Peluang Usaha / Jualan Laris Manis Saat Asian Games

Peluang Usaha / Jualan Laris Manis Saat Asian Games  -- Peluang Usaha di Asian Games, Peluang Dagang Laris Manis Menjelang Asian Games, Ide Bisnis Laris Manis Jelang Asian Games, Daftar Peluang Usaha Laris Manis Jelang Pagelaran Asian Games, Peluang Jualan Makanan & Minuman Saat Asian Games, Peluang Usaha Menjanjikan Saat Asian Games, Peluang Usaha Menguntungkan Saat Asian Games, Peluang Usaha Modal Kecil.

https://www.lokerpns.web.id/

Asian Games merupakan olahraga musim panas negara-negara Asia yang mempertandingkan beberapa cabang olahraga. Asian Games menjadi suatu event yang di sambut meriah oleh Indonesia sebagai tuan rumah. 

Asian Games merupakan perhelatan olahraga akbar yang akan di gelar di Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara. 

Rencananya kurang lebih satu bulan, dari tanggal 18 Agustus nanti sampai dengan tanggal 2 September, tim-tim negara besar se Asia akan meramaikan ajang ini. Untuk tempat sendiri, Indonesia menunjuk kota Jakarta dan Palembang sebagai kota untuk tempat bertanding. Tentunya persiapan pun sudah sejak jauh hari dipersiapkan. Dari membenahi infrastruktur yang akan digunakan sampai dengan persiapan SDM untuk menyambut event luar biasa ini.

Jelas saja Indonesia tidak mau gagal dalam menyambut tamu kehormatan mereka. Ini kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah setelah yang pertama pada tahun 1962 lalu. Terhitung 41 cabang olahraga akan dipertandingkan di event ini. Sebenarnya yang ditunjuk sebagai tuan rumah adalah kota Hanoi Vietnam namun mereka mengundurkan diri dan digantikan oleh Indonesia. 

Akan banyak sekali tamu-tamu yang hadir untuk memeriahkan event olahraga musim panas Asia ini. Anda pun bisa memanfaatkan peluang langka ini menjadi ladang uang yang pastinya sangat menggiurkan. Anda bisa mulai memikirkan usaha yang bisa anda lakoni untuk menyambut perhelatan akbar tersebut.

Bicara soal bisnis memang tidak ada matinya. Tidak ada salahnya juga anda berbisnis musiman yang bisa menjadi suatu ladang rezeki yang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, bukan hanya puluhan orang, akan ada ribuan orang menjadi tamu di Indonesia. Kalau kita bicara soal segmen pasar sudah jelas sekali ini menjadi sasaran empuk.  

Pencinta olahraga saat ini berbaur menjadi satu, laki-laki perempuan usia anak-anak sampai dengan usia tua dan dewasa semua dipersatukan oleh kecintaan mereka terhadap olahraga. Coba hitung saja dari banyaknya atlet sampai dengan pendukung mereka dari 45 negara, 41 cabang olahraga akan memadati Indonesia di bulan Agustus mendatang. Kalau anda jeli bukan kah suatu kesempatan dan peluang mengambil untung di ajang empat tahunan ini? 

Bukan hanya mereka yang berebut medali namun anda juga bisa berebut mencari keuntungan dengan modal yang mungkin tidak terlalu besar. Anda bisa mencoba beberapa bisnis berikut ini untuk meramaikan event Asian Games.  

Beberapa Peluang Usaha / Jualan Laris Manis Saat Asian Games 2018 

A. Jualan Hasil Kerajinan Tangan

Indonesia merupakan suatu negara yang sudah terkenal di seluruh pelosok dunia dengan keberagamannya. Indonesia dikenal sebagai negara yang mempunyai ribuan suku yang beragam. Indonesia pun sudah dikenal sebagai negara penghasil kerajinan tangan yang khas dan beragam. 

Tentu mereka para atlet beserta pendukungnya yang datang bertanding ke Indonesia akan membeli satu dua kenang-kenangan yang akan mereka bawa pulang selepas bertanding nanti. Seperti kita ketahui kerajinan tangan Indonesia selalu menjadi primadona di kancah dunia. Banyak kerajinan yang di ekspor ke berbagai belahan dunia, ini menunjukkan animo mereka, ketertarikan mereka terhadap produk kita. 

