Konsep dan Strategi Usaha Angkringan Agar Laris dan Menguntungkan

Konsep dan Strategi Usaha Angkringan Agar Laris dan Menguntungkan -- Peluang Usaha Angkringan yang Laris dan Menguntungkan, Cara Memulai Usaha Angkringan, Cara Memasarkan Usaha Angkringan, Analisa Modal dan Keuntungan Usaha Angkringan, Usaha Angkringan yang Mudah di Jalankan, Tips Jitu Memulai Usaha Angkringan yang Menguntungkan, Rincian Modal Usaha Angkringan Bagi Pemula, Tips Sukses Buka Usaha Angkringan, Model Usaha Angkringan Modern, Strategi Bisnis Angkringan, Peluang Usaha Angkringan Modal Kecil Sukses.

https://www.lokerpns.web.id/

Mendengar kata angkringan maka yang terlintas di kepala adalah tempat makan di pinggir jalan dengan sajian berbagai macam jajanan seperti gorengan dan sate-satean. Selain itu wedang jahe atau jahe susu juga menu andalan dari warung angkringan. Usaha angkringan ini banyak dijumpai di daerah Solo dan sekitarnya dan juga Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kalau dulu makan atau minum di warung angkringan hanyalah mereka yang berkantong tipis, orang ndeso yang tidak pernah kenal kafe, atau kaum-kaum pinggiran lainnya seperti tukang becak tetapi sekarang semua itu tidak berlaku lagi.

Angkringan sekarang sudah naik level, naik kelas bukan hanya milik kaum marjinal tetapi hampir semua kalangan suka dengan konsep angkringan. Banyak hal besar terjadi berawal dari sekedar obrolan di warung angkringan. 

Konsep angkringan jaman now bukan lagi sekedar gerobak dengan tenda di trotoar pinggiran jalan. Angkringan sudah berubah wujud menjadi tempat nongkrong ekslusif bahkan acara politik pun banyak digelar di kafe angkringan, apalagi di musim pemilihan kepala daerah seperti saat ini. Karena angkringan dianggap sebagai simbol merakyat maka diharapkan mampu memikat lebih banyak masyarakat. 

Usaha angkringan saat ini mulai dilirik oleh para wirausaha muda, mereka melirik bisnis ini karena dianggap sangat menjanjikan. Bisnis angkringan seperti apa yang berpotensi bisa meraih banyak keuntungan di masa sekarang ini.

Pahami Hal-hal Seputar Peluang Usaha Angkringan yang Laris dan Menguntungkan

1. Konsep Usaha Angkringan

Buang mindset angkringan adalah warung tenda pinggir jalan dengan lampu remang-remang dan makanan murahan. Angkringan sekarang adalah tempat anak muda bahkan para politisi berbincang.

a. Kafe Angkringan

Bagaimana jika suasana kafe dibawa ke dalam konsep angkringan. Angkringan yang modern dengan berbagai fasilitas yang lengkap untuk para pengunjung seperti wifi, parkiran yang luas, ruangan ber-AC, dan fasilitas-fasilitas kafe modern lainnya. Tetap dengan menu khas ala angkringan pinggir jalan tetapi dengan menambahkan cita rasa, pengemasan dan cara penyajian yang lebih modern.

Sedangkan untuk perabotan di dalamnya untuk mempertahankan suasana angkringan pilihlah furniture dari kayu atau bambu. Jangan lupa toples-toples dan lampu-lampu kuno klasik bisa dipasang sebagai dekorasinya.

Menu andalan angkringan atau di daerah Solo disebut dengan hik adalah wedang jahe dan nasi kucing. Jika di warung hik dan angkringan pinggir jalan wedang jahe disajikan hanya dengan gelas biasa maka di kafe angkringan anda bisa sajikan dengan cangkir kuno yang biasa disebut dengan cangkir blirik misalnya.

Begitupun dengan nasi kucing bukan disajikan dengan dibungkus kertas koran dan kertas minyak saja tetapi gunakan piring blekyang merupakan pasangan pas untuk cangkir blirik. Lengkapi dengan teko blirik jika konsumen memesan 1 meja untuk beberapa orang.

