Cara Pendaftaran Online CPNS di SSCN.BKN.go.id 2022

SSCN.BKN.go.id 2022 -- Cara Pendaftaran Online CPNS di SSCN.BKN.go.id, Langkah Pendaftaran CPNS di SSCN.BKN.go.id, Tata Cara Mengisi Formulir Pendaftaran di SSCN.BKN.go.id, Cara Registrasi Online SSCN BKN, Panduan Pendaftaran SSCN BKN go id, Cara Mendaftar CPNS Online, Proses Pendaftaran CPNS di SSCN.BKN.go.id, Panduan Pendaftaran CPNS. 2023. 2024.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan menyampaikan informasi mengenai Cara Pendaftaran Online CPNS di SSCN.BKN.go.id 2022. Informasi ini diberikan dengan tujuan bisa memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran CPNS. Untuk mengetahui informasinya, mari kita ikuti pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.lokerpns.web.id/

Informasi ini merupakan informasi lanjutan dari Pendaftaran CPNS Online di SSCN.BKN.go.id. Bagi yang belum membaca informasi tersebut, silahkan baca terlebih dahulu.

CPNS atau yang memiliki kepanjangan Calon Pegawai Negeri Sipil adalah orang-orang yang akan menjadi Pegawai Negeri Sipil jika telah dinyatakan lulus seleksi CPNS. Suatu kebanggaan tersendiri jika kita bisa lulus seleksi CPNS.

Sebagian besar orang di Indonesia mengharapkan dirinya bisa menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal tersebut terlihat dari antusias masyarakat yang mendaftarkan dirinya mengikuti seleksi CPNS, misalnya saja dilihat dari pembukaan CPNS tahun 2014 lalu yang pesertanya mencapai sekitar 2,5 juta peserta.

Dari tahun ke tahun-tahun, peserta CPNS semakin meningkat. Hal itu pula diiringi dengan peningkatan atau perkembangan teknologi yang digunakan untuk menyeleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Pada saat ini, ujian seleksi CPNS yang digunakan menggunakan bantuan komputer, atau yang dikenal dengan nama Computer Assisted Test (CAT). Hal ini bertujuan agar hasil tes CPNS bisa objektif, transparan, dan akuntabel.

Setiap peserta bisa langsung mengetahui hasil tes setelah beberapa saat setelah menyelesaikan soal tes CPNS. Peserta yang nilainya di atas passing grade berarti dinyatakan lulus seleksi sementara, karena kelulusan hasil akhir CPNS ditentukan setelah semua peserta CPNS selesai mengikuti tes CPNS, dan kelulusan CPNS diumumkan oleh panitia secara resmi.
Baca juga : Passing Grade CPNS, dan Materi Tes CPNS
Selain kemajuan dalam teknologi yang digunakan dalam menyeleksi peserta CPNS, kemajuan juga dilakukan dalam proses pendaftaran CPNS. Pada jaman dahulu, untuk mendaftar CPNS maka harus datang langsung ke BKD atau instansi yang membuka lowongan CPNS. Namun pada saat sekarang ini, pendaftaran CPNS telah dilakukan secara online.

Bagi anda yang tidak terbiasa dengan dunia online, mungkin akan mengalami kesulitan dalam melakukan pendaftaran CPNS online. Untuk itu, kami hadir untuk memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran CPNS online. Berikut penjelasan selengkapnya.

Info!!! Informasi ini didasarkan pada proses pendaftaran CPNS tahun sebelumnya. Jika di tahun ini CPNS dibuka dan proses pendaftaran berbeda, maka ikuti yang terbaru. Kami juga akan mengupdatenya disini.

I. Dokumen yang perlu Dipersiapkan Sebelum Pendaftaran

Pendaftaran CPNS secara online dilakukan melalui portal SSCN BKN, yaitu di sscn.bkn.go.id. Sebelum melakukan Pendaftaran CPNS di portal SSCN BKN, sebaiknya anda mempersiapkan perlengkapan pendaftaran berupa :
  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah
  4. Transkrip Nilai
  5. Pas foto
  6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

Setelah menyiapkan berkas-bekas di atas, maka selanjutnya dapat melakukan pendaftaran CPNS di SSCN BKN dengan prosedur berikut ini.


II. Alur Pendatfaran CPNS di  portal SSCN BKN

Berikut ini alur pendaftaran dalam portal SSCN BKN:
  1. Buka portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id
  2. Buat akun SSCN 2019 menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK) atau NIK kepala keluarga
  3. Login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
  4. Unggah foto diri memegang KTP dan kartu informasi akun
  5. Lengkapi biodata. Pastikan data yang diisikan telah benar
  6. Pilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan.
  7. Lengkapi data, kemudian unggah dokumen persyaratan
  8. Cek resume dan cetak kartu pendaftaran SSCN 2019
  9. Data pendaftaran akan diverifikasi.


III. Tata Cara Pendaftaran CPNS di sscn.bkn.go.id

Berikut uraian rinci mengenai cara pendaftaran CPNS di SSCN.BKN.go.id :

A. Daftar ke Portal SSCN / Pembuatan Akun
  1. Buka portal SSCN di alaman web : sscn.bkn.go.id
  2. Kemudian klik "Registrasi" pada bagian menu yang ada.
  3. Isikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK), e-mail, password, pertanyaan pengaman 1, pertanyaan pengaman 2, jawaban pengaman, dan masukan kode captcha yang terlihat. Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar, bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)
  4. Setelah data di atas dimasukan dan anda yakin dengan data tersebut, klik "daftar" untuk proses selanjutnya. Ingat! data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki atau dirubah
  5. Kemudian muncul pertanyaan "Apakah anda yakin untuk submit pendaftaran?" jika yakin klik "ok", jika tidak klik "cancel"
  6. Lalu muncul halaman pemberitahuan bahwa pendaftaran ke portal SSCN berhasil.
  7. Klik tombol "cetak informasi pendaftaran" untuk mencetak Kartu Informasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil mendaftar ke portal SSCN. Simpan kartu tersebut dengan baik.
  8. Klik "Lanjutkan Login Pendaftaran" untuk ke form berikutnya.