Anda bisa memaksimalkan peluang ini menjadi pundi-pundi rupiah. Apabila anda merasa tidak berbakat dalam bidang membuat kerajinan tangan tersebut, jangan menyerah anda bisa menjadi distributor atau pelaku yang memasarkan barang tersebut untuk sampai ke tangan pembeli. Berikut beberapa produk kerajinan tangan yang di gadang-gadang akan ramai di pasaran saat Asian Games 2018 : 

1. Kain Khas Palembang 

Kota Palembang yang terletak di Sumatera Selatan ini dikenal sebagai daerah penghasil kain terbaik di Indonesia.  Mereka mempunyai kain khas yang selalu diburu oleh orang-orang sebagai cendera mata. Kain khas dari Palembang pun beragam. Ada beberapa jenis kain khas yang ditawarkan dari daerah kerajaan Sriwijaya tersebut. Berikut beberapa kain khas Palembang :

a. Kain songket, merupakan salah satu jenis kain yang terkenal karena keindahannya. Jenis kain ini dibuat melalui proses yang rumit. Tak heran apabila kain songket mempunyai harga yang cukup fantastis. Awalnya kain ini hanya digunakan dalam acara besar. Namun saat ini umum penggunaan kain songket untuk kegiatan sehari-hari. Untuk benang sendiri dikenal songket menggunakan benang emas.

b. Tajung dan blongsong, yaitu sarung khas dari daerah Palembang. Mereka menyebutnya tajung untuk sarung laki-laki dan blongsong untuk sarung perempuan. Proses pembuatannya terbilang cepat dibandingkan dengan pembuatan kain songket. 

c. Kain pelangi atau jumputan, yakni kain yang diikat kemudian dicelupkan ke dalam warna pakaian. Setelah dicelupkan ke dalam warna, kain tersebut dilepas ikatannya kemudian dijemur. Terbentuklah warna yang indah dan menarik.  Biasanya kain terbuat dari bahan kain sutera sehingga hasilnya pun indah.

d. Kain peradan atau juga sering disebut dengan kain prada, Yaitu jenis kain yang diwarnai ulang dengan warna khas yang biasanya adalah warna emas. Kain khas Palembang yang sudah bermotif diwarnai ulang dan kemudian dijemur hingga kering .

e. Kain batik Palembang. Batik menjadi kekayaan warisan khas dari bumi pertiwi Indonesia. Hampir seluruh wilayah di Indonesia mempunyai jenis batik yang berbeda-beda. Sama halnya dengan kota Palembang yang mempunyai batik khas dengan motif kekayaan yang mereka miliki. Proses pembuatannya pun berbeda, batik Palembang yang terbuat dari bahan sutera atau semi sutera dibentang secara  kencang baru digambari motif. 

Menjual macam-macam jenis kain khas kota Palembang bisa menjadi peluang usaha untuk anda meramaikan gelar Asian Games pada bulan Agustus mendatang.  

2. Lakuer atau Leker

Yaitu jenis kerajinan tangan yang berasal  kayu mahoni atau kayu kemalo sebagai bahan dasar pembuatannya. Kayu tersebut dibentuk menjadi kotak, bulat atau silindris kemudian di cat dengan warna merah, emas atau hitam menggunakan tinta cina. Sebelum proses pengecatan terlebih dahulu Lakuer di ampelas hingga halus.

3. Ukiran Khas Palembang 

Yaitu jenis ukiran khas dari kota Palembang dengan bahan dasar kayu mahoni atau tembesu. Untuk menyambut Asian Games bisa dipadukan dengan motif event tersebut sehingga menjadi peluang yang menarik pembeli. 

4. Pajangan Khas Ibu Kota Jakarta

Seperti diketahui pagelaran event olahraga se Asia akan digelar di dunia kota besar Indonesia. Yaitu Palembang dan juga Jakarta. Sehingga anda juga bisa menjajakan ornamen-ornamen atau pajangan khas dari kota metropolitan tersebut. Seperti boneka mini ondel-ondel yang menjadi ikon khas ibukota. Atau bisa juga dengan miniatur Monas atau monumen nasional yang menjadi maskot kota Jakarta.

B. Jualan Makanan dan Minuman

Kuliner atau makanan dan minuman merupakan barang dagangan yang wajib ada pada setiap event. Apalagi di event besar seperti Asian Games. Selain untuk tujuan meraup untung tentu saja menjadi peluang memperkenalkan kekayaan kuliner kita ke masyarakat luar bahkan dunia.  

