Peluang atau Prospek Kerja Sarjana Hukum dan Gajinya

Peluang atau Prospek Kerja Lulusan Sarjana Hukum dan Gajinya -- Prospek Kerja Sarjana Hukum dan Gajinya, Peluang Kerja Lulusan Sarjana Hukum dan Gajinya, Prospek Kerja Lulusan Hukum Perdata, Kelebihan Jurusan Hukum, Peluang Kerja Sarjana Hukum Islam, S1 Hukum Bisa Jadi Apa, Pekerjaan Sarjana Hukum Di Bank, Gaji Sarjana Hukum Di Perusahaan, Pelajaran Sarjana Hukum, Lowongan Kerja Sarjana Hukum Terbaru, Peluang Karir Lulusan Sarjana Hukum.

https://www.lokerpns.web.id/

Dalam program studi ilmu hukum, mahasiswa nantinya akan belajar semua mengenai hukun baik itu praktik atau teori. Hukum sendiri adalah yang mengatur bagaimana manusia bertindak dan bertingkah laku agar tidak sampai merugikan orang lain. Belajar ilmu hukum memang harus mendalami tentang konsep dan teori serta beberapa kasus hukum yang terjadi.

Namun pada akhirnya, umumnya mahasiswa yang mengambil jurusan hukum akan mendapatkan kesempatan untuk praktek di banyak firma hukum, pengadilan atau kejaksaan sehingga semua teori yang sudah dipelajari bisa dipahami tentang relevansinya.

Jika anda tertarik untuk mengambil jurusan ini, berikut akan kami berikan tentang peluang kerja atau prospek kerja lulusan sarjana hukun dan gajinya sebagai referensi.

A. Prospek Kerja Lulusan Sarjana Hukum dan Gajinya

Sesudah lulus dari prodi ilmu hukum, maka anda akan memperoleh gelar Sarjana Hukum (S.H) dan sesudah itu anda bisa memilih untuk berkarir sebagai hakim atau jaksa. Selain itu, anda juga bisa memilih berkarir menjadi pengacara publik atau swasta, notaris dan lain sebagainya seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

1. Teknisi Ilmu Forensik

Prospek kerja lulusan sarjana hukum pertama yang bisa anda pilih adalah menjadi teknisi ilmu forensik. Tugas dari teknisi ilmu forensik adalah mengidentifikasi, mengklasifikasi serta menganalisis bukti fisik berhubungan dengan investigasi kriminal.

Contoh jabatan pekerjaan yang bisa anda ambil adalah analisis laboratorium kejahatan, teknisi tempat kejadian kejahatan, penyelidik kejahatan, penguji ilmu forensik dan juga spesialis forensik.

Tugas yang akan anda lakukan juga cukup banyak berkaitan dengan bukti fisik yang berhubungan dengan investigasi kriminal, seperti:
  • Mencatat serta menyiapkan laporan di setiap rincian penemuan, metode investigasi dan juga teknik laboratorium.
  • Mengumpulkan bukti dari tempat kejadian dan disimpan dengan aman.
  • Memberikan kesaksian di pengadilan tentang investigasi atau metode atau penemuan analitis.
  • Memakai perlengkapan fotografi atau video dalam mendikumentasikan bukti atau tempat kejadian.
  • Melakukan kunjungan ke rumah duka, memeriksa adegan kejahatan dan menghubungi sumber agar bisa memperoleh bukti atau informasi berhubungan dengan penyelidikan.

Sedangkan kisaran gaji yang bisa didapatkan untuk teknisi ilmu forensik berkisar Rp. 5.000.000 tergantung dari jabatannya.

2. Petugas Hakim Hukum Administratif, Juri dan Sidang

Prospek kerja lulusan sarjana hukum berikutnya adalah menjadi petugas hakim hukum administratif, juri dan sidang. Tugas paling utamanya adalah untuk mengadakan sidang dengan tujuan merekomendasikan atau membuat keputusan berhubungan dengan pemerintah.

