Peluang atau Prospek Kerja Administrasi Bisnis dan Gajinya

Peluang atau Prospek Kerja Administrasi Bisnis dan Gajinya -- Prospek Kerja Administrasi Bisnis D3 & S1, Peluang Kerja Administrasi Bisnis D3 & S1, Lowongan Kerja Lulusan Administrasi Bisnis, Gaji Pegawai / Karyawan Lulusan Administrasi Bisnis, Peluang Karir Lulusan Administrasi Bisnis dan Gajinya, Jurusan Administrasi Bisnis Kerja Dimana, Gaji Lulusan Administrasi Bisnis, Jurusan yang Gaji Tinggi Setelah Kerja, Prospek Jurusan Administrasi Bisnis / Administrasi Niaga.

https://www.lokerpns.web.id/

Administrasi bisnis adalah salah satu jurusan perkuliahan yang cukup favorit dan banyak sekali peminatnya. Ini karena disiplin ilmu yang diajarkan dalam administrasi bisnis bisa sangat relevan dengan berbagai macam jenis pekerjaan.
Artikel sebelumnya tentang Peluang atau Prospek Kerja Teknik Elektro dan Gajinya
Sesuai dengan namanya, tentu jurusan administrasi bisnis yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi akan menjadikan para lulusannya ahli terutama di bidang entrepreneur.  Bagi yang tertarik kuliah di bidang administrasi bisnis, silahakan pilih tempat kuliah yang ternama, baik di PTN ataupun di PTS.

Lantas, bagaimana peluang atau prospek kerja administrasi dan gajinya dalam dunia profesional? Untuk mengulas lebih jauh, berikut pembahasan selengkapnya.

A. Peluang atau Prospek Kerja Administrasi Bisnis dan Gajinya

Tidak bisa dipungkiri dalam jenis perusahaan apapun, seorang yang memiliki keahlian dalam bidang administrasi bisnis sangatlah diperlukan. Baik mengatur bagian manajerial atau administrasi lainnya. Berikut adalah beberapa prospek kerja administrasi bisnis dan gajinya plus perusahaan yang biasa memberikan peluang karir untuk mereka yang berkuliah di jurusan tersebut. Simak yuk!

1. Menjadi Staf Manajemen Suatu Perusahaan

Entah itu perusahaan batu bara, perikanan atau lainnya yang sangat dipastikan membutuhkan tim manajemen yang memang memiliki ilmu manajerial terbaik. Anda, sebagai lulusan dari jurusan Administrasi Bisnis biarpun tidak memahami soal pertambangan atau perikanan tidak perlu khawatir. Anda berkesempatan masuk ke perusahaan tersebut dan melamar jadi staf manajemen.

Besaran gajinya pun cukup bervariasi, bisa mulai dari angka 5 juta rupiah. Ini akan tergantung pada perusahaan mana Anda akan melamar. Bila Anda ingin melamar jadi PNS pada perusahaan BUMN, gaji dan segala macam tunjangannya akan sangat terjamin.

Anda bisa coba melamar ke perusahaan PT Pelindo 3 Group, PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero), PT Asuransi Ekspor Indonesia (Persero), PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero), PT Bahana PUI (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Danareksa (Persero), Perum Jaminan Kredit Indonesia, PT Jasa Raharja (Persero), dll.

2. Menjadi Staff HRD

Pernahkah terpikir untuk menjadi seorang HRD? HRD yang merupakan singkatan dari Human Resource Development adalah salah satu jabatan yang dipastikan akan selalu ada dalam tiap perusahaan. 

Anda yang lulusan jurusan administrasi bisnis sangat memiliki peluang besar untuk bekerja sebagai seorang staff HRD. Anda bisa bertanggung jawab dalam segala macam administrasi yang berhubungan dengan karyawan. Gaji menjadi staff HRD cukup bervariasi, dari mulai 3 juta ke atas atau tergantung dengan jenis perusahaannya.