B. Login ke Portal SSCN dan Isi Biodata
  1. Untuk login ke portal SSCN, buka laman sscn.bkn.go.id dengan klik tombol "Login" yang ada di sudut kanan atas. 
  2. Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan
  3. Kemudian mengisi Form Biodata Peserta berupa :
    • Nama Ijazah, Tempat Lahir Ijazah, Tanggal Lahir Ijazah, Email, Jenis Kelamin, Alamat Domisili, Propinsi, Kabupaten / Kota, Nomor Telepon, Nama KTP, Tempat Lahir KTP, Tanggal Lahir KTP, Agama, Alamat KTP, Tinggi Badan, Status Kawin, Nomor HP, dan lainnya sesuai formulir yang tersedia.
  4. Jika data telah lengkap, lalu klik "Simpan"
  5. Setelah pelamar mengisi biodata, klik "Daftar" untuk melanjutkan porses pendaftaran instansi yang dituju.

C. Daftar Instansi
  1. Pilih Jenis Formasi sesuai dengan formasi yang dibuka oleh instansi
  2. Pilih instansi yang dituju
  3. Klik "Cek" dan akan tampil form Pendaftaran. Apabila pelamar ingin mengganti Jenis Formasi dan Instansi yang dituju, klik "Daftar" kembali untuk mereset bagi instansi yang menggunakan SSCN. Sedangkan instansi yang tidak menggunakan SSCN, hanya dapat sekali klik tombol "Cek", data akan tersimpan di Riwayat sebagai pelamar instansi Non SSCN. Pelamar tidak dapat merubah instansi tersebut.
  4. Pilih instansi yang diminati lalu klik "ok" pada notivikasi yang muncul
  5. Kemudian mengisi Form Pendaftaran yang terdiri dari :
    • Pendidikan, Jabatan, Lokasi Kerja, Lokasi Test, nama Universitas atau sekolah, Tanggal Ijazah dan Tahun Lulus, Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi dan untuk akreditas SLTA pilih lainnya, nilai IPK untuk lulusan kuliah / nilai ijazah untuk SLTA, Nomor Ijazah, Isi kode captcha yang tampil
  6. Jika sudah yakin dengan data tersebut, klik "Daftar". Ingat pelamar hanya dapat mendaftar di 1 jabatan pada 1 instansi dan 1 periode.
  7. Bagi pelamar yang mendaftar di instansi yang tidak menggunakan SSCN, atau menggunakan portal pendaftaran sendiri) setelah memilih instansi non SSCN akan dirujuk ke alamat portal instansi tersebut untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Lalu isi data-data anda.
  8. Selanjutnya akan tampil halaman Cetak Kartu Pendaftaran

D. Riwayat Pelamaran SSCN
  1. Setiap pendaftaran yang dikirim oleh pelamar dapat dilihat dan dicek statusnya di menu Riwayat
  2. Untuk mencetak ulang Kartu Pendaftaran, klik "Cetak" pada kolom Registrasi
  3. Untuk melakukan upload dokumen, klik "Dokumen"

E. Kartu Ujian

Untuk mencetak Kartu Ujian, pilih kolomnya kemudian klik "Cetak" pada kolom Ujian. Kartu Ujian dapat dicetak bagi pelamar yang lulus verifikasi sebagai bukti untuk melanjutkan ke tahapan seleksi berikutnya.

F. Pengiriman Berkas Pendaftaran CPNS

Setelah melakukan pendaftaran, beberapa instansi mensyaratkan agar calon pelamar CPNS mengirimkan berkas pendaftaran. Namun sebagian instansi lainnya tidak mensyaratkan agar calon pelamar CPNS mengirim berkas. Silahkan kalian ikuti ketentuan dari masing-masing instansi yang dilamar.

Untuk anda yang melamar pada instansi yang mensyaratkan pengiriman berkas, berarti anda harus mengirimkan berkas lamaran CPNS. Silahkan dikirimkan berkas-berkas yang disyaratkan oleh Instansi yang anda ikuti.

Setelah lengkap, masukkan berkas tersebut ke dalam amplop sesuai ketentuan dan kemudian melakukan pengiriman berkas pendaftaran CPNS melalui Pos atau jasa pengiriman lainnya yang ditujukan kepada Instansi yang anda ikuti.

Apabila ada hal-hal yang kurang jelas atau anda memiliki keluhan mengenai pengiriman berkas pendaftaran, silahkan menanyakan langsung kepada panitia pada Instansi tujuan anda.

Temukan solusi dari pertanyaan anda :

Penting!!!
Apabila ada perbedaan informasi dengan tata cara pendaftaran CPNS di SSCN BKN, maka yang berlaku adalah informasi di website resmi dan website resmi instansi yang anda lamar. Ikuti petunjuk terbaru yang ada di web resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini mengenai Cara Pendaftaran Online CPNS di SSCN.BKN.go.id. Semoga informasi yang telah admin bagikan tersebut bisa bermanfaat dan memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran CPNS Online tahun ini.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus tes CPNS dan diterima menjadi PNS serta ditempatkan di posisi yang anda inginkan. Terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca artikel ini. Mari sama-sama berdoan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua.

Jangan lupa untuk like halaman web kami dan juga berbagi info ini pada orang-orang yang membutuhkan. Terima kasih atas kunjungan dan don't forget for come back again.