Berjualan makanan dan  minuman tentu saja menjadi peluang yang sangat menjanjikan. Memang untuk konsumsi para tamu kebesaran seperti atlet dan juga ofisialnya sudah di sediakan oleh pemerintah atau pihak penyelenggara. Namun tidak menutup kemungkinan mereka juga ingin berjalan-jalan menikmati makan di luar wisma tempat mereka menginap. 

Selain itu para pendukung atau suporter tentu saja juga membutuhkan makan dan minum selama mereka berada di Indonesia mendukung jagoan mereka masing-masing. Ada makanan dan minuman cepat saji yang bisa anda jual, namun lebih menarik lagi anda menjual makanan dan minuman khas dari nusantara untuk menjadikan peluang emas ini sebagai wahana promosi. 

Berikut beberapa makanan dan minuman yang digadang-gadang akan ramai di lapak Asian Games 2018

1. Pempek Palembang

Siapa yang tidak mengenal makanan khas Palembang yang sudah terkenal seantero negeri bahkan sudah menjadi komoditi ekspor laris di kota Palembang. Makanan yang berbahan dasar ikan laut ini sudah sangat terkenal bahkan menjadi kuliner daerah yang berhasil di ekspor enam puluh ton setiap harinya. 

Akan banyak orang atau pengunjung Asian Games yang memburu makanan fenomenal ini karena tentu saja mereka penasaran dengan kelezatan olahan ikan tersebut. Untuk anda yang ahli membuat pempek bisa juga memanfaatkan peluang event ini menjadi ladang rezeki yang bisa anda tekuni.

2. Tekwan 

Makanan ini hampir sama dengan pempek. Bedanya tekwan lebih kecil lagi bentuknya mirip bakso ikan disajikan dengan tambahan kaldu udang, bawang goreng, jamur goreng, irisan daun bawang, irisan daun seledri dan potongan buah bengkuang.  

3. Kerak Telur 

Siapa yang tidak mengenali masakan khas ibu kota ini. Olahan berbahan dasar beras ketan putih dan telur dengan diberikan bumbu-bumbu yang menambah kelezatan kerak telur. Biasanya di hari biasa anda bisa dengan mudah mendapati lapak kerak telur di daerah kota tua. Banyak yang mencoba peluang dagang disana. 

4. Asinan

Juga merupakan makanan khas ibukota yang berbahan dasar sayuran disajikan dengan kuah asam segar diberi campuran kerupuk di atasnya.

5. Bir Pletok

Minuman ini bukan lah minuman bir yang memabukkan. Justru bir pletok membuat tubuh semakin sehat karena terbuat dari olahan jahe, serai, daun pandan wangi dan juga kayu kencana. Minuman ini merupakan minuman khas dari kota Jakarta.

C. Jualan Aksesoris 

Biasanya kemana pun kita pergi pasti kita akan memburu barang-barang yang identik dengan kota yang kita kunjungi. Termasuk dengan aksesoris. Anda bisa mencoba peluang dengan berdagang aksesoris seperti kalung, gelang, anting, topi, atau aksesoris lain yang khas dengan Indonesia khususnya kota Palembang dan Jakarta sebagai tuan rumah Asian Games. 

Untuk tetap memberikan identik terhadap event Asian Games yang sedang digelar, anda bisa menambahkan kata-kata atau gambar yang menjadi identik dari perhelatan olahraga akbar tersebut. Aksesoris yang bagus dan menarik dengan harga yang relatif terjangkau pasti akan diburu oleh pembeli. Karena biasanya mereka akan pulang dengan membawa kenang-kenangan dari tempat yang mereka kunjungi.

Apabila harga yang anda patok relatif terjangkau maka mereka pun bisa membeli dengan jumlah yang banyak. 

D. Jualan Tas 

Untuk kamu laki-laki biasanya mereka mencari kenang-kenangan suatu barang yang ada manfaatnya. Seperti salah satunya tas. Mereka kurang menyukai barang-barang yang hanya bersifat sebagai hiasan atau pajangan. Mereka juga kurang tertarik dengan barang-barang aksesoris.

Namun, sebagai wanita apa pun yang dijual rasa ingin membelinya lebih besar. Apa pun barang yang dijual pasti akan di beli semua. Peluang adanya Asian Games bisa anda maksimalkan dengan menjual tas misalnya. Salah satu barang yang menjadi incaran kaum pria dan juga laki-laki. Berikan khas tentang tuan rumahIndonesia dan juga Asian Games yang berlangsung. 

