15 Strategi Mengembangkan Usaha Toko Online (Online Shop)

Strategi Mengembangkan Usaha Toko Online (Online Shop) -- Strategi Ampuh Kembangkan Bisnis Toko Online, Cara Untuk Mengembangkan Usaha / Bisnis Online Shop, Tips dan Trik Cara Mengembangkan Usaha Toko Online, Strategi Mengembangkan Bisnis Online, Strategi Memajukan Bisnis Online, Cara Mengembangkan Bisnis Online, Strategi Pemasaran Bisnis Online, Strategi Membangun Brand Bisnis Online Shop, Kunci Sukses Bisnis Toko Online, Cara Sukses Berbisnis, Cara Jualan Online Shop, Cara Memulai Jualan Online Shop dari Nol, Cara Jualan Online Laris.

https://www.lokerpns.web.id/

Seiring berkembangnya teknologi yang semakin maju membuat semuanya bisa dikerjakan dengan cara online. Salah satunya adalah jual beli yang sekarang ini dapat dikerjakan dengan cara online. Karena kemudahan tersebut, hampir semua orang yang mempunyai smartphone akan membeli segala keperluan di toko online. Hal tersebut bisa membuat para pelaku usaha yang tadinya offline menjadi pengusaha online.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh jika mempunyai usaha toko online, di antaranya adalah jangkauan pasar yang luas bahkan bisa memasarkan produk yang Anda jual ke luar negeri, tidak membutuhkan karyawan karena bisa diurus sendiri, tidak memerlukan sewa tempat untuk berjualan, hemat biaya karena Anda memasarkan produk melalui media sosial, dan waktu yang fleksibel menyesuaikan dengan aktivitas harian Anda.

Menjadi pengusaha dengan membuka toko online memang sangat mudah untuk menjalankannya pun bisa dibilang untuk anak sekelas SMP pun dapat menjalankannya. Yang menjadi hal tersulit dari mempunyai toko online adalah bagaimana cara untuk mengelolanya agar bisa berkembang serta mempunyai banyak pelanggan.

Apakah Anda termasuk orang yang mempunyai toko online tetapi tidak berkembang?

Ikuti strategi berikut ini agar usaha toko online yang Anda kelola bisa berkembang dengan pesat.

15 Strategi Untuk Mengembangkan Usaha Toko Online

1. Membuat Website Sendiri

Sebagai pelaku usaha toko online maka akan lebih baik bagi Anda untuk mempunyai website sendiri. Karena suatu saat pelanggan akan mencari informasi mengenai Anda maupun jasa dan produk yang Anda jual, mereka jadi bisa melakukannya dengan mengunjungi website Anda. Mempunyai halaman twitter maupun Facebook memang merupakan hal yang cukup baik, akan tetapi hal tersebut hanya sebagai penopang dari usaha toko online yang Anda miliki.

Sedangkan website milik Anda adalah sebagai tempat yang paling baik dalam mempromosikan usaha Anda serta 100 persen dalam kendali Anda. Mempersiapkan sebuah domain merupakan langkah yang mudah serta tidak terlalu mahal. Karena website Anda merupakan tempat paling baik untuk pelanggan serta prospek dalam berhubungan secara langsung dengan Anda. Anda juga harus mengetahui bagaimana cara dalam mengembangkan efektivitas toko online milik Anda.

2. Iklan Banner

Strategi untuk mengembangkan usaha toko online yang berikutnya adalah dengan membuat iklan banner. Apabila pada usaha offline membutuhkan koran, majalah, bahkan iklan di TV, maka ketika Anda sedang menjalankan usaha toko online bisa meminimalisir untuk biaya pengeluaran dalam melakukan promosi. Iklan di media online sangat banyak macamnya, namun Anda bisa memulainya dengan hal yang sederhana misalnya membuat iklan banner.

Tampilan iklan pada situs website milik Anda bisa membuat Anda diperhatikan. Anda dapat mencoba menggunakan Google Ads untuk memungkinkan dalam jangkauan yang luar biasa ketika mempromosikan usaha toko online milik Anda.

Iklan banner juga bisa dikatakan dengan “pemasaran”. Hal ini menunjukkan iklan banner pada pengunjung yang sudah berkunjung ke situs web Anda serta pergi dengan tidak mengambil tindakan atau tidak membeli sesuatu maupun mendaftar misalnya untuk newsletterAnda.

