih Pekerjaan yang Cocok untuk Kamu

1. Kenali Minat dan Bakatmu

Memahami potensi diri kita adalah salah satu kunci untuk menemukan pekerjaan yang cocok. Kamu dapat mengetahui minat dan bakat yang kamu miliki salah satunya dengan mengikuti test minat bakat yang biasanya diadakan secara online atau kamu bisa datang ke Psikolog untuk berkonsultasi tentang minat dan bakat yang kamu miliki.

Ada beberapa macam minat yang perlu kamu ketahui, yaitu :
  • Minat pada ide : bagi kamu yang memiliki banyak ide, maka pekerjaan yang cocok untuk kamu diantaranya adalah bidang penulisan, pengetahuan alam, pengobatan, atau bidang artistik
  • Minat pada orang : bagi kamu yang suka dengan kehidupan sosial, maka kamu dapat menjalani pekerjaan seperti Marketing, Konsultan, Sales, atau Public Relation.
  • Minat pada benda : bagi kamu yang memiliki minat pada benda, maka dapat menjalani perkerjaan yang cocok seperti administasi, akuntansi, atau keuangan.
  • dan masih banyak lagi lainnya

Sedangkan bakat-bakat yang perlu diketahui diantaranya yaitu :
  • Kamu yang berbakat di bidang seni, maka kamu bisa memilih pekerjaan yang cocok sebagai penyanyi, penari, pelukis, atau lainnya.
  • Kamu yang berbakat di bidang olahraga, maka bisa menjalani pekerjaan yang cocok seperti atlet, pemain sepakbola, pemain basket, petinju, dan lain-lain.
  • Kamu yang berbakat di bidang mekanis, maka bisa memilih pekerjaan yang cocok seperti di bidang otomotif, atau membuka bengkel.
  • Kamu yang berbakat di bidang bahasa (linguistik), maka bisa memilih pekerjaan yang cocok seperti jurnalistik, stenografi, penyiaran, editing, hukum, pramuniaga dan lain – lainnya.
  • Kamu yang berbakat di bidang Skolastik (kombinasi kata-kata dan angka), maka kamu bisa memilih pekerjaan yang cocok di bidang IT seperti pemprograman komputer, jaringan internet, atau menjadi seorang ilmuwan.
  • Kamu yang berbakat menjadi seorang pendidik, maka kamu bisa memilih profesi sebagai guru atau dosen.
  • dan masih banyak lagi lainnya.

Setelah mengetahui apa saja potensi minat dan bakat yang kamu miliki, selanjutnya kamu harus menentukan salah satu atau beberapa pekerjaan yang harus dijalani sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuanmu dan kamu harus mampu untuk menjalani pekerjaan itu.

2. Kenali Hobimu

Menjalani pekerjaan sesuai hobi itu sangat cocok untuk dijalankan. Selain menghasilkan uang, rasa senang juga akan didapatkan saat menjalani pekerjaan tersebut. Maka dari itu, kamu harus mengenali apa hobimu, lalu ubahlah hobimu tersebut menjadi suatu pekerjaan.

Contohnya :
  • Kamu yang hobi maen sepak bola bisa menjadikan hobimu sebagai pekerjaan. Kamu bisa menjadi pemain sepak bola profesional.
  • Kamu yang hobi menulis dapat menyalurkan hobimu dengan berkarya membuat buku, novel, majalah, menulis online di internet, jasa penulisan artikel, dan lain-lain
  • Kamu yang hobi burung dapat menjadikan hobimu menjadi suatu pekerjaan dengan menjadi seorang peternak burung.

Dari beberapa contoh di atas, mungkin bisa menginspirasi kamu untuk mengenali hobimu sendiri lalu menjadikan hobimu sebagai suatu pekerjaan yang menghasilkan.

3. Kenali Lingkungan Tempat Bekerja

Bagi kamu yang akan bekerja di kantor atau di suatu perusahaan, maka sebelum memilih suatu pekerjaan, kamu harus mencari informasi tentang lingkungan tempat bekerja. Hal ini penting dilakukan karena tempat bekerja dapat memberi pengaruh terhadap kinerja kita. Tempat kerja yang kondusif dapat memberikan kenyamanan bekerja. 

Kamu dapat mencari informasi tentang lingkungan tempat bekerja dengan bertanya pada orang yang bekerja disana atau yang pernah bekerja disana, atau mencari informasi di internet.

Setelah kamu menemukan informasi tentang lingkungan tempat bekerja, maka kamu harus mengkaji apakah tempat kerja tersebut cocok untuk kamu atau tidak. Jika cocok, silahkan pilih.

4. Ketahui Besarnya Gaji

Salah satu yang dicari dari bekerja adalah mendapatkan gaji. Carilah informasi besarnya gaji yang diterima oleh karyawan di kantor atau perusahaan tersebut. Setelah mengetahui informasi tersebut, apabila besarnya gaji tersebut sesuai dengan yang kamu harapkan, silahkan pilih pekerjaan tersebut.

5. Ketahui Stabilitas Perusahaan

Kamu yang ingin bekerja di Perusahaan, maka kamu perlu mengetahui stabilitas perusahaan tersebut. Kamu dapat mencari informasi dari berbagai sumber apakah perusahaan tersebut memiliki stabilitas yang baik atau tidak. Apabila perusahaan tersebut memiliki stabilitas yang baik, maka kamu dapat meneruskan niat untuk bekerja di perusahaan tersebut.

6. Ketahui Jenjang Karir di Perusahaan

Dalam memilih suatu pekerjaan, maka kamu perlu memikirkan jenjang karir. Ada banyak perusahaan yang membagi jenjang karir karyawan menjadi beberapa tingkat.

Ketika kamu telah lama bekerja dan kamu memiliki kinerja yang bagus maka jenjang karirmu bisa dinaikkan oleh pimpinanmu. Perusahaan yang seperti ini yang harus kamu pilih.

Baca juga ; 11 Kriteria Karyawan yang Disukai Pimpinan

7. Pilih Pekerjaan Sesuai dengan Karaktermu

Memilih pekerjaan yang sesuai dengan karakter pribadimu itu diperlukan. Dengan pekerjaan yang cocok, maka kamu dapat melakukan pekerjaan tersebut dengan semaksimal mungkin serta tidak merasa tertekan.

Misalnya kamu seorang pendiam, maka kamu tidak cocok untuk menjadi jurnaslis atau bidang pekerjaan sosial. Kamu cocoknya bekerja di rumahan dengan membuka usaha sendiri. Beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk orang pendiam diantaranya yaitu desainer, blogger, programmer, penulis, dan lain-lain.

Baca juga : 7 Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk Orang Pendiam

8. Lain-lain

Selain tips-tips di atas, tentu masih banyak tips lainnya yang bisa kamu jadikan acuan dalam memilih pekerjaan yang cocok dengan dirimu seperti jarak rumah dengan tempat kerja, dan lain-lain.

Rekomendasi bacaan :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang 7 Tips Memilih Pekerjaan yang Cocok dan Sesuai. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat menjadi sauatu acuan bagi kamu yang akan memilih suatu pekerjaan.

Admin turut mendoakan agar kita semua bisa mendapatkan pekerjaan yang cocok dengan diri kita dan kita bisa sukses menjalani pekerjaan tersebut dengan mendapagkan penghasilan yang besar.

Mari turut berbagi informasi ini pada teman lainnya. Terima kasih dan silahakan baca artikel lainnya.