E. Jualan Sandal 

Anda juga bisa menjual sandal bergambar yang lucu dan unik serta khas dengan kota Palembang maupun Jakarta. Banyak juga pengunjung yang memburu sandal sebagai barang untuk kenang-kenangan mereka mengunjungi kota tersebut. Anda bisa memaksimalkan peluang ini menjual sandal dengan karakter dan tulisan lucu yang unik dan juga khas. 

F. Jualan Kaos 

Saat kita mengunjungi daerah wisata biasanya kita melihat penjual-penjual yang menjajakan kaos bertuliskan nama kota tersebut. Atau dengan gambar-gambar yang  identik. Anda juga bisa mencoba menjual kaos-kaos dengan maskot Asian Games, kota Palembang atau kota Jakarta yang bisa menjadi oleh-oleh sepulang  perhelatan olahraga akbar ini. 

G. Jualan Pakaian Daerah 

Indonesia mempunyai kekayaan yang tidak dimiliki oleh negara lain. Yaitu keberagaman suku budaya yang terdiri dari ribuan suku dengan adat dan istiadat yang berbeda-beda. Indonesia dengan jumlah suku yang mencapai ribuan menjadikan Indonesia mempunyai kekayaan yang beragam. Dari rumah adat, pakaian, bahasa, makanan, kebiasaan yang berbeda-beda setiap sukunya.

Seperti Palembang dan Jakarta. Sama-sama menjadi tuan rumah Asian Games namun mereka benar-benar berbeda. Dari olahan makanannya, kebudayaannya, bahasa, penduduk, rumah tempat tinggal mereka hingga pakaian yang mereka kenakan. 

Adanya event Asian Games bisa dimanfaatkan sebagai peluang mengenalkan kekayaan yang kita miliki ke mereka. Salah satunya yang bisa dimanfaatkan sebagai bisnis adalah dengan menjual pakaian adat dari daerah tersebut. 

Seperti Jakarta yang mempunyai pakaian adat yang khas sekali dengan suku mereka yaitu suku betawi. Mereka mempunyai baju jenis kebaya untuk wanita dengan dilengkapi selendang sebagai penutup kepala. Dan juga celana batik atau lurik untuk laki-laki dengan atasan kaos oblong putih polos dan baju hitam polos untuk kaum laki-laki. 

Untuk keseharian biasanya kaum laki-laki menggunakan sadariah atau baju koko yang khas. Dilengkapi dengan peci atau sering disebut dengan kopyah. Celana komprang yang khas dan tidak ketinggalan yaitu sarung yang mesti dibawa kemana-mana.  Pakaian ini menjadi daya tarik khusus bagi pengunjung yang bisa anda jual di saat ajang lomba olahraga se Asia Agustus nanti. 

Untuk pakaian adat Palembang sendiri biasanya selalu identik dengan kain-kain yang dihasilkan oleh kota tersebut. Yang paling terkenal yaitu dengan menggunakan kain songket dengan warna khas merah dan emas. 

H. Jualan Atribut Suporter

Peluang yang tentu saja menjadiuang yang menjanjikan menyambut Asian Games adalah dengan menjual atribut suporter. Namanya perlombaan akan mempertemukan dua lawan dalam sebuah pertandingan. Tentu saja masing-masing kubu mempunyai pendukung fanatik yang siap membakar semangat mereka dan memberikan kepercayaan diri yang lebih. 

Atribut suporter biasanya berupa seleyer, topi, kaos, atau tulisan-tulisan yang identik dengan kubu yang mereka dukung. Akan banyak sekali pertandingan di gelar di Asian Games. Negara-negara se Asia akan bertanding memperebutkan medali emas untuk membawa negara mereka menjuarai olahraga paling bergengsi se Asia ini. 

Tentu akan banyak sekali suporter yang datang ke Palembang dan Jakarta. Jadi sudah pasti mereka membutuhkan atribut yang semakin membuat penampilan mereka meyakinkan. Salah satu kesempatan yang digadang-gadang akan laris manis di Asian Games nanti. 

Itulah beberapa Peluang Usaha / Jualan Laris Manis Saat Asian Games yang bisa anda jalankan. Semoga sukses dengan usaha musiman ini. Cukup sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat