Ide Peluang Usaha Rumahan di Desa dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Peluang Usaha Rumahan di Desa dengan Modal  Kecil yang Menguntungkan -- Ide Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan, Contoh Peluang Usaha Rumahan di Desa Modal Kecil, Peluang Usaha Rumahan Paling Laris di Desa Atau Kampung, Bisnis Rumahan yang Cocok Di Desa, Usaha di Desa dengan Modal Kecil yang Menguntungkan, Peluang Bisnis Rumahan di Desa Berkembang dan Terpencil, Membuka Usaha  di Desa yang Tepat Prospek Menjanjikan Keuntungan.


Kesuksesan bisa diraih oleh siapa saja, baik itu orang yang tinggal di perkotaan maupun yang tinggal di pedesaan. Yang terpenting adalah mau terus berusaha dan berkembang menjadi lebih baik, maka usaha yang dijalani akan membuahkan hasil. Untuk Anda yang tinggal di daerah pedesaan tidak ada salahnya untuk mencoba usaha rumahan yang menguntungkan. 

Usaha rumahan sendiri merupakan jenis usaha yang memerlukan modal sedikit, karena lokasi usahanya yang di rumah. Untuk orang yang bertempat tinggal di desa, jenis usaha rumahan ini bisa dijadikan sebagai penghasilan tambahan yang akan membantu perekonomian keluarga. Jenis usaha rumahan yang bisa dijalankan di desa kebanyakan berupa agrikultur.

Dalam memilih jenis usaha rumahan yang sesuai di desa, Anda harus memperhatikan kultur budaya dan letak geografisnya. Hal ini  penting untuk dilakukan agar memperoleh penghasilan seperti yang diharapkan. Jika Anda menjalankan usaha tanpa memperhatikan kedua hal tadi maka yang akan diperoleh adalah kerugian. Berikut ini usaha rumahan di desa yang menguntungkan dan wajib untuk dicoba.

15 Peluang Usaha Rumahan di Desa dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

1. Budidaya Tanaman Sayuran

Jenis usaha rumahan di desa yang pertama adalah melakukan budidaya tanaman sayuran. Lahan di sekitar rumah yang masih kosong dan tidak terpakai bisa dimanfaatkan untuk menanam aneka tanaman sayuran yang bernilai ekonomis. Biasanya di daerah pedesaan tanahnya sangat subur dan masih memiliki lahan yang luas di sekitar rumah, sehingga jenis usaha yang satu ini sangat cocok untuk dilakukan. 

Untuk jenis sayuran yang ditanam sebaiknya sayuran dengan umur pendek, agar bisa dipanen dalam kurun waktu yang singkat. Jenis sayuran seperti bayam dan kangkung merupakan jenis sayur berumur pendek yang disukai banyak orang. Sedangkan pemasarannya Anda bisa menitipkan di warung sayuran, membawa berkeliling desa, dan juga bisa menawarkan kepada para tetangga.

2. Budidaya Perikanan

Usaha rumahan di desa yang menguntungkan selanjutnya adalah melakukan budidaya perikanan. Di desa banyak sekali rumah yang sekelilingnya memiliki lahan yang sangat luas. Maka dari itu menekuni usaha budidaya perikanan bisa menjadi pilihan yang tepat. Budidaya perikanan merupakan jenis usaha yang memiliki peluang besar jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Terlebih lagi usaha budidaya perikanan ini bisa dilakukan di sekitar rumah, sehingga modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Budidaya perikanan bisa diawali dengan membuat kolam ikan di sekitar rumah. Adapun jenis ikan yang bisa dibudidaya merupakan ikan yang memiliki nilai ekonomis, seperti ikan mas, lele, dan nila. Tahap selanjutnya adalah melakukan pemasaran yang bisa dilakukan dengan cara menjualnya langsung kepada para tetangga dan bisa juga dengan menjual ke pasar tradisional. 

3. Beternak Ayam Petelur

Beternak ayam petelur juga bisa menjadi bisnis rumahan di desa yang menguntungkan jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Telur sendiri merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Setiap tahunnya kebutuhan akan telur ayam terus meningkat. Mengingat di desa lahan masih sangat luas, maka bisnis rumahan yang satu bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan yang menjanjikan.