Beberapa perusahaan yang biasa membuka peluang untuk administrasi bisnis: PT Kartikawira Adisukses, PT Agricon Group, dll. Anda bisa coba mendapatkan rujukan perusahaan dari beberapa situs pencarian kerja.

3. Menjadi Seorang Konsultan Bisnis

Anda juga berkesempatan untuk menjadi seorang konsultan bisnis. Ini sangat berhubungan dengan disiplin ilmu yang dipelajari. Banyak perusahaan yang membutuhkan seorang konsultan guna memajukan perusahaannya. 

Anda akan bertugas untuk memberikan solusi-solusi yang bisa diterapkan dalam berbagai masalah perusahaan. Besaran gaji untuk seorang konsultan bisnis pun cukup bervariasi, bisa dimulai dari angka 5 juta rupiah, tergantung pada perusahaan apa Anda bekerja.

Beberapa perusahaan konsultan  bisnis yang bisa menjadi referensi Anda melamar kerja diantaranya: TUW Consultan, PT Dipo Star Finance, PT. Pinnacle Management Consulting, MarkPlus, Inc.

4. Menjadi Staff Pemasaran

Kalau Anda menyukai dunia marketing atau berhubungan dengan banyak orang, Anda bisa mencoba berkarir jadi staff pemasaran dalam sebuah perusahaan. Materi perkuliahan salah satunya tentang Ilmu Marketing yang Anda pelajari selama dibangku kuliahan sangatlah relevan. Bagaimana dengan gajinya? Untuk gaji akan sangat bervariasi, namun paling rendah berpatokan pada UMR, bisa 3 juta ke atas.

Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan tim marketing yang handal dan berpengalaman. Sehingga kesempatan untuk berkarir dalam bidang ini cukup terbuka lebar.

5. Menjadi Seorang Dosen

Bila Anda sangat tertarik dalam dunia pendidikan, Anda bisa coba berkarir menjadi seorang pengajar atau kuliah. Namun tentunya setelah lulus, Anda harus melanjutkan kuliah S2 Anda dan menyelesaikan program master dalam bidang tersebut. Setelah lulus Anda bisa langsung bekerja sebagai dosen. Untuk gaji dosen pun cukup bervariasi dan bergantung pada pengalaman Anda.

6. Membuka Bisnis Anda Sendiri

Ilmu-ilmu seputar bisnis sudah Anda dapatkan saat kuliah, sekarang Anda telah lulus, kenapa tidak coba menerapkan ilmunya pada bisnis Anda sendiri? Bila Anda memiliki sebuah ide bisnis cobalah untuk merealisasikannya. Anda bisa coba membangun bisnis Anda sendiri. 

Besaran gaji yang akan diterima tiap bulan pun bisa saja lebih besar dibandingkan dengan karyawan biasanya. Anda pun bisa saja berkesempatan untuk memberikan peluang kerja untuk mereka yang lulusan pendidikan administrasi bisnis.

7. Tentunya, Menjadi Staff Administrasi Bisnis

Anda adalah seorang sarjana yang lulus dalam jurusan administrasi bisnis. Tentu peluang Anda untuk bekerja dalam jabatan staff administrasi sangatlah besar. Ini karena memang jabatan tersebut sangat sesuai dengan Anda. Besaran gaji yang kamu peroleh pun bisa besar atau tergantung pada perusahaan mana Anda bekerja.

8. Menjadi Seorang Pegawai Bank

Apakah Anda tertarik bekerja dalam dunia perbankan? Bila iya, kenapa tidak coba mendaftarkan diri menjadi pegawai bank saja? Menjadi seorang pegawai bank, gajinya pun akan sangat terjamin. Apalagi bila jabatan Anda sudah cukup tinggi, gaji Anda bisa di atas 5 juta rupiah.