Dengan adanya penandaan pengunjung pada saat mereka berada di situs web milik Anda, kemudian Anda bisa mengikuti mereka pada website dengan iklan. Pemasaran yang seperti ini biasanya ditawarkan dari Google serta perusahaan lainnya misalnya Criteo.

3. Email Marketing

Strategi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan email marketing. Mungkin bagi strategi ini sudah lama, namun hal ini adalah cara yang paling efektif untuk mengembangkan usaha toko online yang anda miliki.

Tentu saja dengan email marketing akan lebih murah serta lebih baik dibandingkan dengan membeli daftar untuk pendaftaran. Buatlah panggilan yang kuat dalam mengambil tindakan untuk pelanggan Anda sehingga mendaftar pada newsletter milik perusahaan Anda. 

Anda harus memberikan alasan yang banyak pada konsumen sehingga bersedia untuk memberikan alamat email mereka misalnya akses pada konten yang eksklusif, acara peluncuran, pengujian produk, hadiah produk, serta insentif lainnya dalam membangun loyalitas serta hubungan yang lebih dalam. Yang terpenting adalah anda tidak boleh lupa untuk meminta izin pada mereka untuk Anda dapat menghubungi mereka.

4. Mudahkan Pencarian

Untuk membuat toko online Anda menjadi terkenal tentunya harus membuat mudah dalam pencarian usaha toko online milik Anda. Cara yang paling mudah dalam memulai iklan untuk usaha toko online Anda yaitu dengan menggunakan Google Ads.

Jadi, saat pengguna memasukkan sebuah permintaan ke pencarian di Google tentu saja mereka akan menggunakan kata kunci atau keyword yang akan memberi petunjuk tentang niat mereka atau tentang apa yang sedang mereka cari.

Salah satu alat dalam pencarian kata kunci yaitu Google Ads sehingga memungkinkan Anda dalam meneliti kata kunci yang menjadi tren serta membangun beberapa daftar untuk kata kunci yang akan digunakan di kampanye Google Ads Anda.

Pada alat manajemen tawaran dari Google Ads akan membuat Anda mengajukan budget di kata kunci atau keyword yang mengonversi. Harga tersebut berhubungan dengan banyaknya Anda dalam membayar jika pengguna menekan klik pada iklan berdasarkan kata kunci atau keyword yang menggunakan kata. 

Anda akan belajar mengenai kata kunci atau keyword yang mana paling kompetitif dalam industri anda maupun kategori, namun Anda bisa mendapatkan dengan segera biaya untuk per-pelanggan akuisisi atau BPA yang bisa Anda gunakan untuk dasar dalam anggaran kampanye.

Untuk perubahan yang kecil, maka Anda bisa memulai untuk menguji kombinasi dari salinan iklan berbeda serta mengonversi lebih banyak untuk lalu lintas. Kemudian jangan pernah lupa dalam menguji kampanye pada search engine Yahoo dan Bing.

5. Membuat Blog

Mungkin sebagian dari Anda yang menjadi pelaku usaha toko online akan berfikir untuk apa membuat blog apabila sudah mempunyai website. Akan tetapi perlu Anda ketahui jika strategi dalam mengembangkan toko online yang Anda kelola salah satunya dengan membuat blog. Karena dengan Anda membuat blog maka Anda bida menulis beberapa konten bermanfaat. Dengan begitu maka bisa membantu Anda dalam memaksimalkan target pasar Anda.

Jadi dapat dikatakan dengan adanya blog maka akan memudahkan Anda dalam bergaul bersama target pasar. Yang paling penting adalah untuk mengoneksikan blog dengan website milik Anda.

Selain itu, pastikan jika Anda telah mendekati situs yang berkaitan dengan usaha toko online Anda serta terlihat kredibel dari mata pelanggan. Hal itu menunjukkan lalu lintas yang tinggi, blog dengan otoritas yang tinggi. Memberi tawaran menulis untuk editorial tamu maupun review dari produk yang Anda jual.

6. Maksimalkan Tingkat Konversi

Strategi yang berikutnya adalah Anda harus selalu memantau serat memaksimalkan ketika menguji halaman arahan dengan cara online dan elemen desain. Seperti yang pernah dikatakan oleh Sang legendaris iklan yaitu David Ogilvy bahwa jangan pernah untuk berhenti menguji serta iklan Anda tidak akan pernah untuk berhenti meningkat. Hal serupa juga berlaku pada situs website. 

