15 Ide Bisnis / Usaha Sampingan yang Cocok untuk Pensiunan

Ide Bisnis / Usaha Sampingan yang Cocok untuk Pensiunan -- Ide Bisnis Rumahan untuk Pensiunan, Peluang Usaha Rumahan untuk Pensiunan, Usaha yang Cocok Setelah Pensiun, Bisnis Sampingan untuk Pensiunan, Ide Bisnis Untuk Pensiunan Yang Menggiurkan, Peluang Usaha Menggiurkan Bagi Pensiunan, Usaha yang Cocok Dijalankan Dimasa Pensiun, Jenis Usaha yang Cocok di Masa Tua, Peluang Usaha Pilihan Modal Kecil yang Menguntungkan setelah Pensiunan.

https://www.lokerpns.web.id/

Banyak orang yang sudah tidak lagi bekerja, atau yang kerap disebut dengan pensiunan, kebingungan dengan cara mereka harus mengisi masa tua. Kesulitan finansial adalah salah satu ketakutan terbesar karena tidak lagi mendapatkan pemasukan seperti ketika masa produktif. Maka dari itu banyak di antara mereka yang mulai memikirkan bisnis sampingan yang bisa dikerjakan.

Tentunya, berbeda ketika mereka masih produktif, usaha sampingan yang akan mereka kerjakan haruslah memenuhi beberapa hal, salah satunya adalah mengenai energi. Usaha yang akan mereka kerjakan haruslah tidak terlalu memakan energi. Selain itu, usaha tersebut juga harus lebih fleksibel karena kekuatan fisik para pensiunan yang sudah tidak seperti masa muda.

15 Ide Bisnis / Usaha Sampingan yang Cocok untuk Pensiunan

1. Bisnis Waralaba atau Franchise

Bagi mereka yang ingin menjalani usaha tetapi masih pemula, maka usaha waralaba ini bisa menjadi pilihan. Berbagi peluang dengan usaha dagang yang sudah lebih dulu sukses tentunya memperkecil kemungkinan kerugian, sebab sudah banyak orang yang mengenal bidang usaha tersebut. Hal ini juga berarti sebuah penghematan karena tidak perlu melakukan survey pasar terlebih dahulu.

Menjalankan usaha waralaba juga menghemat waktu karena semua sudah disiapkan oleh rekanan pemilik merek dagang tersebut. Para pensiunan yang ingin berbisnis hanya perlu menyiapkan detail lain yang belum tersedia serta menyetujui kontrak yang sudah disepakati. Jaminan mendapatkan keuntungan yang lebih cepat juga kemungkinan besar sudah ada di tangan.

Untuk urusan modal, bidang usaha waralaba juga beragam, mulai dari yang kecil hingga besar. Anda dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Bidang usaha ini juga cukup fleksibel karena semua sistem tentunya sudah berjalan dan Anda hanya tinggal mengikuti aturannya saja.

Anda juga tidak perlu ikut terjun langsung dalam menjalankan bisnis secara harian, hanya perlu melakukan audit setiap bulan untuk melihat perkembangan usaha. Biasanya Anda hanya perlu memercayakan kepada pegawai yang sudah Anda rekrut untuk menjalankan roda usaha setiap harinya.

Untuk jenis bidang usaha waralaba juga beragam, namun kebanyakan adalah untuk usaha makanan dan minuman. Anda tentu sudah pernah mengetahui mengenai makanan sejenis pizza, donat, es dan lain sebagainya. Biasanya untuk jenis peluang dagang yang semacam ini, Anda tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Namun, ada juga jenis waralaba yang membutuhkan modal yang cukup besar, yaitu semacam waralaba minimarket dan jenis usaha jasa. 

Sebelum memutuskan untuk memilih usaha waralaba yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda, sebaiknya memang melakukan pendekatan terlebih dahulu. Hal ini disebabkan tiap usaha memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

2. Membuka Toko Kelontong

Jenis bisnis lain yang mudah dijalankan dan pasti bisa dilakukan oleh siapapun adalah mendirikan toko kelontong yang menyediakan segala kebutuhan sehari-hari. Anda tidak membutuhkan modal yang terlalu besar untuk menjalankan usaha semacam ini. Selain itu, kemungkinan kerugian yang Anda hadapi juga termasuk kecil. Selama ini jarang ditemui toko kelontong yang merugi.