Selain itu, anda nantinya juga akan menentukan kewajiban, sangsi atau penalti dan juga memberi rekomendasi penerimaan atau penolakan klaim serta penyelesaian.

Sedangkan beberapa contoh jabatan yang bisa anda lakukan adalah sebagai juri petugas administrasi sidang, hakim hukum administratif dan juga pemeriksa banding petugas sidang.

Tugas lain yang akan dilakukan seorang petugas hakim hukum administratif, juri dan sidang diantaranya adalah:
  • Mengadakan sidang untuk memberi rekomendasi atau membuat keputusan berhubungan dengan program pemerintah atau hal lain yang berkaitan dengan pemerintah.
  • Menentukan kewajiban, sangsi atau penalti sekaligus memberi rekomendasi penerimaan atau penolakan klaim serta penyelesaiannya.
  • Memantau dan mengarahkan aktivasi sidang percobaan dan sidang sebenarnya untuk memastikan jika sidang berjalan adil dan petugas pengadilan menegakkan keadilan sambil menjaga hak hukum dari semua pihak yang berhubungan.
  • Menentukan keberadaan serta jumlah kewajiban menurut hukum sekarang ini, administratif dan preseden yudisial serta bukti yang ada.
  • Mengadakan sidang untuk mengulas sekaligus memutuskan klaim tentang isu seperti kelayakan program sosial, perlindungan lingkungan dan penegakan peraturan kesehatan serta keselamatan.

Untuk kisaran gaji yang bisa anda dapatkan ketika menjadi petugas hakim hukum administratif, juri dan sidang adalah sekitar Rp. 5.000.000.

3. Pengacara

Prospek kerja lulusan sarjana hukum yakni pengacara tentu menjadi yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Pengacara bertugas mewakili klien dalam proses pengadilan pidana dan juga proses hukum lain.

Selain itu, pengacara juga bertugas untuk menyusun dokumen hukum dan juga mengelola serta memberikan saran pada klien dalam transaksi hukum yang bisa fokus pada satu area atau pada beberapa area hukum.

Beberapa contoh jabatan pekerjaan sebagai pengacara diantaranya adalah sebagai asisten jaksa agung, penasihat pengacara, pengacara daerah dan juga wakil jaksa agung.

Ada beberapa tugas pokok yang akan dilakukan oleh seorang pengacara, seperti:
  • Mewakili klien ketika sidang atau sebelum masuk dalam lembaga pemerintahan.
  • Menyuguhkan bukti untuk membela klien dan menuntut terdakwa kejahatan atau proses pengadilan perdata.
  • Memilih juri, melakukan debat, bertemu dengan hakim dan bertanya pada saksi selama sidang sedang berlangsung.
  • Mempelajari konstitusi, keputusan, statue, regulasi dan juga tata cara badan kuasi yudisial dalam menentukan hasil dari kasus.
  • Menafsirkan hukum, keputusan dan regulasi untuk individu atau bisnis.

Jika anda berminat untuk menjadi seorang pengacara, maka kisaran gaji yang bisa didapat adalah sekitar Rp. 20.000.000.

Rekomendasi Perusahaan

Untuk anda yang tertarik menjadi pengacara, berikut beberapa rekomendasi perusahaan yang bisa anda pertimbangkan:
  • Avatec ai, Jakarta.
  • Aramco Asia, Jakarta
  • Philips, Jakarta.
  • PT. Prismas Jaminatara, Jakarta.
  • PT. Solusi Perkasa Indo.
  • Kawan Lama Group, Jakarta.
  • PT. Nara Group Indonesia, Jakarta.

4. Asisten Legal dan Paralegal

Asisten legal dan paralegal memiliki tugas pengacara dalam menyelidiki fakta, menyiapkan dokumen legal atau meneliti preseden hukum.

Selain itu, asisten legal dan paralegal juga bertugas untuk melakukan penelitian agar bisa mendukung proses hukum, merumuskan pembelaan atau mengajukan tindakan hukum.

Beberapa contoh jabatan pekerjaan asisten legal dan paralegal yang bisa anda ambil diantaranya adalah paralegal bersertifikat, panitera hukum, asistem hukum paralegal, paralegal spesialis.