Beberapa bank yang bisa menjadi peluang kerja Anda: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

9. Menjadi Seorang PNS

Siapa sih yang tidak mau kalau hidupnya bisa terjamin dengan besaran gaji yang stabil. Nah, bila memang Anda ingin hal seperti itu, Anda bisa coba menjadi PNS. Anda bisa mendaftarkan diri sebagai PNS selepas lulus dari jurusan Administrasi Bisnis. Sebagai seorang PNS, Anda bisa dipastikan akan memiliki gaji yang stabil, tunjangan pun terjamin, besarannya pun akan terus meningkat.

Beberapa BUMN yang bisa jadi peluang kerja bagi lulusan Administrasi Bisnis diantaranya:
  • PT Bio Farma (Persero)
  • PT Balai Pustaka (Persero)
  • PT Barata Indonesia (Persero)
  • PT Batan Teknologi (Persero)
  • PT Boma Bisma Indra (Persero)
  • PT Industri Gelas (Persero)
  • PT Industri Kapal Indonesia (Persero)
  • PT Indofarma (Persero) Tbk
  • PT Industri Kereta Api (Persero)
  • PT Kertas Leces (Persero)
  • PT Kimia Farma (Persero) Tbk
  • PT Kertas Kraft Aceh (Persero)
  • PT LEN Industri (Persero)
  • PT PAL Indonesia (Persero)
  • PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero)
  • PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero)
  • PT Krakatau Steel (Persero) Tbk
  • PT Industri Sandang Nusantara (Persero)
  • PT Dahana (Persero)
  • PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero)
  • •PT Garam (Persero)
B. Peluang atau Prospek Kerja Administrasi Bisniss yang Dikutip dari Laman Web PTN dan PTS

1. Peluang atau Prospek Kerja Administrasi Bisnis yang dikutip dari Laman Web UNPAD

Lulusan Sarjana Ilmu Administrasi Bisnis memiliki prospek menjadi seorang entrepreneur yang mampu merintis, menjalankan dan mengembangkan bisnis. Selain itu para lulusan dapat diterima di berbagai perusahaan swasta nasional dan multinasional maupun perusahaan negara, serta dapat menjadi seorang peneliti bisnis, pendidik (dosen di berbagai universitas terkemuka) dan trainer perusahaan, serta dapat menjadi konsultan bisnis milik sendiri maupun bekerja di berbagai konsultan bisnis terkemuka.

Lulusan juga dapat bekerja pada lembaga pemerintahan khususnya yang terkait seperti Pemerintahan Daerah Provinsi / Kabupaten / Kota. Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Dinas UMKM, Dinas Perdagangan, Dinas Perindustrian dan dinas lain yang relevan.

http://www.unpad.ac.id/fakultas/ilmu-sosial-ilmu-politik/ilmu-administrasi-bisnis/

2. Peluang atau Prospek Kerja Administrasi Bisnis yang dikutip dari Laman Web USAHID

Beberapa prospek kerja jurusan Administrasi Bisnis antara lain:
  • Entrepreneur / Wirausahawan
  • Manager Perusahaan
  • Manager Sumber Daya Manusia
  • Manager / Staff Administrasi
  • Manager / Staff Marketing / Pemasaran

http://usahidsolo.ac.id/mengenal-program-administrasi-bisnis-adm-bisnis/

3. Peluang atau Prospek Kerja Administrasi Bisnis yang dikutip dari Laman Web UNMER

Peluang kerja Jurusan Ilmu Administrasi Niaga / Bisnis :
  • Lembaga Keuangan
  • Bursa Efek
  • Konsultan Manajemen Bisnis
  • Marketing
  • Lembaga Perbankan
  • Tenaga Edukatif

https://unmer.ac.id/s1-ilmu-administrasi-bisnis/

4. Peluang atau Prospek Kerja Administrasi Bisnis yang dikutip dari Laman Web PNJ

Profesi yang dapat digeluti oleh alumni DIV Administrasi Bisnis antara lain : 
  • Staf Keuangan, Analis Kredit, Sales Supervisor, Marketing Officer, Human Resources Development, Public Relation Officer, Konsultan Manajemen, dan berbagai profesi lain dalam bidang bisnis. Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis juga mempersiapkan lulusannya untuk mampu menjadi wirausahawan yang handal.