Sebenarnya konsep kafe angkringan tidak harus selalu di dalam ruangan tetapi bisa juga dibuat dengan konsep outdoor atau luar ruangan. Atau penggabungan indoor dan outdoor. Hanya saja yang harus dipertimbangkan adalah jika membuat konsep kafe outdoor maka pilihlah tempat yang tidak terlalu dekat dengan jalan raya karena secara otomatis dengan ruangan yang terbuka atau outdoor suara-suara yang ada di sekitarnya akan lebih jelas terdengar, jika tempatnya dekat dengan jalan raya maka akan bising dan kurang nyaman.

b. Konsep Rumah Tua

Jika anda datang ke kota Solo maka anda akan menemukan banyak angkringan modern yang menggunakan rumah-rumah tua peninggalan Belanda ataupun rumah kuno milik keluarganya yang kebanyakan berbentuk joglo sebagai tempat mendirikan usaha angkringan. Dan konsep ini ternyata sangat menarik pengunjung.

Selain bisa menikmati hidangan ala angkringan mereka juga bisa bernostalgia dengan masa kecil atau sekedar merasakan atmosfer makan di rumah kuno atau rumah tua.

Hal ini hampir mirip dengan konsep yang diusung oleh para pengusaha kain batik, dimana mereka menjadikan suasana kekunoan untuk memberikan pengalaman yang tak terlupakan oleh para pengunjungnya. Syukur-syukur anda memiliki rumah peninggalan nenek moyang yang masuk kategori rumah kuno anda bisa gunakan tanpa memikirkan uang sewanya. Sudah irit di modal awal bukan.

2. Pertahankan Menu Asli Angkringan

Konsep modern pada kafe angkringan jangan sampai membuang dan menghilangkan ciri khas dari angkringan itu sendiri salah satunya adalah jenis menunya. Pada umumnya makanan yang dijual di angkringan adalah berbagai macam gorengan, aneka sate, nasi kucing dan aneka nasi bungkus lainnya dengan lauk sayuran yang sederhana tapi nikmat misalnya oseng-oseng, orek tempe, telur dadar.

Keasikan makan di angkringan adalah nasi pulen dan gurih disertai lauk sayur yang simpel dan dimakan dengan sate-satean sebagai pelengkap. Pertahankan hal ini dan usung dalam kafe angkringan modern.

Begitupun dengan menu minumannya, angkringan tidak menjual minuman yang aneh-aneh, biasanya selain andalannya wedang jahe ada wedang uwuh, teh, jeruk, kopi dan susu. Hanya sesederhana itu saja. Kalaupun ingin menambahkan variasi tetap gunakan jenis minuman tadi sebagai basicnya, misalnya dengan menambah jenis kopi, atau bisa juga tambahkan minuman kesehatan seperti STMJ misalnya.

3. Ciptakan Kenyamanan 

Satu hal yang mungkin tidak bisa didapatkan saat makan di warung angkringan kaki lima atau hik mungkin adalah rasa nyaman. Bagaimanapun dengan suasana warung tenda yang berada di atas trotoar pinggir jalan pastilah suara bising dari mesin kendaraan yang lewat tidak bisa dihindari.

Selain itu juga kebersihannya mungkin kurang terjaga, makanan yang seringkali tidak ditutupi sehingga akan banyak debu yang menempel, lalat, semut atau serangga lainnya. Hal inilah yang membuat orang dari kalangan menengah enggan datang dan makan di warung angkringan atau hik pinggir jalan.

Tidak mau datang bukan berarti tidak tertarik, gunakan peluang ini untuk menggaet mereka yang sebenarnya ingin merasakan dan mencicipi enaknya hidangan makanan dan minuman khas angkringan tetapi karena hal-hal tertentu malas dan enggan kalau harus ke warung kaki lima.

Angkringan dengan konsep modern tetapi mengusung menu tradisional yang menjadi ciri khasnya pastilah akan cukup menarik bagi mereka kalangan kelas menengah ke atas ini. Dan jangan lupa kalangan menengah ke atas pada umumnya berkantong cukup tebal, mereka tidak akan segan merogoh kocek untuk bisa makan enak.

4. Pilihlah Lokasi yang Tepat

Kunci sukses dari sebuah bisnis atau usaha tidak lepas dari pemilihan lokasi yang tepat. Pertama tentunya pilihlah lokasi dimana tempat itu merupakan tempat yang relatif ramai atau sering dilewati oleh orang. 

a. Di Jalan Utama Atau Jalur Penghubung

Kalau memungkinkan pilihlah tempat dimana jalan itu merupakan jalur utama sebuah kota atau jalur penghubung diantara 2 kota yang notabene akan sering disinggahi oleh mereka yang sedang melakukan perjalanan sekedar untuk beristirahat melepas lelah dan mengganjal perut. Apalagi di masa orang banyak melakukan perjalanan luar kota seperti pada masa liburan atau lebaran.