Selain beberapa tugas yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa tugas seorang asisten legal dan paralegal diantaranya adalah:
  • Menyiapkan surat pernyataan atau dokumen lain seperti surat pernyataan hukum dan mengatur sekaligus menjaga dokumen dalam kertas atau sistem pengarsipan elektronik.
  • Melakukan persiapan untuk pengadilan yakni dengan melakukan tugas seperti mengorganisir barang bukti.
  • Menyiapkan dokumen hukum, laporan singkat, banding, pembelaan, surat wasiat, kontrak dan pernyata terakhir properti.
  • Bertemu dengan klien dan profesional untuk membahas rincian kasus.
  • Menyimpan arsip permohonan dengan petugas pengadilan.

Untuk anda yang tertarik menjadi asisten legal dan paralegal, maka kisaran gaji yang bisa anda dapatkan adalah sekitar Rp. 5.000.000 tergantung dari jabatannya.

Rekomendasi Perusahaan

Bagi anda yang tertarik bekerja di bidang asisten legal dan paralegal, berikut beberapa rekomendasi perusahaannya:
  • PT. Waruna Nusa Sentana, Jakarta Utara.
  • PT. Pink Services Indonesia, Jakarta Barat.
  • PT. Acset Indonusa Tbk, Jakarta.
  • PT. Bimasakti Mahawira, Medan.
  • PT. Kusuma Satria Dinasastri Wisatajaya, Malang.

5. Analis Intelijen

Analisi intelijen juga menjadi salah satu prospek kerja lulusan sarjana hukum dengan tugas utama yakni mengumpulkan, menganalisa serta mengevaluasi informasi dari banyak sumber seperti data pelaksanaan hukum, pengawasan jaringan atau sistem informasi geografi.

Selain itu, analis intelijen juga bertugas untuk memakai data intelijen untuk mengantisipasi sekaligus mencegah aktivitas tindak kejahatan terencana seperti contohnya terorisme.

Untuk jabatan pekerjaan dari analis intelijen diantaranya adalah sebagai analis tindak kejahatan, analis intelijen kriminal, pengawas analis, intelijen kriminal, spesialis riset kriminal dan spesialis riset intelijen.

Sedangkan beberapa tugas penting lain yang harus dilakukan seorang analis intelijen adalah:
  • Mengumpulkan, menganalisa serta mengevaluasi informasi dari banyak sumber seperti data pelaksaan hukum, pengawasan jaringan atau sistem informasi geografi.
  • Memakai data intelijen sebagai antisipasi dan mencegah aktivitas tindak kejahatan terencana seperti terorisme.
  • Mempersiapkan laporan tertulis, peta, presentasi atau grafik menyeluruh berdasarkan koleksi, riset dan analisa dari data intelijen.
  • Mempelajari aktivitas berhubungan dengan narkotika, komplotan, pencucian uang, pencurian kendaraan bermotor, terorismeatau ancaman nasional lain.
  • Berkolaborasi dengan perwakilan pemerintah lain serta organisasi intelijen untuk berbagi informasi atau mengkoordinasikan aktivitas intelijen.

Bagi anda yang tertarik bekerja sebagai analis intelijen, maka gaji yang bisa didapatkan adalah sekitar Rp. 2.500.000 ditambah dengan berbagai tunjangan lain sehingga total bisa mendapatkan sekitar Rp. 8.000.000 per bulan.

6. Pegawai Identifikasi dan Rekam Jejak Kepolisian

Prospek kerja lulusan sarjana hukum selanjutnya adalah menjadi pegawai identifikasi dan rekam jejak kepolisian. Tugasnya adalah untuk mengumpulkan bukti pada tempat kejadian kejahatan, mengklasifikasi serta mengidentifikasikan sidik jari dan juga memotret bukti yang dipakai dalam kasus kejahatan.

Beberapa contoh jabatan pekerjaan pegawai identifikasi dan rekam jejak kepolisian yang bisa anda pilih adalah penyelidik tempat kejadian kriminal, ahli kriminal, spesialis identifikasi lapagngan, spesialis forensik dan juga ahli identifikasi.