https://bisnis.pnj.ac.id/news/index/224/S1-Terapan-Administrasi-Bisnis.html

5. Peluang atau Prospek Kerja Administrasi Bisnis yang dikutip dari Laman Web Politeknik LP3I Bandung

Prospek Kerja Lulusan Administrasi Bisnis :
  • Asisten Pemasaran operasional
  • Asisten Manajer Produksi
  • Asisten Manajer Gudang
  • Sekretaris Perusahaan
  • Posisi level asisten supervisor dan staff di (Front office Department, Customer Service Department, Trade Finance Department, dll)
  • Asisten Office Manager
  • Staff HRD (General affair atau Staff Payroll)
  • Entrepreneur

https://plb.ac.id/index.php/program-studi/administrasi-bisnis

6. Peluang atau Prospek Kerja Administrasi Bisnis yang dikutip dari Laman Web FISIP UNDANA

Lulusan S1 Ilmu Administrasi Bisnis memiliki prospek kerja yang cukup luas, baik sebagai Tenaga Dosen / Akademisi pada beberapa perguruan Tinggi, sebagai manajer dan manajer madya pada berbagai lembaga bisnis, maupun sebagai karyawan pada berbagai instansi pemerintah dan swasta.

https://fisip.undana.ac.id/index.php/in/our-programmes/administrasi-bisnis

7. Peluang atau Prospek Kerja Administrasi Bisnis yang dikutip dari Laman Web FISIP UNPAD

Prospek Kerja Lulusan Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis :
  • Dalam bidang bisnis dan industri, misalnya International Business, Operation Management, Counsulting, Finance Human Resources Management, Management Information System dan Entrepreneurial Ventures.
  • Di luar bidang bisnis yaitu Goverment, Arts Management, Education Administration, Health Service Administration, dan Non Profit Agencies.

http://fisip.unpas.ac.id/home/berita/91/program_studi_ilmu_administrasi_bisnis

Nah, itulah beberapa prospek kerja administrasi bisnis dan gajinya. Sangat beragam sekali bukan? Menjadi lulusan administrasi bisnis memang sangat menguntungkan. Ini karena ilmu yang dipelajari sangat dibutuhkan untuk semua perusahaan, baik perusahaan besar atau kecil. Baik dalam ilmu administrasi atau manajerial, keduanya sudah dipelajari dan bisa Anda kuasai selama pembelajaran dibangku kuliah.

Sekarang, bagi Anda yang memang tertarik dengan pendidikan administrasi bisni karena melihat penjelasan peluang atau prospek kerja di atas. Berikut adalah pembahasan soal dunia pendidikan administrasi bisnis lebih luas. Simak yuk!

Artikel Terkait : Peluang atau Prospek Kerja Ilmu Komunikasi dan Gajinya

C. Dunia Pendidikan Administrasi Bisnis

Administrasi Bisnis merupakan Program Studi yang sudah sangat tidak asing, bahkan dari kata “bisnis” nya jurusan ini bisa menarik banyak perhatian. Dalam prodi ini, kamu akan diajarkan mengenai berbagai macam materi serta praktik langsung bagaimana menjadi enterpreneur dalam dunia profesional. Anda akan mempelajari bagaimana suatu kegiatan operasional dan manajemen perusahaan berlangsung.

Beberapa kegiatan seperti kegiatan marketing atau pemasaran, mengelola keuangan, bagaimana proses produksi hingga mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sebuah perusahaan. Bahkan tak hanya berpeluang menjalankan bisnis sendiri atau orang lain, Anda juga akan belajar bagaimana cara membuat produk Anda sendiri.

