17 Ide Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil Untung Besar

Peluang Usaha / Bisnis Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil Untung Besar -- Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan, Ide Usaha / Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga, Contoh Peluang Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga, Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga, Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan Keuntungan, Contoh Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan,  Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Modal Kecil.

https://www.lokerpns.web.id/

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan. Justru banyak sekali ibu rumah tangga yang sukses menjalankan bisnis dengan hasil yang menguntungkan. 

Bagi Anda para ibu rumah tangga yang saat ini menganggur dan memiliki banyak waktu luang tidak ada salahnya untuk mulai berbisnis guna membantu suami dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Tentu saja lebih menyenangkan jika memiliki penghasilan sendiri tanpa terus menerus bergantung pada gaji suami. Bahkan kebutuhan sendiri dan rumah tangga bisa ikut terpenuhi dengan bisnis yang dilakukan tersebut. Selain itu, banyak manfaat lain yang bisa terjadi jika Anda mulai membangun bisnis sendiri. 

Seperti saat Anda mendirikan usaha makanan ringan, jika bisnis sudah berkembang dan kekurangan tenaga kerja maka Anda bisa mengajak ibu rumah tangga lain yang mengganggu untuk ikut bekerja. Berikut ini beberapa peluang bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan untuk Anda pilih.

17 Peluang Usaha / Bisnis Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

1. Membuat Kerajinan

Peluang bisnis untuk ibu rumah tangga yang menguntungkan pertama adalah membuat kerajinan. Anda bisa membuat berbagai macam kerajinan yang bisa dijual dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

Misalnya Anda memiliki keahlian menjahit, maka gunakan keahlian tersebut untuk membuat pakaian yang banyak disukai orang atau Anda bisa membuka jasa membuat pakaian. Tentu saja jika Anda mampu membuat pakaian yang bagus akan banyak orang yang menyukainya dan hasil yang diperoleh semakin banyak pula.

Selain kerajinan membuat pakaian, jenis kerajinan lain yang bisa dibuat seperti merangkai bunga, membuat tas mini, dan membuat berbagai aksesoris lucu untuk anak-anak dan juga orang dewasa.

Pastikan untuk membuat jenis kerajinan yang dibutuhkan banyak orang dengan harga yang terjangkau, maka Anda akan memperoleh penghasilan yang lumayan. Dalam menjalankan bisnis kerajinan Anda juga bisa merekrut tetangga agar bisa menghasilkan kerajinan yang lebih banyak.

2. Bisnis Online Shop

Peluang bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan berikutnya adalah membuka online shop. Saat ini online shop atau toko online menjadi jenis bisnis yang marak di Indonesia. Hal ini dikarenakan kemajuan teknologi dan informasi yang begitu cepatnya, sehingga hampir semua orang menggunakan internet setiap harinya. Bagi ibu rumah tangga tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kesempatan ini agar mendapatkan penghasilan.

Jenis bisnis online shop ini sangat cocok dilalukan oleh para ibu rumah tangga yang saat ini sedang memganggur, maka bisa memanfaatkan waktu luang yang ada untuk menjual berbagai produk rumahan tanpa stok atau biasa disebut dengan sistem dropshipper.

Kesempatan bisnis online shop ini lebih terbuka lebar untuk para ibu rumah tangga daripada laku-laki, karena waktu luang yang dimiliki ibu rumah tangga lebih banyak daripada para suami yang cenderung bekerja di kantor, pabrik, perusahaan, dan sebagainya.

3. Mengajar Les Privat

Mengajar les privat juga menjadi peluang bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan untuk dilakukan. Peluang bisnis ini tidak memerlukan modal uang sedikitpun, namun Anda harus memiliki kemampuan dalam bidang pembelajaran. Untuk ibu rumah tangga yang memiliki kelebihan dalam bidang edukasi sangat cocok untuk membuka pengajaran les privat. 

Dengan mengajar les privat maka Anda akan mendapat penghasilan yang lumayan, sehingga mampu membantu perekonomian keluarga. Selain itu, banyak dampak positif yang diperoleh jika membuka les privat, karena para siswa yang sepulang sekolah tidak ada kegiatan bisa mengikuti les privat guna menambah pengetahuan dan ilmu yang Anda ajarkan.