Beberapa tugas utama dari pegawai identifikasi dan rekam jejak kepolisian diantaranya adalah:
  • Menjaga catatan bukti dan juga menulis serta mengulas laporan.
  • Membungkus, menyimpan serta mengambil bukti.
  • Menganalisis dan memproses bukti pada tempat kejadian dan juga di laboratorium dengan memakai alat pelindung, bahan kimia atau bubuk.
  • Membersihkan area terpilih pada tempat kejadian serta menemukan sidik jari tersembunyi dengan prosedur pengawetan tepat.
  • Memotret tempat kejadian kejahatan atau kecelakaan supaya bisa mendapatkan bukti.

Kisaran gaji yang bisa anda peroleh dari profesi ini adalah sekitar Rp. 5.000.000 tergantung dari jenis pekerjaannya.

7. Pegawai Yudisial

Pegawai yudisial yang juga merupakan salah satu prospek kerja lulusan sarjana hukum ini bertugas untuk membantu hakim di pengadilan, melakukan riset dan juga menyiapkan dokumen hukum.

Sedangkan beberapa contoh jabatan pekerjaan yang bisa dipilih adalah petugas hukum banding, petugas keadilan, petugas hukum federal dan juga petugas hukum asisten yudisial.

Beberapa tugas penting dari pegawai yudisial diantaranya adalah:
  • Melakukan riset hukum, putusan pengadilan, inti sari, opini, dokumen dan juga informasi lain berhubungan dengan kasus yang terjadi sebelum sidang.
  • Mempersiapkan penerangan singkat, memorandum hukum atau laporan permasalahan kasus termasuk saran, rekomendasik yang sesuai.
  • Berunding bersama hakim tentang pertanyaan hukum, dokumen konstruksi atau pemenuhan perintah.
  • Menyiapkan atau mengoreksi keputusan, opini atau keputusan dan kutipan yudisial.
  • Mengulas petisi, keluhan, gerakan atau permohonan yang sudah diajukan untuk menentukan isu yang terlibat atau atas dasar bantuan hukum.

Untuk kisaran gaji yang bisa didapatkan jika anda berminat menjadi pegawai yudisial adalah sekitar Rp. 1.500.000 untuk kelas jabatan 1 dan yang paling tertinggi adalah Rp. 19.360.000 untuk kelas jabatan 17.

8. Sekretaris Legal

Sekretaris legal memiliki tugas kesekretariatan memakai prosedur, terminologi dan juga dokumen hukum. Sedangkan tugas lainnya adalah untuk menyiapkan dokumen dan korespondensi hukum seperti keluhan, isyarat, surat panggilan dan juga panggilan dari pengadilan sekaligus juga bisa membantu penelitian hukum.

Contoh dan jabatan pekerjaan sekretaris legal yang bisa anda pilih diantaranya adalah sekretaris konfidensial, asisten administratif yudisial, sekretaris hukum administratif, asisten hukum, asisten proses pengadilan.

Beberapa tugas penting yang harus dilakukan sekretaris legal adalah:
  • Melakukan tugas kesekretariatan memakai terminologi, prosedur dan dokumen hukum.
  • Menyiapkan dokumen serta korespondensi hukum seperti surat pengadilan.
  • Menyiapkan serta memproses dokumen serta surat hukum seperti panggilan dari pengadilan, keluhan, permohonan banding, mosi dan lainnya.
  • Mengorganisir serta memelihara perpustakaan hukum, file dan juga dokumen.
  • Membuat jadwal dan janji.

Jika anda tertarik menjadi sekretaris legal, maka kisaran gaji yang bisa anda peroleh adalah sekitar Rp. 2.500.000 hingga Rp. 3.500.000.

Rekomendasi Perusahaan

Untuk anda yang tertarik menjadi sekretaris legal, berikut beberapa rekomendasi perusahaan yang bisa anda pertimbangkan:
  • PT. Jatim Watkoraya, Surabaya.
  • PT. Damai Sejahtera Patent [DSP Law Grou], Jakarta Utara.
  • PT. Gunungmas Sukses Makmur, Jakarta Utara.
  • NKN Legal, Jakarta Selatan.
  • PT. Triniti Dinamik, Jakarta Barat.