Alat seperti di Optimizely serta Performable yang mengajarkan Anda mengenai ada isi dari konversi terbaik dan selanjutnya mengoptimalkan nya.

7. Halaman Arahan

Setelah Anda mempunyai website serta homepage serta iklan Google, maka Anda lebih baik mempertimbangkan untuk pengujian yaitu halaman arahan. Pada SEM kampanye yang besar maupun strategi SEO akan memerlukan halaman arahan yang cukup besar yang bisa mengonversi lalu lintas sehingga menjadi lead, pendaftaran maupun penjualan. Ada beberapa macam untuk halaman arahan serta hal berbeda yang bisa Anda coba. 

Anda mungkin bisa menguji untuk kombinasi berbeda dari rancangan atau desain serta elemen copy misalnya untuk gambar spanduk serta panggilan pada tombol tindakan maupun panjang halaman yang berbeda yaitu panjang ataupun pendek dalam menemukan desain dari halaman arahan yang sempurna dengan memberikan tingkat konversi paling tinggi.

8. Desain Halaman Home Page yang Menarik dan Dinamis

Seperti yang sudah Anda ketahui jika beberapa calon pelanggan akan merasa betah dan nyaman ketika mengunjungi website milik Anda apabila mereka merasa nyaman terhadap desain dari website tersebut serta menu navigasi dalam melakukan transaksi cukup mudah untuk digunakan.

Kemudian dalam melakukan peningkatan pada penjualan barang atau produk dapat dilakukan dengan menempatkan beberapa konten terkait produk di bagian paling depan website.

Selain itu, pastikan untuk beberapa informasi terpenting tentang produk akan muncul serta terlihat secara jelas. Dengan begitu pengunjung nantinya bisa lebih mudah dalam memilih navigasi berikutnya apabila ingin melakukan pembelian produk atau barang tersebut.

9. Gunakan Call-to-Action yang Dipersonalisasi

Perlu Anda ketahui jika mengukur tingkat konversi merupakan hal yang penting dalam meningkatkan penjualan, jadi penting dalam memaksimalkan konversi yang terjadi yaitu call-to-action Anda. CTA atau call-to-action adalah elemen dari halaman yang dapat memberitahukan pembaca atau pengunjung dalam mengambil langkah tertentu. Seperti pada halaman produk, maka dapat menjadi tombol dengan label Beli Sekarang” maupun “Add to Cart”. 

Namun untuk CTA dapat digunakan untuk memanggil pengunjung dalam melakukan hal yang lainnya, misalnya untuk berlangganan milis, menjadi pengikut halaman di media sosial, maupun share atau berbagi konten.

Untuk sebuah personalized di call-to-action akan lebih spesifik. Meskipun tidak harus menangani masing-masing pengunjung dengan terpisah, tetapi hal tersebut dapat memperhitungkan tempat dari mereka berada di dalam corong penjualan milik Anda. 

Dari 93.000 CTA menurut sebuah penelitian bahwa untuk menyesuaikan teks CTA yang berdasarkan apakah pengguna, prospek, pengunjung, maupun pelanggan yang telah membayar bisa meningkatkan rasio konversi. Anda juga bisa menyegmentasikan pelanggan atau pengunjung kapan saja bisa terjadi. Seperti apabila Anda mempunyai campaign email marketing.

Maka Anda mempunyai kampanye yang terpisah yang bisa mengarahkan pelanggan atau pengunjung yang membayar pada halaman arahan tertentu pada mereka. Sementara untuk lead yang belum terkonversi akan memperoleh link menuju halaman yang berbeda. 

10. Maksimalkan Teks Di Dekat Call to Action 

Meskipun Call to Action milik Anda merupakan pusat perhatian, namun bukan berarti Anda harus mengabaikan untuk elemen di sekitarnya. Biasanya untuk teks yang ada di dekat atau di sekitar call to action milik Anda bisa mempengaruhi untuk konversi Anda

Menjadi apabila menulis atau copy writing pada tempat di dekat CTA tidak boleh serampangan. Anda harus bersikap sengaja untuk menulis mengenai sasaran, keprihatinan, serta kebutuhan dari audient target.

11. Sosial Media

Strategi dalam mengembangkan usaha toko online yang selanjutnya adalah dengan menggunakan media sosial. Karena selain menggunakan website toko dalam berjualan secara online, Anda juga dapat melengkapinya dengan memanfaatkan media sosial.