Ayam petelur ini bisa dibudidayakan dengan membuatkan kandang di sebuah lahan yang luas. Jika sudah menuai hasilnya berupa panen telur ayam, maka Anda bisa segera menjualnya, baik itu di desa tempat tinggal maupun dijual hingga ke desa-desa besar. Untuk bisa melakukan budidaya ayam petelur dengan baik, Anda bisa mempelajarinya melalui internet atau buku yang membahas tentang cara budidaya ayam petelur.

4. Membuka Usaha Ayam Potong

Pedesaan merupakan lokasi yang paling tepat untuk membuka bisnis yang membutuhkan lahan yang luas, seperti usaha ayam potong ini. Selain bisnis ayam petelur, alternatif lain bisnis di desa yang menguntungkan adalah membuka usaha ayam potong. Saat ini bisnis ayam potong memang tumbuh dengan subur di pedesaan, hal ini dikarenakan kondisi pedesaan yang mendukung. Berbeda di perkotaan yang lahannya sangat terbatas.

Di desa lingkungan dan habitat untuk ayam potong sangat mendukung, sehingga di pedesaan banyak sekali pebisnis ayam potong yang berskala besar. Daya tarik usaha ayam potong adalah mudah dijalankan dan keuntungan yang diperoleh sangatlah besar. Biasanya bisnis ayam potong dapat mengeluarkan bau tidak sedap dari kotoran ayam, sehingga harus dibersihkan dengan teratur agar tidak mengganggu  kenyamanan lingkungan.

5. Membuat Peternakan Kambing

Selain bisnis peternakan ayam, Anda juga bisa memulai bisnis peternakan kambing sebagai salah satu bisnis rumahan di desa yang menguntungkan. Kambing sendiri merupakan jenis hewan yang memiliki nilai ekonomis tinggi, sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan yang banyak. Kambing biasanya laku keras saat mendekati Idul Adha, bahkan harganya bisa melambung sangat tinggi. Selain sebagai kurban, kambing juga banyak digunakan dalam acara aqiqah.

Usaha peternakan kambing ini sangat cocok dilakukan di pedesaan yang notabene masih memiliki lahan yang luas. Di pedesaan Anda akan lebih mudah mencari pakan kambing yang berupa rerumputan. Selain itu, pengawasan juga lebih mudah dilakukan, karena tempat peternakan yang bisa di sekitar rumah. Dengan menekuni usaha peternakan kambing maka Anda akan menjadi pengusaha di desa yang sukses.

6. Usaha Budidaya Kroto

Jenis bisnis rumahan di desa yang menguntungkan selanjutnya adalah usaha budidaya kroto. Kroto merupakan anak semut rangrang yang menjadi sumber makanan favorit bagi burung, khususnya burung kicau agar dapat berbunyi dengan keras dan bagus. Harga kroto sendiri lumayan mahal, sehingga banyak orang di pedesaan untuk menekuni bisnis budidaya kroto. 

Dengan menerapkan prinsip beternak kroto yang tepat akan membuat Anda menjadi peternak kroto di desa yang sukses, karena permintaan akan kroto ini sangatlah tinggi di pasaran, seperti pasar burung maupun pasar umum. Orang yang menekuni bisnis kroto mendapatkan penghasilan yang fantastis saat panen tiba, selain itu permintaan akan kroto terus meningkat di pasaran.

7. Penangkaran Burung Kicau

Untuk Anda yang memiliki hobi beternak burung kicau tidak ada salahnya untuk mengembangkan bisnis seperti membuat penangkaran burung kicau. Jenis bisnis penangkaran burung kicau sangat cocok dilakukan di pedesaan sebagai bisnis rumahan yang menguntungkan. Burung kicau sendiri merupakan jenis burung yang diminati oleh banyak orang dan harganya juga mahal, sehingga Anda akan memperoleh banyak penghasilan.

Bahkan kolektor burung kicau biasanya merupakan orang kalangan atas, sehingga tidak segan untuk membeli burung kicau dengan harga yang mahal. Beberapa jenis burung kicau yang bisa dipelihara seperti murai batu, lovebird, kenari, dan sebagainya. Jenis burung kicau tersebut bisa memiliki harga yang fantastis jika kicauannya  bagus, sehat, dan bulunya indah. Untuk para pecinta burung, jenis bisnis ini sangat cocok dilakukan sebagai bisnis jangka panjang.