Semakin tingginya tingkat mobilitas orang yang bepergian dengan menggunakan kendaraan pribadi untuk menempuh jarak yang cukup jauh maka itu merupakan peluang untuk membidik pasar. Mereka pasti akan beristirahat dan makan, biasanya mereka akan cenderung memilih jenis makanan yang simpel dan tidak perlu menunggu waktu yang lama. Tak jarang juga justru mereka hanya akan membeli makanan saja untuk dibawa dan dimakan di dalam mobil. Rest area bisa menjadi pilihan.

b. Di Dekat Pusat Keramaian

Atau bisa juga mendirikan usaha angkringan di lokasi dekat pusat-pusat keramaian masyarakat seperti pasar, alun-alun kota, sekolahan, pusat perkantoran dan pusat perbelanjaan. Jumlah orang yang berada di sekitar tempat tersebut sangat banyak setiap harinya dan ini bisa menjadi potensi pasar yang bagus untuk mengenalkan bisnis makanan milik anda.

c. Di Daerah Industri

Di daerah pusat industri dimana banyak pabrik berdiri disana juga merupakan lokasi yang sangat prospektif. Ingat para pekerja pabrik jumlahnya cukup banyak bukan hanya ratusan tapi puluhan ribu dan ini merupakan pangsa pasar yang besar. Apalagi kebanyakan pabrik memiliki jam operasional 24 jam selama 7 hari alias tidak pernah libur, jadi dengan mendirikan bisnis kuliner di dekat pabrik potensi lakunya akan tidak terbatas pada jam, karena pekerja pabrik selalu butuh makan. Yang penting jangan menjual makanan dan minuman dengan harga yang terlalu mahal.

d. Di Daerah Pemukiman Atau Perumahan

Lokasi yang bagus lainnya untuk memulai bisnis angkringan adalah daerah sekitar pemukiman penduduk atau juga di dekat kompleks perumahan. Apalagi jika di perkotaan dimana sebagian besar penduduknya memiliki tingkat aktivitas di luar rumah yang tinggi entah untuk sekolah, kuliah atau bekerja.

Dengan kegiatan harian yang tinggi dimana orang keluar rumah pagi hari dan baru kembali ke rumah sore atau bahkan malam hari mambuat mereka bahkan tidak sempat memasak sendiri makanannya. Pilihan mereka adalah dengan cara yang praktis yaitu membeli makanan di luar rumah.

Belum lagi jika mereka kedatangan tamu di rumah, entah itu keluarga, saudara, rekan kerja atau sekedar kenalan. Orang yang hidup di kompleks perumahan terlebih yang mereka kalangan menengah biasanya untuk menjamu tamu-tamunya mereka akan mencari penjual makanan yang dekat dengan daerah rumahnya. Tidak menutup kemungkinan jika dirasa warung angkringan anda memiliki tempat yang enak dan menyenangkan ditambah menu makanan dan minuman yang lezat maka mereka akan mengajak tamunya datang langsung. 

5. Cara Pemasaran / Strategi Pemasaran Bisnis Angkringan

Usaha dalam bidang apapun termasuk usaha angkringan membutuhkan pemasaran atau marketing yang tujuannya mambuat orang mengetahui anda ada. Bagaimana orang mau datang kalau mereka tidak tahu bahwa ada tempat makan angkringan yang unik dan menyenangkan. Seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang.

Banyak cara marketing dan promosi yang efektif yang bisa dilakukan agar angkringan anda dikenal orang tapi dengan biaya yang tidak banyak atau bahkan promo gratis.

a. Manfaatkan Event Keramaian Masyarakat

Di kota tempat anda membuka angkringan tentunya sering ada acara-acara dimana akan banyak masyarakat yang datang ke sana seperti acara panggung musik, karnaval, pasar malam dan sejenisnya. Gunakan momen ini untuk mengenalkan angkringan anda.

Cara yang paling mudah yaitu dengan mencetak flyer kemudian membagikannya secara gratis kepada penggunjung acara tersebut. Yang anda butuhkan hanyalah biaya untuk membuat flyer yang sebenarnya bisa anda buat sendiri dengan mesin printer. Ongkosnya tidak mahal dan cukup efektif sebagai media promosi.

b. Ikut dalam Bazzar

Sekarang ini sedang musim sekali EO mengadakan bazzar di mall-mall, kenapa tidak mencoba ikut menjadi pesertanya. Bazzar biasanya akan menyedot perhatian masyarakat sehingga dengan bergabung sebagai peserta dalam acara ini anda tidak perlu repot-repot membuat promosi sendiri. Orang akan datang dengan sendirinya dan mulai mengenal anda. 