4. Membuka Warung Makan

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang tidak ada salahnya untuk menekuni bisnis warung makan. Bisnis ini merupakan jenis bisnis yang menguntungkan untuk ibu rumah tangga, sebab penghasilan yang diperoleh lumayan besar. Banyak laki-laki dewasa yang bekerja di luar lebih memilih untuk makan di warung makan, karena tempat bekerja yang jauh dari rumah.

Selain warung makan, Anda juga harus menyediakan berbagai hal seperti kopi, minuman, rokok, dan sebagainya. Akan lebih baik juga warung makan tersebut juga dilengkapi dengan wifi, sehingga akan menarik minat pembeli.

Mengingat saat ini internet menjadi keperluan yang penting, maka adanya wifi di warung makan akan menjadi magnet yang kuat. Bahkan pelanggan akan bertambah dari berbagai kalangan jika Anda membuka warung makan yang dilengkapi dengan wifi.

5. Produksi Kue Rumahan

Banyak ibu rumah tangga yang memiliki keahlian memasak, khususnya dalam membuat  kue. Membuat kue rumahan ini bisa menjadi peluang bisnis untuk ibu rumah tangga yang menguntungkan. Anda bisa membuat berbagai macam jenis kue kemudian dikemas sedemikian rupa untuk selanjutnya dijual. Pastikan membuat kue yang lezat dan lembut agar disukai banyak orang dan memiliki banyak pelanggan.

Jika bisnis produksi kue rumahan sudah berkembang dengan baik dan mendapat banyak pesanan maka Anda bisa mengajak ibu rumah tangga lainnya untuk ikut bekerja membuat kue. Jenis usaha yang satu ini sangat cocok dilakukan oleh para ibu rumah tangga, bahkan penghasilan yang diperoleh bisa membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga sehingga tidak harus mengandalkan pendapatan suami. 

6. Usaha Katering Rumahan

Peluang bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan selanjutnya adalah membuka usaha katering. Sekarang ini usaha katering menjadi jenis usaha yang banyak dicari oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan kecenderungan masyarakat lebih memilih sesuatu yang praktis saat hendak mengadakan acara-acara besar.

Untuk sebuah event yang besar maka diperlukan masakan dalam jumlah besar juga. Untuk orang yang tidak mau repot memasak tentu lebih memilih memesan di katering karena lebih hemat waktu dan tempat.

Dengan membuat nasi kotak yang dibungkus dengan rapi Anda sudah bisa membuka usaha katering dengan hasil yang menggiurkan. Sebaiknya berikan rasa yang lezat dan disukai oleh banyak orang agar pelanggan semakin bertambah.

Keahlian memasak yang dimiliki oleh ibu rumah tangga akan sia-sia jika tidak memanfaatkan kesempatan baik ini. Jika pesanan semakin banyak maka penghasilan yang diperoleh juga meningkat. Saat ini pula Anda bisa mengajak tetangga untuk ikut serta membantu pembuatan nasi kotak.

7. Menjual Gorengan

Gorengan merupakan jenis camilan yang banyak disukai oleh masyarakat. Dimana pun tempatnya gorengan selalu menjadi makanan primadona yang banyak dicari oleh orang-orang. Untuk itulah, menjual gorengan juga menjadi peluang bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan untuk dicoba. Menjual gorengan merupakan bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga, karena laki-laki yang memiliki pekerjaan lain akan kesulitan jika harus menjual gorengan juga.

Gorengan juga menjadi jenis makanan yang sangat digemari oleh masyarakat karena harganya yang murah meriah. Anda bisa mendapatkan berbagai jenis gorengan dengan harga yang relatif murah. Untuk menjadi penjual gorengan yang sukses hal yang diperlukan adalah keahlian membuat gorengan yang enak dan sikap yang ramah, maka Anda akan mendapatkan banyak penghasilan. 

8. Membuka Laundry

Peluang bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan berikutnya adalah membuka laundry. Untuk para ibu rumah tangga, maka jasa laundry ini merupakan pilihan yang tepat, sebab mencuci merupakan kebiasaan setiap hari para ibu rumah tangga.