Tempat usaha juga tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas. Anda dapat menggunakan pekarangan rumah sebagai tempat memulai usaha dagang. Untuk jenis barang yang dijual, Anda dapat menyediakan kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, sabun, dan barang-barang lainnya. Jika modal sudah kembali dan ada tambahan, maka Anda dapat mengembangkan barang dagangan menjadi lebih bervariasi.

3. Membuka Kos-kosan

Jika Anda memiliki modal yang cukup serta lahan yang strategis, bisnis kos-kosan bisa Anda jadikan alternatif usaha. Usaha ini adalah jenis yang jarang sekali merugi, sebab setiap tahun selalu ada saja orang yang membutuhkan tempat untuk bernaung sementara, entah mereka yang merantau untuk bekerja maupun untuk bersekolah.

Tentunya usaha ini bisa berjalan jika Anda memiliki lahan yang terletak di daerah sekitar kampus, sekolah, pabrik dan tempat usaha lainnya. Untuk menambah daya saing, Anda dapat menyertakan alternatif tambahan semacam katering, wifi, maupun fasilitas pendukung lainnya. Anda juga dapat membuat toko kelontong untuk membarengi usaha tersebut, sebab sudah pasti anak kos Anda membutuhkan barang-barang kebutuhan tersebut suatu saat nanti.

4. Jualan Pulsa dan Kuota

Di era serba digital semacam ini, maka kebutuhan akan pulsa adalah salah satu kebutuhan yang wajib. Hampir semua orang memiliki lebih dari satu gawai yang membutuhkan pulsa. Selain itu, listrik pun sekarang juga sudah mulai beralih ke sistem pulsa. Jadi membuka bisnis berjualan pulsa ini adalah salah satu ide yang brilian.

Walaupun sudah banyak counter tempat berjualan pulsa, namun ajaibnya selalu saja ada yang datang untuk membeli. Hal ini bisa menjadi tolok ukur bahwa peluang dagang ini cukup menguntungkan. Anda juga tidak membutuhkan modal yang besar untuk bisa menjalankan bisnis ini. Bahkan hanya dengan minimal deposit lima puluh ribu rupiah, Anda sudah bisa mulai berjualan.

Bukan hanya pulsa, Anda juga dapat menyertakan layanan pembayaran PDAM, token listrik, kuota, dan lain sebagainya. Anda hanya membutuhkan gawai untuk berjualan, selain itu, Anda juga bisa membuka counter di rumah maupun menyewa tempat kecil di pinggir jalan.

5. Menjalankan Usaha Bidang Sarana Transportasi

Menjalankan bidang usaha transportasi juga bisa menjadi salah satu alternatif usaha sampingan yang bisa dijalankan oleh para pensiunan. Jenisnya pun beragam, mulai dari antar jemput anak sekolah, persewaan motor, persewaan mobil, bahkan jika modal Anda besar, Anda bisa menyewakan bus.

Ketika musim liburan tiba, bisnis semacam ini akan sangat laris dan dicari. Namun memang Anda harus menghindari tindak kejahatan yang bisa terjadi seperti mobil yang dilarikan oleh konsumen dan digadaikan. Maka dari itu, Anda harus ketat dalam memberikan persyaratan namun dibarengi dengan pelayanan yang memuaskan, maka dijamin akan ada banyak konsumen yang datang kepada Anda.

6. Menulis 

Selama ini, menulis sering dianggap sebagai hal yang membosankan dan tidak bisa mendatangkan uang. Padahal, anggapan semacam itu tidaklah benar. Sekarang ini, dengan menulis, Anda bisa mendapatkan uang sama seperti ketika Anda bekerja di kantor, bahkan mungkin lebih. Hanya saja memang dibutuhkan ketekunan saat menjalani profesi sebagai penulis.

Ada banyak ragam cara menulis yang mendatangkan uang yang bisa Anda coba. Selain menulis buku, baik fiksi maupun non-fiksi, Anda juga bisa mencoba menulis di blog mengenai topik apapun. Jika traffic pengunjung blog Anda tinggi, maka kemungkinan Anda bisa menjadi blogger yang dibayar juga semakin tinggi.

Anda juga dapat menulis artikel untuk portal berita maupun media daring. Selain itu, Anda juga dapat bergabung dengan agen kepenulisan yang memang bergerak di bidang penulisan konten untuk situs web. Selain tidak membutuhkan modal, bisnis semacam ini juga sangat fleksibel dan bisa dilakukan di mana saja.