8. Berkebun Kelapa

Salah satu jenis tanaman yang memiliki berbagai manfaat adalah kelapa. Mulai dari akar, batang, daun, dan buah kelapa bisa dimanfaatkan oleh manusia. Menanam kelapa di pekarangan rumah di pedesaan akan menjadi jenis bisnis pertanian yang menguntungkan untuk dilakukan. Buah kelapa muda juga menjadi salah satu buah favorit bagi banyak orang. Selain itu, berbagai manfaat buah kelapa untuk kesehatan menjadikan banyak orang menyukainya. 

Permintaan buah kelapa di pasaran juga sangat banyak, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk menjualnya. Harga buah kelapa juga bisa melambung sangat tinggi. Jika Anda menanam pohon kelapa dalam jumlah yang banyak di sekitar rumah maka penghasilan yang diperoleh juga akan melimpah. Anda bisa menjual buah kelapa sendiri dan bisa juga menjualnya langsung ke pedagang. Biasanya para pedagang kelapa juga mau membeli kelapa yang masih di pohon untuk kemudian dipanen sendiri. 

9. Menjual Gorengan

Gorengan merupakan jenis camilan yang disukai oleh banyak orang. Bahkan saat Anda ke warung makan pasti berbagai macam gorengan tersedia secara lengkap. Mengingat gorengan merupakan camilan yang merakyat maka memulai bisnis rumahan dengan cara menjual gorengan akan menjadi jenis bisnis yang menguntungkan. Anda bisa membuka bisnis jualan gorengan dimana saja, yang penting mudah dijangkau oleh orang lain.

Gorengan sendiri merupakan jenis makanan dengan harga yang murah, sehingga sangat cocok dijual di pedesaan. Gorengan bisa dijual di dekat sekolah, pinggir jalan, dan tempat-tempat umum lainnya. Jika Anda menekuni bisnis gorengan ini maka akan mendapatkan hasil yang menggiurkan, bisa untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Bisnis jualan gorengan juga sangat cocok digunakan sebagai bisnis sampingan bagi ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan sendiri.

10. Membuat Keripik Singkong

Bisnis rumahan di desa yang menguntungkan selanjutnya adalah membuat keripik singkong. Seperti yang telah diketahui bahwa keripik singkong merupakan camilan yang menjadi favorit banyak orang. Anda bisa memulai bisnis membuat keripik singkong sendiri  di rumah dengan modal yang tidak terlalu besar. Cara membuat keripik singkong juga cukup mudah, tidak perlu keahlian khusus untuk bisa membuat keripik singkong yang lezat.

Untuk bahan bakunya berupa singkong sangat mudah ditemui di daerah pedesaan, sehingga Anda tidak akan kesulitan. Cara pemasaran keripik singkong juga mudah, bisa dengan menitipkannya di warung-warung dan bahkan Anda bisa menjualnya ke berbagai daerah. Jika keripik yang Anda buat lezat dan memiliki harga terjangkau maka akan banyak orang yang menyukainya. Terlebih lagi jika Anda sudah memiliki izin produksi, pasti lebih banyak orang yang membeli keripik singkong tersebut.

11. Usaha Pembuatan Kerajinan Tangan

Jenis usaha rumahan di desa yang menguntungkan berikutnya adalah membuka usaha pembuatan kerajinan tangan. Di pedesaan sudah banyak para pembuat kerajinan tangan yang menuai kesuksesan. Bentuk kerajinan yang dibuat bisa berupa pengolahan limbah plastik menjadi barang yang bernilai seni, kerajinan dari bambu, dan lain sebagainya. Tentu  saja bahan bakunya lebih mudah didapatkan di desa dan harganya juga relatif murah.

Untuk Anda yang memiliki karyawan juga tidak akan terlalu pusing memberikan bayaran, karena upah karyawan di desa jauh lebih kecil dibandingkan di kota besar. Jika bahan baku dan gaji karyawan bisa dihemat maka biaya operasional yang digunakan juga lebih kecil. Hal ini menjadikan penghasilan Anda meningkat, sehingga usaha kerajinan tangan akan menjadi jenis bisnis yang menguntungkan untuk dikembangkan seterusnya.

12. Usaha Warung Sembako

Usaha warung sembako juga menjadi jenis bisnis rumahan di desa yang menguntungkan untuk dilakukan. Biasanya daerah pedesaan jauh dari pusat perbelanjaan yang besar seperti pasar swalayan, sehingga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari orang cenderung untuk membeli di warung-warung kecil di desa tersebut. Kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk mendirikan warung sembako yang lengkap dengan hasil yang menggiurkan.

Kehadiran warung sembako di desa merupakan hal yang penting, karena memudahkan masyarakat untuk berbelanja. Dengan membuka warung sembako Anda juga akan mendapatkan penghasilan setiap harinya, sehingga dapat membantu  perekonomian keluarga menjadi lebih baik. Agar banyak orang yang membeli sebaiknya Anda menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga yang lengkap dengan harga terjangkau agar memiliki banyak pelanggan dan menjadi jeni bisnis yang menguntungkan.

13. Menjual Bibit Tanaman Buah

Menjual bibit tanaman buah juga termasuk salah satu bisnis rumahan di desa yang menguntungkan untuk ditekuni. Pekarangan di desa yang luas bisa Anda manfaatkan untuk menanam berbagai jenis tanaman dan sekaligus untuk berjualan bibit tanaman. Masyarakat desa yang memiliki halaman yang luas pastinya ingin menanam tanaman buah agar bisa dipanen. Anda bisa menyediakan bibit tanaman buah tersebut agar orang lain ramai-ramai membelinya.

Menjual bibit tanaman buah merupakan jenis bisnis di desa yang potensial untuk dilakukan. Selain menjualnya di halaman rumah Anda juga bisa menjual bibit tanaman buah ke daerah lain agar penghasilan yang diperoleh bertambah banyak. Pastikan Anda menjual bibit tanaman buah yang unggul dan sehat, agar saat berbuah dapat menghasilkan buah yang unggul dan tidak merugikan pembeli.

14. Membuka Usaha Konter HP dan Pulsa

Jenis usaha rumahan di desa yang menguntungkan berikutnya adalah membuka konter HP dan pulsa. Saat ini hampir semua orang memiliki HP, baik itu orang di pedesaan maupun di perkotaan. Dari anak-anak hingga orang dewasa hampir semua memiliki HP. Tanpa adanya pulsa dan kuota HP tidak bisa digunakan sebagai sarana komunikasi. Padahal fungsi utama HP adalah untuk komunikasi. 

Bagi Anda yang berada di desa maka jenis bisnis konter HP dan pulsa ini menjadi peluang yang mendatangkan banyak keuntungan. Modal yang dibutuhkan untuk mendirikan konter HP dan pulsa juga tidak terlalu besar. Jika Anda sudah mampu mengembangkan bisnis maka bisa mengubahnya menjadi lebih besar, namun pelayanan tetap diutamakan.

15. Usaha Warung Kuliner

Usaha warung kuliner juga menjadi jenis bisnis rumahan di desa yang menguntungkan untuk dilakukan. Mengingat setiap harinya semua orang pasti membutuhkan makanan, sehingga usaha kuliner di desa akan menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Jenis kuliner yang dijual bisa berupa soto, mi rebus, nasi goreng, sate, dan sebagainya. 

Anda harus menjualnya dengan harga yang terjangkau agar memiliki banyak pelanggan. Selain harganya yang terjangkau kualitas kuliner dan rasa juga harus diperhatikan, karena hal ini menentukan orang-orang akan menjadi pelanggan atau hanya mampir sekali dan tidak datang lagi. 

Untuk harga yang murah memang diperlukan di desa mengingat bahan baku yang digunakan juga relatif murah. Usaha warung kuliner cocok dilakukan bagi Anda yang memiliki kemampuan memasak yang handal dan lezat. Bagi ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang juga tidak ada salahnya untuk menekuni bisnis di pedesaan yang satu ini. 

Karena dengan keuntungan yang diperoleh akan membantu suami dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. Usaha warung kuliner merupakan jenis bisnis menguntungkan sekaligus bermodal tidak terlalu besar, sehingga mudah bagi setiap orang menjalankannya.

16. Usaha Lainnya

Selain dari 15 jenis usaha yang telah dijelaskan di atas, tentunya masih banyak lagi jenis usaha rumahan lainnya yang ada di desa yang sesuai dengan keadaan desa serta minat anda sebagai orang yang akan menjalankan bisnis. Silahkan temukan peluang usaha lainnya di desa anda,
Itulah ulasan mengenai Peluang Usaha Rumahan di Desa dengan Modal  Kecil yang Menguntungkan. Semoga ulasan tersebut bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih dan selamat mencoba bisnis yang anda minati.