9. Detektif dan Investigator Swasta

Prospek kerja lulusan sarjana hukum berikutnya adalah sebagai detektif dan investigator swasta. Tugasnya adalah untuk mengumpulkan, menyusun, menganalisa serta melaporkan informasi tentang seseorang atau organisasi pada klien dan juga mendeteksi terjadinya tindakan yang melanggar hukum atau aturan.

Contoh dari jabatan pekerjaan detektif dan investigator swasta diantaranya adalah penyelidik lapangan, detektif pencegah kerugian, penyelidik pencegah kerugian, penyelidik swasta dan penyelidik khusus.

Beberapa tugas penting dari seorang detektif dan investigator swasta diantaranya adalah:
  • Mengumpulkan, menganalisa dan menyusun serta melaporkan informasi tentang seseorang atau organisasi atau mendeteksi terjadinya tindakan yang melanggar hukum perusahaan swasta.
  • Menulis laporan atau ringkasan kasus sebagai dokumentasi penyelidikan.
  • Melakukan penyelidikan swasta secara berbayar.
  • Mencari database komputer, laporan kredit, catatan publik, pajak atau pengajuan hukum untuk menemukan orang atau mengumpulkan informasi dalam penyelidikan.
  • Menyelidiki latar belakang perilaku seseorang seperti pemeriksaan pra kerja untuk memperoleh informasi tentang karakter individu, status keuangan dan juga riwayat kepribadian.

Jika anda tertarik menjadi detektif inevstogator swasta, maka kisaran gaji yang bisa anda dapatkan adalah sekitar Rp. 4.000.000 hingga Rp. 6.000.000.

Rekomendasi Perusahaan

Untuk anda yang tertarik menjadi detektif dan investigator swasta, berikut beberapa rekomendasi perusahaan yang bisa anda pertimbangkan:
  • PT. Prudential Life Assurance, Jakarta.
  • PT. Saipem Indonesia, Papua.
  • Miniso Home, Bali.
  • PT. Miwon Indonesia, Jakarta Timur.
  • PT. Home Credit Indonesia.
  • Alfacart, Tangerang.
  • GE-JEK, Jakarta.
  • PT. Mandiri Tunas Finance, Jakarta.

10. Dosen Ilmu Hukum

Dosen ilmu hukum bertugas untuk mengajar mahasiswa mengenai studi hukum yakni sistem pengaturan yang dianut sekelompok masyarakat dan mencakup regulasi serta sanksi. Sedangkan pada level sekolah, studi ilmu hukum banyak digabungkan dengan mata pelajaran seperti Kewarganeraan.

Beberapa contoh dari jabatan pekerjaan ini adalah sebagai profesor hukum, asisten profesor, asosiasi profesor, profesor hukum klinis, anggota fakultas, profesor penulis hukum.

Beberapa tugas yang harus dilakukan dosen ilmu hukum diantaranya adalah:
  • Menyiapkan dan memberikan materi pada murid baik siswa dan mahasiswa tentang studi ilmu hukum seperti hukum pidana, hukum kontrak, hukum perdata dan lainnya.
  • Menyiapkan bahan pendukung pengajaran seperti pekerjaan rumah, panduan dan silabus.
  • Memberikan saran, kritik konstruktif dan masukan pada murid tentang materi pelajaran, karier dan akademik.
  • Membuat dan menyimpan catatan absen, nilai dan administrasi murid.
  • Mengawasi pekerjaan praktikum yang dikerjakan murid.
  • Berkomunikasi secara efektif dengan siswa atau staf di institusi pendidikan untuk memajukan tujuan pendidikan.

Jika anda tertarik menjadi seorang dosen ilmu hukum, maka gaji yang bisa diperoleh asngat bervariasi tergantung dari gelar, jabatan dan perusahaan yakni sekitar Rp. 4.000.000 hingga Rp. 6.000.000 per bulan.