Sebab tidaklah mudah dalam membangun toko online dari bawah atau nol misalnya website toko online. Dengan menggunakan media sosial akan membuat anda menjadi lebih mudah saat Anda mendekati pelanggan menggunakan media yang sudah dekat dengan mereka.

Seperti yang diketahui jika saat ini media sosial sangat dekat dengan masyarakat. Pada setiap akun usaha toko online maupun bisnis online pasti hampir selalu memanfaatkan media sosial dalam berjualan serta membeli barang dengan cara online. Kebiasaan dalam menjual serta membeli produk secara online lewat media sosial hampir tidak dapat dihilangkan, tetapi Anda sebagai pemilik toko online yang harus melengkapinya menggunakan website.

12. Mencantumkan Elemen Media Sosial Ke Website

Setelah Anda menggunakan media sosial untuk pelengkap, Anda juga dapat mencantumkan link maupun elemen media sosial pada website Anda. Misalnya icon twitter, Facebook, serta akun media sosial lainnya yang Anda gunakan. Hal ini berguna dalam memperkenalkan akun media sosial Anda pada orang yang telah mengunjungi website milik Anda. 

Pengunjung harus mengetahui dimana saja Anda dapat ditemukan serta menggunakan cara apa saja pelanggan dapat membeli barang atau produk milik Anda.

13. Gunakan Fitur Mobile

Ketika Anda telah memiliki website sendiri, salah satu hal yang dapat Anda gunakan agar diterima pelanggan lewat website yaitu dengan cara menyediakan berbagai kemudahan yang dekat dengan pelanggan. Salah satu kemudahan yang bisa Anda berikan adalah ketika pelanggan mengunjungi serta berbelanja pada website Anda menggunakan perangkat mobile. 

Perlu Anda ketahui jika beberapa pengunjung enggan untuk kembali serta berbelanja sebab website Anda ternyata tidak support untuk versi mobile, dan tentu saja hal ini sangat merepotkan pengunjung. Oleh karena itu, Anda harus berusaha mengetahui apa saja yang diinginkan pelanggan selain dari websiteresponsif serta mempunyai fitur yang lengkap, tetapi harus yang mudah diakses oleh pelanggan ketika berkunjung. 

Pastikan jika website Anda dapat diakses serta mempunyai tampilan dengan versi mobile sendiri. Caranya dapat Anda lakukan dengan memintanya pada developer Anda. Namun jika Anda menggunakan website pada toko online yang instan, maka semuanya bisa langsung Anda peroleh. Sehingga Anda tidak perlu lagi merasa bingung untuk mencari developer dalam meminta bantuan untuk membuat versi mobile pada website milik Anda. 

14. Terus Lakukan Pengembangan Pada Website

Setelah Anda lakukan dengan benar untuk langkah-langkah seperti sebelumnya, maka strategi berikutnya dalam mengembangkan usaha toko online Anda adalah dengan mengembangkan website toko online. Hal ini sangat diperlukan karena pada setiap harinya untuk perkembangan serta teknologi seputar website serta SEO terus berkembang. 

Jangan merasa puas dengan mengandalkan website yang sekarang ini, karena mungkin Anda sudah ketinggalan dalam menjadi website berkembang. Anda dapat mencari referensi dimulai dari tampilan, proses pemasaran, serta fitur pada website.

15. Gunakan Word Press

Seperti yang diketahui bahwa WordPress merupakan salah satu jenis blog yang bebas dalam mengatur tampilan serta mudah dalam menyesuaikannya. Dapat dikatakan jika Word Press merupakan yang terpopuler serta platform blogging yang ter cerdas di dunia.

Pada Word Press telah dilengkapi built-in alat untuk berbagi sosial dalam menciptakan komunitas yang instan serta membantu dalam menyebarkan beberapa konten milik Anda dengan desain SEO yang friendly, serta mudah dalam menyesuaikan template.

Namun tak jarang orang yang mengalami kesulitan dalam menggunakan blog wordpress sehingga para pengguna juga banyak yang menggunakan blog blogger yang tentu saja lebih mudah digunakan baik itu oleh para pemula ataupun master. Semuanya tergantung dari kemampuan masing-masing.

Itulah di atas 15 Strategi Mengembangkan Usaha Toko Online (Online Shop) milik Anda. Yang terpenting adalah untuk selalu berikan pelayanan yang terbaik dan berikan update dari produk yang Anda jual. Demikian penyampaian artikel ini, terima kasih dan semoga bermanfaat.