7. Membuka Bimbingan Belajar

Bagi Anda yang pernah menjadi guru, maka mendirikan usaha di bidang pendidikan tentunya sangat menarik. Anda dapat mengembangkan kemampuan yang sudah Anda miliki sebelumnya dan tetap mendapatkan pemasukan walaupun sudah pensiun. Anda dapat menggunakan rumah Anda untuk dijadikan tempat les jika belum mendapatkan tempat yang sesuai. 

Bisnis bimbingan belajar ini juga tidak membutuhkan modal. Anda hanya tinggal menyusun silabus, dan tidak perlu mencari pegawai jika Anda bisa menjalaninya sendiri terlebih dahulu. Jika sistem sudah siap, Anda dapat mengembangkan usaha ini ke arah yang lebih besar.

Bimbingan belajar bukan hanya melulu terkait dengan bidang studi formal, tetapi juga bisa non-formal. Anda dapat membuka les untuk musik, gambar, desain, menjahit bahkan memasak. Semuanya tergantung dari kebutuhan dan kemampuan Anda. 

8. Membuka Jasa Persewaan

Persewaan membuka kesempatan bagi siapa saja yang membutuhkan untuk bisa mendapatkan apa yang mereka cari tanpa harus membeli. Ada begitu banyak hal yang bisa disewakan, mulai dari gedung, mobil, kebaya, buku, perlengkapan bayi dan lain sebagainya. Semua yang ada di rumah pun bisa dijadikan barang yang akan disewakan.

Bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Hanya saja, Anda harus membangun sistem yang kuat dan juga mengantisipasi kemungkinan penyewa yang tidak taat aturan sehingga Anda tidak merugi. Bidang usaha ini juga bukan hal yang menyangkut tren, sehingga bisa lebih awet.

9. Reseller Barang Jadi

Anda tentu sudah cukup sering mendengar tentang toko online yang bisa menjangkau pembeli hingga pelosok nusantara. Anda juga dapat menjalankan usaha semacam ini, bahkan nyaris tanpa menggunakan modal. Bahkan jika Anda belum memiliki barang yang akan dijual pun Anda sudah bisa menjalankan peluang ini.

Caranya adalah dengan menjadi reseller maupun dropshipper. Anda tinggal mencari produsen dari barang yang akan Anda jual dan tinggal mempromosikan barang tersebut. Anda bisa mencari keuntungan sendiri sebab harga yang diberikan oleh produsen biasanya adalah harga pokok.

Bisnis ini cukup menguntungkan karena Anda tidak perlu menyetok barang, tinggal memesan kepada produsen ketika ada pembeli yang menginginkan barang yang sudah Anda promosikan. Beberapa produsen juga menyediakan layanan dropshipper. Jadi Anda tinggal memesan kepada mereka dan mereka yang akan mengirimkan barang tersebut ke konsumen atas nama Anda.

10. Usaha di Bidang Properti

Bagi yang belum pernah menjalankan bisnis semacam ini, pasti menganggap bahwa usaha di bidang properti sebagai bidang yang sukar. Padahal usaha ini malah menjadi salah satu peluang yang paling besar setiap tahunnya. Seperti yang kita ketahui, setiap tahunnya, kebutuhan akan properti selalu meningkat, yang artinya bidang usaha ini sangat potensial.

Anda dapat menjual properti yang Anda miliki dan membeli yang baru dan mendapatkan keuntungan dari selisih harga. Atau Anda dapat bermain dengan usaha di bidang properti dengan mendirikan homestay, guest house, kos maupun menyewakan lahan dan gedung untuk dipakai oleh bidang usaha yang lainnya.

11. Membuka Taman Bacaan

Budaya membaca sedang digalakkan di mana-mana. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan membaca orang Indonesia yang masih rendah. Anda juga dapat berpartisipasi dengan usaha ini sekaligus mengembangkan bisnis Anda. Caranya adalah dengan membuka taman bacaan Anda sendiri. Buku yang ada di sana bisa Anda sewakan dengan sistem yang Anda tentukan sendiri.

Selain itu, Anda juga dapat membangun taman bacaan tersebut bersamaan dengan peluang usaha yang lain, misalnya adalah makanan kecil. Tempat bacaan yang nyaman, harga sewa yang murah serta makanan dan minuman yang lengkap akan membuat tempat Anda tersebut ramai dikunjungi.