Rekomendasi Perusahaan

Untuk anda yang tertarik menjadi dosen ilmu hukum, berikut beberapa rekomendasi perusahaan yang bisa anda pertimbangkan:
  • HarukaEdu, Jakarta.
  • Pertiwi Group, Jakarta.
  • Bartec Utama Mandiri, Semarang.
  • Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang.
  • ATMI St Mikael Cikarang, Bekasi.
  • PT. Gilland Gabesha, Jakarta.
  • Ananta Widya Business School, Denpasar.

B. Peluang atau Prospek Kerja Sarjana Hukum yang Dikutip dari Laman Web PTN / PTS

1. Peluang atau Prospek Kerja Lulusan Sarjana Hukum yang Dikutip dari Laman Web UNS

Prospek kerja lulusan Program Studi Ilmu Hukum dapat bekerja sebagai pengacara, hakim, jaksa, konsultan hukum, dan lain sebagainya.

https://uns.ac.id/id/fakultas/hukum/s-1-ilmu-hukum

2. Peluang atau Prospek Kerja Lulusan Sarjana Hukum yang Dikutip dari Laman Web UNIJA

Profesi dan Karir Lulusan S1 Ilmu Hukum :
  • Sarjana Hukum dapat bekerja dan berkarir sebagai legal officer di berbagai industri seperti perbankan dan industri keuangan, praktisi hukum (pengacara, notaris dan pejabat pembuat akta tanah, konsultan hukum); aparat penegak hukum (hakim, jaksa, polisi), akademisi, diplomat dan analis hukum.
  • Berkarir/bekerja di Instansi Pemerintah maupun Swasta sebagai Hakim, Jaksa, Pengacara, Panitera, Notaris, Penasehat Hukum, Analis Hukum Ekonomi-Perbankan, Manajemen Personalia, Pejabat Pembuat Akta Tanah, Peneliti, Jurnalis, Politisi, LSM, Dosen/Pengajar di Lembaga Pendidikan, dan sebagainya
  • Mendirikan sendiri jasa Konsultan Hukum / Advokasi, Notaris, Analis Hukum, dan sebagainya

http://m.unija.ac.id/b/2649/z-fakultas-dan-jurusan-unija_reguler_m-unija.html

3. Peluang atau Prospek Kerja Lulusan Sarjana Hukum yang Dikutip dari Laman Web UNNES

Peluang Kerja lulusan Prodi Hukum adalah menjadi penegak hukum (Polisi, Jaksa, Hakim, dan Pengacara), Legal Drafter, Legal Officer, Konsultan Hukum, Advokasi, dan Peneliti Hukum.

https://unnes.ac.id/prodi/ilmu-hukum-s1/

4. Peluang atau Prospek Kerja Lulusan Sarjana Hukum yang Dikutip dari Laman Web UKB

Para mahasiswa lulusan fakultas hukum mempunyai prospek untuk berkarir sebagai : Advokat/ Pengacara / Penasehat Hukum/ Konsultan Hukum, Polisi, Hakim, Jaksa, PNS, Panitera, Staff legal dan Human, Resources Development (HRD) perusahaan, Politisi, Akademisi, Diplomat, Analis hukum, LSM, Jurnalis, Manajemen personalia.

http://www.ukb.ac.id/fakultas-hukum/

5. Peluang atau Prospek Kerja Lulusan Sarjana Hukum yang Dikutip dari Laman Web UNSOED

Lulusan S1 Program Studi Ilmu Hukum dengan menyandang gelar Sarjana Hukum ( S.H.) berpeluang berkarir sebagai profesi Hakim, Jaksa, Polisi, Pengacara, melanjutkan pendidikan Notariat, bekerja di Perbankan dan lembaga keuangan lainnya, Perusahaan BUMN / BUMD, PNS dan masih banyak lapangan pekerjaan semua sektor.