Modal membuka usaha laundry tidak terlalu besar, yakni dengan menyediakan dua buah mesin cuci, detergen, dan memasang banner. Dengan cara ini maka akan banyak orang berdatangan menggunakan jasa laundry yang Anda miliki.

Untuk memulainya, Anda bisa menawarkan jasa tersebut kepada orang-orang di lingkungan sekitar. Untuk selanjutnya bisa melakukan promosi di media sosial seperti facebook, twitter, dan sebagainya.

Berikan promo menarik agar orang mau menggunakan jasa laundry yang Anda miliki. Promo yang diberikan seperti sekali cuci gratis saat sudah menggunakan jasa laundry sebanyak lima kali. Dengan semakin banyaknya pelanggan akan menaikkan omzet yang diperoleh.

9. Rental Play Station (PS)

Peluang bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan selanjutnya adalah rental PS atau Play Station. Jika dilihat sekilas memang jenis usaha yang satu ini tidak ada kaitannya dengan ibu rumah tangga. Namun, penyedia rental PS sebenarnya lebih cocok untuk ibu rumah tangga, karena memiliki waktu lebih banyak di rumah. Berbeda dengan para suami yang lebih sering berada di luar rumah untuk bekerja. 

Bagi ibu rumah tangga, selain menjaga rumah dengan menyediakan rental PS maka akan mendapatkan penghasilan yang lumayan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Anda juga bisa menyediakan berbagai minuman seperti kopi atau es untuk menemani para pelanggan yang menggunakan rental PS tersebut.

10. Bisnis Aksesoris Wanita

Peluang bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan berikutnya adalah bisnis aksesoris wanita. Seperti yang telah diketahui bahwa wanita merupakan sosok yang dikenal selalu menjaga penampilan agar tetap sedap dan menarik saat dipandang.

Berbagai jenis aksesoris yang sering digunakan oleh wanita seperti, syal, hijab, bando, rok, dan sebagainya. Bisnis aksesoris hijab saat ini juga menjadi tren yang sangat digemari oleh wanita.

Jika Anda mampu mengelola bisnis aksesoris wanita dengan baik maka akan mendatangkan untuk yang menggiurkan. Membeli aksesoris wanita secara grosir tentunya memiliki harga yang lebih murah. Kemudian Anda bisa menjualnya dengan harga yang lebih mahal untuk mendapatkan keuntungan. Terlebih lagi jika Anda bisa membuat aksesoris wanita sendiri maka keuntungan yang diperoleh akan semakin banyak.

Untuk mendapatkan pembeli dari berbagai kalangan sosial dan usia Anda bisa mempromosikannya melalui media sosial seperti facebook, instagram, bbm, twitter, dan sebagainya. Dengan cara ini maka Anda akan mendapatkan penghasilan yang lebih banyak karena jumlah pembeli yang bertambah.

11. Jualan Sayuran dan Lauk Pauk

Bisnis berjualan sayuran dan lauk pauk juga merupakan peluang bisnis untuk ibu rumah tangga yang menguntungkan. Sayuran dan lauk pauk merupakan kebutuhan pokok setiap orang, sehingga akan banyak memiliki pembeli. Anda bisa memulai bisnis sayuran dan lauk pauk ini dengan menjualnya di depan rumah. 

Caranya adalah dengan membeli sayuran dan lauk pauk di pasar, kemudian menjualnya kembali dengan harga yang lebih mahal. Jika dilakukan dengan tekun maka bisnis sayuran dan lauk pauk ini akan memperoleh penghasilan yang mampu membantu perekonomian keluarga menjadi lebih baik.

12. Menjadi Blogger atau Youtuber

Peluang bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan selanjutnya adalah dengan menjadi seorang blogger atau youtuber. Sebagai ibu rumah tangga tentunya memiliki banyak waktu luang untuk menjadi seorang blogger maupun youtuber.

Modal yang dibutuhkan adalah komputer atau laptop dan koneksi internet yang lancar. Kemudian Anda bisa mulai menulis berbagai artikel yang menarik untuk dipublikasikan. 

Setelah blog tersebut memiliki banyak pengunjung, berisi banyak konten berkualitas langkah selanjutnya adalah mendaftarkannya di Adsense agar memperoleh pendapatan yang rutin.

Begitu juga menjadi seorang Youtuber, Anda harus membuat video yang menarik agar dilihat oleh banyak orang. Jika dirasa sudah memiliki channel youtube yang besar maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkannya ke Adsense agar mendapat bayaran.

13. Jual Pulsa Elektrik dan Kuota Internet

Saat ini pulsa elektrik menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Hal ini dikarenakan hampir semua orang memiliki ponsel. Tentu saja untuk bisa berkomunikasi dibutuhkan adanya pulsa. Sebagai ibu rumah tangga Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Untung yang diperoleh dari bisnis pulsa elektrik ini bisa membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga di samping menggunakan gaji suami. 

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis pulsa elektrik juga tidak terlalu besar. Untuk membeli saldo awal Anda hanya membutuhkan uang seratus ribu rupiah. Sedangkan untuk mengirimkan pulsa bisa menggunakan ponsel biasa tidak harus smartphone.

Selain menjual pulsa biasa, Anda juga bisa menjual pulsa listrik dan kuota internet yang saat ini juga dibutuhkan oleh banyak orang. 

14. Membuka Warung Kopi

Warung kopi merupakan jenis usaha yang bisa dilakukan di rumah oleh ibu rumah tangga. Modal awal yang digunakan untuk membuka warung kopi relatif kecil, sehingga menjadi jenis bisnis yang menguntungkan untuk ditekuni. Warung kopi juga saat ini menjadi jenis usaha yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Anda bisa menambahi wifi gratis agar pengunjung semakin banyak berdatangan. 

Mengingat saat ini jaringan internet merupakan hal yang sangat dibutuhkan, maka dengan adanya wifi ini akan menjadi magnet yang kuat dalam menarik pelanggan. Selain menyeduh kopi yang nikmat, para pengunjung juga bisa menikmati wifi secara gratis, pastinya hal ini akan menjadi hal yang banyak dicari oleh masyarakat.

15. Menjual Jus Buah

Menjual jus buah juga akan menjadi jenis bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Cara memulai bisnis jus buah ini bisa dengan membuat gerobak kemudian menjajakannya di dekat sekolah, kampus, dan tempat umum lainnya. Atau bisa juga dengan menjualnya di depan rumah jika Anda berada di lokasi yang cukup strategis. 

16. Penyedia Kos Anak Sekolah atau Kuliah

Jenis peluang bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan selanjutnya adalah menyediakan kos anak sekolah atau kuliah. Jika Anda memiliki rumah dekat dengan kampus atau sekolah maka mendirikan kos untuk anak sekolah atau kuliah merupakan pilihan yang tepat. Dalam sebuah kos biasanya dilengkapi dengan tepat tidur, lemari, TV, kamar mandi, dan berbagai fasilitas lain yang menjadikan anak kos merasa nyaman.

17. Menjadi Organizer Ulang Tahun Anak

Saat ini banyak anak-anak yang ingin ulang tahunnya dirayakan dengan mengundang teman-teman sekelasnya. Namun, orang tua biasanya tidak sempat untuk mengatur segala sesuatunya sehingga Anda bisa memanfaatkan peluang ini sebagai pengatur atau organizer pesta ulang tahun. 

Sebagai seorang organizer, maka Anda harus mengatur mulai dari undangannya, perabot pendukung, dekorasi, kue ulang tahun, hingga hidangan untuk para tamu yang datang. Jika Anda menekuni bisnis organizer yang satu ini maka akan menjadi jenis bisnis yang menguntungkan untuk dilakukan, sebab banyak orang membutuhkan jasa yang satu ini.

Itulah ulasan dari kami mengenai Ide Peluang Usaha / Bisnis Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil Untung Besar. Semoga ulasan di atas bermanfaat. Jangan takut untuk mencoba berbisnis, karena dengan mencoba berarti anda telah belajar. Teruslah belajar hingga sukses berbisnis.