Jika selama bazzar tidak bisa atau tidak memungkinkan menampilkan keseluruhan menu secara lengkap maka cukup sediakan saja menu-menu yang menjadi andalan dan setiap orang yang mendatangi booth anda bisa langsung ditawarkan untuk datang ke angkringan milik anda jika menginginkan menu yang lainnya yang pastinya tidak kalah enak dan lezat.

c. Jadikan Konsumen Sebagai Orang Marketing

Sadar atau tidak sadar di era sekarang ini apalagi di tengah dunia digital segala apapun baik atau buruk akan cepat sekali menyebar termasuk segala hal tentang kafe angkringan milik anda. Yang paling banyak dan biasanya cukup dipercayai oleh orang lain adalah komentar atau testimoni dari konsumen atau orang yang pernah datang makan ke angkringan anda. 

Jika konsumen ini sekali datang kecewa, maka kekecewaannya bisa begitu cepat menyebar dan itu akan sangat merugikan karena orang lain tanpa datang dan merasakannya sendiri akan cenderung menganggap hal buruk itu benar adanya.

Begitu juga sebaliknya, jika kesan yang mereka dapatkan setelah datang ke angkringan adalah sesuatu yang baik maka tanpa dimintapun para konsumen ini akan merekomendasikannya kepada orang lain. 

Untuk itu usahakan sebisa mungkin setiap konsumen yang datang akan pulang dengan kenangan dan kesan yang menyenangkan sehingga anda bisa memanfaatkan mereka sebagai “pegawai’ marketing. Testimoni konsumen ini adalah langkah awal membentuk branding yang baik untuk bisnis anda.

d. Berikan Komplimen Kepada Pelanggan Setia

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa testimoni konsumen apalagi yang sudah menjadi pelanggan tetap merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan bisnis. Tetapi sebagai timbal balik agar pelanggan tersebut semakin merasa puas dan senang berikanlah komplimen atau hadiah kepada mereka. Wujudnya bisa berupa voucher makan atau yang lainnya. 

Pelanggan yang merasa diberikan servis dengan baik seperti itu akan semakin gencar mempromosikan tempat makan milik anda kepada orang lain bahkan tanpa diminta. Dan ini akan sangat membuka kesempatan meraih pelanggan yang loyal lebih banyak lagi.

e. Berikan Contoh Produk Secara Gratis

Anda pasti pernah saat berjalan-jalan di pusat perbelanjaan atau supermarket tiba-tiba ada orang menghampiri untuk memberikan sampel produk secara gratis. Yang paling banyak dijumpai adalah produk susu atau makanan ringan dalam kemasan. Cara marketing ini bisa anda tiru juga untuk mengenalkan menu-menu dari usaha kuliner angkringan milik anda. Dengan mencicipi rasanya bukan tidak mungkin orang akan tertarik untuk membelinya apalagi jika dirasa cocok dengan lidah dan selera mereka.

f. Manfaatkan Media Sosial

Siapa sih yang tidak memiliki dan tidak main sosial media di jaman sekarang ini? Hampir tidak ada. Mulai dari anak SD sampai orang tua hampir semuanya tahu dan menggunakan media sosial. Keuntungan dari penggunaan media sosial adalah jangkauannya yang luas tanpa kita harus bersusah payah pergi dari rumah. Manfaatkan dengan maksimal media sosial milik anda untuk mengenalkan dan memasarkan bisnis angkringan anda.

g. Menjalin Kerjasama dengan Layanan Online

Jaman serba praktis salah satunya berimbas pada semakin meningkatnya permintaan melalui layanan pengantaran online. Di kota-kota besar yang banyak kemacetan orang cenderung malas keluar rumah atau pergi hanya untuk mencari makan solusinya adalah dengan menggunakan jasa pengantaran online.

Bergabunglah dalam jasa pengantaran online ini sehingga produk makanan dan minuman yang dijual di angkringan anda sehingga untuk menikmati menu angkringan tidak harus repot datang. Cara ini juga sangat efektif untuk meraup konsumen dan pelanggan lebih banyak lagi tanpa harus repot.

Demikian ulasan mengenai Konsep dan Strategi Usaha Angkringan Agar Laris dan Menguntungkan. Mudah-mudahan ulasan di stas bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih dan semoga berhasil.