http://unsoed.ac.id/id/program-studi-s1-ilmu-hukum

6. Peluang atau Prospek Kerja Lulusan Sarjana Hukum yang Dikutip dari Laman Web Univ. Maranatha

Bidang karier yang dapat dijalani oleh seorang lulusan S1 Ilmu Hukum, antara lain :
  • Corporate / bussiness lawyer
  • Perbankan
  • Konsultan hukum
  • Legal drafter (perancang hukum)
  • Pengacara / advokat
  • Notaris
  • Hakim
  • Jaksa

https://www.maranatha.edu/prodi/s-1-ilmu-hukum/

7. Peluang atau Prospek Kerja Lulusan Sarjana Hukum yang Dikutip dari Laman Web UMRI

Prospek kerja Program Studi Ilmu Hukum antara lain : Hakim, Jaksa, Advokat, Mediator, Auditor Hukum (Legal Officer), Konsultan Hukum (Legal Advisor), Peracang Peraturan (Legal Drafter), Asisten Peneliti Hukum, dan Advokasi Hukum.

http://umri.ac.id/?course=program-studi-ilmu-hukum

8. Peluang atau Prospek Kerja Lulusan Sarjana Hukum yang Dikutip dari Laman Web Univ. Janabadra

Lulusan Sarjana Hukum dapat menempati berbagai lapangan pekerjaan baik di Pemerintah, Perusahaan Swasta, BUMN, Perbankan, Notaris, Dosen, Pengacara, Politisi, dan lain-lain.

http://ilmuhukum.janabadra.ac.id/index.php/display/index/4

9. Peluang atau Prospek Kerja Lulusan Sarjana Hukum yang Dikutip dari Laman Web UPBATAM

Prospek Karier S1 Ilmu Hukum : Penegak Hukum (Polisi, Jaksa, Pengacara, Hakim), Panitera, Legal Drafter, Legal Officer, dan Konsultan Hukum.

https://www.upbatam.ac.id/prodi-6

10. Peluang atau Prospek Kerja Lulusan Sarjana Hukum Keluarga Islam yang Dikutip dari Laman Web UII

Lulusan Prodi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) dapat memasuki dunia kerja di Kementerian Agama, lembaga Peradilan Agama, Kantor Urusan Agama, dan lain sebagainya.

Selain itu juga berpeluang menjadi hakim, praktisi, advokat, peneliti, hasib (ahli hisab rukyat), konsultan hukum keluarga, dan konsultan perbankan syariah.

https://www.uii.ac.id/program-pendidikan/sarjana-hukum-hukum-islam/

11. Peluang atau Prospek Kerja Lulusan Sarjana Hukum Keluarga Islam yang Dikutip dari Laman Web IAIN Samarinda

Prospek Kerja S1 Hukum Keluarga Islam antara lain : Pegawai Negeri Sipil, Hakim Peradilan Agama, Advokat, Penghulu, dan Panitera

https://www.iain-samarinda.ac.id/prodi-hukum-keluarga-islam-s1/

12. Peluang atau Prospek Kerja Lulusan Sarjana Hukum Keluarga Islam yang Dikutip dari Laman Web UIN SUSKA

Prospek Pekerjaan S1 Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
  • Hakim PA / PTA di Mahkamah Agung
  • Dosen
  • Penghulu dan Kepala KUA
  • BP4 KUA
  • Penyuluh Agama di KUA
  • Pegawai Administratif Kemenag / Pemda
  • Konsultan Hukum Keluarga Islam
  • Advokad
  • Politisi / Legislatif
  • Penyuluh KB (BKKBN)

https://uin-suska.ac.id/fakultas/fakultas-syariah-dan-hukum/jurusan-hukum-keluarga-ahwal-al-syakhsiyah/
Itulah ulasan mengenai Peluang atau Prospek Kerja Sarjana Hukum dan Gajinya. Semoga ulasan tersebut bisa memberikan gambaran bagi anda yang ingin menempuh pendidikan di program studi ilmu hukum atau bagi anda yang sedang menjalani perkuliahan pada program studi ini dan ingin mencari apa saja prospek kerja dari lulusan ilmu hukum ini. Terima kasih dan ayo share informasi ini.