Bisnis yang dimaksu bukan hanya sekedar menjual kembali produk serta mengambil keuntungannya saha. Namun Anda juga akan diajarkan bagaimana menciptakan sebuah value atau nilai pada suatu produk yang hendak dipasarkan.

Administrasi bisnis pun tentunya akan mempelajari bagaimana segala urusan yang berhubungan dengan klarikal kantor, bagaimana mengelola sarana pun prasarana kantor, memproses data dengan akurat hingga mengelola suatu informasi yang terkait dengan pekerjaan perusahaan.

Siapa saja sih yang cocok untuk masuk ke dalam jurusan pendidikan ini? Tentunya, program studi ini akan sangat sesuai dengan Anda yang mempunyai ketertarikan dalam dunia bisnis, khususnya administrasi. Yang berkaitan dengan cara pengurusan dokumen, hingga pengembangan bisnis dengan lebih luas lagi.

Beberapa mata kuliah yang bisa Anda dapatkan saat masuk ke program studi administrasi bisnis diantaranya: 
  • Azas-Azas Manajemen, Matematika Bisnis, Dasar-Dasar Organisasi, Kebijakan dan Strategi Pemasaran, Kebijakan dan Strategi Sumber Daya Manusia (SDM), Komunikasi Keorganisasian / Komunikasi Bisnis, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Risiko dan Asuransi, Psikologi Industri, Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial, Psikologi Umum, Akuntansi, Perpajakan, Hukum Bisnis, Manajemen Pemasaran Strategis, Strategi dan Manajemen Perusahaan Multinasional, Teknik Penyusunan Rencana Bisnis, Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial, Hak Perlindungan Konsumen, Pemasaran Teknologi Tinggi, Manajemen Perusahaan Industrial, Organisasi Multilateral dan Perilaku Konsumen.

Melihat dari ilmu-ilmu yang diajarkan di atas, tentu sangatlah beragam. Anda memiliki peluang sangat besar untuk mengambil wewenang lebih dalam pengaturan suatu perusahaan atau dunia yang lebih profesional. Bukan tanpa sebab, melainkan karena keilmuan yang Anda dapatkan saat perkuliahan memang sangat sesuai dan sudah menjadi bekal yang dibutuhkan untuk siapa saja.

D. Karakteristik Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis

Ada beberapa karakteristik yang biasanya dimiliki oleh mereka yang ada di Program Studi Administrasi Bisnis, beberapa diantaranya:

1. Tekun

Dalam perkuliahan, Anda dituntut untuk bisa melihat peluang administrasi bisnis secara luas. Artinya akan ada banyak hal yang harus dipelajari dan diketahui. Itulah mengapa banyak karakteristik mahasiswa yang memiliki tingkat ketekunan sangat tinggi.

2. Detail

Tingkat ketelitian pun sangat diandalkan. Mereka yang ada dalam jurusan pendidikan ini, memang harus sangat teliti. Karena nantinya akan dituntut mengurus berbagai macam dokumen atau mengawasi bagaimana sistem manajerial suatu perusahaan. Apakah ada kesalahan atau tidak, apakah ada yang kurang atau tidak.

3. Rasional

Ya, dalam dunia profesional, seorang administrasi bisnis memang dituntut untuk menjadi rasional. Anda harus melihat segalanya melalui data yang akurat. Bukan hanya menggunakan emosi saja.

4. Terstruktur

Seorang administrasi bisnis harus ahli dalam memanajerial suatu hal. Baik untuk dirinya sendiri atau dalam dunia profesional kerja. Oleh sebab itulah, nantinya dalam dunia pendidikan administrasi bisnis mereka akan dididik menjadi seorang yang bisa terstruktur. Melakukan segala macamnya dengan baik, step by step.

5. Pandai Berhitung

Mahasiswa administrasi bisnis biasanya akan sangat pandai dalam perhitungan loh. Khususnya dalam bidang akuntansi atau keuangan. Keahlian ini salah satu yang sangat menjual bila Anda ingin mendaftarkan diri pada suatu perusahaan. Karena bagaimanapun urusan keuangan perusahaan adalah urusan paling krusial dan harus diatasi oleh orang yang ahli dan tepat.

6. Melakukan Analisa

Tingkat analisa yang akurat pun harus menjadi karakter mahasiswa administrasi bisnis. Melalui data yang telah diolah, seorang ahli dan memiliki disiplin ilmu dalam bidangnya harus melakukan analisa terhadap data tersebut. Disinilah peluang mahasiswa administrasi bisnis untuk bisa melakukannya.

7. Bisa dan Senang Melakukan Riset

Ya, tentu saja selain bisa, Anda harus senang. Kalau tidak merasa senang atau menyukai bidang tersebut, tingkat analisa untuk melakukan riset malah bisa tidak akurat. Anak-anak administrasi bisnis biasanya sudah sangat terbiasa dengan hal ini. Sehingga mau seperti apa data yang diolah mereka sudah siap untuk melakukan riset.

8. Bisa Bekerja Sama dalam Sebuah Tim

Semua orang tentu saja bisa bekerja sama dalam sebuah tim. Namun dalam sebuah tim, akan banyak karakteristik dan harus ada yang menjadi pengontrol atau pengatur. Nah, mahasiswa yang berkuliah di jurusan administrasi bisnis ini memiliki pengetahuan dan terbiasa dengan praktik manajemen. Dengan penerapan manajemen yang baik maka dalam dunia profesional pun sebuah tim bisa dimenej dengan baik pula.

E. Kemampuan Mahasiswa Lulusan Administrasi Bisnis

Kemampuan yang akan dimiliki mahasiswa administrasi bisnis setelah lulus diantaranya:
  • Negosiasi: Anda bisa mengatur orang lain agar bisa berkerjasama dengan baik dan menyelesaikan permasalahan atau beda pendapat
  • Pemahaman secara lisan: kemampuan untuk menjadi pendengar dan memahami suatu informasi serta ide yang disampaikan lewat kata dan lisan pun menjadi kemampuan yang baik
  • Sensitivitas pada masalah: merasa sensitif pada sebuah masalah. Hal ini akan melibatkan  bagaimana menyelesaikan sebuah masalah saat mengetahui saat ada masalah dalam suatu organisasi/perusahaan.
  • Lugas dalam berbicara: Ya, mereka yang berkuliah dalam jurusan administrasi bisnis pun memang akan dijamin dengan kemampuan berbicaranya di depan publik. Orang dengan baik akan mengerti apa yang dikatakan.
  • Pemahaman secara tertulis: selain kemampuan memahami secara lisan, pemahaman tertulis juga menjadi hal yang bisa didapatkan. Kemampuan dalam membaca serta memahami suatu informasi serta ide yang disampaikan dalam bentuk tulisan.

Lanjutkan membaca : Peluang atau Prospek Kerja Administrasi Perkantoran dan Gajinya

Bila melihat pada penjelasan di atas sudah sangat jelas, kalau administrasi bisnis memang merupakan salah satu disiplin ilmu sangat luas. Tidak hanya berfokus pada satu bidang, namun banyak bidang. Sehingga tidak berpatokan atau spesifik pada satu organisasi atau perusahaan (dalam dunia profesional). 

Kemampuannya pun menjadi hal yang sangat dibutuhkan banyak perusahaan. Inilah mengapa tidak sedikit perusahaan yang selalu membuka peluang bekerja untuk para lulusan administrasi bisnis.

Sehingga Anda juga tak perlu merasa khawatir dengan dunia karir Anda selanjutnya bila masuk ke jurusan ini. Berdasarkan penjelasan di atas, sudah jelas sekali akan selalu ada peluang tersebut. Tinggal bagaimana Anda memutuskannya, karena prospek kerja administrasi bisnis dan gajinya di setiap perusahaan sangatlah beragam.