12. Budidaya Tanaman

Bagi yang hobi berkebun, memelihara dan merawat tanaman tentunya bukan hal yang baru. Selain mendatangkan ketenangan, ternyata hobi semacam ini bisa dijadikan bisnis. Sekarang ini banyak orang beralih ke sayuran organik, karena dirasa lebih sehat. Dengan bertanam sayuran organik, Anda dapat memasarkannya dan mendapatkan keuntungan dari usaha tersebut.

Selain sayuran, Anda juga dapat menanam bunga, buah dan berbagai tanaman hias. Bukan hanya dengan ditanam secara tradisional di tanah yang luas, Anda dapat bercocok tanam dengan cara hidroponik yang lebih menghemat lahan. Selain membutuhkan ketelatenan, usaha ini juga membutuhkan kedisiplinan dalam merawat.

13. Beternak

Selain bercocok tanam, Anda juga dapat membuka usaha peternakan untuk sampingan ketika sudah pensiun. Ada banyak pilihan ketika akan beternak, mulai dari ikan, burung, hingga hewan berkaki empat seperti kelinci maupun sapi. Tentunya Anda membutuhkan lahan ketika akan berternak, selain itu juga modal yang cukup.

Bisnis semacam ini juga merupakan bisnis yang tidak akan lekang dimakan zaman. Sebut saja ternak ayam. Setiap tahunnya, konsumsi ayam di Indonesia bisa mencapai angka jutaan ekor. Dalam sehari, ada saja orang yang mengkonsumsi ayam. Begitu pula dengan ikan, dan daging.

Bagi yang menyukai burung berkicau, usaha ternak burung semacam love bird, murai dan lain sebagainya juga bisa dikembangkan. Selain menjual anakannya, Anda juga dapat mengikutkan lomba, burung peliharaan Anda. Ada banyak hadiah yang bisa didapatkan oleh mereka yang berhasil meraih juara.

14. Fotografi

Dunia fotografi sekarang ini sudah berkembang pesat. Bukan hanya anak muda, segala usia pun bisa menekuni dunia ini dan menjadikannya sebagai lahan bisnis. Tentunya modal yang dibutuhkan pertama kali adalah kemampuan fotografi yang mumpuni dan juga kamera yang layak. Jika modal yang dimiliki cukup, maka bisa menyediakan studio foto beserta dengan perlengkapannya.

Ada banyak momen yang membutuhkan foto untuk mengabadikan peristiwa tersebut. Mulai dari perayaan ulang tahun, pre-wedding, nikahan dan masih banyak lagi. Anda yang menyukai fotografi bisa mulai berpikir untuk membuka usaha ini. Atau Anda bisa membuka jasa les fotografi yang tentunya tidak akan terlalu banyak menyita waktu dan tenaga Anda.

15. Membuka Kolam Pemancingan

Melihat ikan yang berseliweran di kolam bisa menimbulkan ketenangan tersendiri, terlebih lagi jika ikan-ikan tersebut bisa mendatangkan penghasilan. Mendirikan bisnis kolam pemancingan bisa menjadi salah satu alternatif yang dipilih untuk usaha di usia senja. Dengan membangun beberapa kolam saja, Anda sudah dapat mendapatkan keuntungan, terlebih jika sering mengadakan lomba memancing di sana.

Jangan tanya peminatnya. Ternyata, usaha semacam ini mendatangkan keuntungan yang lumayan cepat karena ada banyak orang yang memiliki hobi memancing. Bayangkan saja berapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan mulai dari biaya parkir, biaya masuk, biaya menyewa pancing, biaya ikan yang didapatkan dan lain sebagainya.

Setiap peluang dagang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal bagaimana cara Anda menyikapi hal tersebut. Sesuaikan semuanya dengan kemampuan Anda, baik fisik maupun modal. Jangan sampai malah usaha yang akan Anda bangun tersebut menjadi beban di masa tua.

Menjalankan usaha di masa pensiun seyogyanya memang hanya digunakan untuk mengisi waktu luang alih-alih memang untuk mendapatkan penghasilan. Menikmati masa tua yang masih produktif memang idaman banyak orang, namun jangan sampai mengganggu kesehatan.

Jadi, bagaimana? Apakah Anda sudah menetapkan pilihan bisnis sampingan di masa pensiun Anda? Semoga ulasan mengenai Ide Bisnis / Usaha Sampingan yang Cocok untuk Pensiunan bisa menginspirasi anda. Selamat mencoba dan semoga sukses!